Taman Chidorigafuchi

Home / Park / Taman Chidorigafuchi
Item image

Taman Chidorigafuchi menjadi tempat hanami/ melihat sakura favorit pilihan para turis tahun 2016 ini. Meskipun pohon sakura di sini tidak mencapai ribuan seperti di Taman Ueno atau Shinjuku Gyoen, pemandangan jalan setapak dengan kanal dan Istana Kaisar Jepang dengan bunga sakura yang mekar sempurna memberikan pengalaman berbeda yang tak terlupakan. Chidorigafuchi sendiri adalah nama kanal yang terletak di sisi barat laut Imperial Palace Jepang. Kanal bekas lubang air pelindung Istana Kaisar Jepang ini sudah ada dari jaman Edo dan menjadi saksi sejarah kejayaan kerajaan Edo (kini disebut Tokyo). Di sepanjang jalan di pinggir kanal (sepanjang kurang lebih 700 meter) tumbuh ratusan pohon bunga sakura yang begitu indah yang bisa dinikmati dengan berjalan kaki di jalan setapak atau dari perahu. Asyik bukan?

Apa yang bisa dilakukan di Taman Chidorigafuchi?

1. Merasakan terowongan bunga sakura yang memukau

Malam hari di taman Chidorigafuchi

Taman Chidorigafuchi tahun 2016 ini dikunjungi lebih dari 1 juta orang. Selain letaknya yang dekat dengan Stasiun Tokyo dan pusat kota, taman ini juga menawarkan pemandangan terowongan bunga sakura satu-satunya di Tokyo. Pedestrian sepanjang 700 meter ini menghubungkan Hanzomon dan Taman Kitanomaru. Dari akhir bulan Maret sampai minggu pertama April, pohon-pohon sakura yang tumbuh di kiri-kanan jalan ini akan bermekaran. Di sini ada dua jenis pohon sakura, yaitu Somei-Yoshino dan Oshima-Zakura. Saat mekar, bunga bunga ini menciptakan kesan terowongan sakura lengkap dengan kanal/ sungai buatan yang menambah kesan syahdu dan tenang. Orang-orang biasanya menggelar tikar dan duduk menyaksikan bunga sakura ini. 

2. Menatap pantulan bunga sakura dari permukaan air

Karena di bersebelahan dengan kanal langsung, teman-teman bisa melihat pantulan bunga sakura di permukaan air kanal. Jika sedang menghadap ke utara (di dekat Kedutaan Besar Inggris) teman-teman bisa ke pinggir kanal, dan melihat pantulan sakura di sisi Timur (Taman Kitanomaru). Kemudian, saat terus berjalan ke arah Taman Kitanomaru, teman-teman bisa melihat pantulan bunga sakura di area sekitar Kedutaan Besar Inggris.

3. Menyusuri kanal dengan perahu bersama dengan pasangan

Tim Info Jepang meletakkan kegiatan ini di paling akhir bukan karena paling tidak seru, melainkan karena ini adalah hal yang paling keren! Teman-teman bisa menyewa perahu dayung kecil (cukup untuk 2-3 orang) kemudian menyusuri kanal sambil menikmati bunga sakura. Dari atas perahu, teman-teman bisa menyaksikan keindahan bunga sakura dari view yang terbaik. Hanya saja saat musim Hanami antriannya bisa panjang sekali, bahkan Tim Info Jepang memutuskan untuk mencobanya tahun depan. Dijamin, benar-benar indah dan tidak terlupakan, apalagi jika bisa bersama dengan keluarga dan pasangan.

Layanan sewa perahu ini dibuka mulai jam 11.00-17.30. (Di musim hanami akan banyak yang mengantri). Sewa perahu buka tiap hari kecuali hari Senin, dari awal musim semi sekitar pertengahan Maret hingga akhir November. Biayanya 800 yen untuk 30 menit di musim bunga sakura, dan 500 yen untuk musim lainnya.

