Taman Ueno

Home / Park / Taman Ueno
Item image

Di Tokyo kita bisa menemukan taman-taman yang asri dan terjaga. Dan salah satu taman yang sangat terkenal di Tokyo adalah Ueno Park, atau Taman Ueno. Taman Ueno berada di daerah Ueno, distrik Taito-ku, Tokyo. Kita dapat berjalan selama kurang lebih 5 menit dari stasiun Ueno untuk tiba di taman ini. Aksesnya juga sangat mudah dari Shinjuku ataupun Tokyo Station.

Selain lahan terbuka dengan pohon-pohonan lebat sebagai paru-paru kota, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati publik. Sebut saja Tokyo National Museum dan National Museum of Western Art yang terdapat di dalam Taman Ueno. Selain kedua museum tersebut masih banyak fasilitas lain yang terdapat di Taman Ueno, antara lain Tokyo Metropolitan Art Museum, National Museum of Nature and Science, International Library of Children’s Literature, Shitamachi Museum, Tokyo Bunka Kaikan, Ueno Royal Museum, Sogakudo Concert Hall, dan Tokyo University of the Arts.

Taman Ueno tak hanya menarik karena beragam fasilitas yang dapat ditemukan didalamnya. Taman ini juga memukau karena rimbunnya pepohonan yang rindang dan suasananya yang asri. Dan yang paling penting, kita dapat masuk dengan gratis dan menikmati keindahan Taman Ueno. Berikut 4 kegiatan seru yang bisa dilakukan di Taman Ueno.

4 Kegiatan Seru di Sekitar Taman Ueno

1. Melihat keindahan bunga sakura di musim semi

Taman ini termasuk salah satu taman terbesar di Tokyo dengan lebih dari seribu batang pohon bunga sakura dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan hanami. Pohon Sakura tersebar di berbagai tempat, termasuk di sekitar Danau Shinobazu. Aksesnya yang mudah dijangkau dari Tokyo dan kota-kota sekitarnya membuat Taman Ueno selalu disesaki pengunjung saat musim semi. Tapi tenang saja, mulai pukul 5 sore hingga malam hari, kita bisa menyaksikan yozakura (melihat bunga sakura di malam hari)

Hanami di Taman Ueno Suasana Hanami musim semi di Taman Ueno

2. Melihat Panda di Kebun Binatang Ueno

Melihat panda di kebun binatang Ueno

Berjalan sedikit ke arah utara, kita bisa mengunjungi kebun binatang Ueno atau Ueno Doubutsuen dalam bahasa Jepang. Di sini kita bisa menjumpai hewan-hewan dari seluruh wilayah Asia dan Eropa, khususnya menjumpai 2 ekor panda primadona Kebun Binatang Ueno. Harga tiketnya yang murah membuat kebun binatang Ueno ini ramai dikunjungi sepanjang tahun.

3. Mengunjungi dan belajar di Museum Alam dan Sains Tokyo

Museum Sejarah di area Taman Ueno Museum Teknologi di area Taman Ueno

Setelah menikmati keindahan taman atau berkeliling kebun binatang, bagaimana kalau pergi ke museum dan belajar ilmu pengetahuan? Kita dapat melihat ribuan koleksi museum dengan harga masuk yang terjangkau. Di museum ini kita bisa belajar kehidupan makhluk hidup seperti dinosaurus, flora dan fauna Jepang secara general, perkembangan pertanian Jepang, dan tema-tema menarik lainnya.

4. Belajar dan menikmati keindahan seni dan budaya Jepang

Sejarah budaya Jepang di Tokyo National Museum

Tokyo National Museum yang terletak di dalam kompleks Taman Ueno, memiliki koleksi kebudayaan dan benda seni Jepang terbanyak di dunia. Kita dapat berkeliling dan melihat keindahan dan perkembangan seni budaya Jepang.

