Niseko

Home / Attraction / Niseko
Item image

Hokkaido, pulau salju dan es yang menjadi surganya penggemar ski dan snowboard. Jika ingin bermain ski di Hokkaido, Niseko jadi target wisata nomor 1. Niseko adalah kata dalam bahasa Ainu (suku asli Hokkaido) yang berarti tebing gunung akibat digerus sungai. Daerah Niseko yang terletak di barat daya pulau Hokkaido ini memiliki resort ski yang luas, pemandangan indah dan keren, dan banyak lintasan ski yang penuh tantangan. Daerah ini juga adalah pegunungan Hokkaido yang paling awal terkena angin dingin dari Rusia. Itulah sebabnya di bulan Desember salju sudah tebal menumpuk di lintasan ski dan seluncur. Kita tidak perlu kuatir saljunya sedikit atau saljunya tidak turun, karena salju pasti turun di Niseko. Niseko menjadi tempat favorit liburan musim dingin di Hokkaido selama bertahun-tahun, dengan julukan Winter Wonderland. Aksesnya yang mudah, banyaknya pilihan hotel, dan variasi arena ski dan seluncur bagi pemula dan tingkat lanjut membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap musim dingin.

Setiap tahunnya, puluhan ribu wisatawan asing asal Australia dan Eropa ramai-ramai berkunjung ke Niseko, yang dipercaya sebagai salah satu resort ski terbaik dan terlengkap yang ada di Jepang. Keindahan pesona alam Hokkaido dengan lintasan yang menantang adalah daya tarik utama Niseko.

Suasana bermain ski di Niseko

1. Bermain Ski di Niseko Hokkaido

Ada banyak resort (tempat bermain ski lengkap dengan fasilitas hotel) di Niseko. Salah satunya adalah Niseko Moiwa Ski Resort yang buka dari awal Desember hingga awal April. Beberapa tempat wisata juga tidak kalah menarik, Niseko Mountain Resort, Grand Hirafu, Niseko Annupuri International Ski Area, dan Niseko Village Ski Resort. Dari 4 resort ski ini kita bisa mencoba lebih dari 30 trek ski dan snowboard dengan total panjang lintasan 48 kilometer. Kita bisa mencoba macam-macam rute yang berbeda, dengan tingkat kesulitan, rute trek, dan tentunya pemandangan yang berbeda. Setelah lelah bermain ski, kita dapat beristirahat di hotel menikmati makan malam atau bersantai di pemandian air panas yang tersedia gratis bagi para tamu hotel.

Bermain ski di Resort Ski Niseko

Bermain ski di Resort Ski Niseko

1. Niseko Grand Hirafu Ski Resort

Resort ski yang terbesar, terletak di sebelah timur gunung Niseko. Musim dingin 2017-2018 buka mulai dari 23 November 2017 sampai 6 Mei 2018.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 5.400 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 4.800 yen

Rental peralatan ski 4.650 yen
Rental peralatan snowboard 4.650 yen
Rental baju dan sepatu 3.650 yen

Bagi teman-teman yang ingin menghemat biaya dan hanya ingin main salju, bisa memanfaatkan fasilitas tempat main salju atau Yuki Hiroba dalam bahasa Jepang. Cukup membeli tiket gondola PP Ace Familia Pea seharga 1.800 yen dan bayar tiket masuk tempat main salju sebesar 1.000 yen, maka anak-anak dan orang dewasa bisa bermain salju sepuasnya di sini. Jauh lebih hemat kan daripada harus membayar pass termurah seharga 2.700 yen. Tempat main salju ini buka dari 23 November 2017 sampai 6 Mei 2018, dari pukul 10.00-16.00.

