Kobe Herbs Garden

Home / Night View / Kobe Herbs Garden
Item image

Kobe Herbs Garden terletak di atas bukit dekat pusat kota Kobe. Perlu teman-teman ketahui, Kobe adalah kota dengan struktur geografis yang paling curam dibanding dengan kota-kota lainnya seperti Nagasaki, Sapporo atau Hakodate. Curam di sini berarti bukit dan pegunungan berada sangat dekat dengan pusat kota. Itulah sebabnya kita bisa melihat pemandangan siang dan malam kota Kobe yang indah dari atas puncak gunung. Beberapa tempat yang terkenal seperti Gunung Rokko dan Gunung Maya memang punya spot pemandangan yang tiada bandingannya, bahkan masuk ke dalam tiga pemandangan malam terbaik di Jepang. Namun, Kobe Herbs Garden atau kebun herbal Kobe juga memiliki spot yang tidak kalah indah. Penasaran? Mari kunjungi Kobe Herbs Garden bersama Tim Info Jepang.

Kegiatan seru di Kobe Herbs Garden

1. Naik gondola ke atas puncak bukit

Kobe Herbs Garden terletak sangat dekat dengan pusat kota Kobe, dan bersebelahan dengan stasiun kereta shinkansen Shin Kobe. Namun, karena letaknya yang berada di kaki gunung, kita harus naik kereta gondola sampai ke puncak. Gondola di Kobe Herbs Garden ini semua sisinya dibuat dari bahan kaca, sehingga kita bisa melihat kebun bunga warna-warni dan pepohonan hijau di lereng Gunung Maya, gedung-gedung pencakar langit kota Kobe, dan tentunya bangunan Kobe Port Tower dan Museum Maritim Kobe serta lautan Teluk Osaka bisa kita lihat sambil naik gondola. Rasakan juga pengalaman lain saat kita naik gondola di malam hari, di mana kita bisa menikmati pemandangan langit kota Kobe dan Osaka hingga jembatan Akashi-Kaikyo di ujung timur.

Pemandangan kota Kobe dari atas ropeway

Pemandangan kota Kobe dari atas ropeway

2. Berkeliling dan menikmati keindahan bunga di Kobe Herbs Garden

Di area taman ini, kita bisa melihat lebih dari 75.000 tanaman dan bunga dari 200 spesies. Semuanya tersusun rapi dalam 14 tema musim dan habitat hidup. Wah, keren deh pokoknya! Di musim semi (awal April), kita bisa menikmati keindahan bunga sakura, poppy, dan tulip yang mekar. Lalu, melihat bunga mawar aneka warna yang mekar dari Mei hingga pertengahan Juni. Setelah itu, ada bunga lavender, geranium, oregano, dan chicory di bulan Juli, bunga lili dan bunga matahari di bulan Agustus, dan bunga mawar dan cosmos lagi di bulan September yang bisa kita lihat. Sebagai penutup, kita bisa melihat keindahan warna pohon yang berubah warna menjadi kuning-jingga-dan merah (momiji) di bulan November hingga awal November.

Selain itu, kita juga bisa melihat aneka tanaman langka yang ditanam dalam rumah kaca di sisi timur taman, dan juga koleksi tanaman di Museum Herbal. Kalau teman-teman pernah mengunjungi Furano di Hokkaido atau taman Hitachi Seaside di Ibaraki, Kobe Herbs Garden menawarkan pengalaman yang sama namun berada di ketinggian. Perpaduan kebun bunga di area pegunungan membuat kita bisa merasakan udara yang sejuk dan menenangkan.

Garden Terrace di Kobe Herbs Garden

Garden Terrace di Kobe Herbs Garden

3. Melihat bunga-bunga dan tanaman buah di rumah kaca

Dari Museum Herbal, teman-teman bisa mencoba turun melalui jalur hiking di sisi timur taman. Kita akan menemukan rumah kaca (glasshouse) yang berisikan berbagai macam bunga-bunga tropis cantik, seperti fuchsia, hibiscus, dan bougenville. Ada juga tanaman buah tropis seperti pohon pisang, jambu, dan pepaya. Meskipun kita pasti sudah sering melihat tanaman buah ini, namun orang-orang Jepang dan turis asing  (Eropa dan Amerika) begitu terkagum-kagum dengan bentuk tanaman dan aroma buah pisang, jambu, dan pepaya. Sungguh kita harus berbangga karena kita bisa menemukan pepohonan buah ini bahkan di halaman rumah kita sendiri.

