Danau Toya

Home / Nature / Danau Toya
Item image

Danau Toya dan Gunung Usu adalah objek wisata alam yang berada di bagian barat daya Hokkaido. Aksesnya yang mudah, resort onsen yang terkenal, dan panorama alamnya yang menawan membuat Danau Toya ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Karena berada di dekat gunung aktif Usu, suhu air relatif hangat sehingga Danau Toya menjadi satu-satunya danau di Hokkaido yang tidak membeku pada musim dingin. Oleh karena itu, di musim dingin saat udara cerah, kita bisa melihat dengan jelas Gunung Usu yang bayangannya terpantul sempurna di permukaan air Danau Toya. Kita juga bisa melihat panorama alam Danau Toya dengan Pula Nakajima di tengah-tengahnya seperti Danau Toba di Indonesia. Selain itu, kita bisa berjalan-jalan dengan mudah di sekeliling danau dan melihat festival dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan tiap tahun oleh beberapa resort terkenal yang berada di pinggir Danau Toya.

7 Kegiatan Seru dan Menantang di Danau Toya

1. Melihat pemandangan Danau Toya dari atas Gunung Usu

Dengan naik Usuzan Ropeway atau kereta gantung Gunung Usu kita bisa mencapai puncak Gunung Usu dengan mudah dan melihat pemandangan Danau Toya, Gunung Showa Shinzan, dan krater Gunung Usu. Kita bisa naik kereta gantung ini dari stasiun Sanroku sampai ke stasiun Sancho di bagian puncak Gunung Usu. Kita kemudian bisa berjalan kaki sebentar ke arah dek untuk melihat panorama dari atas Gunung Usu. Berikut informasi mengenai Usuzan Ropeway.

184-5 Aza Showa Shinzan, Sobetsu Town, Usu District (Usu-gun), Hokkaido 052-0102
Tel: 0142-75-2401
Fax: 0142-73-3113
Website: http://wakasaresort.com/usuzan/en/index.html

Gunung Usu dan Danau Toya

Gunung Usu dan Danau Toya

2. Pergi ke kawah Gunung Usu

Jika ingin kegiatan menantang, kita bisa menuruni jalan setapak dari Sancho Station sejauh 1,5 km atau sekitar 45 menit menuju ke kawah Gunung Usu. Kawah yang masih berasap menandakan keaktifan gunung berapi ini. Kita juga bisa melihat patahan-patahan gunung yang terlihat jelas menandakan besarnya letusan gunung ini. Kegiatan ini sangat bagus dilakukan bersamaan dengan kegiatan nomor 1 di atas.
Danau Toya dari Gunung Usu

Danau Toya dan Gunung Usu

3.Berfoto di pinggir Danau Toya

Kegiatan yang paling populer di Danau Toya adalah berlayar dengan perahu menyeberangi danau menuju ke pulau Nakajima yang berada di tengah danau. Kita juga bisa bermain di pinggir danau yang agak dangkal bahkan berenang di Danau Toya di daerah yang diijinkan (Takinoue Camp). Kita juga bisa merasakan camping di pinggir danau. Buat kita yang agak kesulitan melakukan kegiatan-kegiatan alam ini, Danau Toya tetap menjadi spot wisata bagus untuk tempat kita berfoto ria bersama dengan keluarga.

Danau Toya di Hokkaido

Danau Toya di Hokkaido

4. Menginap dan bersantai di hotel pinggir Danau Toya

Keindahan alam dan kekayaan hasil bumi seperti makanan dan hasil laut, serta resort onsen yang terkenal membuat banyak hotel-hotel berdiri di sekitar Danau Toya. Kita bisa bersantai menikmati liburan dengan menginap di hotel ini, sambil menikmati air panas yang konon berkhasiat menyembuhkan penyakit-penyakit. Beberapa contoh resort onsen yang terkenal antara lain, Toyako-Onsen Spa, Sobeisu Onsen Spa, Bankei Onsen Spa, Kita-Yuzawa Onsen Spa, Date Onsen Spa, Toyoura Onsen Spa, dan lainnya.
Hotel di pinggir Danau Toya Hokkaido

Hotel di pinggir Danau Toya Hokkaido

5. Mengikuti Aktivitas di sekeliling Danau Toya

Ada banyak aktivitas menarik dan menantang yang bisa dilakukan di sekitaran Danau Toya, antara lain canoe, menapak jalan/ hiking, mengunjungi museum dan tugu peringatan gunung berapi, piknik/ camping, berlayar/ berenang, main perang salju, festival kembang api, dan lain-lainnya. Satu yang paling terkenal adalah bersepeda mengelilingi Danau Toya. Ada 37 km jalan sekeliling Danau Toya yang sangat cocok bagi kamu yang hobi bersepeda sambil menikmati keindahan panorama alam. Rental sepeda dsapat ditemukan dengan mudah di Stasiun Toya.

Suasana jalan tepi Danau Toya

Suasana jalan di tepi Danau Toya

6. Menyaksikan festival kembang api

Salah satu resort onsen yakni Toyoko Onsen selalu mengadakan festival kembang api di malam hari antara bulan April hingga Oktober. Biasanya pertunjukan kembang api mulai jam 20.45 di malam hari, sehingga para wisatawan bisa mandi air panas sambil menikmati festival kembang api megah.