Perahu di taman Chidorigafuchi

Bagaimana cara ke sini?

Dari Stasiun Tokyo naik kereta Tokyo Metro Maronouchi sampai Stasiun Otemachi kemudian pindah ke kereta Tokyo Metro Hanzomon sampai Stasiun Kudanshita (lama perjalanan 12 menit, dengan ongkos 170 yen)

Dari Stasiun Shibuya naik kereta Tokyo Metro Hanzomon sampai Stasiun Kudanshita (lama perjalanan 12 menit, dengan ongkos 200 yen). Lalu dari Stasiun Kudanshita, teman-teman bisa berjalan kaki 5 menit untuk sampai Taman Chidorigafuchi.

Cheap Hotels Near Chidorigafuchi [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hatoya Hotel
6 km away
from ¥6858/night
Asakusa View Hotel
5 km away
Asakusa View Hotel
from ¥12625/night
Toyoko Inn Tokyo Tachikaw
30 km away
from ¥7356/night
Capsule Hotel 310
13 km away
from ¥3000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shops and Restaurant Shib
5 km away
Shibuya di jalur kereta JR Yamanote Line
Taman Hama Rikyu
4 km away
Taman Hama Rikyu di Tokyo
Spa Laqua Tokyo
2 km away
Spa Laqua Tokyo
Distrik Kabukicho Shinjuk
4 km away
Pintu masuk area Shinjuku Kabukicho

 Sumber gambar: Flickr  Chuusan777Hiroaki KanekoYoshikazu TAKADA


Recommended for you


Last modified: January 27, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Yanti kurniadi
2016-05-26 17:13:59
Taman yg bagus buat hanami di Tokyo, termasuk pengalaman naik kapalnya :-)

Close Comments

Comments (32)

  1. sore pak nugroho,
    mau tanya..kalau saya sdh ada JR pas, apakah bisa di pakai untuk naik kereta yg di cakup oleh JR tokyo wide pas..? dan kalau sdh ada psmo /suica card apakah masih membutuhkan JR tokyo wide pass pak..? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, wilayah yang tercover mayoritas sama antara JR Pass dan Tokyo Wide Pass. SUICA/ Pasmo itu digunakan untuk memudahkan naik kereta subway yang tidak tercover oleh JR Pass atau Tokyo Wide Pass. Jadi tidak bisa dibandingkan. Salam.

    • pak nugroho, JR tokyo wide pass apakah bisa di gunakan untuk naik shinkansen osaka/kyoto ke tokyo..? dengan itenary 5hr di osaka-kyoto dan 5 hari di tokyo..better beli JR pass atau JR tokyo wide pass ya pak
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tokyo Wide Pass tidak mengcover Tokaido Shinkansen dari Osaka/ Kyoto menuju ke Tokyo.
      Bapak kembali ke Indonesia dari Narita/ Haneda atau dari Kansai Airport pak? Mohon informasinya yang lengkap. Salam

    • pak nugroho, saya kembali ke indo dr tokyo (haneda) pak..
      5 hr pertama di osaka dan kyoto, dan 5 hari terakhir di tokyo saja
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau begitu Tokyo Wide Pass nya silakan disesuaikan dengan tempat wisata di atas. Yang jelas tidak mengcover ongkos dari Osaka/ Kyoto menuju ke Tokyo. Salam

  2. Halo Pak, mau tanya terkait transportasi di Jepang. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan setelah membaca postingan Pak Nugroho.
    1. Untuk menggunjungi tempat seperti Meiji Jingu, Harajuku,Shibuya, Ueno Park, Ameyokocho Market, Chidorigafuchi Park, Asakusa, Sensoji, dan Odaiba apa cukup beli Tokyo Wide Pass sejak tiba di Bandara?
    2. Untuk Tokyo Wide Pass apa bisa digunakan juga di Tokyo Metro Ginza Line, Tokyo Metro Hanzomon, Rikai Line & Tohoku Line?
    3. Tokyo Wide Pass maksimal sampai 3 hr aja ya Pak? kl misalnya saya 6 hari disana, TWP beli lagi atau top up saldo?

