Kuil Nikko Toshogu

Home / Temple / Kuil Nikko Toshogu
Item image

Kuil Nikko Toshogu di kawasan pegunungan Nikko merupakan kuil Shinto yang dibangun untuk menghormati Tokugawa Ieyasu sebagai dewa Tosho Daigongen, dewa agung yang disebut “Sumber cahaya dari timur”. Perlu diketahui bahwa Tokugawa Ieyasu adalah pendiri keluarga Tokugawa yang menguasai hampir seluruh wilayah Jepang di tahun 1600 sampai 1869. Kuil yang selesai dibangun pada tahun 1617 ini terletak di pusat kota Nikko, Tochigi, dan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999. Area kuil ini awalnya hanya terdiri dari satu buah mausoleum, namun diperbesar oleh cucu Ieyasu yakni Iemitsu di tahun 1650-an, hingga kini punya total 55 bangunan dalam kompleks kuil yang dikelilingi dengan taman yang indah. Simak kunjungan saya ke kuil Nikko Toshogu dengan pagoda lima lantai dan gerbang Yomeimon-nya yang ikonik.

Seluruh bangunan di Kuil Toshogu ini dibangun dengan sangat apik. Detail ukiran pada tiang, atap, maupun dinding bangunan begitu diperhatikan. Apalagi ditambah dengan tangga dan jalan yang dibangun menyesuaikan dengan kontur perbukitan yang ada di kota Nikko. Banyak yang menyebut, jika seluruh kompleks kuil ini dibangun hari ini, setidaknya diperlukan biaya hampir 40 miliar yen. Angka yang luar biasa bukan untuk pembangunan sebuah kompleks kuil.

Berkeliling objek wisata di Kuil Nikko Toshogu

1. Gerbang Torii Ishidorii

Gerbang Torii Ishidorii yakni pintu masuk kuil Nikko Toshogu. Torii dipercaya sebagai batas antara dunia roh dan dunia manusia. Yang unik dari gerbang torii di sini adalah gerbang torii ini dibuat dari batu dan warnanya putih keabu-abuan, bukan merah terang seperti torii yang sering kita lihat, seperti di Kuil Itsukushima, Kuil Heian Jingu, atau Kuil Hakone.

Torii Ishidorii di kompleks Kuil Nikko Toshogu

Torii Ishidorii di kompleks Kuil Nikko Toshogu

2. Pagoda lima tingkat Gojunoto

Pagoda Gojunoto, pagoda lima tingkat ini adalah ikon kuil Nikko Toshogu. Selain karena letaknya yang ada di dekat pintu masuk, keindahan pagoda ini selalu jadi latar belakang foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke sini. Pagoda ini didedikasikan kepada Sakai Tadakatsu, penguasa wilayah Wakasa (kini Fukui).

Pagoda Gojunoto di kompleks Kuil Nikko Toshogu

Pagoda Gojunoto di kompleks Kuil Nikko Toshogu

3. Bangunan-bangunan Bersejarah dalam kompleks Kuil Nikko Toshogu

Gudang Sanjinko, bangunan gudang ini terdiri dari tiga buah bangunan gudang: Kamijinko, Nakajinko, Shimojinko di mana lebih dari 1000 pakaian samurai dari jaman Kekaisaran Edo disimpan. Yang tidak boleh terlewatkan adalah lukisan berukuran besar yang disebut “Gajah Khayalan” yang ada di dinding Kamijinko. Disebutkan sebagai “gajah khayalan” karena pelukisnya Kano Tanyu tidak pernah melihat gajah selama hidupnya.

4. Ukiran kayu 3 monyet Mizaru, Kikazaru, Iwazaru

Kandang kuda Shinkyusha, di mana kuda-kuda kuil dipelihara dan dirawat. Pada jaman dahulu, kuda ini digunakan oleh para pendeta untuk berkeliling, mengajar dan menyebarkan agama Buddha dan Shinto. Selain itu ada lukisan tiga monyet dengan tulisan “Mizaru, Kikazaru, Iwazaru”, “See No Evil, Speak No Evil, Hear No Evil” yang dipercaya sebagai penjaga kuda-kuda tersebut.

