Niseko

Home / Attraction / Niseko
Item image

Hokkaido, pulau salju dan es yang menjadi surganya penggemar ski dan snowboard. Jika ingin bermain ski di Hokkaido, Niseko jadi target wisata nomor 1. Niseko adalah kata dalam bahasa Ainu (suku asli Hokkaido) yang berarti tebing gunung akibat digerus sungai. Daerah Niseko yang terletak di barat daya pulau Hokkaido ini memiliki resort ski yang luas, pemandangan indah dan keren, dan banyak lintasan ski yang penuh tantangan. Daerah ini juga adalah pegunungan Hokkaido yang paling awal terkena angin dingin dari Rusia. Itulah sebabnya di bulan Desember salju sudah tebal menumpuk di lintasan ski dan seluncur. Kita tidak perlu kuatir saljunya sedikit atau saljunya tidak turun, karena salju pasti turun di Niseko. Niseko menjadi tempat favorit liburan musim dingin di Hokkaido selama bertahun-tahun. Aksesnya yang mudah, banyaknya pilihan hotel, dan variasi arena ski dan seluncur bagi pemula dan tingkat lanjut membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap musim dingin.

Setiap tahunnya, puluhan ribu wisatawan asing asal Australia dan Eropa ramai-ramai berkunjung ke Niseko, yang dipercaya sebagai salah satu resort ski terbaik dan terlengkap yang ada di Jepang. Keindahan pesona alam Hokkaido dengan lintasan yang menantang adalah daya tarik utama Niseko.

Suasana malam hari di Niseko

Suasana malam hari di Niseko

1. Bermain Ski di Niseko Hokkaido

Ada banyak resort (tempat bermain ski lengkap dengan fasilitas hotel) di Niseko. Salah satunya adalah Niseko Moiwa Ski Resort yang buka dari awal Desember hingga awal April. Beberapa tempat wisata juga tidak kalah menarik, Niseko Mountain Resort, Grand Hirafu, Niseko Annupuri International Ski Area, dan Niseko Village Ski Resort. Dari 4 resort ski ini kita bisa mencoba lebih dari 30 trek ski dan snowboard dengan total panjang lintasan 48 kilometer. Kita bisa mencoba macam-macam rute yang berbeda, dengan tingkat kesulitan, rute trek, dan tentunya pemandangan yang berbeda. Setelah lelah bermain ski, kita dapat beristirahat di hotel menikmati makan malam atau bersantai di pemandian air panas yang tersedia gratis bagi para tamu hotel.

1. Niseko Grand Hirafu Ski Resort

Resort ski yang terbesar, terletak di sebelah timur gunung Niseko. Musim dingin 2016-2017 buka mulai dari 23 November 2016 sampai 7 Mei 2017.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 4.700 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 4.000 yen
Tiket setengah hari dari jam 16:30 – 20:30 : 2.700 yen

Rental peralatan ski 4.650 yen
Rental peralatan snowboard 4.650 yen
Rental baju dan sepatu 3.650 yen

Bagi teman-teman yang ingin menghemat biaya dan hanya ingin main salju, bisa memanfaatkan fasilitas tempat main salju atau Yuki Hiroba dalam bahasa Jepang. Cukup membeli tiket gondola PP Ace Familia Pea seharga 1.800 yen dan bayar tiket masuk tempat main salju sebesar 1.000 yen, maka anak-anak dan orang dewasa bisa bermain salju sepuasnya di sini. Jauh lebih hemat kan daripada harus membayar pass termurah seharga 2.700 yen. Tempat main salju ini buka dari 20 Desember 2016 sampai 31 Maret 2017, dari pukul 10.00-16.00.

2. Niseko Village Ski Resort

Terletak di bagian tengah kota Niseko dijepit resort Grand Hirafu dan Annupuri. Di sini ada hotel Hilton Niseko Village, sehingga tidak perlu kuatir memikirkan mau menginap di mana. Musim dingin buka dari 1 Desember sampai 3 April, lalu 29 April sampai 5 Mei di waktu liburan Golden Week.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 4.700 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 3.900 yen
Tiket setengah hari dari jam 16:30 – 21:00 : 1.700 yen

Rental peralatan ski 5.500 yen
Rental peralatan snowboard 5.500 yen
Rental baju dan sepatu 3.500 yen

3. Niseko Annupuri Ski Area

Terletak di wilayah paling barat Gunung Niseko dan lintasannya tidak terlalu curam dibandingkan dengan dua resort lainnya. Musim dingin 2017 buka dari 26 November 2016 hingga 7 Mei 2017.