Stasiun Puncak Kobe Herbs Garden

Stasiun Puncak Kobe Herbs Garden

Tidak jauh dari area rumah kaca, kita bisa juga merasakan sensasi merendam kaki kita di Herbal Footbath (pemandian kaki dengan ekstrak buah dan bunga) sambil menikmati pemandangan kota Kobe. Selain bisa merelaksasi kaki, pemandangan yang indah juga pasti membuat pikiran kita jadi segar kembali.

4. Melihat keindahan air terjun Nunobiki no Taki dan bendungan Nunobiki Gohonmatsu

Air terjun Nunobiki no Taki yang ada di area pintu masuk Kobe Herbs Garden berasal dari aliran sungai Ikuta dari pegunungan. Begitu jernih dan indahnya, air terjun ini adalah air terjun terindah di Jepang bersama dengan air terjun Ginga no Taki (Air Terjun Bima Sakti) dan Ryusei no Taki (Air Terjun Bintang Jatuh) yang ada di Sounkyo di Taman Nasional Daisetsuzan.

Sementara itu, bendungan Nunobiki Gohonmatsu atau Gohonmatsu Entei adalah bendungan bersejarah (masuk sebagai kekayaan arsitektur nasional Jepang) karena merupakan bendungan yang dibangun dari beton pertama di Jepang. Bendungan ini dibangun supaya air sungai Ikuta bisa diproses dan dijadikan air minum bagi penduduk kota Kobe dan juga pelabuhan Kobe. Airnya memang jerniiih banget! Ini pasti karena kondisi pepohonan dan pegunungan ini masih terus dirawat sehingga airnya bersih dan layak konsumsi langsung.

5. Makan siang sambil menikmati pemandangan super keren

Di Kobe Herbs Garden, jangan lupa untuk mengunjungi Cafe Lounge and Teraace “The Veranda at Kobe”. Dengan menu makanan yang enak, kita bisa menikmati pemandangan kebun bunga dan kota Kobe dari atas bukit.

Informasi Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Kobe Herbs Garden adalah 1.400 yen untuk orang dewasa dan 700 yen untuk anak-anak dan pelajar, untuk anak-anak dibawah 6 tahun tidak dikenakan biaya (gratis).

Akses ke Kobe Herbs Garden

Dari stasiun bawah, kita bisa naik gondola selama 10 menit sampai ke stasiun bagian atas. Untuk mencapai stasiun bawah, kita bisa berjalan kaki dari stasiun Shin-Kobe selama 5 menit. Kalau mau mencoba jalan kaki ke Kobe Herbs Garden, setelah keluar dari gerbang putar, turun ke lantai 1 dan keluar stasiun menuju ke arah selatan. Nanti akan ada terowongan bawah Tanah menuju rute pendakian ke Kobe Herbs Garden dan Air Terjun Nunobiki.

Kalau teman-teman naik kereta Shinkansen dari Tokyo, maka kereta akan berhenti di Stasiun Shin-Kobe. Kalau dari Kyoto, bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai stasiun Shinnomiya, lalu berpindah ke kereta subway atau jalan kaki ke Stasiun Shin-Kobe.

Baca juga: Akses menuju Kobe dari Osaka, Kyoto, atau Tokyo

Dari Stasiun Sannomiya di pusat kota Kobe, bisa naik kereta subway Kobe sampai Stasiun Shin-Kobe selama 2 menit dengan ongkos 210 yen. Atau kalau mau jalan kaki, teman-teman bisa berjalan kaki dari Stasiun Sannomiya sampai Stasiun Shin-Kobe selama 20 menit (sekitar 2 kilometer).

Selain itu, buat teman-teman yang ingin berkeliling 1 hari di Kobe bisa membeli One Day Bus Pass (660 yen) yang mengcover ongkos bus keliling Kobe, termasuk akses transportasi bus gratis seharian menuju Kobe Herbs Garden, Kobe Port Tower, Sannomiya, dan Kobe Chinatown.