Tiga monyet di Kuil Nikko Toshogu Tochigi

Tiga monyet di Kuil Nikko Toshogu Tochigi

5. Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Gerbang Yomeimon, gerbang ini disebut-sebut sebagai gerbang terindah yang ada di Jepang dan menjadi harta kekayaan nasional Jepang. Ada lebih dari 500 lukisan dan ukiran yang berkisah mengenai kehidupan manusia.

Bangunan kuil Gohonsha, yang terdiri dari bangunan hall utama (Honden), ruang berdoa (Haiden), dan ruangan Ishinoma, yang dibangun untuk menghormati Ieyasu. Seluruh acara keagamaan akan diadakan di kompleks ini. Kita bisa masuk dan berkeliling saat sedang tidak ada acara, dan melihat lukisan dan ukiran di seluruh bangunan ini.

Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Bangunan utama Kuil Nikko Toshogu

Bangunan Kyakuden dan kantor Shamusho, yang dibuka bagi para pengunjung yang ingin berdoa. Selain itu, bangunan yang dikelilingi dengan taman yang indah ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara minum teh.

Informasi Tiket Masuk Kuil Nikko Toshogu

Untuk bisa masuk dan berkeliling di seluruh area kuil, kita harus membayar 1.300 yen di loket tiket dekat pintu masuk kuil. Area berbayar dimulai dari pintu gerbang torii batu Ishidorii.

Akses menuju Kuil Nikko Toshogu

Dari Stasiun Nikko atau Tobu-Nikko, kita bisa naik bus selama 50 menit sampai ke kompleks kuil Nikko Toshogu. Harga tiketnya sebesar 310 yen.

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Kalaupun terpaksa hanya dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Yamabiko sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta lokal Nikko sampai Stasiun Nikko.

Cheap Hotels near Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Harumoto
0 km away
Hotel Harumoto
from ¥6536/night
Nikko Station Hotel Class
2 km away
Nikko Station Hotel Classic
from ¥4800/night
Nikkosan BackPackers Inn
2 km away
Nikkosan BackPackers Inn
from ¥3983/night
Nikko Akarinoyado Villa R
2 km away
Nikko Akarinoyado Villa Revage
from ¥7046/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Rinnoji
0 km away
Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko
Taman Lily Hunter Mountai
24 km away
Keindahan Taman Lily Hunter Mountain
Kinugawa Onsen
10 km away
Suasana Kinugawa Line Kudari
Kuil Nikko Toshogu
0 km away
Kuil Nikko Toshogu di musim gugur

Sumber gambar: Flickr Travis Rigel Lukas Hornung, Travis Rigel Lukas Hornung, hama-kawasakee2007, David Hsu, hiroooooki


Recommended for you


Last modified: December 7, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (77)

  1. Monalisa Oktaviani  |  

    Halo pak, pertanyaan saya belum dijawab. Semoga kali ini bisa dijawab ya :). Saya akan menggunakan JR South East Hokkaido. Boleh tau gak rute yg bisa menggunakan JR Pass ini until pergi ke :
    1. Narita Terminal 2 – Tokyo – Asakusa
    2. Asakusa – Nikko (Toshogu Shrine)

    Thank you :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR East South Hokkaido untuk rute dari Narita Airport ke Asakusa akan jadi memutar. Ibu bisa naik Narita Express dari Narita ke Tokyo, kemudian naik JR Yamanote Line dari Tokyo ke Ueno, lalu naik subway dari Ueno ke Asakusa. Ongkos dari Ueno ke Asakusa tidak tercover. Ada rute kereta lain yakni Keisei Line yang langsung menghubungkan Narita Airport dengan Asakusa. Untuk perjalanan dari Asakusa ke Nikko bisa langsung menggunakan Tobu Line, namun tidak tercover oleh JR East South Hokkaido.
      Kalau mau tercover sebagian ongkosnya bisa naik subway ke Ueno, lalu naik JR Utsunomiya Line sampai Utsunomiya, kemudian naik JR Nikko Line sampai Nikko. Salam

  2. saya akan ke jepang di bulan oktober selama 11 hari. saya menginpa di teh micro museum hotel, uguisudani..keesokan harinya saya akan bertolak ke osaka, kyoto dan shirakawago..rencananya saya akan membeli JR pass..di hari berikutnya saya juga akan mengunjungi mount fuji, hitachi seaside park dan nikko juga berkeliling kota tokyo. Perlukan saya membeli Tokyo Wide Pass selama 3 hari?? mohon info nya.terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ongkos busnya dari Nikko Station ke Kuil Nikko Toshogu tidak tercover pak oleh Tokyo Wide Pass, hanya ongkos kereta saja. Salam