Tiket satu hari untuk 8 jam bermain : 4.600 yen
Tiket setengah hari untuk 5 jam bermain : 4.000 yen
Tiket setengah hari dari jam 16:30 – 21:00 : 2.000 yen

Rental peralatan ski 5.000 yen
Rental peralatan snowboard 5.000 yen
Rental baju dan sepatu 3.500 yen

Sekedar informasi, salju di Niseko sangat disukai oleh para pemain ski dan seluncur dari seluruh dunia. Itu karena salju di Niseko tidak basah, dan hanya mengandung 8 persen kadar air. Itulah sebabnya kita dapat berseluncur dengan nyaman, tanpa perlu kesulitan mengontrol badan mengantisipasi lintasan licin akibat salju yang mencair.

Suasana lintasan ski Niseko Hokkaido

Suasana lintasan ski Niseko Hokkaido

2. Pergi ke Danau Air Panas Oyunuma

Oyunuma adalah sebuah danau air panas terletak di dataran tinggi dekat dengan resort ski Niseko Ski Area dan Niseko Annupri International Ski Area. Danau ini memiliki diameter sekitar 50 meter dengan air danau yang mengepul berbau sulfur dengan lumpur tebal di sekitar tepi danau. Kita dapat mengelilingi daerah sekitar danau dengan jalan setapak dari kayu, dan melihat air danau yang mendidih dari dekat. Setelah puas mengelilingi danau, kita bisa merendam kaki di sungai kecil Oyunuma berjarak 10 menit dari danau air panas Oyunuma. Rasanya seluruh rasa capai hilang seketika dengan merendam kaki di air panas.

Beberapa informasi tentang Niseko

Pertama, waktu terbaik pergi ke Niseko adalah bulan Januari seperti plesetan yang terkenal di kalangan wisatawan barat yakni Japanuari. Salju baru yang membeku sepanjang liburan tahun baru sudah cukup tebal sehingga kita dapat bermain ski dengan enak. Kita juga bisa berseluncur dan bermain ski di malam hari, saat orang-orang sudah kembali ke hotel. Tapi harus tetap dalam jalur seluncur dan jangan coba-coba keluar dari rute yang ada. Bagi teman-teman yang masih pemula, harus berseluncur pada siang hari untuk keselamatan diri. Beberapa resort hotel menyediakan kacamata ski atau google, pakaian ski, dan juga sepatu secara gratis atau disewakan.

Kedua, cobalah pergi dan berendam di pemandian air panas atau onsen. Dinginnya udara akan menambah kenikmatan berendam di pemandian air panas.

Ketiga, tidak perlu kuatir akan komunikasi di tempat ini. Penduduk Niseko sudah terbiasa menyambut wisatawan dari luar negeri sehingga kita bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris ketika berbelanja, makan di restoran kecil, atau menanyakan plan bermain ski ke orang-orang sekitar.

Snow Resort Niseko di Hokkaido

Snow Resort Niseko di Hokkaido

Akses Menuju ke Niseko

Naik bus

Hokkaido Resort Liner adalah transportasi bus dengan ongkos termurah dari pusat kota Sapporo. Bus akan berhenti di Stasiun Hirafu, Annupuri, dan Niseko. Dari situ bisa melanjutkan perjalanan ke hotel dengan berjalan kaki atau naik layanan antar jemput gratis dari hotel (kalau ada). Jika tidak ada layanan antar jemput bisa naik taksi dengan ongkos sekitar 2500 yen. Perlu dicatat bahwa Hokkaido Resort Liner adalah transportasi bus khusus musim dingin, sehingga hanya melayani sejak bulan Oktober ke atas dan harus dipesan paling lambat 9 hari sebelum jadwal pergi ke Niseko.

