Kuil Rinnoji

Home / Park / Kuil Rinnoji
Item image

Selain kuil Nikko Toshogu, salah satu kuil yang tidak boleh dilewati saat kita mengunjungi Nikko adalah Kuil Rinnoji. Kuil yang terletak di kaki gunung dan ditutupi oleh pepohonan rimbun ini adalah tempat favorit para pendeta Buddha yang ingin menyendiri dan bertapa mencari ketenangan. Kuil Buddha ini dibangun tahun 766 oleh seorang pendeta Buddha Shodo, yang kemudian mengenalkan agama Buddha di wilayah Nikko. Di kompleks kuil ini kita juga bisa melihat mausoleum (makam) dari Tokugawa Iemitsu (cucu dari Tokugawa Ieyasu, pendiri keluarga Tokugawa) yang begitu megah. Sampai hari ini beberapa acara keagamaan Buddha masih diadakan di kompleks kuil ini. Namun yang paling terkenal adalah Taman Shoyoen, taman tradisional Jepang dengan pemandangan musim gugurnya yang menakjubkan.

Kegiatan Seru di Kuil Rinnoji

1. Mengunjungi bangunan Sanbutsudo

Bangunan Sanbutsudo sering disebut juga sebagai bangunan hall tiga Buddha. Selain sebagai bangunan utama untuk pelaksanaan kegiatan agama, kita bisa melihat beberapa patung bersejarah juga. Ada patung Buddha Amida yang dilapis dengan emas, lalu patung Senju-Kannon yang punya seribu lengan, dan juga Bato-Kannon yang berkepala kuda. Tiga patung ini dipercaya sebagai perwujudan dari kehadiran dewa pelindung Nikko.

Bangunan Sanbutsudo di kompleks Kuil Rinnoji Nikko

Bangunan Sanbutsudo di kompleks Kuil Rinnoji Nikko

Berita Renovasi Kuil Rinnoji di Nikko Tochigi:
Bangunan Utama Sanbutsudo sedang direnovasi hingga 2019. Kompleks Kuil Rinnoji tetap dibuka, namun bangunan Sanbutsudo akan ditutupi oleh terpal renovasi.

2. Mengunjungi Treasure House dan Mausoleum Taiyu-in Reibyo

Treasure House adalah bangunan tempat menyimpan beragam peralatan yang digunakan dalam upacara keagamaan. Kita bisa melihat patung Buddha yang sedang menaiki bangau raksasa, satu-satunya yang ada di Jepang. Tidak jauh, ada juga mausoleum atau makan Taiyu-in Reibyo dibangun untuk menghormati Tokugawa Iemitsu. Iemitsu adalah generasi ketiga dari keluarga Tokugawa yang menguasai wilayah Jepang di abad sekitar abad ke 16. Kita bisa melihat para pengunjung yang datang dan sekadar berdoa atau menunduk untuk menghormati Iemitsu yang berperan penting dalam sejarah kota Nikko. Mausoleum ini juga menjadi situs warisan dunia UNESCO.

3. Menikmati keindahan Taman Shoyoen

Di belakang bangunan Treasure House, ada taman tradisional Jepang, Shoyoen yang dikenal dengan keindahannya di musim gugur. Ratusan pohon maple yang ditanam rapi sejak ratusan tahun lalu akan berubah warna menjadi kuning kemerahan di sekitar awal hingga pertengahan Bulan November. Taman ini menjadi tempat favorit para penduduk untuk menikmati musim gugur dan momiji bersama.

Taman Shoyoen di Kuil Rinnoji Nikko

Taman Shoyoen di Kuil Rinnoji Nikko

Informasi Tiket Masuk ke Kuil Rinnoji

Untuk bisa masuk dan berkeliling bangunan Sanbutsudo kita dikenakan biaya 400 yen, sementara itu jika mau ke bangunan Treasure House dan Taman Shoyoen kita harus membayar 300 yen.

Akses menuju Kuil Rinnoji

Dari Stasiun Nikko atau Tobu-Nikko, kita bisa naik bus selama 10 menit sampai ke kompleks kuil Rinnoji. Harga tiketnya sebesar 310 yen. Kalau teman-teman dari Kuil Nikko Toshogu, bisa berjalan kaki sekitar 5 menit ke arah timur sampai ke Kuil Rinnoji.

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Cheap Hotels near Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nikko Akarinoyado Villa R
2 km away
Nikko Akarinoyado Villa Revage
from ¥7046/night
Hotel Natural Garden Nikk
1 km away
Hotel Natural Garden Nikko
from ¥3574/night
Nikko Park Lodge
2 km away
Nikko Park Lodge
from ¥2859/night
Ohruri Sanso Nikko
17 km away
Ohruri Sanso Nikko
from ¥4187/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tobu World Square
12 km away
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square
Nikko Edomura Edo Wonderl
10 km away
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland
Kinugawa Onsen
10 km away
Suasana Kinugawa Line Kudari
Kuil Rinnoji
0 km away
Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko

Sumber gambar: Flickr KENJIX, yuchengchung, Miguel Perez


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (3)

  1. Saya mau tanya kalau saya dari edo wonderland ke kuil rinnoji apakah saya harus naik kereta express lagi berhenti di shimo imachi station. Lalu dari shimo imachi station ke tobu nikko station?
    Apakah kalau bolak bail seperti itu tetap bisa pakai JR wide pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, ibu harus kembali lagi ke Shimo Imaichi, kemudian naik kereta ke arah Tobu Nikko Station.
      JR Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta JR sampai ke JR Nikko Station, jadi kereta Tobu Kinugawa Line menuju ke Shimo Imaichi Station tidak tercover.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!