  3. Pagi, Pak Nugroho. Saya mau tanya, kalau naik shinkansen dengan TWP apakah perlu mengambil tiket fisik lagi atau langsung saja? Terima kasih pak bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk jalur kereta shinkansen yang tercover oleh Tokyo Wide Pass, bisa kok naik shinkansen cukup dengan menunjukkan Tokyo Wide Pass. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk naik shinkansen dengan Tokyo Wide Pass hanya bisa gerbong unreserved bu. Jadi bisa langsung tunjukkan kepada petugas di pintu manual saja. Salam.

    • Siang, Pak Nugroho. Oke terima kasih informasinya paak.

      1. Kebetulan aku mau ke Nikko naik Shinkansen, baca di web JR Yamabiko tercover pak. Benarkah?

      2. Terus, apakah bapak tahu bis ke Nikko beroperasi sampai kapan? Karena dari Edo Wonderland, saya rencana ke Kuil Toshogu dulu dan sepertinya baru sampai Nikko St. jam 5an sore.

      Mohon bantuannya ya pak, terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau ke Nikko hanya ada kereta ekspress pak. Shinkansen Yamabiko itu ke Sendai hingga Shin-Aomori.
      2. Dari Halte Nishisandō Iriguchi (dekat Kuil Nikko Toshogu/ Rinnoji) sampai ke Stasiun JR Nikko/ Tobu Nikko busnya beroperasi jam 15:59, 16:13, 16:19, 16:24, 16:54, 17:09, 17:19, 17:39 sampai terakhir 20.29. Salam.

    • Oke pak. Setelah saya recheck lagi, untuk menuju Nikko bisa menggunakan Tohoku Shinkansen dan berhenti di Utsunomiya St. Kemudian lanjut JR Nikko. Nah, pertanyaan saya apakah benar Tohoku Shinkansen wajib reserved seat? Kalau iya, kita perlu bayar lagi atau gratis seperti penjelasan poin nomor 4?

      Kemudian, kalau ke Nikko saya menggunakan SPACIA, harus reserved seat juga ya pak? Mohon bantuannya.

  4. Selamat Siang Mas,
    Mohon info jika saya ke Nikko one day trip dari tokyo , shinjuku station, apakah memungkinkan untuk ketempat2 ini : Kinugawa Onsen Nikko Toshogu, Danau Chuenzi, dan Air terjun kegon.
    jika mungkin baiknya bagaimana rutenya? Apakah dari Shinjuku lsg ke Kinugawa onsen atau ke Danau Chuenzi terlebih dahul?

    Terima kasih

  5. Selamat malam pak,

    saya rencana desember ini ke Tokyo, rutenya seperti ini pak…
    tgl 16 pagi tiba di haneda… keliling tokyo seperti hachiko, asakusa.. dll sedapatnya
    tgl 17 ke mt fuji
    tgl 18 ke nikko
    tgl 19 ke gala yuzawa
    tgl 20 terbang ke sapporo

    yang saya ingin tanyakan pak.. apakah tgl 17 18 19 saya lebih baik pakai TWP
    trus apakah di mt fuji harus beli bus yang red line lagi ya untuk kelilingnya…
    lalu di nikko apakah twp bisa sampai ke edo wonderland?

    terima kasih pak.
    salam

    • Nugroho Christian  |  

      Di Gunung Fuji Kawaguchiko, bapak mau mengunjungi apa ya? Kalau sedikit, sepertinya bisa dengan tiket bus ketengan saja. Bapak bisa baca tempat wisata di Kawaguchiko, jika sudah tahu, mohon diinfokan sehingga bisa saya sarankan dengan lebih akurat. Untuk ke Edo Wonderland, tercover hanya sampai Stasiun JR Nikko. Bapak bisa naik bus atau bus shuttle ke Edo Wonderland. Salam.

    • Richard ho  |  

      Thanks atas balasannya pak

      Untuk di kawaguchi itu sy kan belum perna .. nah sarannya baiknya kemana kalao di desember yah.. apakah beli bus ketengan?