Sky Station Private

Hokkaido Resort Liner juga menyediakan transportasi bus dari 17 hotel di Sapporo ke Niseko. Anda bisa mengecek di list berikut untuk mengetahui 17 hotel tersebut. Ketentuan sama, harus dipesan paling lambat 9 hari sebelum jadwal pergi ke Niseko. Ada juga layanan antar jemput privat untuk 1 sampai 40 orang. Ada juga Hokkaido Chuo Bus, Niseko Bus, dan beberapa bus lain yang menghubungkan hotel-hotel di Sapporo dan Niseko selama musim dingin. Ongkosnya berkisar antara 4.000 yen untuk sekali perjalanan. Berikut adalah daftar hotel-hotel yang disinggahi Hokkaido Resort Liner berdasarkan lokasinya. Klik link nama hotel untuk mengecek harga (sponsored by booking.com)

  1. Sapporo Prince Hotel – dekat dengan Taman Odori (lokasi Festival Salju Sapporo)
  2. Royton Sapporo – bisa ditempuh jalan kaki beberapa menit dari Sapporo Station
  3. Tokyo Dome Hotel – terletak di sebelah Taman Odori
  4. Sapporo Grand Hotel – hotel di atas bangunan Sapporo Station
  5. Keio Plaza Hotel – 5 menit jalan kaki dari Sapporo Station
  6. Sun Route New Sapporo – 350 meter dari Taman Odori
  7. New Otani Inn Sapporo – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Odori
  8. Century Royal Hotel – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Sapporo
  9. Sapporo Tokyu Inn – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Susukino
  10. ANA Hotel Sapporo – hotel murah di Sapporo
  11. Sapporo Aspen Hotel – 5 menit jalan kaki dari Stasiun Sapporo
  12. Sapporo Excel Hotel Tokyu – hotel bintang 4, 8 menit dari Stasiun Susukino
  13. Sapporo Tobu Hotel – hotel murah di daerah Susukino
  14. Tower Hotel Nikko Sapporo – hotel dengan akses langsung ke Sapporo Station
  15. Art Hotels Sapporo – dekat taman Nakajima
  16. ANA Holiday Inn Sapporo Susukino – 1 menit jalan kaki dari Stasiun Susukino
  17. Hotel Clubby Sapporo – terhubung langsung dengan Sapporo Factory Mall

Berikut adalah daftar hotel-hotel yang disinggahi Hokkaido Resort Liner berdasarkan jam keberangkatan bus. Klik link nama hotel untuk mengecek harga (sponsored by booking.com)

Ex-Sapporo City
Sapporo city ~ Niseko Resort
#501 (Route A)
#501 (Route B)
#501 (Route C)
Hotel Clubby Sapporo
07:30
Hotel Monterey Sapporo
07:40
JR Tower Hotel Nikko Sapporo
07:50
Sapporo Aspen Hotel
08:00
Century Royal Hotel
08:10
Keio Plaza Hotel Sapporo
08:20
KITA Hotel
07:35
ANA Holiday Inn Sapporo Susukino
07:40
Sapporo Tobu Hotel
07:50
ANA Hotel Sapporo
08:00
New Otani Inn Sapporo
08:10
Sapporo Grand Hotel
08:20
Royton Sapporo
08:30
Art Hotels Sapporo
07:45
Sapporo Excel Hotel Tokyu
07:55
Sapporo Tokyu REI Hotel
08:05
Hotel Sunroute New Sapporo
08:15
Tokyo Dome Hotel Sapporo
08:25
Sapporo Prince Hotel Tower
08:35
via Rusutsu
Hirafu Welcome Center
11:00
The Green Leaf Niseko Village
11:20
Hilton Niseko Village
11:25
Niseko Northern Resort Annupuri
11:40
Hotel Kanro-no-mori
11:50
Niseko Grand Hotel
11:55

Naik kereta

Meskipun agak ribet, kita bisa pergi ke sini dengan menggunakan kereta dari Sapporo. Dari Sapporo bisa naik kereta menuju Otaru (lama perjalanan 32 sampai 50 menit), lanjut ke kereta ke Kutchan (lama perjalanan 60-80 menit). Seluruh kereta ini tercover oleh JR PASS. Anda bisa berhenti di stasiun Kutchan jika ingin bermain ski di daerah Hirafu, atau melanjutkan perjalanan ke stasiun Niseko, atau Annupuri (tergantung resort ski terdekat).