    Terima kasih Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tokyo Wide Pass ini khusus mengcover ongkos kereta JR saja pak, mayoritas tempat yang bapak mau kunjungi tidak dilalui/ dekat jalur kereta JR. Lalu Tokyo Wide Pass ini lebih baik/ untung untuk bepergian ke luar kota Tokyo (misal ke Kawaguchiko, Karuizawa, dan lainnya). Untuk penggunaan di Tokyo, bapak bisa mencoba salah satu dari Free Pass di Tokyo.
      2. Tidak bisa, bapak bisa menggunakan Tokyo Subway Pass.

    • Kl nginapnya di Shibuya, dari bandara beli Free pass yang apa ya Pak? dan semua free pass itu berlakunya minimal 1 hari aja ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak mau kemana saja ya? Pass itu baru bisa ditentukan setelah tahu mau kemana saja tujuan dalam 1 hari. Salam.

  3. Selamat malam Pak Nugroho
    Saya punya program seperti ini Pak, mohon dikoreksi jika ada yg terbalik routenya atau salah
    trip saya tgl. 9~17 Apr 2019

    Pertanyaan saya :
    1. Kereta bertanda apakah yang dicover oleh JR PASS 7hari saya….?
    2. Bus bertanda apakah yang dicover oleh JR PASS 7hari saya….?
    3. Jika dicheck route di maps ada keterangan “layanan dicover oleh JR” (berarti dicover JR)
    Jika dicheck route di maps ada keterangan “layanan dicover oleh…./tidak ada tulisan JR”
    (karena tulisan jepang, jadi saya tdk faham apakah Bus /Kereta yg disarankan di maps itu
    adalah tercover juga oleh JR PASS 7hari saya?

    4. Utk tanggal 16-17 April (JR PASS saya habis masa berlakunya, karena sudah 7hari)
    Nah, 2hari terakhir saya masih di Osaka dengan keterangan destination di bawah ini,
    -Tiket JR jenis apa yg harus saya beli?
    -Di mana saya harus membelinya?
    -Apakah membelinya harus H-1 sebelum dikapai?
    -trims Pak Nugroho_
    mohon pencerahannya Pak, maaf terlalu panjang
    salam….
    DWI-BEKASI

  4. Pak Nugroho,
    Saya mau tanya. Rencana ke tokyo tanggal 30 Maret-7 April 2018. Saya bertiga dengan suami dan anak usia 3tahun.

    Tgl 30 Maret 2018 tiba jam 22.30. Nginap di Narita U-City Hotel. Dari Narita naik taksi ke hotel kira2 mahal ga ya? Atau ada alternatif kendaraan lain?

    Tgl 31 Maret-7 April 2018 nginap di daerah Higashi Nihombashi. Tanggal 31 Maret ini cukup pakai Suica aja ya? Dari Narita U-City Hotel ke Higashi Nihombashi, fujiko f fujio museum, tokyo tower.

    Tgl 1 April-3 April 2018 mau beli JR TWP, karena mau ke Fuji Kawaguchiko dan Gala Yuzawa.

    Lalu tanggal 4 April-6 April 2018 apa cukup pakai tokyo subway pass? Rencana keliling tokyo shinjuku, shibuya, yoyogi, harajuku, sumida park, ueno, akihabara, ghibli museum, tokyo skytree, chidorigafuchi park. Belinya dimana ya kalau didaerah higashi nihombashi?

    Tgl 7 April 2018 pesawatnya jam 08.00. Mohon masukan naik apa dan jam berapa ya baiknya ke Narita.