2. Niseko Village Ski Resort

Terletak di bagian tengah kota Niseko dijepit resort Grand Hirafu dan Annupuri. Di sini ada hotel Hilton Niseko Village, sehingga tidak perlu kuatir memikirkan mau menginap di mana. Musim dingin 2017-2018 buka mulai dari 9 November 2017 sampai 6 Mei 2018.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 4.700 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 3.900 yen
Tiket setengah hari dari jam 16:30 – 21:00 : 1.700 yen

Rental peralatan ski 5.500 yen
Rental peralatan snowboard 5.500 yen
Rental baju dan sepatu 3.500 yen

3. Niseko Annupuri Ski Area

Terletak di wilayah paling barat Gunung Niseko dan lintasannya tidak terlalu curam dibandingkan dengan dua resort lainnya. Musim dingin 2017-2018 buka mulai dari 25 November 2017 sampai 6 Mei 2018.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 4.600 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 4.000 yen
Tiket setengah hari dari jam 16:30 – 21:00 : 2.000 yen

Rental peralatan ski 5.000 yen
Rental peralatan snowboard 5.000 yen
Rental baju dan sepatu 3.500 yen

Sekedar informasi, salju di Niseko sangat disukai oleh para pemain ski dan seluncur dari seluruh dunia. Itu karena salju di Niseko tidak basah, dan hanya mengandung 8 persen kadar air. Itulah sebabnya kita dapat berseluncur dengan nyaman, tanpa perlu kesulitan mengontrol badan mengantisipasi lintasan licin akibat salju yang mencair.

Tersedia paket bermain ski di malam hari dari tanggal 9 Desember 2017 sampai tanggal 18 Maret 2018.

2. Pergi ke Danau Air Panas Oyunuma

Oyunuma adalah sebuah danau air panas terletak di dataran tinggi dekat dengan resort ski Niseko Ski Area dan Niseko Annupri International Ski Area. Danau ini memiliki diameter sekitar 50 meter dengan air danau yang mengepul berbau sulfur dengan lumpur tebal di sekitar tepi danau. Kita dapat mengelilingi daerah sekitar danau dengan jalan setapak dari kayu, dan melihat air danau yang mendidih dari dekat. Setelah puas mengelilingi danau, kita bisa merendam kaki di sungai kecil Oyunuma berjarak 10 menit dari danau air panas Oyunuma. Rasanya seluruh rasa capai hilang seketika dengan merendam kaki di air panas.

3. Bermain di Niseko saat musim panas

Bermain golf di Niseko adalah salah satu atraksi favorit di Niseko. Selain itu, teman-teman juga bisa mengunjungi museum dan pabrik bir atau ikut serta dalam kegiatan langsung seperti memasak makanan atau membuat kerajinan lokal Niseko. Buat penyuka tantangan, bisa juga ikut serta dalam permainan  arung jeram – terutama pada awal musim semi ketika sungai-sungai membengkak karena meleleh, bersepeda gunung dan paralayang.

Beberapa informasi tentang Niseko

Pertama, waktu terbaik pergi ke Niseko adalah bulan Januari seperti plesetan yang terkenal di kalangan wisatawan barat yakni Japanuari. Salju baru yang membeku sepanjang liburan tahun baru sudah cukup tebal sehingga kita dapat bermain ski dengan enak. Kita juga bisa berseluncur dan bermain ski di malam hari, saat orang-orang sudah kembali ke hotel. Tapi harus tetap dalam jalur seluncur dan jangan coba-coba keluar dari rute yang ada. Bagi teman-teman yang masih pemula, harus berseluncur pada siang hari untuk keselamatan diri. Beberapa resort hotel menyediakan kacamata ski atau google, pakaian ski, dan juga sepatu secara gratis atau disewakan.

Kedua, cobalah pergi dan berendam di pemandian air panas atau onsen. Dinginnya udara akan menambah kenikmatan berendam di pemandian air panas.

Ketiga, tidak perlu kuatir akan komunikasi di tempat ini. Penduduk Niseko sudah terbiasa menyambut wisatawan dari luar negeri sehingga kita bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris ketika berbelanja, makan di restoran kecil, atau menanyakan plan bermain ski ke orang-orang sekitar.

Akses Menuju ke Niseko

Naik bus

Hokkaido Resort Liner adalah transportasi bus dengan ongkos termurah dari pusat kota Sapporo. Bus akan berhenti di Stasiun Hirafu, Annupuri, dan Niseko. Dari situ bisa melanjutkan perjalanan ke hotel dengan berjalan kaki atau naik layanan antar jemput gratis dari hotel (kalau ada). Jika tidak ada layanan antar jemput, teman-teman bisa naik taksi dengan ongkos sekitar 2500 yen. Perlu dicatat bahwa Hokkaido Resort Liner adalah transportasi bus khusus musim dingin, sehingga hanya melayani sejak bulan Oktober ke atas dan harus dipesan paling lambat 9 hari sebelum jadwal pergi ke Niseko.