Akses menuju Taman Ueno

Stasiun terdekat adalah Ueno Station, pintu keluar Ueno Koen (Taman Ueno)

  1. Dari Shinjuku Station naik JR Yamanote Line sampai ke Ueno Station. Durasinya 26 menit dengan ongkos 200 Yen.
  2. Dari Tokyo Station naik JR Yamanote line sampai ke Ueno Station. Durasinya 10 menit dengan ongkos 160 Yen.
  3. Dari Shibuya Station naik Tokyo Metro Ginza Line sampai Ueno Station. Durasi waktunya 27 menit dengan ongkos 200 Yen.

Tour di Tokyo

Tokyo Sky Tree di malam hari

Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


Pergi ke Tokyo Tower

Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


Tour malam di Tokyo

Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


Pergi ke Tokyo Tower

Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.

Cheap Hotels in Ueno [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Spa&Capsule Hotel Gr
5 km away
from ¥3100/night
Space Hostel Tokyo
1 km away
from ¥4000/night
Hotel Meigetsu
4 km away
from ¥3300/night
Guest House Wasabi
2 km away
from ¥3100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Miraikan
11 km away
Pintu masuk Museum Miraikan
Mori Garden
7 km away
Light up di Mori Garden Roppongi
Tokyo DisneySea
14 km away
Karakter imut Tokyo Disneyland
Odaiba Decks
9 km away
Odaiba Decks di malam hari

Sumber gambar : Shibuya246Rob TowellCopanda V.Bentley SmithBentley Smith


Recommended for you


Last modified: February 9, 2017 by

Close Comments

Comments (18)

  1. Malam pak tlg tny..dr ueno park ke ameyoko itu jauh ga pak? Apa bs ditempuh dgn jalan kaki? Brp lama pak kira2 jalan kakinya ? Makasih

  2. Siang Pak Nugroho…
    itin saya kurleb spt ini mohon saran ya ;

    6 july landing Narita 07.00 pagi
    menginap di Tokyo
    (dari Narita by NEX ke Tokyo)
    sight seeing fish market, tokyo tower, imperial palace n garden
    check in hotel kitaran shibuya
    ,explore shibuya malam hari

    7 July full day ke kawaguchiko – Gotemba
    kembali ke Tokyo sore hari
    (Perlu info lokasi Sholat Jumat kalau ada )

    8 July explore Tokyo
    Sensuji Temple, Asakusa, Tokyo museum of Nature n Science, Ueno Parks, Akibahara

    menuju Osaka dengan bis malam
    (hanya ada Willer atau ada bis lain yg bagus pak?)

    july 9 tiba pagi di Osaka
    explore Osaka yg ngga capek (Osaka Castle, Koreatown, Karahori, Ramen Museum,)
    menginap di My Style Inn Osaka

    july 10
    Universal Studio Japan
    Menginap di Keihan Universal

    july 11
    belum ada ide mau ke mana sampai waktunya terbang ke Jkt jam 22.00

    Jadi perlu Tokyo Wide Pass dan Osaka Amazing Pass ya pak

    lalu saya tertarik mengunjungi kuil Gotokuji di Setagaya Tokyo dan/atau kuil Imado Nija di Asakusa
    Tokyo . itu sebaiknya di hari ke berapa? pertama atau ketiga?

    Terima Kasih banyak ..Maaf klo pertanyaannya bejibun 🙂

    • Atau saya balik aja ya pak itin ke Kawaguchiko hari ke 3 dan lsg naik willer bus ke Osaka? sepertinya lbh enak begitu ya? menurut bapak gimana?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau ingin naik bus langsung dari Kawaguchiko harus dipesan dulu busnya Pak (dan ini agak susah) karena hanya bisa dilakukan via website bahasa Jepang atau langsung datang ke loketnya. Salam