      Trus edo itu tutup yah di desember pak.. sy baca dia maintenance.. sayang deh..

  6. selamat malam pak.. saya ada rncana mau ke jepang,rencana/ itin sy sbb:
    day 1 : sekitar ueno dan asakusa (meninap di asakusa)
    day 2 : sekitar tokyo tower / sky tree/ diver city (day 1&2 menggunakan metro subway 2d pass)
    day 3 : menuju nikko (pp) (day 2-5 menggunaka tokyo wide pass)
    day 4 : ke mt.fuji
    day 5: shinjuku-shibuya-harajuku (malam menuju osaka)
    day 6: osaka city tour
    day 7: kyoto city tour
    day 8 :nabana no sato lanjut kanazawa
    day 9: back to tokyo

    yang mau saya tanyakan.. apakah sudah benar rute tujuan saya pak? dan utk pass nya bgmana, ke nikko dan mt,fuji apakah tercover TWP?
    trs saat di osaka apakah prlu pk pass jg?

    terima kasih sebelumnya, mohon pencerahannya..
    salam

    ada yang mau saya tanyakan,

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau rutenya seperti itu, jangan pakai Tokyo Wide Pass pak. Pakai saja JR PASS All Area, sudah jauh lebih untung.
      Bapak rugi banyak kalau rutenya seperti itu dan hanya pakai Tokyo Wide Pass. Salam

    • kl saya ok jr all pass apakah smua transportasi rute sy di atas trcover? kl tidak mana sj yg tidak?
      jr pass all area apakah trmsk shinkasen?
      trima kasih..
      salam

    • jika pk jr pass all area apakah smua rute sy di atas trcover pak?
      atau jika ga mana sj yg tidak?
      jr pass all area trmsuk shikasen kah?
      trima kasih
      salam

    • utk meng aktif kan jr pass nya di hr ke brp ya pak?
      sy ada perubahan itin
      day 1 asakusa
      day 2 odaiba,tokyo sky tree
      day 3 sekitar shinjuku shibuya
      day 4 mt fuji (rncana pk 1 day trip tour)
      day 5 tokyo-takayama-shirakawago(menginap)
      day 6 shirakawago-kanazawa-osaka(mlm..ke osaka baik ny trnsport ny apa ya pak?)
      day 7 kyoto city tour ( kyoto nagoya..nabana nosato) –> osaka
      day 8 osaka city tur
      day 9 take off dr kansai

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau memang mau ke Gunung Fuji dengan day Tour, cukup menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass saja. Dan kalau masih bisa diatur, perjalanan tur ke Gunung Fuji sebaiknya dipindahkan ke Day 2 atau 3, supaya ongkos perjalanan ke Shinjuku-Shibuya (day 3-9) tercover dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Salam.

  7. Salam Pak nugroho, Saya rencana mengaktifkan TWP untuk ke lokasi Hitachi seaside park, nikko, Dan kawasan kawaguchiko msg msg 1 Hari.
    1. utk kawasan nikko apakah tempat tempat yang tercantum di atas semua tercover twp tanpa membeli nikko pas?
    2. lokasi hotel pertama di daerah asakusa, kira2 jalur Mana Dr ketiga tempat itu yang harus Saya dulukan? penginapan kedua Dan ketiga rencana ambil daerah Shinjuku

  8. selamat siang, saya akan ke Jepang selama 14 hari dengan rute Tokyo-Nikko-mount Fuji-Shirakawa Go-Nagoya-Kyoto-dan Osaka.
    apakah menguntungkan bagi saya untuk membeli JR Pass? atau rute tersebut bisa saya lalui dengan bus, sehingga jauh lebih murah?

    Terima Kasih

  9. pak, kalau bisa memilih, lebih baik ke Nikko atau Lake Kawaguchiko? Saya dan keluarga bulan ini mau ke Jepang, rencana mau beli Tokyo Wide Pass ini, cuma masih bingung mau ke Nikko atau ke Lake Kawaguchiko, terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau berangkat dari Tokyo, lebih bagus ke Kawaguchiko bu. Selain jaraknya lebih dekat, moda transportasi menuju ke Tokyo dan antar tempat wisata di Kawaguchiko lebih banyak variasi dan frekuensi perjalanannya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!