JR East-South Hokkaido Rail Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  JR East-South Hokkaido Rail Pass

JR East-South Hokkaido Rail Pass ini cocok teman-teman gunakan jika ingin ke Sapporo dari Tokyo sambil melewati wilayah Tohoku, seperti Sendai, Yamagata, Akita, Aomori, hingga ke wilayah selatan Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Shin-Chitose, dan Otaru). JR East South Hokkaido Pass juga mengcover ongkos ke Gala Yuzawa, Otsuki (menuju ke Kawaguchiko), Atami, hingga Izukyu Shimoda (melewati Kawazu Izu).

1. Berapa harga JR East-South Hokkaido Rail Pass?

JR East-South Hokkaido Rail Pass bisa teman-teman beli sebelum atau setelah berada di Jepang. Namun, jika membeli sebelum tiba di Jepang, kita bisa menghemat 1.000 yen.

Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 26.000 yen 27.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 13.000 yen 13.500 yen
Masa berlaku 6 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

Teman-teman harus menunjukkan passport saat pembelian atau penukaran voucher. Untuk anak-anak berusia di bawah 6 tahun, tidak perlu membeli pass kereta namun duduknya harus dipangku.

Masa berlakunya adalah 6 hari fleksibel dari periode 14 hari sejak tanggal pengaktifan pass kereta. Misal, jika teman-teman mengaktifkan pada tanggal 1 Juli, maka teman-teman bisa menggunakannya selama 6 hari kalender (bebas) dari periode 1 Juli sampai 14 Juli.

2. Di mana membeli JR East-South Hokkaido Rail Pass?

JR East-South Hokkaido Rail Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari). Pass ini bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang (kita bisa memperoleh potongan harga 1.000 yen) melalui travel agent dan ditukar dengan tiket/pass asli setibanya di Jepang. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Bandara Narita (Terminal 1,2,3, dan Terminal Internasional)
  2. Bandara Haneda (Terminal Internasional)
  3. Stasiun kereta besar di Tokyo, antara lain di Stasiun Tokyo, Shinjuku, Shinagawa, Shibuya, Ikebukuro, dan Ueno
  4. Stasiun kereta besar di wilayah Tohoku, antara lain Stasiun Aomori, Hachinohe, Akita, Morioka, Sendai Airport, Sendai, Yamagata, Fukushima, dan Mito
  5. Stasiun Sapporo
  6. Bandara Shin-Chitose
  7. Stasiun Hakodate dan Shin-Hakodate-Hokuto
  8. Stasiun Noboribetsu

3. Bagaimana cara menggunakannya JR East-South Hokkaido Rail Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk manual menuju area peron kereta.
  2. Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya. Cukup datang ke loket tiket di stasiun-stasiun di atas sehari sebelum penggunaan atau keberangkatan dan melakukan reservasi kursi.
  3. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen dari Tokyo ke Nagoya, Kyoto, atau Osaka.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan East-South Hokkaido Rail Pass

Berikut ini adalah jalur kereta yang bisa kita lalui dengan pass kereta ini tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Jalur kereta JR Hokkaido di selatan Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Otaru, Bandara Shin-Chitose, dan Muroran).
  2. Seluruh kereta JR East Line (di wilayah Kanto dan Tohoku)
  3. Jalur kereta Izu Kyuko Line (menuju ke Kawazu Izu dan Izukyu Shimoda)
  4. Kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho
  5. Jalur kereta Aoimori Railway
  6. Jalur kereta Iwate Galaxy Railway (IGR)
  7. Jalur kereta Sendai Airport Transit (Bandara Sendai ke pusat kota Sendai)
  8. Bisa naik kereta lokal dan rapid Tobu Railway Line di antara Stasiun Shimo-imaichi dan Stasiun Tobu-Nikko atau Stasiun Kinugawa-Onsen.
  9. Seluruh jalur kereta JR di wilayah Tokyo, termasuk akses dari Bandara Haneda, Narita menuju kota Tokyo dan Osaka
  10. Kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Otsuki dan Kofu di Yamanashi.
  11. Kereta Narita Express dari Bandara Narita airport menuju Stasiun Tokyo, Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro
  12. Kereta Joetsu Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Gala Yuzawa atau Stasiun Echigo-Yuzawa
  13. Kereta Hokuriku Shinkansen dari Tokyo, Omiya, Takasaki, Karuizawa, sampai ke Sakuradaira
  14. Kereta Yamagata Shinkansen sampai ke Stasiun Yamagata dan Shinjo
  15. Kereta Akita Shinkansen sampai ke Stasiun Akita

Kapan kita harus menggunakan JR East-South Hokkaido Rail Pass?