Festival kembang api di Danau Toya

Festival Kembang Api di Danau Toya

7. Mengunjungi Museum Sains Gunung Berapi

Seperti yang dijelaskan di atas, Gunung Usu adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, dan menurut sejarah sudah meletus dahsyat beberapa kali. Di Museum Sains Gunung Berapi ini, kita bisa melihat dan belajar mekanisme letusan gunung berapi, melihat contoh kerusakan akibat lava gunung berapi, dan juga foto-foto pencegahan dan penyelamatan saat gunung berapi meletus.

Akses Menuju Danau Toya dan Gunung Usu

Untuk dapat sampai ke Danau Toya, stasiun terdekat adalah Toya Station di jalur JR Muroran. Kita dapat mencapai stasiun ini 2 jam dari Hakodate (dengan kereta limited ekspress Super Hokuto, ongkosnya 4.970 yen) atau 2 jam dari Sapporo (dengan kereta limited ekspress Super Hokuto, ongkosnya 5.400 yen). Dari Toya Station kita bisa naik bus ke arah Toyako Onsen dengan ongkos 320 Yen selama 25 menit (Bus tersedia setiap 30 menit).

Ada juga bus langsung dari kota Sapporo ke Toyako Onsen dengan waktu tempuh sekitar 3 jam ongkos 2700 Yen, atau bus langsung ke Shin-Chitose Airport (Airport dekat kota Sapporo) dengan ongkos 2140 Yen.

Pesan online Sapporo Day Tour
Danau Toya-Shikotsu

Cheap Hotels in Lake Toya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Grand Toya
3 km away
from ¥13500/night
Hokkai Hotel
4 km away
from ¥13000/night
Daiwa Ryokan
3 km away
from ¥9200/night
Kohan Tei
3 km away
from ¥19600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Motomachi Hakodate
92 km away
Tanjakan Hachimanzaka di Motomachi Hakodate
Gedung Jam Sapporo
67 km away
Danau Shikaribetsu
200 km away
Danau Shikaribetsu pada musim panas
Kolam Kaminokoike
323 km away
Kolam Kaminokoike di Hokkaido

Sumber gambar : Jiashiang, Jiashiang, acidlemon, othree, yingyuchen1411Nuttapol Sangthongchay


Recommended for you


Last modified: November 10, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (15)

  1. Pak kalau dari st toya mau ke lake toya dan usuzan rope way naik apa ya? Saya baca di atas naik bus. Apakah bus nya berhenti di lokasi tersebut atau mesti naik taxi lagi? Kami perginya januari 2020. Jika saya perjalanan dari tokyo ke sapporo mau ke lake toya dulu trus melanjutkan ke sapporo apakah keburu dlm satu hari?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, ibu harus lanjut naik bus atau taksi lagi menuju ke Lake Toya atau Uzusan Ropeway. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa melakukan reservasi di Ticket Office di Sapporo Station. Salam

  2. Sore pak,
    Pak mau tanya kalo stasiun toya ada penitipan koper ga ya..soalnya saya searah mau ke hakodate mau mampir sebentar di lake toya..tapi perlu menitipkan koper..apa di stasiun ada tempat penitipan koper?
    Makasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ada loker untuk koper kecil bu, mungkin tidak muat kalau membawanya koper berukuran besar. Salam

  3. Dear Pak Nugroho,

    Pak, bulan Juni 2019 saya ada rencana mw mengunjungi Hokkaido, saya mendarat di Sapporo dan ingin mengunjungi Furano dan danau Toya.. Ruter terbaiknya bagaimana ya pak? Dan kalau di danau Toya ini apakah ada penginapan ber budget? Apakah akses antar kota dan dalam kota nya mudah pak? Karena saya bawa anak kecil (4 tahun). Terima kasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ke Toya ada bus bu, kalau ke Furano harus naik kereta lanjut naik bus.
      Dari lokasinya sendiri, lebih dekat ke Danau Toya kalau berangkat dari Sapporo. Salam

  4. Pak, maaf mau tanya, jika musim winter ( dec), dari niseko saya berencana ke lake toya dan juga hakodate.
    dari stasium kutchan niseko lbh bak rute saya:
    niseko-hakodate-lake toya-sappporo? atau niseko-lake toya-hakodate-sapporo?
    thanks sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Keretanya ada yang non-reserved dan ada yang reserved. Saran saya, silahkan lakukan reservasi saja supaya lebih tenang. Salam.

  5. Pak, kalau dari hakodate mau mampir lake toya dan noboribetsu sebelum ke sapporo, lebih baik ke lake toya dulu atau ke noboribetsu terlebih dahulu ?
    Untuk bus dari toya atau noboribetsu ke JR station apakah beroperasi waktu winter ?
    Utk time table busnya saya lihat dalam bahasa Jepang, apakah ada yg versi Englishnya ? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik ke Lake Toya dulu bu, searah jalannya. Karena dari Hakodate lewat Lake Toya dahulu. Ya itu bus lokal, jadi tetap beroperasi. Untuk jadwal busnya tidak ada, ibu bisa gunakan google translate saja. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!