Shiretoko Hokkaido

Home / Nature / Shiretoko Hokkaido
Item image

Shiretoko National Park atau Taman Nasional Shiretoko adalah kompleks taman nasional seluas hampir 400 kilometer persegi (hampir dua pertiga wilayah Jakarta), yang terletak di ujung timur laut Pulau Hokkaido. Shiretoko berasal dari bahasa Ainu sir etok yang berarti tempat di mana dunia berakhir. Benar, area taman nasional ini berada di ujung semenanjung Shiretoko dan berhadapan langsung dengan laut Okhotsk yang adalah ujung paling timur laut Jepang. Sepanjang mata memandang, kita hanya akan melihat lautan biru yang kelam karena kelembaban yang rendah. Tapi, keindahan laut, pegunungan, danau, dan area taman nasional yang masih terjaga menjadikan Shiretoko menjadi salah satu objek wisata alam yang terindah di Jepang. Dan semenjak tahun 2005, area Taman Nasional ini sudah diakui sebagai situs warisan alam dunia.

Objek Wisata di Shiretoko Hokkaido

1. Utoro

Utoro adalah satu-satunya kota di area wilayah Semenanjung Shiretoko yang memiliki penginapan dan wilayah terakhir yang bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan. Semakin ke timur laut (masuk area Taman Nasional) kita tidak bisa lagi berkendara karena hanya ada jalan setapak dan merupakan habitat beruang coklat dan hewan liar lainnya. Dari dermaga di Utoro, kita bisa menyewa perahu tur untuk mengelilingi perairan laut Okhotsk dan mencapai air terjun Kamuiwakka, air terjun Kashuni, atau Cape Shirotoko yakni titik terluar Semenanjung Shiretoko.

Di Utoro, kita bisa melihat keindahan batu raksasa setinggi 60 meter bernama Oronko Rock atau Batu Oronko dengan latar belakang lautan biru yang indah. Selain itu, ada beragam penginapan ryokan di sini dengan fasilitas pemandian air panas (onsen) alami dari Gunung Rausu.

Sepanjang bulan Februari-Maret, kita bisa ikut serta dalam atraksi berjalan di atas es. Lautan di pesisir semenanjung Shiretoko yang membeku di puncak musim dingin menawarkan pemandangan yang indah sekaligus pengalaman yang memukau. Dari Utoro, kita bisa ikut serta dalam Tour Drift Ice Walk, yang tersedia pada jam 10.00, 13.30, dan 15.00.

Pesan Online Tour
Drift Ice Walk Shiretoko

2. Rausu

Rausu terletak di sisi timur Semenanjung Shiretoko, dan bisa dicapai dari Utoro melalui Shiretoko Pass dengan pemandangan Gunung Rausu dan ladang bunga peonies yang keren.

Di Rausu kita bisa menengok kehidupan para penduduk yang mayoritas adalah nelayan pencari tuna berukuran raksasa di laut Okhotsk. Ada juga pemandian air panas terkenal yang terletak tepat di tepi pantai, yakni Aidomari dan Seseki. Kita bisa berendam dan beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan laut biru dan Pulau Kunashiri. Pulau Kunashiri disebut masyarakat setempat sebagai pulau misterius karena hanya dapat terlihat di siang hari dan menghilang di pagi dan sore hari (karena kabut pekat). Tidak ada kehidupan di Pulau Kunashiri karena masih diperebutkan oleh Jepang dan Rusia sejak perang dunia kedua.

3. Melihat keindahan Gunung Rausu

Gunung Rausu terletak di tengah-tengah Utoro di sisi barat semenanjung dan Rausu. Gunung ini dibuka untuk pendakian di puncak musim panas sekitar awal Juli setiap tahunnya. Gunung ini ditumbuhi oleh vegetasi tumbuhan sampai ke puncaknya, sehingga kita bisa melihat Gunung Rausu berwarna hijau dari kejauhan.

Selain itu, sepanjang musim dingin, kita juga bisa menyusuri Gunung Rausu yang memiliki jalur ski yang terkenal. Ada ribuan orang yang berkumpul di sini dan untuk menikmati keindahan berseluncur di atas es dengan pemandangan lautan biru yang indah.

4. Air terjun Kamuiwakka

Air terjun Kamuiwakka adalah air terjun panas satu-satunya di Hokkaido dan termasuk ke dalam salah satu air terjun terindah di Jepang. Untuk mencapai lokasi air terjun Kamuiwakka, kita naik shuttle bus dari Utoro (hanya tersedia sepanjang musim panas) atau dengan menyewa mobil melalui jalan tanah dari Utoro sampai air terjun. Jaraknya sekitar 8 kilometer. Air terjun ini memiliki suhu 40-50 derajat, di mana kita bisa berendam di sekitar air terjun. Posisi favorit orang-orang Jepang dan wisatawan yang berkunjung ke sini adalah tepat di bawah air terjun dan merasakan sensaji dipijat langsung dengan air panas. Kuat-kuat yah!

