Kushiro Hokkaido

Home / Nature / Kushiro Hokkaido
Item image

Kushiro adalah kota terbesar di pesisir timur Hokkaido dengan jumlah penduduk sekitar 300.000 jiwa. Kota ini disebutkan orang juga sebagai kota berkabut karena hampir sepanjang tahun kabut tebal menutupi kota di pagi, sore dan malam hari. Kabut tebal ini menurut beberapa penelitian muncul dari gabungan embun udara hangat dari Samudera Pasifik di sisi timur dengan udara dingin yang bertiup dari Laut Okothsk dan Semenanjung Shiretoko. Banyaknya embun atau uap air di Kushiro selama ribuan tahun menjadi berkah, yang menciptakan lahan pertanian yang subur, kemudahan menangkap ikan berukuran raksasa, dan tentu lahan basah (wetlands) terbesar di Jepang, yang kini dikenal sebagai Kushiro-Shitsugen National Park atau Taman Nasional Kushiro. Sejak ditetapkan menjadi zona Taman Nasional di tahun 1987, area lahan basah ini telah menjadi tempat pelestarian burung bangau Jepang dan habitat utama ratusan spesies burung lainnya serta menjadi objek wisata terkenal di timur Hokkaido.

Kegiatan Seru di Kushiro

Area taman nasional meliputi daerah seluas 183 kilometer persegi. Sebagian besar area ini dijadikan tempat konservasi dan habitat alami lebih dari dua ribu spesies hewan terutama burung dan rusa. Area lahan basah ini juga amat subur, jadi area pinggiran Taman Nasional digunakan oleh penduduk sekitar untuk bercocok tanam lengkap dengan kebun-kebun bunga yang indah.

1. Menikmati keindahan alam

Dengan area yang begitu luas, kita bisa melihat dan mengeksplorasi area ini dari berbagai sudut. Tim Info Jepang menyarankan untuk menyewa mobil untuk lebih memudahkan kita berkeliling dan tentu menghemat waktu supaya bisa mengunjungi beberapa tempat dengan pemandangan yang berbeda.

Tempat favorit yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan adalah bangunan Observatorium Marsh City, atau dari Kushiro Shitsugen (lahan basah Kushiro) dan Hokuto viewpoint. Ketiga lokasi ini paling ramai karena lokasinya paling dekat dengan kota dan bisa dicapai dengan naik bus sekitar 30 menit. Dari tempat observasi ini, kita bisa menikmati pemandangan lahan hijau Kushiro yang indah.

Bangunan Observatorium Marsh City di Kushiro

Bangunan Observatorium Marsh City di Kushiro

Panorama dari dek Hokuto viewpoint

Panorama dari dek Hokuto viewpoint

Dek observasi Hokuto viewpoint di Kushiro

Dek observasi Hokuto viewpoint di Kushiro

Selain itu, salah satu spot yang ramai dikunjungi adalah Hosooka di sisi timur taman nasional. Dari titik ini, kita bisa melihat meander sungai (sungai yang berkelok-kelok seperti di Kalimantan), Danau Toro, dan juga pemandangan matahari terbenam yang indah. Kita bisa ke titik observasi Hosooka dengan naik mobil atau naik kereta dari Kushiro sekitar 30 menit.

Di musim panas, kita punya beberapa pilihan tambahan untuk berkeliling dan menikmati pemandangan taman nasional. Pertama, dengan bergabung dalam tur mengelilingi Kushiro melalui sungai dengan menggunakan perahu kanu. Kita bisa menikmati merasakan sungai yang berkelok-kelok sambil melihat hewan-hewan yang atau berlarian di tepi sungai. Selain itu, tersedia juga kereta wisata Norokko yang membawa kita dari Stasiun Kushiro sampai Stasiun Shibecha yang melewati area taman nasional. Kita juga bisa naik balon udara dan menikmati pemandangan dari atas atau berkeliling area taman nasional dengan naik kuda.

2. Mengenal teknologi konservasi burung bangau Jepang

Area Taman Nasional Kushiro dikhususkan sebagai tempat pengembangbiakan cranes atau burung bangau Jepang. Dahulu, populasi burung bangau ini sempat hanya tinggal puluhan ekor di seluruh Jepang. Namun, para ilmuwan dan biologis berhasil mengembangkan teknologi khususnya untuk makanan, tempat tinggal/ habitat buatan, dan juga proses reproduksi. Kini ada lebih dari 1000 ekor burung yang hidup, ditambah juga dengan ratusan spesies burung lainnya yang juga menjadikan Taman Nasional Kushiro sebagai habitat barunya.

Selain belajar teknologi pengembangbiakan, kita juga bisa melihat secara langsung pola dan tingkah laku unik burung ini. Salah satu yang paling menarik adalah saat mereka menari untuk mencari pasangan saat musim dingin.

