Daisetsuzan

Home / Nature / Daisetsuzan
Item image

Taman Nasional Daisetsuzan (Taman Nasional Gunung Salju Akbar) adalah taman nasional terbesar Hokkaido, meliputi area 226.000 hektar. Destinasi yang tepat bagi para pecinta alam terbuka, pegunungan, dan yang suka mendaki. Letaknya di tengah-tengah Pulau Hokkaido, dan sering disebutkan sebagai “Atap Hokkaido”. Daisetsuzan terdiri dari daerah pegunungan dan padang rumput yang masih asli dan belum tersentuh manusia. Taman Nasional ini adalah tempat tinggal rusa dan beruang coklat. Yang paling menarik, wilayah ini adalah yang pertama merasakan musim gugur dan musim salju setiap tahunnya. Itu dikarenakan daerah ini adalah yang daerah dengan geografis paling tinggi di Hokkaido, bagian utara negara Jepang.

Objek Wisata di Taman Nasional Daisetsuzan

Satu objek wisata menarik di dataran tinggi dan pegunungan Daisetsuzan adalah jembatan Tashubetsu yang berada di kompleks Danau Nukabira di bagian lembah pegunungan Daisetsusan. Letaknya yang jauh serta aksesnya yang agak sulit membuat Tim Info Jepang tidak menuliskan secara spesifik mengenai objek wisata ini, hanya singkat saja. Di kalangan pecinta alam Hokkaido, Jembatan tashubetsu adalah objek wisata yang paling langka dan tinggi nilai estetiknya. Bayangkan, di pagi hari kita bisa melihat jembatan ini hilang, karena tebalnya kabut yang meliputi daerah ini.

Selain itu, letaknya yang berada di pinggir Danau Numabira juga membuat jembatan ini bisa kelihatan/ hilang sesuai musim. Saat musim dingin, salju akan menumpuk dan menutupi setengah jembatan. Salju mencair di musim semi dan kita bisa melihat jembatan ini sampai ke pondasinya. Namun, seiring dengan bertambahnya curah hujan, air mulai menggenangi kaki jembatan di bulan Juni, hingga menutupi jembatan di bulan Agustus hingga Oktober. Itulah yang menyebabkan jembatan ini jadi pusat perhatian wisata alam Hokkaido. Informasi tentang Jembatan Tashubetsu di website berikut (dalam bahasa Jepang). Untuk informasi tour wisata ke Danau Numabira dan Jembatan Tashubetsu bisa dilihat di website NGO Netbeet berikut.

taman nasional daisetsuzan

Ada beberapa resort tempat teman-teman bisa menginap sambil melakukan hiking, bersepeda, atau bekeliling menikmati keindahan Taman Nasional Daisetsuzan. Masing-masing resort memiliki suasana pemandangan yang berbeda-beda.

  • Tokachidake Onsen

    Puncak tokachidake

    Tokachidake Onsen adalah resor pemandian air panas di ketinggian 1.280 meter di atas permukaan laut. Letak Tokachidake Onsen di sisi barat daya Taman Nasional Daisetsuzan. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kamifurano. Tokachidake Onsen adalah tempat yang paling pas jika teman-teman ingin mendaki Gunu...


  • Danau Shikaribetsu

    Danau Shikaribetsu pada musim panas

    Danau Shikaribetsu adalah danau air tawar tertinggi di Hokkaido. Berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, Shikaribetsu punya pesona indah dengan pegunungan Taman Nasional Daisetsuzan di sekitarnya....


  • Gunung Kurodake

    pemandangan dari kurodake

    Gunung Kurodake adalah gunung dengan tinggi 1.984 meter yang dapat dicapai dari Sounkyo Onsen di tengah Hokkaido. Puncak gunung Kurodake bisa dikatakan yang paling mudah ditaklukkan di seluruh Taman Nasional Daisetsuzan karena adanya kereta gantung dan kursi gantung dari Sounkyo Onsen....


  • Daisetsuzan

    taman nasional daisetsuzan

    Taman Nasional Daisetsuzan adalah taman nasional terbesar Hokkaido, meliputi area 226.000 hektar. Destinasi yang tepat bagi Anda pecinta alam terbuka, pegunungan, dan yang suka mendaki dan menikmati panorama alam. ...


  • Sounkyo Onsen

    Kurodake ke Asahidake

    Sounkyo Onsen adalah resort pemandian air panas yang terletak di sisi utara Taman Nasional Daisetsuzan. Resort ini terkenal karena letaknya diantara ngarai dan tebing setinggi 100 meter, lengkap dengan pohon-pohon yang lebat, dan letaknya yang begitu dekat dengan Gunung Kurodake....


  • Ginsendai

    Akadake Musim Gugur

    Ginsendai adalah salah satu dari beberapa jalur menuju Taman Nasional Daisetsuzan. Letaknya di sisi timur Daisetsuzan. Resort ini terletak sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya dekat dengan Puncak Gunung Akadake dengan ketinggian 2078 meter. Untuk dapat sampai di sini, jalur t...


  • Tenninkyo Onsen

    tebing batu tenninkyo

    Tenninkyo adalah desa kecil yang berlokasi sisi timur Taman Nasional Daisetsuzan. Lokasinya tidak jauh dari Asahidake Onsen. Tenninkyo Onsen dikelilingi oleh tebing-tebing batuan tinggi seperti di Sounkyo Onsen. Pesona utama resort ini adalah batu-batuan yang mempunyai tebing-tebing batu yang mengag...