5. Lima danau atau Goko Lakes Shiretoko

Goko Lakes atau lima danau Shiretoko melengkapi keindahan alam Shiretoko yang tidak ada duanya. Lima buah danau ini muncul setelah letusan gunung berapi Io. Kita bisa mengelilingi danau melalui jalan setapak atau melalui jembatan gantung sambil menikmati pemandangan danau dengan hutan dan barisan pegunungan sebagai latar belakangnya.

Shiretoko goko atau lima danau Shiretoko Hokkaido

Shiretoko Goko Lakes Hokkaido

6. Air Terjun Oshinkoshin

Air terjun Oshinkoshin setinggi 80 meter ini adalah salah satu ikon wisata alam di Hokkaido, termasuk juga dalam salah satu dari 100 air terjun terindah di Jepang. Air terjun Oshinkoshin adalah yang terbesar di semenanjung Shiretoko, dan sering juga disebut “Futami no Taki” karena airnya yang terbelah dua di tengah.

Akses menuju Shiretoko

Kompleks Taman Nasional Shiretoko tidak dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum. Jika teman-teman ingin ke sini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menyewa mobil di kota Abashiri atau di kota Shari. Shari adalah kota terdekat dari area taman nasional, sekitar 40 kilometer atau 1,5-2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Lalu jika tertarik ingin mengunjungi Shiretoko, Tim Info Jepang menyarankan untuk pergi di musim semi-gugur, sekitar bulan Mei hingga September, di mana tidak ada salju.

Taman Nasional Shiretoko berpusat di Utoro, di mana kita bisa menemukan penginapan dan pusat informasi untuk turis. Tersedia shuttle bus sepanjang musim panas (dari bulan Agustus sampai September) dari Utoro, pintu masuk Taman Nasional, Goko Lakes Shiretoko, sampai ke air terjun Kamuiwakka. Keberangkatan tersedia setiap 40 menit dari jam 08.30 pagi sampai jam 17.00.

1. Dari Abashiri

Dari Stasiun Abashiri, kita bisa naik kereta JR Senmo Line sampai Stasiun Shiretoko-Shari (lama perjalanan sekitar 45 menit dengan ongkos 840 yen).

2. Dari Sapporo

Dari Sapporo Station kita bisa naik Kereta Ekspress Ohotsk sampai ke Abashiri Station lalu lanjut dengan JR Senmo Line dengan ongkos total 9.390 Yen.

Atau jika teman-teman ingin sekaligus mengunjungi Kushiro, bisa naik kereta Super Ozora sampai Stasiun Kushiro, lalu bisa lanjut dengan JR Senmo Line dengan ongkos total 11.310 Yen.

Cheap Hotels in Shiretoko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Kifu Club Shiretoko
38 km away
from ¥13433/night
Iruka Hotel
40 km away
from ¥11989/night
Shiretoko Noble Hotel
39 km away
from ¥17082/night
Shiretoko Prince Hotel Ka
39 km away
from ¥29072/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kolam Biru Aoiike
237 km away
Kolam Biru Aoiike Hokkaido
Resort Ski Furano
264 km away
Suasana Resort Ski Furano dari gondola
Furano Hokkaido
260 km away
Kamifurano
Pabrik Shiroikoibito
354 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito

Sumber gambar: Flickr bessonlee,  Sendai Blog


Recommended for you


Last modified: February 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
mandau
2017-07-07 16:37:13
amazing place

Close Comments

Comments (3)

  1. sore pak, saya rencana 27 september hingga 2 okt 2017 akan explore hokkaido, apakah jika sy beli JR Hokkaido bisa mengcover perjalanan sy sampai di shiretoko. ittin sy bgt landing jam 8.10 di new chitose lsg ke abashiri nginep semalem, trs lanjut ke wakkanai cmn foto2 lalu ke kushiro tdk nginep lsg dgn jr hokkaido menuju asahikawa explore furano, biei dan nginep semalem di asahikawa, kemudian menuju sapporo explore otaru, niseko, noboribetsu, sampai kembali tgl 2 pagi menuju new chitose utk plg ke indonesia. lbh baik beli jr atau ngeteng naik bus pak. mhn penjelasannya mksh

  2. susan marcheviola  |  

    selamat malam pa. saya akan berangkat ke sapporo bulan oktober akhir (tanggal 26 oktober 2017). apakah bisa ke cape kamui? bagaimana cara mencapai lokasinya?
    terimakasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!