Stasiun JR Niseko

Stasiun JR Niseko

Cheap Hotels in Niseko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

M Hotel Niseko
2 km away
Click for the detail!
My Ecolodge
4 km away
from ‎¥8806/night
Niseko Freedom Inn
6 km away
Click for the detail!
Hotel Resort Inn Niseko
6 km away
Click for the detail!

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Odori
59 km away
Taman Odori di Sapporo
Moerenuma Park
68 km away
Panorama Moerenuma Park di Sapporo
Kuil Hokkaido
56 km away
kuil hokkaido
Danau Toya
33 km away
Danau Toya dan Pulau Nakajima

Sumber gambar: Flickr Mike, David McKelvey, Mark Lehmkuhler


Recommended for you


Last modified: September 4, 2017 by

Close Comments

Comments (23)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa saja bu, namun ada kemungkinan busnya penuh apalagi kalau musim ski akan ada banyak wisatawan yang ingin pergi ke Niseko. Pemesanannya mudah kok, bisa dilakukan secara online, melalui link website yang sudah saya tuliskan.

    • ok pak trims..tanya se x lg yah.klo misal saya ad reserve bus misal pesawat delay gmn yah?ad perna pengalaman gk pak hehe…trima kasih^^

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, itu dia bu yang agak ribet, makanya ada kecenderungan wisatawan memilih bus saat akan kembali ke negara asal saja (dari hotel ke Bandara). Kalau dari bandara ke tempat tujuan, biasanya pakai kereta. Salam.

  1. Selamat sore pak, perkenalkan nama saya Gusma, saya dan 1 teman akan ada di Sapporo tanggal 1 – 4 Desember 2017. Berikut beberapa pertanyaan dari saya :
    1. dari ketiga ski resort tersebut mana yang paling direkomendasikan?
    2. Apakah cukup day trip untuk melakukan perjalanan ke ski resort di Niseko berikut ke danau air panas oyunuma?
    3. Saya rencana membeli JR Pass karena perjalanan akan berlanjut dari Sapporo ke Hakodate, Tokyo dan Osaka. Apakah penggunaan JR pass di Sapporo bisa maksimal atau sebaiknya diaktifkan jika hendak ke Hakodate saja? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Niseko sudah oke pak, paling ramai. Kalau mau yang lebih dekat, bisa ke Resort Ski Teine yang tidak jauh dari pusat kota Sapporo.
      2. Bisa namun bapak harus cepat-cepat di Nisekonya.
      3. Ya, bisa pak. Nanti ke Teine atau Niseko bisa dengan kereta atau bus lokal saja.

    • Tapi di artikel atas ada disebutkan naik kereta Pak, kalau naik bus berapa lama ya waktu yg ditempuh? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, namun tidak kami rekomendasikan karena sulit dan harus berpindah-pindah. Pengalaman salah seorang pembaca pernah kesasar dan malah tidak jadi main ski. Kalau ke Niseko, paling praktis ya naik bus, dijemput dan diantar sampai ke Resort Ski (yang biasanya di pegunungan). Lama perjalanannya kurang lebih 2 jam. Salam.

  2. malam pak,
    berdasarkan artikel diatas ada tempat main salju yg cukup membeli tiket gondola & tiket masuk saja dgn total 2800 Yen, tetapi ini baru buka tgl 20des – 31mar, apakah ada tempat main salju (hanya bermain salju tidak bermai ski) yang buka sebelum tgl tersebut? karena saya di sapporo tgl 5 & 6 Des

    • Karina  |  

      brarti dari tgl 23 NOV sudah bisa masuk dengan hanya bermain salju saja pak tdk bermain ski? dan tidak perlu membayar tiket masuk yg 4700Y?
      cukup membeli tiket PP gondola 1800Y dan tiket main salju sebesar 1000Y.
      begitu ya pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya bisa Karina. Seperti yang kamu bilang, cukup membeli tiket PP gondola 1800 Yen dan tiket main salju sebesar 1000 Yen.