Konservasi bangau Jepang di Kushiro

Konservasi bangau Jepang di Kushiro

Akses menuju Kushiro

Lokasi kota Kushiro, seperti mayoritas kota-kota lainnya di Hokkaido sangat sulit diakses dari sisi waktu dan jarak tempuh Tim Info Jepang menyarankan untuk naik pesawat dari Haneda sampai ke Bandara Kushiro untuk memangkas waktu perjalanan. Jika teman-teman dari kota Sapporo, bisa juga naik kereta dengan mencoba menggunakan bus malam.

Untuk berkeliling area kota Kushiro maupun menuju kompleks Taman Nasional, kita bisa naik bus Akan (Tsurui dan Hororo Line). Namun, jika ingin lebih fleksibel dan praktis, Tim Info Jepang menyarankan untuk menyewa mobil.

Selepas mengunjungi Kushiro, teman-teman juga bisa mengunjungi Taman Nasional Akan maupun Taman Nasional Shiretoko. Kedua taman nasional ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari pesona alam Kushiro. Taman Nasional Akan bisa dicapai sekitar 2 jam dengan naik kereta JR Senmo Line dan turun di Stasiun Kawayu Onsen. Sementara itu, Taman Nasional Shiretoko bisa dicapai sekitar 3 jam juga dengan kereta JR Senmo Line.

Hokkaido shiretoko kushiro

Jalur kereta Sapporo-Abashiri-Shiretoko-Kushiro

1. Dari Abashiri

Abashiri, daerah di utara Hokkaido yang menyimpan sejuta panorama yang tidak dapat ditemui di daerah lain di Jepang, bahkan di belahan bumi lainnya. Kita bisa melihat danau Abashiri, pegunungan Tento, atau berpetualang di lautan Ohotsk yang beku kala musim dingin. Dari Stasiun Abashiri, kita bisa naik kereta JR Senmo Line sampai Stasiun Kushiro (lama perjalanan sekitar 3,5 jam dengan ongkos 3.670 yen).

2. Dari Sapporo

Dari Stasiun Sapporo kita bisa naik kereta Super Ozora sampai Stasiun Kushiro selama 4 jam. Tersedia keberangkatan setiap 2 jam sekali dan mulai jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

Dari Sapporo juga tersedia bus malam atau bus biasa menuju Kushiro dengan menggunakan Kushiro Bus. Harga tiketnya 5.770 yen untuk sekali perjalanan.

3. Dari Tokyo

Tersedia penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Kushiro selama 100 menit, dengan tiket seharga 35.000-45.000 yen, yang dilayani oleh Maskapai Japan Airlines (JAL), All Nippon Airways (ANA), dan AirDo. Jika memanfaatkan harga diskon tiket pesawat khusus wisatawan, kita bisa memperoleh tiket mulai dari 15.000-25.000 yen.

Cheap Hotels in Kushiro[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Wakatake Ryokan
12 km away
from ¥11884/night
Palude Kushiro
13 km away
from ¥9000/night
Hotel Axia Inn Kushiro
13 km away
from ¥5411/night
Guest House Yasumizaka
14 km away
from ¥5600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kushiro Hokkaido
0 km away
Lahan basah Kushiro
Moiwa Ski Resort
249 km away
Pemandangan Moiwa Ski Resort
Danau Toya
295 km away
Danau Toya di Hokkaido
Abashiri Hokkaido
102 km away
Dermaga Kapal Pemecah Es Aurora di Abashiri

Sumber gambar: Flickr Sendai Blog, zenjiro, mcn_coppi, Alpha 2008, mcn_coppi


Recommended for you


Last modified: August 19, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

    • Selamat malam Pak Nugroho..
      Saya mau minta tolong bantu saran dan masukannya.
      Saya rencana mau ke jepang bulan juli selama 10hr.tiba di narita jam 4 sore dan pulang lewat narita juga jam 4 sore pula.ini pertama kalinya saya ke Jepang.dan sendirian pula.saya mau tanya kalau saya rencana rutenya tokyo-yokohama-hokaido 2hr-tokyo lsg kyoto 2 hr- nara,hiroshima tokyo.apakah 8 hr cukup pak?apa ini terlalu capek buat org yg tidak biasa jalan jauh?dan saya juga sdh berumur 40an.tiket apa saja yg hrs saya beli?apakah rute saya sdh benar?saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan Bapak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membeli JR Pass, sebagai catatan, perjalanan Tokyo-Sapporo dengan kereta itu memakan waktu 7 jam. Lalu untuk ke Nara dan Hiroshima nanti bisa jadi daytrip dari Osaka. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!