    Mohon bantuannya, Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Lumayan mahal bu untuk Taksi dari Bandara Narita ke Narita U-City Hotel, sekitar 3000-4000 yen, atau bisa juga menggunakan kereta JR Narita Line saja, turun di Stasiun Narita, lalu jalan kaki.
      Ya, melihat rutenya, ibu cukup menggunakan kartu SUICA/ Pasmo, begitu pula untuk tanggal 4-6 april, saran saya bisa membeli Tokunai Pass saja.
      Kalau flight jam 8 pagi, ibu sebaiknya tidur di Bandara atau hotel-hotel di sekitaran bandara. Karena ibu harus tiba jam 6 atau setengah 7, dan biasanya belum ada kendaraan umum yang beroperasi. Kalaupun naik taksi dari Tokyo, harganya mahal. Salam.

  5. Selamat malam pak,
    Saya dan 2 orag tema rencana ke Jepang tgl 1 – 7 Desember besok.
    Sebetulnya lebih banyak acara kantor (tgl 4 – 6 Desember ’17)
    Hanya kami memutuskan dating lebih cepat yaitu tgl 1 malam kami berangkat dari Jakarta – Haneda
    Sampai saat ini kami belum punya itinerary utk tgl 2 – 3 Desember.
    Mohon sarannya tempat wisata mana saja yg bisa kami kunjungi selama 2 hari tsb. Termasuk rute dan info transportasinya.
    FYI kami menginap di dekat kamata station utk tgl 2 – 3 tsb
    Terima kasih

  6. saya membaca di salah satu situs mengatakan :
    Boathouse closed on Mondays
    Closed for winter from late November to early April
    apakah benar? atau hanya blm update saja ya situsnya? trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Naik perahu boat di Taman Chidorigafuchi memang hanya bisa diluar musim dingin, dari 1 Maret sampai 30 November.
      Salam

    • klo website diatas tadi bilang early april pak, dan bapak bilang 1 maret – 30 nov buka, apakah sekarang sudah dibuka lagi? salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tiap tahun sudah buka dari awal bulan Maret. Namun memang untuk tahun ini sepertinya ditunda.
      Tim Info Jepang sudah menanyakan via email, begitu ada informasi terbaru, maka akan segera diupdate. Salam

    • wah padahal boat nya bagus ya,
      oya pak kalo saya dari daerah asakusa(tsukuba) & ingin memulai perjalanan ke barat/barat daya, ke daerah chidorigafuci, shibuya, shinjuku gyoen, ginza & mungkin tokyo tower, kira2 gimana urutannya ya? dan mungkin ada objek yg dikurangi / mungkin objek tambahan yg bapak usulkan untuk trip 1 harian ini? salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk trip satu hari bisa kok pak, biasanya para pembaca bisa menempuh 5/6 tempat di Tokyo. Catatanya strict pada jadwal. Pagi-pagi, bisa ke Kuil Sensoji dulu, lalu lanjut ke Taman Chidorigafuchi, jalan-jalan dan berfoto sebentar, dilanjutkan dengan Shibuya dan Shinjuku (ke Shinjuku Gyoen). Makan siangnya di Shibuya. Setelah itu sore hari (sekitar jam 15.00) bisa ke Ginza, dan ditutup dengan Tokyo Tower di sore menjelang malam hari.

    • klo boleh minta saran, untuk penginapan di daerah tokyo, sebaiknya di daerah mana/ deket dengan stasiun apa ya yg aksesnya mudah untuk menjelajah tokyo?

    • Nugroho Christian  |  

      Sama saja pak Andri karena jaringan kereta di Tokyo sudah sangat maju dan saling berdekatan, namun beberapa hotel yang cukup murah ada di sekitaran Stasiun Shibuya atau Stasiun Tokyo, atau Stasiun Ueno di sisi utara. Bapak bisa langsung mengklik linknya dan melihat hotel-hotel yang kami rekomendasikan di dalamnya.

