Jigokudani Noboribetsu

Home / Hot Spring / Jigokudani Noboribetsu

Jigokudani Noboribetsu adalah wilayah di barat daya Hokkaido dan termasuk ke dalam wilayah taman nasional Danau Shikotsu dan Danau Toya. Seperti wilayah-wilayah lainnya di dekat gunung api, Noboribetsu dianugerahi kolam-kolam pemandian air panas (onsen) alami, salah satunya yakni Jigokudani. Nah, ngomong-ngomong soal Jigokudani, objek wisata ini adalah ikon utama wisata Noboribetsu. Dikenal sebagai lembah kematian atau lembah neraka, Jigokudani punya pemandangan kawah aktif yang agak horor dengan tebing-tebing curam berwarna merah, letupan-letupan gas sulfur beracun, dan air panas bersuhu 130 derajat. Penasaran melihat Jigokudani Noboribetsu?

Jigokudani adalah kaldera raksasa yang muncul setelah letusan dahsyat Gunung Kuttara sekitar 20.000 tahun yang lalu. Area kawah ini masuk ke dalam situs warisan alam nasional Jepang karena keunikannya seperti Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat yang sering menyemburkan uap panas ke atas. Di kalangan masyarakat Jepang, semburan uap panas ke atas itu mirip dengan neraka dalam cerita-cerita jaman dulu. Itulah sebabnya pemandian air panas di sini disebut Jigokudani atau jurang neraka dalam bahasa Jepang. Sejarahnya lucu juga ya!

Untuk menikmati pemandangan kawah Jigokudani, kita bisa menyusuri jalur setapak dari kayu. Kita bisa melihat celah-celah kawah yang terus menerus mengeluarkan asap belerang dan sesekali letupan. Di ujung jalan setapak, kita bisa menemukan kolam air panas bernama “Tessen Pond” yang suhunya mencapai 80 derajat celcius. Nah, karena suhunya yang begitu panas, sedikit orang yang berani berendam di sini. Paling-paling hanya menciduk sesaat menggunakan tangan untuk merasakan panasnya onsen alami di sini. Satu lagi, aroma belerang ditambah uap air membuat dada kita terasa sesak. Lebih baik teman-teman jangan terlalu lama di dekat Tessen Pond.

Selain terkenal dengan lembah neraka dan pemandian air panas, Jigokudani juga terkenal dengan pemandangan musim gugurnya. Salah satu yang terbaik yang ada di Hokkaido. Perpaduan warna daun kemerah-merahan dengan tebing curam berwarna merah kecoklatan dan asap belerang membuat pemandangan “keren” dan unik. Jika ingin melihat pemandangan musim gugur ini, teman-teman bisa dateng sekitar bukan September-November setiap tahunnya.

Oni di Jigokudani Noboribetsu Hokkaido

Oni di Jigokudani Noboribetsu Hokkaido

Beberapa objek wisata lainnya yang bisa kita lihat di Jigokudani antara lain Oni Bokora yang ada di pintu masuk kawah Jigokudani seperti pada foto di atas. Oni Bokora ini adalah objek wisata dengan dua patung setan biru yang sedang duduk dan setan merah yang sedang berdiri, yang dikatakan sedang menjaga jurang Jigokudani. Dua patung setan ini peninggalan kekaisaran Edo sebagai penjaga area Jigokudani.

Sebelum meninggalkan Noboribetsu, teman-teman silahkan mampir ke toko oleh-oleh yang ada di area pintu masuk.

Akses menuju Jigokudani Noboribetsu

Dari Stasiun JR Noboribetsu, teman-teman bisa naik bus Donan Noboribetsu selama 15 menit sampai di terminal akhir Jigokudani. Lama perjalanannya sekitar 15 menit, dengan ongkos 340 yen. Dari terminal akhir Jigokudani, lalu kita harus berjalan 10 menit sampai ke objek wisata atau titik pengamatan lembah kematian Jigokudani.

Akses menuju Noboribetsu

Sapporo adalah kota besar dengan Bandara Shin-Chitose yang paling dekat dengan side-trip satu hari saat kita mengunjungi wilayah Sapporo atau Hakodate. Dari Stasiun Sapporo, teman-teman bisa naik kereta Limited Ekspress Super Hakuto atau Limited Express Suzuran. Lama perjalanannya sekitar 71 menit dengan ongkos mulai 3.960 yen.

Selain itu, kita juga bisa naik kereta JR Chitose Line sampai Stasiun Tomakomai, lalu dilanjutkan dengan kereta JR Muroran Line sampai Stasiun Noboribetsu. Lama perjalanan totalnya sekitar 2 jam dengan ongkos 2.160 yen.

