Fort Goryokaku

Home / Park / Fort Goryokaku
Item image

Fort Goryokaku adalah obyek wisata paling terkenal di Hakodate. Benteng ini dibangun sebagai tempat pemerintahan regional sekaligus benteng perlindungan dari perang sipil yang terjadi di tahun 1860-an. Setelah perang sipil di wilayah Hakodate berakhir, benteng ini dibuka untuk umum sejak tahun 1910. Benteng ini kemudian memperoleh ketenarannya karena bentuk bintang dengan kanal di sekelilingnya yang begitu indah dan tidak ada dua nya di Jepang. Seperti apa benteng segilima ini dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Benteng Fort Goryokaku? Tim Info Jepang sudah merangkumkan informasinya lengkap bagi teman-teman.

Kegiatan Seru di Fort Goryokaku

1. Hanami di Goryokaku

Setelah benteng ini dibuka untuk umum, pemerintah kota Hakodate menanam ribuan pohon sakura di sepanjang pinggir kanal. Perpaduan antara bentuk bintang yang unik, permukaan air kanal, dan pohon-pohon sakura di sepanjang kanal membuat Fort Goryokaku menjadi tempat hanami terbaik yang ada di Hakodate. Saat awal musim semi datang (sekitar bulan Mei), ada lebih dari setengah juta pengunjung yang datang dan menyaksikan mekarnya bunga sakura di sini. Seperti di Taman Chidorigafuchi di Tokyo, kita bisa menyewa sampan untuk menyusuri kanal sambil menikmati keindahan sakura.

Benteng Fort Goryokaku di Hakodate

Benteng Fort Goryokaku di Hakodate

Pemandangan di sini tidak hanya bisa dinikmati di musim semi. Di musim panas, dedaunan akan berwarna hijau terang. Kemudian di musim gugur, dedaunan akan berubah warna menjadi kuning kemerahan. Dan di musim dingin, pepohonan akan berwarna putih tertutup salju. Ditambah dengan pencahayaan iluminasi musim dingin, panorama Fort Goryokaku menjadi sangat mengesankan. Tidak berlebihan jika mengatakan Fort Goryokaku adalah tempat terbaik untuk bisa menikmati seluruh musim yang ada di Jepang.

2. Menyaksikan Iluminasi musim dingin “Star Illumination

Setiap tahun mulai dari akhir bulan November hingga akhir Februari, sepanjang musim dingin, kolam air di bagian luar benteng Fort Goryokaku akan dihiasi lebih dari 2000 lampu yang akan menerangi langit malam. Jika naik ke menara observasi, kita bisa melihat keindahan sempurna iluminasi musim dingin berbentuk bintang khas benteng Fort Goryokaku.

3. Mengunjungi Bugyosho di tengah-tengah benteng

Tepat di tengah benteng berbentuk bintang ini, teman-teman bisa mengunjungi Bugyosho yang dulu pernah menjadi kantor pemerintahan regional Jepang utara. Kini, bangunan ini sudah dipugar dan dijadikan museum. Ruangan kantor lengkap dengan perabotan dan dekorasi pemerintahan, begitu juga dengan ruang rapat atau pertemuan. Di sekeliling bangunan ini, ada halaman luas yang ditumbuhi pepohonan lebat dan bunga-bunga yang cantik.

4. Mencoba naik ke Menara Goryokaku

Saat berkeliling di pinggir kanal atau ke Bugyosho, teman-teman tidak akan merasakan bagaimana indahnya bentuk bintang dari benteng Goryokaku. Kita harus naik ke menara observasi Goryokaku setinggi 107 meter yang berada di barat benteng. Dari puncak menara, kita dapat menyaksikan keindahan bentuk benteng lengkap dengan pepohonan dan kanal yang mengelilinginya. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Di lantai 1 dan 2 menara, ada beberapa toko yang menjual makanan ringan seperti es krim dan kue, cafe yang menyediakan minuman, dan juga toko oleh-oleh.

Pemandangan dari tower Fort Goryokaku

Pemandangan dari tower Fort Goryokaku

Akses ke Fort Goryokaku

Dari Stasiun Hakodate, teman-teman naik trem dan turun di halte Goryokaku Koen-Mae. Perjalanan selama 10 menit dengan ongkos 230 yen. Dari halte ini, kita tinggal berjalan kaki 15 menit sampai ke Fort Goryokaku. Harga tiket masuk benteng Fort Goryokaku gratis. Namun jika ingin naik ke menara observasi Goryokaku, harus membayar tiket 840 yen.

Cheap Hotels in Hakodate [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Dormy Inn Express Hakodat
1 km away
Dormy Inn Express Hakodate Goryokaku
from ¥12520/night
Hakodate Grand Hotel
5 km away
Hakodate Grand Hotel
from ¥10900/night
Four Points by Sheraton H
4 km away
Loisir Hotel Hakodate
from ¥10900/night
Pension Yumekukan
5 km away
Pension Yumekukan
from ¥5300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Pagi Hakodate
4 km away
Suasana Pasar Pagi Hakodate
Pelabuhan Hakodate
5 km away
blog-image
Fort Goryokaku
0 km away
Benteng Fort Goryokaku di Hakodate
Motomachi Hakodate
5 km away
Tanjakan Hachimanzaka di Motomachi Hakodate

Sumber gambar: Flickr y.ganden, elisium


Recommended for you


Harga tiket masuk benteng gratis. Namun jika ingin naik ke menara Goryokaku, harus membayar tiket 840 yen
Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. untuk ke fort ini apa bisa menggunakan JR bus yg di cover JR Pass? atau ada alternatif lain yang di cover JR Pass untuk ke fort ini dari St.Hakodate.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada pak dikdik. Dari Stasiun Hakodate, bapak bisa naik trem dan turun di halte Goryokaku Koen-Mae. Perjalanan selama 10 menit dengan ongkos 230 yen. Dari halte ini, tinggal berjalan kaki 15 menit sampai ke Fort Goryokaku. Salam.

  2. Selamat malam pak Nugroho, saya mau tanya perbedaan JR Pass East-South Hokkaido dengan JR Hokkaido apa ya?.
    Itinerary saya ke Sapporo meliputi daerah wisata : Noboribetsu; Jigokudani Hell Valley;Date Jidaimura; Lake Toya: Mount. Usu Ropeway ;Showa Bear Ranch;Niseko Ski Resor :Hakodate; Hokkaido Morning Market; Goryokaku Tower; Yunokawa Onsen; Kanemori Red Brick Warehouse; Mount Hakodate Ropeway;Hokkaido University Museum; JR Tower; Otaru; Otaru Aquarium; Masjid An-Nur Otaru ; Kitaichi Glass;Music Box Museum.

    • Nugroho Christian  |  

      JR Pass East-South Hokkaido itu mengcover ongkos dari Tokyo ke Sapporo dengan kereta namun tidak mengcover seluruh kereta JR di bagian tengah dan utara Hokkaido. Sementara itu, JR Hokkaido mengcover seluruh area Hokkaido namun tidak mengcover ongkos dari Tokyo ke Sapporo. Apakah ibu akan berangkat ke Hokkaido dengan pesawat, atau dengan kereta dari Tokyo?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!