  7. Selamat siang pak,
    Rencana saya akan ke jepang 4 april -14 april dng itinerary berikut:
    D 1: tiba haneda pagi
    D 2: disneyland
    D 3: odaiba
    D 4: gala yuzawa
    D 5/6: hanami
    D 7: asakusa & harajuku
    D 8: shibuya
    D 9: kokubunji
    D10: haneda

    – Rencana kami tinggal di koigakubo dan akan menggunakan jr tokyo wide pass. mulai hari ke brp bisa mulai digunakan agar efisien
    – dan apakah itinerary saya sudah efektif? Mohon masukannya
    – setelah habis wide pass apakah efisiennya beli kartu pass jenis lain atau pembelian biasa saja?
    – Saya berpergian dng suami dan 2 anak: 2thn dan 5thn 8bln (blm 6 thn) apakah saya tidak usah beli wide pass untuk anak?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tanggal 5 dan 6 rencananya mau ke mana? Kalau ingin keluar kota Tokyo, maka JR Tokyo Wide Pass bisa dipergunakan mulai dari hari keempat hingga keenam. Kalau anaknya dibawah 6 tahun, ya berarti tidak perlu membeli JR Tokyo Wide Pass. Lalu untuk hari lainnya sepertinya tidak perlu pass, sebab hanya mengunjungi satu atau dua tempat wisata. Kalaupun beli pass tidak akan balik modal, dan lebih murah membeli tiket satuan. Salam

    • Pagi pak,
      Hari ke 5 dan 6 hanya di tokyo saja. Rencana wide pass mulai di pakai hari ke 2 -4 untuk ke odaiba, disneyland, galayuzawa. Apakah tempat2 trsbt tercover? Atau apakah tidak usah pakai wide pass dan hanya perlu membeli tiket satuan?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Semuanya tercover. Untuk perjalanan ke Gala Yuzawa saja sudah membuat Yudith balik modal. Nikmati juga potongan harga tiket masuk onsen atau paket bermain ski di Gala Yuzawa, cukup dengan menunjukkan Tokyo Wide Pass kamu.

    • Selamat malam pak,
      Meyambung pertanyaan yg sebelumnya, untuk memaksimalkan tokyo wide pass di hari ke 2-4, manakah yg harus digeser dan ditambahkan perjalanan keluar tokyo? Apakah disneyland/odaiba digeser dan diganti perjalanan ke kawaguchiko/karuizawa?
      mohon bantuan informasinya ya pak, jawaban2 bapak sebelumnya sangat membantu dalam penyusunan itinerary perjalanan bersama suami dan anak2. Terima kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Ya benar Yudith, sebaiknya maksimalkan perjalanan keluar Tokyo, seperti ke Kawaguchiko dan Karuizawa. Sebagai catatan, ongkos Tokyo-Karuizawa PP sudah buat balik modal Tokyo Wide Pass. Sementara itu, ongkos dari Tokyo sampai Stasiun Kawaguchiko (spot melihat Gunung Fuji) juga tercover sepenuhnya dengan Tokyo Wide Pass.

  8. Mohon informasi, saya merencanakan untuk memasukkan chidorigafuchi park ke itinerary saya di tgl 25 maret 2017. Apakah tanggal itu, sakura sudah full blooming atau baru mulai?
    Dan rutenya dari : east garden imperial palace – imperial palace – chidorigafuchi park – tokyo dome kira2 membutuhkan waktu berapa jam berjalan kaki?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Sepertinya sakura sudah full blooming pada minggu terakhir bulan Maret.
      Tahun 2016, sakura di Taman Chidorigafuchi hanya berlangsung seminggu 27 Maret hingga 3 April, karena hari hujan sehingga bunga-bunga sakura lebih cepat rontok.
      Jarak dari east garden Imperial Palace sampai ke Taman Chidorigafuchi sekitar 3 km ibu, mungkin sekitar 40 menit berjalan kaki santai. Kemudian saran dari Tim Info Jepang lebih baik naik subway karena jarak Taman Chidorigafuchi sampai ke Tokyo Dome cukup jauh.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!