Baca juga: Info Wisata dan Akses ke Sapporo

Sky Station Private

Hokkaido Resort Liner juga menyediakan transportasi bus dari 17 hotel di Sapporo ke Niseko. Anda bisa mengecek di list berikut untuk mengetahui 17 hotel tersebut. Ketentuan sama, harus dipesan paling lambat 9 hari sebelum jadwal pergi ke Niseko. Ada juga layanan antar jemput privat untuk 1 sampai 40 orang. Ada juga Hokkaido Chuo Bus, Niseko Bus, dan beberapa bus lain yang menghubungkan hotel-hotel di Sapporo dan Niseko selama musim dingin. Ongkosnya berkisar antara 4.000 yen untuk sekali perjalanan. Berikut adalah daftar hotel-hotel yang disinggahi Hokkaido Resort Liner berdasarkan lokasinya. Klik link nama hotel untuk mengecek harga (sponsored by booking.com). Pemesanan atau reservasi bus bisa dilakukan secara online melalui website Govoyagin.

  1. Sapporo Prince Hotel – dekat dengan Taman Odori (lokasi Festival Salju Sapporo)
  2. Royton Sapporo – bisa ditempuh jalan kaki beberapa menit dari Sapporo Station
  3. Tokyo Dome Hotel – terletak di sebelah Taman Odori
  4. Sapporo Grand Hotel – hotel di atas bangunan Sapporo Station
  5. Keio Plaza Hotel – 5 menit jalan kaki dari Sapporo Station
  6. Sun Route New Sapporo – 350 meter dari Taman Odori
  7. New Otani Inn Sapporo – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Odori
  8. Century Royal Hotel – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Sapporo
  9. Sapporo Tokyu Inn – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Susukino (pusat jajanan di Sapporo)
  10. ANA Hotel Sapporo – hotel murah di Sapporo
  11. Sapporo Aspen Hotel – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Sapporo
  12. Sapporo Excel Hotel Tokyu – hotel bintang 4, 8 menit dari Stasiun Susukino
  13. Sapporo Tobu Hotel – hotel murah di daerah Susukino
  14. Tower Hotel Nikko Sapporo – hotel dengan akses langsung ke Sapporo Station
  15. Art Hotels Sapporo – dekat taman Nakajima
  16. ANA Holiday Inn Sapporo Susukino – 1 menit jalan kaki dari Stasiun Susukino
  17. Hotel Clubby Sapporo – terhubung langsung dengan Sapporo Factory Mall

Berikut adalah daftar hotel-hotel yang disinggahi Hokkaido Resort Liner berdasarkan jam keberangkatan bus. Klik link nama hotel untuk mengecek harga (sponsored by booking.com)

Reservasi Ski Bus Sapporo
ke Resort Ski Niseko
Ex-Sapporo City
Sapporo city ~ Niseko Resort
#501 (Route A)
#501 (Route B)
#501 (Route C)
Hotel Clubby Sapporo
07:30
Hotel Monterey Sapporo
07:40
JR Tower Hotel Nikko Sapporo
07:50
Sapporo Aspen Hotel
08:00
Century Royal Hotel
08:10
Keio Plaza Hotel Sapporo
08:20
KITA Hotel
07:35
ANA Holiday Inn Sapporo Susukino
07:40
Sapporo Tobu Hotel
07:50
ANA Hotel Sapporo
08:00
New Otani Inn Sapporo
08:10
Sapporo Grand Hotel
08:20
Royton Sapporo
08:30
Art Hotels Sapporo
07:45
Sapporo Excel Hotel Tokyu
07:55
Sapporo Tokyu REI Hotel
08:05
Hotel Sunroute New Sapporo
08:15
Tokyo Dome Hotel Sapporo
08:25
Sapporo Prince Hotel Tower
08:35
via Rusutsu
Hirafu Welcome Center
11:00
The Green Leaf Niseko Village
11:20
Hilton Niseko Village
11:25
Niseko Northern Resort Annupuri
11:40
Hotel Kanro-no-mori
11:50
Niseko Grand Hotel
11:55