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Himeji Plaza
47 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Maple Arima
11 km away
Maple Arima
from ¥11100/night
Arima Hot Spring Ryokan K
11 km away
Arima Hot Spring Ryokan
from ¥6790/night
ANA Crowne Plaza Kobe
1 km away
from ¥8900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Himeji
48 km away
Sakura di Kastil Himeji
Sannomiya Kobe
2 km away
Takeda Castle
73 km away
Suasana Takeda Castle
Kobe Chinatown
3 km away
Suasana Kobe Chinatown di musim panas

Sumber gambar: Flickr yeowatzup, Manish Prabhune


Recommended for you


Last modified: November 2, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (30)

  1. Malam Pak Nugroho,
    Mohon infonya, saya stay di osaka, rencana ke kobe pp 1 hari, apakah kobe herb garden ini satu lokasi dengan mt rokko atau berbeda? Rokkosan tourist pass apakah bisa untuk ke herb garden juga? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Berbeda bu, dan mengacu pada 2 tempat yang berbeda jauh antara Kobe Herbs Garden dan Gunung Rokko. Untuk Rokkosan Tourist Pass tidak bisa digunakan bu ke Kobe Herbs Garden.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya silahkan saja Puspa. Itu rute favorit di Jepang, kalau ada rute PP Tokyo-Kyoto/ Osaka, sebaiknya membeli JR Pass. Salam.

  2. pak mohon bantuannya saya rencana mao pergi bulan januari

    1. osaka
    2. universal osaka
    3. nara dan kobe
    4. kyoto
    5. kyoto
    6. kanazawa – shirakawago – kanazawa
    7. kanazawa
    8. tokyo
    9. tokyo
    10. tokyo

    pass mana yg cocok ya pak. takayama hokuriku pass atau osaka tokyo hokuriku pass??

  3. Pagi pak… Bila membaca cerita diatas, dan kita ingin ke herbs garden ini berarti bisa beli tiket utk naik gondola dari bawah ya pak…jd tdk perlu naik tangga dulu ke puncak? Krn sempat baca blog dari traveller kalo hrs naik tangga dulu ke atas utk naik gondola ini.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu Eva bisa melalui anak tangga atau naik kereta gantung/gondola. Stasiun gondola ada 3, bawah (dekat Stasiun Shin-Kobe), tengah (di pintu masuk Kobe Herbs Garden), dan atas (di dekat dek observasi). Salam.

  4. Arista Muhartanto  |  

    Selamat Siang Pak Nugroho

    Saya bersama istri baru pertama ke Jpg, rencana tgl 9 – 17 Mei 2017, berikut itenary kami :
    Day 1: Tiba di bandara Narita
    Lanjut ke Disneyland/Disneysea (hanya foto2 saja) Gerbang Kaminariomon,
    Kuil Sensoji
    Day2: Ueno Park, Asakusa Kanon Temple, Nakamize Street, Tokyo Sky Tree lanjut
    naik kapal Sumida River Cruise
    Day3: Kawaguchi (gn Fuji), Gatemba Premium outlet dan Hamamatsu Toyohashi
    Day4: Kyoto, Kiyamizu Temple, Fushimi Inari Shrine, Kimono Experience
    Day5: Kuil Sanjusangando, Kuil Kiyomi, Zudera Distrik, Higashiyama, Gion makan
    siang di Nishiki Market, Kuil Kinkakuji, Arashiyama
    Day6: Menuju Osaka, Musiem Takoyaki, Osaka Aquarium, Taman Tempozan,
    Tempozan Market Place
    Day 7: Osaka Temple, Kobe Nunobiki Herb Garden Ropeway, Shinsaibashi dan
    Dotonbori
    Day8: Kembali Jakarta via Kansai – Osaka

    Pertanyaan kami, mohon :
    1. Bisa mereview itenary apakah sdh sesuai ?
    2. Info ttg penginapan selama kami di sana lokasi dimana (yg dkt dg stasiun MRT)
    3. Kami berencana membeli JR Pas 7 hari apakah sdh sesuai rencana tsb
    4. Mohon info pula mengenai stasiun yg bisa sampai ke tempat tujuan wisata
    5. Mgkn ada recommended lg dr Bpk

    trima kasih

    • arista muhartanto  |  

      Pak Nugroho mohon balesan pertanyaan sy, krn sy baru yg pertama kali pergi Ke Jpg dan ingin mencoba pergi berdua tanpa travel, mengingat waktu perjalanan sy yg sdh dekat, bragkt tgl 9 – 17 Mei 2017.

      trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf pak, sepertinya pertanyaan bapak terlewat,
      1. Untuk itinerary sudah sesuai pak.
      2. Bapak bisa langsung mengecek tempat-tempat wisata terkait di website ini, lalu lihat hotel terdekat, kami sudah memberikan rujukan hotel yang dekat dengan tempat wisata sekaligus dengan harga terbaik.
      3. Karena hanya ada rute searah Tokyo-Kyoto-Osaka, tidak akan balik modal dengan JR Pass pak. Bapak bisa membeli tiket shinkansen ketengan saja untuk Hamamatsu-Kyoto, sisanya dengan Fuji Hakone Pass, Tiket Bus Harian Kyoto, dan Osaka Amazing Pass.
      4. Silahkan mencari tempat wisata nya di website ini, kami sudah memberikan petunjuk akses dengan bus atau kereta, semisal Tokyo Disneyland, Kuil Sensoji, Kiyomizudera, Nishiki Market, Museum Takoyaki Osaka, dan Kobe Nunobiki Herb Garden.