  3. Sinag pak ,saya mau tny untuk tiket bermain salju selama 8 jam di niseko grand hirafu itu apa sudah termasuk tiket naik gondola jg ? thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Tiket 8 jam itu sudah termasuk tiket gondola sepuasnya berapapun naik turun selama 8 jam. Salam

  4. Sore. Pak, mau tanya bus yang ke Niseko Grand Hirafu Ski Resort kami book online pilihan stopnya apa benar di Welcome Center Hirafu? Karena ada beberapa pilihan agak membingungkan. Setibanya bus di Welcome Center Hirafu, apalangsung masuk ke area Niseko Ski? atau dilanjutkan berjalan kaki lagi? Mohon infonya pak, terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa turun di Welcome Center Hirafu. Kemudian mengenai tiket silakan ditanya setibanya tiba Welcome Center Hirafu, ada kaunter informasi di sana.
      Sebab sepertinya tempat bermain salju dan lokasi pembelian tiket sudah berubah. Salam

  5. Terima kasih atas infonya pak. Kalau dilihat lumayan mahal ticket PP per orangnya. Apakah ada public bus atau bus lain yang lebih budget? Ataukah mesti naik bus reservasi online ini pak? Lalu dari Sapporo, rencana kami balik ke Tokyo lalu ke Kyoto visit Kiyomizudera, Golden Temple, Arashiyama- apa ini bisa menggunakan free pass dalam seperti blog InfoJepang? dan 3 tempat tersebut cukup dikunjungi dalam 1 hari? Terima kasih infonya pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang ingin menghemat biaya, bisa naik kereta lokal ke Otaru, kemudian pindah ke kereta sampai Kutchan Station.
      Dari Kutchan Station bisa naik bus lokal menuju ke Niseko Grand Hirafu Ski Resort.
      Tapi Tim Info Jepang belum pernah mencoba naik bus ini. Kalau ibu berkenan nanti bisa berbagi cerita di sini, dan tentu akan sangat bermanfaat bagi yang lainnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan dari Sapporo di Hokkaido menuju ke Tokyo menempuh waktu sekitar 8 jam, dan 2,5 jam perjalanan lagi sampai ke Kyoto.
      Jika memang ingin mengunjungi Kiyomizudera, Golden Temple, Arashiyama bisa dikombinasikan dengan bus wisata kota Kyoto.
      Informasi rutenya bisa ditemukan di Info Trayek Bus Wisata Kota Kyoto.
      Salam

  6. Malam. Pak, saya mau bertanya. Kalau dari Sapporo yang terdekat ke Niseko ski apa namanya? Kami bingung, ada Niseko Antapuri, Hirafu, dll. (kami tidak bermain ski, hanya merasakan hamparan salju dan melihat bukit2 kecil salju). Kami rencana mau naik bus sekaligus menikmati pemandangan di jalan dan kebetulan kami menginap di Sapporo Prince Hotel infonya ada Chuo Bus, apakah kami bisa naik Chuo Bus atau public bus? Dan kalau Chuo Bus infonya mesti reservasi dulu dan kami tidak mengerti. Mohon info dan bantuannya pak, terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Pada dasarnya keempat tempat main ski di Niseko sama harganya, dan didatangi oleh semua bus ekspress dari Sapporo.
      Kalau hanya ingin bermain salju bisa ke Niseko Grand Hirafu Ski Resort, sebab ada lokasi khusus bermain salju.
      Tim Info Jepang hanya bisa rekomendasikan Niseko Grand Hirafu Ski Resort, karena baru ini satu-satunya tempat yang pernah dikunjungi.
      Ibu cukup membeli tiket PP Gondola seharga 1.800 yen, lalu 1.000 yen tiket masuk ke tempat bermain salju.
      Untuk pembelian tiket dari hotel di Sapporo menuju ke Niseko Grand Hirafu Ski Resort bisa dilakukan via reservasi online.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!