  • Asahidake Onsen

    kolam sugatami

    Asahidake Onsen adalah resor di kaki gunung tertinggi di Hokkaido, Gunung Asahidake (2290 meter). Asahidake Onsen merupakan titik terbaik untuk memulai eksplorasi Taman Nasional Daisetsuzan. Resor ini terdiri dari beberapa bangunan, pondok-pondok kayu, hostel bagi anak-anak muda, dan tiga buah hotel...


Akses ke Taman Nasional Daisetsuzan

Daisetsuzan dapat diakses dari banyak titik, salah satu yang paling terkenal adalah melalui kota Asahikawa. Daisetsuzan ada di sisi tenggara dari Kota Asahikawa, atau bisa dibilang sisi timur Biei.

Dengan Pesawat Terbang

JAL dan Air Do adalah maskapai yang melayani  penerbangan dari Bandara Haneda Tokyo menuju Bandara Asahikawa. Tarif pesawat JAL sekitar ¥ 45.000. Tetapi bagi wisatawan asing tersedia tiket murah antara ¥ 12.000-¥ 18.000. Sementara tiket Air Do sekitar ¥ 36.000. Dari Bandara Asahikawa, kita dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke pusat kota Asahikawa (35 menit, ¥ 620).

Dengan kereta api

Perjalanan dengan kereta api dari Tokyo menuju Asahikawa dapat ditempuh sekitar 10 jam. Melalui Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto dan transfer di Stasiun Sapporo. Harga tiketnya sekitar ¥ 30.000 dengan menggunakan tiket kereta terusan.

Dengan mobil

Tim Info Jepang menyarankan untuk menyewa mobil untuk mengeksplorasi Taman Nasional Daisetsuzan. Karena wilayah ini termasuk taman nasional dan bukan kota pada umumnya, sehingga transportasi publik jarang dan tentunya menghabiskan banyak waktu. Teman-teman dapat menyewa mobil di dekat Bandara Asahikawa atau di Kota Asahikawa. Atau jika dari teman-teman berangkat dari Sapporo, Furano, atau Biei, di sana juga ada banyak jasa penyewaan mobil.

Gunakan Tur Guide

Daisetsuzan paling indah dikunjungi saat musim gugur, di mana warna-warna berpadu dengan indah. Cara termudah untuk dapat mengeksplorasi Daisetsuzan ini adalah dengan memakai tur guide. Tur guide lokal ini akan membantu kita mencapai spot-spot yang kita inginkan, sekaligus menjaga Anda dari hewan-hewan liar (terutama beruang). Tim Info Jepang menyarankan teman-teman untuk menggunakan Daisetsuzan Tur Guide saat mengunjungi area Taman Nasional Daisetsuzan.

Cheap Hotels in Asahikawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Premier Hotel-CABIN-Asahi
45 km away
Natural Spa Hotel Paco Asahikawa
from ¥11459/night
Asahikawa Sun Hotel
45 km away
Asahikawa Sun Hotel
from ¥5093/night
Dormy Inn Asahikawa
45 km away
Dormy Inn Asahikawa
from ¥11459/night
Yado Retro House Ginza As
44 km away
Yado Retro House Ginza Asahikawa
from ¥2850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Moerenuma Snow Park
134 km away
Bermain di Moerenuma Snow Park
Taman Odori
143 km away
Suasana Odori Park Sapporo di siang hari
Nijo Market
143 km away
Suasana pasar makanan laut Nijo Market
Taman Bir Sapporo
141 km away
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo

Sumber gambar: Shrinath Kurdekar


Recommended for you


Last modified: September 22, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Daniel
2016-03-31 12:43:06
Alam yang begitu indah dan tak akan terlupa, Daisetsuzan. Khususnya Sounkyo dan Asahidake

Close Comments

Comments (6)

    • Nugroho Christian  |  

      Wah kalau akhir bulan November sudah masuk musim dingin di Hokkaido pak dan hampir di seluruh Jepang. Nomiji biasanya di awal-pertengahan November di wilayah Tokyo, Kyoto, dan Hiroshima.

      Hokkaido sudah merasakan musim dingin dari pertengahan/ akhir November. Namun, saljunya belum banyak/tebal untuk di Sapporo (ibukota Hokkaido). Biasanya salju baru mulai tebal akhir Desember-awal Januari. Kami sarankan untuk coba ke Daisetsuzan yang biasanya jadi tempat favorit main ski di musim dingin, aksesnya sekitar 2 jam ke utara Sapporo menuju Biei dan Asahikawa.

      Salam dan selamat liburan!

    • Hendry Wijaya  |  

      Halo. Apa di daisetsuzan ad area utk ski pemula jg?mw cari tmp ski yg kemiringannya tdk tlalu tinggi. Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ada, bisa dicari informasi tentang Canmore Ski Village yang berada di kaki pegunungan Daisetsuzan Hokkaido
      Salam

    • Hendry Wijaya  |  

      Halo. Dimana lokasi ski resort yg bagus di awal dec? Sy bs liat forecast salju di bln dec dmn ya? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Dua tempat resort ski terkenal yang mudah diakses adalah Gala Yuzawa di Niigata atau Niseko di Hokkaido.
      Winter Season Gala Yuzawa baru dibuka tanggal 19 Desember, sedangkan Niseko dari 20 November.
      Untuk forecast salju belum tersedia karena masih 5 bulan lagi Pak, Tim Info Jepang akan perkiraan salju pada bulan September-Oktober.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!