  5. Saya belum beli JR Pass nya, ok, berarti beli yg 7 Hari saja ya, Berarti dari Sapporo langsung Osaka, baru Kyoto dan ke hakone ? Dari Hakone beli Tokyo Wide Pass untuk sampai Tokyo ?
    Tokyo Wide Pass berapa harga ya Pak ? Adult dan Child, dan belinya harus dari sini online juga atau disana ?
    Explore Kyoto dan Kobe sebaiknya stay di Kyoto atau bisa dari Osaka saja ? Supaya tidak banyak pindahin koper

    • Nugroho Christian  |  

      Iya pak. Tokyo Wide Pass bisa dibeli bersamaan saat menukar voucher JR Pass setibanya di Bandara. Nanti tinggal bilang tanggal pengaktifannya, kalau bisa saat bapak sudah selesai berkeliling di area Osaka, Kyoto, Kobe dan Nara. Harga Tokyo Wide Pass 10.000 yen, dan bisa digunakan untuk eksplore Tokyo, Hakone, dan Fuji Kawaguchiko. Untuk eksplor Kyoto/Kobe/Nara, bapak bisa stay di Osaka. Jarak Osaka-Kyoto hanya 30 menit, Osaka-Kobe 20 menit, dan Osaka-Nara sekitar 45 menit.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, JR Pass (29.110 yen) bisa beli untuk yang 7 hari saja Pak. SapporoOsakaKyoto di 7 hari pertama, Hakone
      Untuk perjalanan di Hakone dan Kawaguchiko bisa pakai Fuji Hakone Pass (8.000 yen dewasa dan 4.000 yen untuk anak-anak), yang sangat cocok bila menginap 2 malam di daerah Hakone dan Gunung Fuji. Untuk rute perjalanan di Kawaguchiko dan Hakone bisa dibaca di artikel di atas.
      Setelah kami cek-cek lagi, itu lebih pas daripada membeli Tokyo Wide Pass.
      Untuk hotel, sama saja Pak antara di Osaka dan Kyoto. Hanya mungkin Osaka lebih praktis karena banyak subway dan pilihan hotelnya lebih banyak.
      Salam

    • ok, berarti sama Fuji Hakone Pass ya ? Kalau Hakone itu ada yang Hotel Ala Tradisional ya Pak ?
      Apakah JR Pass cover ke Tateyama Kurobe ? Atau Kalau mau ke sana sebaiknya dari Osaka atau dari Tokyo ? atau dari Hakone ?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya Pak benar, usahakan perjalanan ke Tokyo-Sapporo-Osaka (keliling wilayah Kansai)-lalu ke Tokyo lagi ada di dalam rentang tanggal tersebut. Selanjutnya tanggal 28/29 bisa aktifkan Fuji Hakone Passnya untuk ke Hakone, Fuji Kawaguchiko.

    • Kalau begitu saya tgl 26 saya sudah harus di Hakone, apakah bisa Fuji Hakone Pass beli dan diaktifkan di hakone ?

    • Nugroho Christian  |  

      Belinya bisa di Stasiun Shinjuku (supaya perjalanan naik kereta dari Shinjuku ke Hakone) bisa tercover dengan Fuji Hakone Pass. Salam.

    • Fuji Hakone Pass tidak bisa dibeli online ? Berarti saya harus ke Shinjuku lagi ? Tidak bisa dari Osaka langsung ke Hakone ya ?

    • ok Thanks Pak,
      Satu lagi, JR Pass itu bisa dipakai dari Tokyo Station ya ? atau bisa dari Narita ?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa langsung diaktifkan di Narita Pak. Jadi ongkos dari Narita sampai Tokyo Station dengan Narita Express juga tercover. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau naik Hokkaido Shinkansen harus dari Tokyo Station Pak, tidak ada kereta langsung dari Narita.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!