Cheap Hotels in Noboribetsu[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kashoutei Hanaya
1 km away
from ¥14548/night
Oyado Kiyomizuya
1 km away
from ¥10911/night
Noboribetsu Sekisui Tei
1 km away
from ¥18388/night
Yumoto Noboribetsu
1 km away
from ¥17782/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tenninkyo Onsen
182 km away
tebing batu tenninkyo
Asahiyama Zoo
178 km away
asahikawa zoo
Kuil Hokkaido
63 km away
kuil hokkaido
Resort Ski Teine Sapporo
65 km away
bermain ski di resort ski teine di sapporo

Sumber gambar: Flickr


Recommended for you


Last modified: November 30, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (16)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam ibu. Ongkos Donan Bus dari Noboribetsu Station ke Noboribetsu Onsen adalah 340 yen. Salam

  1. Pak kalau dari Sapporo mau ke Jigokudate Noboribetsu dan Noboribetsu ninja village dicover oleh JR East South Hokaido? Atau hanya dicover oleh JR Pass All Region? Mohon infonya…. thanks

  2. Siang Pa
    Pa, kl untuk onsen. Pakaian apa yg hrs dikenakan pada saat winter. Krn sy mau ke noboribetsu pada awal january. Dimn pada ssat itu lg winter. Trus sy membawa anak berumur 7 dan 9 thn. Apa mereka juga bisa berendam di onsen? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada batasan umur untuk berendam di onsen, namun laki-laki dan perempuan akan dipisah.
      Di onsen sendiri harus telanjang bu. Untuk lokasi lain selain onsen, ibu bisa mempersiapkan pakaian tebal karena suhu udara akan sangat dingin di Hokkaido. Salam

  3. selamat pagi Pak. kalau saya dari Sapporo Station mau ke jigokudani noboribetsu ini menggunakan JR pass. pertanyaanny :

    1. untuk masuk ke jigokudani ini berapa harga tiket masuknya?

    2. rute dari sapporo station – noboribetsu station (by super hakuto = tercover JR pass), setelah itu harus naik apa lagi y? atau itu sudah sampai di jigokudaniny?

    mohon info dan sarannya Pak. Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Biaya masuknya tidak ada bu, kalau ada tentu sudah dijelaskan dalam artikel Info Jepang.
      Untuk transportasinya silakan dibaca lagi bu di artikel di atas. Ibu kurang teliti dalam membaca. Salam

  4. Halo pak, mau tanya nih. Kalo pae inter city bus pass, dari sapporo bisa ke jigokudani gak? Maksudnya apakah sudah tercover semua? Karena kalo saya cari info kok semua tulisnya naik kereta, abis itu baru lanjut bus. Tx

  5. Dear Pak
    Saya tgl 21 Nov – 1 Des berencana akan ke Jepang degan rute : Jkt – New Chitose, dan pulang Narita – jkt. Adapun Itenery saya adalah :
    21 Nov- Sapporo
    22 Nov- Sapporo – Otaru
    23 Nov- Noboribetsu
    24 Nov- Hakodate
    25 Nov- Hakodate – Tokyo (pakai Pesawat domestik)
    26 Nov- Kanazawa – Shirakawa Go
    27 Nov- Masih blank ( mohon suggest)
    28 Nov- Mount Fuji (kawaguchi )
    29 Nov- Mount Fuji (kawaguchi )
    30 Nov- Tokyo
    1 Des – Back Jakarta

    Pertanyaan :
    1. Kombinasi Jr Pass Apa yang lebih cocok di gunakan ,
    -Selama Di Sapporo lebih baik beli hokaido Pass atau ngeteng saja mengingat itenery saya di hokaido hanya Sapporo – Otaru – Noboribetsu – HAkodate
    – apakah selama di Tokyo menggunakan Tokyo Wide Pass sudah bisa meng akomodasi itenery saya?(khususnya untuk rute ke Mount Fuji apakah di cover dengan Tokyo Wide Pass?)

    2. mohon masukan untuk itenery tanggal 27 Nov yang searah dengan Shirakawa Go. apakah ke Nagano cocok dan di cover juga dengan Tokyo Wide Pass?

    Terima kasih untuk saran dan masukan nya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Bapak bisa membeli JR PASS All Area seharga 29.110 yen. Tokyo Wide Pass tidak mengcover ongkos ke Kanazawa dan Nagano.
      Yang searah dengan Shirakawago, Bapak bisa pergi ke Kanazawa, Toyama atau Takayama. Semuanya tercover dengan JR PASS, tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!