Stasiun Sapporo

Home / Stations / Stasiun Sapporo
Item image

Stasiun Sapporo telah menjadi pusat dari pergerakan kereta api ke utara Hokaido (Asahikawa dan Abashiri) ke Hakodate di selatan, ke Barat (Otaru dan Teine), dan tentunya ke tenggara menuju Bandara Shin-Chitose yang menjadi penghubung utama Hokkaido dengan Tokyo atau Osaka. Oiya, Sapporo ini adalah ibukota sekaligus kota terpadat di pulau Hokkaido. Bangunan Stasiun Sapporo juga menjadi bangunan tertinggi di Hokkaido, yang berisi perkantoran dan pusat perbelanjaan, serta pusat aktivitas masyarakat seperti Odori Park. Mari simak liputan Tim Info Jepang di stasiun kereta api terpenting di Pulau Hokkaido ini.

Sekilas tentang Stasiun Sapporo

Stasiun Sapporo terdiri dari 10 jalur, dengan pembagian sebagai berikut:

  • Jalur 1-4, melayani Hakodate Main Line menuju Otaru dan Teine
  • Jalur 5-6, melayani Chitose Line menuju Minami-Chitose dan Bandara Shin-Chitose
  • Jalur 7-8, melayani Hakodate Main Line menuju Ebetsu dan Iwamizawa dan Asahikawa
  • Jalur 9-10, melayani Sasshō Line menuju Ishikari-Tōbetsu

1. Melihat pemandangan kota Sapporo dari menara JR

Selain sebagai stasiun kereta api, teman-teman juga bisa melihat pemandangan  kota Sapporo 360 derajat dari ketinggian di T38 Observation Deck. Caranya? Dengan masuk ke menara JR (JR Tower) yang terhubung langsung dengan Stasiun Sapporo. Dengan ketinggian 38 lantai atau hampir 160 meter dari permukaan tanah, teman-teman bisa melihat panorama Kota Sapporo dari atas sini. Teman-teman bisa menikmati pemandangan sambil menyantap makanan atau minuman. Juga ada toko yang menjual suvenir khas Sapporo dan kereta api JR. Tim Info Jepang menyarankan untuk datang malam hari (sekitar pukul 18.00-19.30) untuk menyaksikan pemandangan malam kota Sapporo di sini. Waktu tersebut adalah waktu ideal, di mana langit sudah gelap dan kondisi T38 masih agak sepi sehingga kita bebas untuk berkeliling dan mengambil foto. Semakin malam (T38 tutup sekitar pukul 23.00), keadaan akan semakin ramai karena ada banyak pekerja yang menghabiskan waktu untuk mengobrol atau sekadar makan malam di tempat ini.

Bangunan Stasiun Sapporo yang megah

Bangunan Stasiun Sapporo yang megah

2. Berbelanja oleh-oleh murah khas Sapporo

Sapporo memiliki banyak tempat perbelanjaan dengan harga terjangkau dan bebas pajak. Cukup dengan menunjukkan paspor kepada kasir, kita bisa mendapatkan potongan harga! Pertama, kita bisa menuju ke pusat perbelanjaan besar yang berada di Stasiun Sapporo. Di sini kita bisa mendapatkan segalanya yang kita inginkan mulai dari toko oleh-oleh, busana, perhiasan, kosmetik, dan elektronik. Mampirlah ke supermarket Daimaru di bagian barat atau supermarket Esta di bagian timur di mana kita bisa mendapatkan oleh-oleh misalnya Kitkat dengan berbagai macam variasi rasa. Ada pula Uniqlo yang menyediakan busana musim dingin atau Yodobashi Kamera di mana kita bisa menemukan peralatan elektronik yang diperlukan. Ada juga toko 100 Yen Daiso dan Can Do di mana kita bisa mendapatkan suvenir dan oleh-oleh khas Jepang dengan harga rata 100 Yen. Toko-toko biasanya buka jam 10 pagi hingga jam 8 malam, sedangkan restoran buka dari jam 10 pagi hingga 11 malam. Bagi teman-teman muslim yang mencari restoran halal di kota Sapporo, bisa membaca liputan Tim Info Jepang di sini.

Department Store Esta dekat Stasiun Sapporo

Department Store Esta dekat Stasiun Sapporo

Akses ke Sapporo

DENGAN PESAWAT TERBANG

Dari Tokyo kita bisa pergi ke Sapporo (Bandara New Chitose) dengan pesawat terbang domestik. Maskapai JAL, ANA, atau Air Do memiliki paket penerbangan murah dari Haneda ke Sapporo mulai dari 10.000 yen – 27.000 yen. Dari bandara naik kereta JR Chitose Line sampai ke JR Sapporo Station kurang lebih 35 menit. Taman Odori bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari pintu keluar selatan Sapporo Station.

DENGAN KERETA

Kita bisa naik JR Hokkaido Shinkansen dari Tokyo sampai ke Shin Hakodate Hokuto selama 4 jam dengan harga tiket 22.690 yen yang tercover oleh Japan East South Hokkaido Rail Pass dan JR Pass. Dari Hakodate teman-teman bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Sapporo dengan kereta JR Ekspress Hokuto selama 3,5 jam dengan ongkos 5.720 yen.

Akses ke Stasiun Sapporo

  • Naik kereta api ekspress JR dari Bandara New-Chitose, lama perjalanan 30 menit dengan ongkos 840 yen.
  • Naik kereta api Super Kamui 8 dari Stasiun Asahikawa, lama perjalanan 80 menit dengan ongkos 2.490 yen.
  • Naik kereta JR Hakodate Line dari Stasiun Otaru, lama perjalanan 45 menit dengan ongkos 640 yen.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

JR Inn Sapporo
0 km away
JR Inn Sapporo
from ¥10292/night
Hotel Sonia
32 km away
Hotel Sonia
from ¥20584/night
Sapporo Aspen Hotel
0 km away
Sapporo Aspen Hotel
from ¥14006/night
Nakamuraya Ryokan
1 km away
Nakamuraya Ryokan
from ¥16632/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Teine Sapporo
12 km away
bermain ski di resort ski teine di sapporo
Sapporo Factory
1 km away
Pusat perbelanjaan Sapporo Factory
Gedung Jam Sapporo
1 km away
Taman Bir Sapporo
2 km away
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo

Sumber gambar: Flickr popkungPaul McMahon


Recommended for you


Last modified: March 1, 2018 by

Close Comments

Comments (48)

  1. Selamat sore,
    Saya ad rencana ke Jepang start dari Jakarta pesawat saya tujuan Osaka karna mau ke osaka dan kyoto dulu, jika saya ke sapporo dari kyoto apa bisa menggunakan Shinkansen? Dari stasiun mana di Kyoto saya harus naek Shinkansen nya? Berapa lama waktu yg saya tempuh.Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Rute dari Kyoto ke Sapporo bisa dicapai dengan naik kereta Shinkansen. Naiknya dari Stasiun Kyoto bu, rutenya Stasiun Kyoto-Stasiun Tokyo, lalu Stasiun Tokyo-Stasiun Shin-Hakodate Hokuto, terakhir naik kereta limited ekspress Hokuto dari Shin-Hakodate Hokuto sampai Sapporo. Lama perjalanan sekitar 10-11 jam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!