    • Atau saya balik aja ya pak itin ke Kawaguchiko hari ke 3 dan lsg naik willer bus ke Osaka? sepertinya lbh enak begitu ya? menurut bapak gimana? o ya kami ber4 ( saya ,istri dan 2 anak remaja)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk bus antar kota, silakan pakai willer bus karena menyediakan halaman reservasi dalam bahasa Inggris, sementara perusahaan bus yang lain tidak ada reservasi online dalam bahasa Inggris. Kalau melihat itinerary selama di Tokyo, sepertinya tidak perlu beli Tokyo Wide Pass pak, masih rugi dan tidak balik modal. Kemudian untuk tanggal 11 Juli bisa beli Osaka Amazing Pass sambil pergi-pergi ke tempat wisata gratis oleh Osaka Amazing Pass. Salam

  3. malam pak,
    saya tgl 3 mei akan keliling dr ginza, akihabara, ueno park, asakusa, dan tokyo skytree.
    menurut bapak transport apa yg paling tepat ya pak? apakah menggunakan kereta biasa saja ya pak?
    saya bertiga dengan keluarga.
    thx

  4. Malam pak. Mohon bantuannya bila saya dari ueno park mau ke asakusa, akhibara dan liat patung gundam, naik apa ya pak? Saya ada JR pass. Makasii

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Ueno station, Ibu bisa naik subway Tokyo Metro Ginza Line sampai ke Asakusa Station.
      Lalu untuk patung gundam, Ibu pergi ke Jepangnya kapan ya? Sebab Patung Gundam itu sudah tidak ada lagi terhitung dari tanggal 5 Maret 2017.
      Patung gundam yang baru akan dipasang pada bulan Oktober/ November 2017. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tahun 2016 lalu, Taman Ueno di musim semi saat festival bunga sakura buka dari jam 05.00-23.00.
      Untuk tahun ini mungkin waktunya sama. Informasi terbaru silakan dicek di website infojepang.
      Salam

  5. Sore pak
    Saya berencana berkeliling daerah asakusa dengan Tobu bus loop (tokyo skytree shuttle) yg berangkat dari ueno park. Tobu bus ini singgah ke beberapa tempat,pertanyaan saya apakah di tiap persinggahan ini saya boleh turun? Setelah saya turun dan naik lagi untuk menuju tempat lain yg disinggahi,apakah saya harus beli tiket lagi? Atau cukup sekali bayar saja,saya bisa naik turun sebebasnya sesuai jam bus lewat?
    Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, bisa naik turun di tiap halte dan naik bus yang datang selanjutnya.
      Ongkosnya jauh dekat, dewasa 220 yen dan anak-anak 110 yen. Kalau memang ingin turun di lebih dari 1 tempat, seperti yang ibu bilang, bisa membeli one day pass seharga 420 yen (dewasa) dan 210 yen (anak-anak). One day bus pass ini bisa dibeli di dalam bus.
      Salam

  6. terimakasih pak Nugroho…boleh saya melanjutkan pertanyaan…?
    1.shibuya itu dilalui oleh yamanote line? kalau ya..berapa stasiun dari ueno?
    2.hotel atau hostel di haneda saya caricari sudah penuh semua, apakah bapak Nugroho ada saran lain?
    3.benarkah pemeriksaan di imigrasi heneda bisa memakan waktu lebih dari 1 jam jika yang masuk lebih dari 1 pesawat pada jam bersamaan, kira kira yang di tanya apa saja?
    4.penumpang pesawat air asia ….masuk nya dari pintu bandara berapa…saya ada rencana akan dijemput oleh teman..

    salam hangat,
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Shibuya dilalui oleh Yamanote Line dan beda 14 stasiun dari Ueno. Untuk hostel Bapak bisa cari di daerah Ueno, Shinjuku, atau Asakusa. Shibuya memang terkenal pak jadi sering penuh. Untuk pintu imigrasi biasanya hanya ditanya berapa lama di Jepang, menginap di mana, hal-hal yang sebenarnya sudah tertulis di itinerary sewaktu membuat visa. Jadi siapkan saja print booking hotel dalam tas bersama dengan paspor.
      Pesawat Air Asia mendarat di terminal internasional, dan pintu keluarnya hanya satu pak. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!