Danau Toya

Home / Nature / Danau Toya
Item image

Danau Toya dan Gunung Usu adalah objek wisata alam yang berada di bagian barat daya Hokkaido. Aksesnya yang mudah, resort onsen yang terkenal, dan panorama alamnya yang menawan membuat Danau Toya ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Karena berada di dekat gunung aktif Usu, suhu air relatif hangat sehingga Danau Toya menjadi satu-satunya danau di Hokkaido yang tidak membeku pada musim dingin. Oleh karena itu, di musim dingin saat udara cerah, kita bisa melihat dengan jelas Gunung Usu yang bayangannya terpantul sempurna di permukaan air Danau Toya. Kita juga bisa melihat panorama alam Danau Toya dengan Pula Nakajima di tengah-tengahnya seperti Danau Toba di Indonesia. Selain itu, kita bisa berjalan-jalan dengan mudah di sekeliling danau dan melihat festival dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan tiap tahun oleh beberapa resort terkenal yang berada di pinggir Danau Toya.

7 Kegiatan Seru dan Menantang di Danau Toya

1. Melihat pemandangan Danau Toya dari atas Gunung Usu

Dengan naik Usuzan Ropeway atau kereta gantung Gunung Usu kita bisa mencapai puncak Gunung Usu dengan mudah dan melihat pemandangan Danau Toya, Gunung Showa Shinzan, dan krater Gunung Usu. Kita bisa naik kereta gantung ini dari stasiun Sanroku sampai ke stasiun Sancho di bagian puncak Gunung Usu. Kita kemudian bisa berjalan kaki sebentar ke arah dek untuk melihat panorama dari atas Gunung Usu. Berikut informasi mengenai Usuzan Ropeway.

184-5 Aza Showa Shinzan, Sobetsu Town, Usu District (Usu-gun), Hokkaido 052-0102
Tel: 0142-75-2401
Fax: 0142-73-3113
Website: http://wakasaresort.com/usuzan/en/index.html

Gunung Usu dan Danau Toya

2. Pergi ke kawah Gunung Usu

Jika ingin kegiatan menantang, kita bisa menuruni jalan setapak dari Sancho Station sejauh 1,5 km atau sekitar 45 menit menuju ke kawah Gunung Usu. Kawah yang masih berasap menandakan keaktifan gunung berapi ini. Kita juga bisa melihat patahan-patahan gunung yang terlihat jelas menandakan besarnya letusan gunung ini. Kegiatan ini sangat bagus dilakukan bersamaan dengan kegiatan nomor 1 di atas.
Danau Toya dari Gunung Usu

3.Berfoto di pinggir Danau Toya

Kegiatan yang paling populer di Danau Toya adalah berlayar dengan perahu menyeberangi danau menuju ke pulau Nakajima yang berada di tengah danau. Kita juga bisa bermain di pinggir danau yang agak dangkal bahkan berenang di Danau Toya di daerah yang diijinkan (Takinoue Camp). Kita juga bisa merasakan camping di pinggir danau. Buat kita yang agak kesulitan melakukan kegiatan-kegiatan alam ini, Danau Toya tetap menjadi spot wisata bagus untuk tempat kita berfoto ria bersama dengan keluarga.
Danau Toya di Hokkaido

4. Menginap dan bersantai di hotel pinggir Danau Toya

Keindahan alam dan kekayaan hasil bumi seperti makanan dan hasil laut, serta resort onsen yang terkenal membuat banyak hotel-hotel berdiri di sekitar Danau Toya. Kita bisa bersantai menikmati liburan dengan menginap di hotel ini, sambil menikmati air panas yang konon berkhasiat menyembuhkan penyakit-penyakit. Beberapa contoh resort onsen yang terkenal antara lain, Toyako-Onsen Spa, Sobeisu Onsen Spa, Bankei Onsen Spa, Kita-Yuzawa Onsen Spa, Date Onsen Spa, Toyoura Onsen Spa, dan lainnya.
Hotel di pinggir Danau Toya Hokkaido

5. Mengikuti Aktivitas di sekeliling Danau Toya

Ada banyak aktivitas menarik dan menantang yang bisa dilakukan di sekitaran Danau Toya, antara lain canoe, menapak jalan/ hiking, mengunjungi museum dan tugu peringatan gunung berapi, piknik/ camping, berlayar/ berenang, main perang salju, festival kembang api, dan lain-lainnya. Satu yang paling terkenal adalah bersepeda mengelilingi Danau Toya. Ada 37 km jalan sekeliling Danau Toya yang sangat cocok bagi kamu yang hobi bersepeda sambil menikmati keindahan panorama alam. Rental sepeda dsapat ditemukan dengan mudah di Stasiun Toya.
Suasana jalan tepi Danau Toya

6. Menyaksikan festival kembang api

Salah satu resort onsen yakni Toyoko Onsen selalu mengadakan festival kembang api di malam hari antara bulan April hingga Oktober. Biasanya pertunjukan kembang api mulai jam 20.45 di malam hari, sehingga para wisatawan bisa mandi air panas sambil menikmati festival kembang api megah.
Festival kembang api di Danau Toya

7. Mengunjungi Museum Sains Gunung Berapi

Seperti yang dijelaskan di atas, Gunung Usu adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, dan menurut sejarah sudah meletus dahsyat beberapa kali. Di Museum Sains Gunung Berapi ini, kita bisa melihat dan belajar mekanisme letusan gunung berapi, melihat contoh kerusakan akibat lava gunung berapi, dan juga foto-foto pencegahan dan penyelamatan saat gunung berapi meletus.

Akses Menuju Danau Toya dan Gunung Usu

Untuk dapat sampai ke Danau Toya, stasiun terdekat adalah Toya Station di jalur JR Muroran. Kita dapat mencapai stasiun ini 2 jam dari Hakodate (dengan kereta limited ekspress Super Hokuto, ongkosnya 4.970 yen) atau 2 jam dari Sapporo (dengan kereta limited ekspress Super Hokuto, ongkosnya 5.400 yen). Dari Toya Station kita bisa naik bus ke arah Toyako Onsen dengan ongkos 320 Yen selama 25 menit (Bus tersedia setiap 30 menit).

Ada juga bus langsung dari kota Sapporo ke Toyako Onsen dengan waktu tempuh sekitar 3 jam ongkos 2700 Yen, atau bus langsung ke Shin-Chitose Airport (Airport dekat kota Sapporo) dengan ongkos 2140 Yen.

Cheap Hotels in Lake Toya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kohan Tei
3 km away
from ¥19600/night
Hotel Cocoa
7 km away
from ¥19000/night
Granvillage Toya Daiwa Ry
3 km away
from ¥15400/night
Petit Hotel Koizumi
5 km away
from ¥8100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Abashiri Hokkaido
318 km away
Kapal pemecah es Aurora di Abashiri Hokkaido
Susukino
66 km away
Susukino di Sapporo Hokkaido
Furano Hokkaido
152 km away
Kamifurano
Sounkyo Onsen
212 km away
Kurodake ke Asahidake

Sumber gambar : Jiashiang, Jiashiang, acidlemon, othree, yingyuchen1411, Kent Chen, Nuttapol Sangthongchay


Recommended for you


Last modified: August 14, 2017 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!