Naik kereta

Meskipun agak ribet, kita bisa pergi ke sini dengan menggunakan kereta dari Sapporo. Dari Sapporo bisa naik kereta menuju Otaru (lama perjalanan 32 sampai 50 menit), lanjut ke kereta ke Kutchan (lama perjalanan 60-80 menit). Seluruh kereta ini tercover oleh JR PASS. Teman-teman bisa berhenti di stasiun Kutchan jika ingin bermain ski di daerah Hirafu, atau melanjutkan perjalanan ke stasiun Niseko, atau Annupuri (tergantung resort ski terdekat).

Cheap Hotels in Niseko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Niseko Freedom Inn
6 km away
Click for the detail!
M Hotel Niseko
2 km away
Click for the detail!
Hotel Resort Inn Niseko
6 km away
Click for the detail!
Hotel Niseko Alpen
2 km away
from ‎¥16446/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Nakajima
59 km away
Lighting up di Taman Nakajima Sapporo
Jigokudani Noboribetsu
54 km away
blog-image
Danau Shikaribetsu
203 km away
Danau Shikaribetsu pada musim panas
Bukit Biei Hokkaido
163 km away
Bukit Shikisai

Sumber gambar: Flickr Mark Lehmkuhler, Bradii


Recommended for you


Last modified: July 7, 2018 by

Close Comments

Comments (67)

    • Nugroho Christian  |  

      Di Niseko Grand Hirafu itu ada beberapa step lift untuk bermain ski (1 kursi, 2 kursi, atau 4 kursi). Sedangkan kalau Gondola sama juga, namun kapasitasnya lebih besar dan ditujukan untuk sightseeing saja.

  1. halo kak, mau tanya untuk hilton niseko village sky resort
    1.bisa gak kita hanya pakai pakaian non sky style (maksudnya cuma coat doank) untuk naik lift ke atas puncak ? krn tujuan saya mau ke atas cuma mau foto foto doank sih, jd gak main sky. krn saya gak bs main sky.

    2.kak tau gak akses dari stasiun sapporo sampe ke hilton niseko? harus ke stasiun niseko dlu baru sambung bus ya?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Soal baju itu bebas saja, selama Donny kuat ya tidak masalah.
      2. Dari Stasiun Sapporo bisa naik bus atau kereta JR Hokkaido sampai Stasiun Niseko (tinggal naik taksi ke Hotel) atau Stasiun Kutchan (ada shuttle service atau taksi ke hotel). Tapi paling praktis sebenarnya adalah dengan naik Hokkaido Resort Liner Bus. Salam.

  2. Hi mau tanya, d atas kalau tidak salah hanya ada jadwal bus winter liner dr sapporo city k niseko. Apakah ada jadwal balik nya? Thank u

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Informasinya bisa dicek di halaman Hokkaido Resort Liner yang linknya sudah tercantum di artikel di atas.
      Kalau semuanya ditampilkan, hanya akan membuat bingung dan salah membaca. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk musim dingin 2017-2018 buka mulai dari 23 November 2017 sampai 6 Mei 2018. Salju sudah ada di Niseko, namun mungkin belum terlalu tebal. Salam.

    • Thx ka responnya ^^
      btw kalau dari Tokyo ke Niseko menurut kaka oke ga menggunakan train? kan udah beli JR Pass tuh biar terpakai gitu, ga usah beli tiket pesawat lagi. hehe
      trus rutenya gimana yah ka?
      nanti mesti naik bus atau taksi lagi yah?

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo ke Sapporo bisa kok dengan naik kereta yakni Hokkaido Shinkansen, dilanjutkan dengan limited ekspress Hokuto. Silahkan lengkapnya dibaca di tulisan saya tentangInfo Wisata di Sapporo. Salam.

  3. Hi info jepang,
    Saya berencana utk mengunjungi sapporo di akhir bulan oktober 2018. Apakah sudah ada resort ski yang buka di niseko? Atau adakah rekomendasi lain utk bermain salju di hokaido?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk bulan Oktober sepertinya belum ada yang buka Aurora, karena masih musim gugur. Salju belum turun juga. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!