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

  1. Bandara Narita atau Bandara Haneda – Tokyo – Hakodate – Sapporo – Tokyo – Bandara Narita atau Haneda.
  2. Bandara Narita atau Haneda – Sendai – Aomori – Sapporo – Hakodate –Tokyo – Bandara Narita atau Haneda.
  3. Pass ini baru akan untung setidaknya kalau teman-teman menempuh perjalanan PP ke Hakodate atau Sapporo dari Tokyo. Silahkan juga manfaatkan masa aktif bebas 6 hari, di mana kita bisa stay di Sapporo lalu berkeliling kota dengan subway pass atau bermain ski ke Niseko, lalu besoknya melanjutkan perjalanan lagi.
  4. Kalau teman-teman hanya ingin bepergian keliling Tohoku (Yamagata, Aomori, Akita, Sendai) dari Tokyo, lebih baik membeli JR East Tohoku Pass.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.

Foto Kereta Detective Conan

Kereta Detective Conan ini dijalankan oleh JR West di Prefektur Tottori, menghubungkan dua kota besar di sana yakni Tottori di sebelah timur dan Yonago di sebelah barat. Kereta Detective Conan ini menghubungkan kedua kota tersebut dengan Stasiun Detective Conan (dulu bernama Stasiun Yura).

JR East-South Hokkaido Rail Pass

Mengenal JR East-South Hokkaido Rail Pass, pass kereta untuk keliling Tohoku dan Hokkaido murah dari Tokyo. Dimana kita bisa membelinya, berapa harganya, dan area mana yang tercover dengan pass ini?

Sebagai catatan, jika teman-teman ingin mengunjungi area Gunung Fuji dan Kawaguchiko, Hakone, Nagoya, Kyoto, atau Osaka lebih baik menggunakan JR Pass. Selain mengcover ongkos perjalanan Tokaido Shinkansen ke Nagoya, Kyoto, dan Osaka, masa berlaku JR Pass juga 1 hari lebih lama, yakni 7 hari.

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you

Last modified: March 12, 2018

Comments (7)

  1. 1. Kami ber 5 akan tiba di osaka tgl 13/5/18 jam 10 malam. Transport jenis apa yang masih beroperasi di jam tersebut?
    2. Kami akan berada di jepang sampai dengan tgl 25/5/18 (berangkat dari Narita ke jakarta jam 11 pagi). Apakah cukup membeli JR pass yg 7 hari saja? Apakah 7 hari itu fleksibel dalam 14 hari?
    3. Rencana perjalanan dimulai dari perfektur kansai, lalu kanto dan terakhir hokkaido. Apakah bagus planning tersebut?
    4. Kami juga ingin mencoba night willer bus, sebaiknya rute apa yang cocok untuk night willer bus?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kereta Nankai masih beroperasi sampai tengah malam. Ibu bisa naik kereta Nankai ke arah Namba Osaka atau JR Kansai Ekspress ke arah Stasiun Osaka dan Shin-Osaka.
      2. Ibu mau ke mana saja? Rasanya kalau hanya Osaka-Tokyo, tidak akan balik modal. JR Pass itu masa aktifnya 7 hari kalender berurutan. Kalau mau Kansai-Kanto-Hokkaido dengan East South Hokkaido Rail Pass, perjalanan dari Kansai ke Tokyo tidak tercover (harga tiket kereta shinkansennya sudah 13.000 yen).
      4. Ibu bisa coba naik bus malam willer, rute Kyoto/ Osaka ke Tokyo saja. Lalu gunakan East South Hokkaido Rail Pass keliling Kanto dan Hokkaido. Salam.

  2. Hallo pak nugroho, saya mau tanya kalau saya dari tokyo ke hokaido 7 hari (sapporo,otaru,hakodate) pakai JR EAST south hokaido lalu setelah itu balik Tokyo ke Kyoto lalu Osaka. Apakah perlu beli JR lagi ya atau cukup beli tiket eceran saja ya? Terima kasih banyak infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau sampai Sapporo Otaru dan Hakodate, sebaiknya memang membeli JR East South Hokkaido. Kalau ke Kyoto atau ke Osaka jadi tidak tercover, lebih baik membeli JR Pass reguler (29.110 yen) saja.

    • Berarti langsung ambil yg 14days ya pak? Soalnya saya 15 hari di japan
      7 hari hokkaido sisanya di tokyo kyoto lalu osaka baliknya dari osaka
      Klo ga pp balik ke tokyo apa tetap lbh murah JR pass yg lgsg 14 hari ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya akan balik modal selama ibu bepergian dengan naik kereta ke Sapporo, Otaru, Tokyo, dan Osaka-Kyoto. Maksudnya ga PP balik ke Tokyo. Salam.

    • Terima kasih banyak pak 🙏
      Oh ya pak klo di skitar sapporo seperti club med tomamu apa buka ya di awal april utk sekedar main salju aja sih. Atau apa ada reccomend tempat lainnya? Hehe

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!