Kereta Wisata Watarase

Home / Attraction / Kereta Wisata Watarase
Item image

Kereta wisata Watarase adalah salah satu kereta wisata dengan umur yang sangat panjang. Membentang di wilayah pegunungan Alps Jepang dan menyusuri tebing-tebing terjal Watarase di antara prefektur Gunma dan Tochigi, jalur kereta wisata Watarase menghubungkan kota Kiryu dan Mato Station dalam satu setengah jam perjalanan. Kita bisa menyaksikan pemandangan bunga sakura di musim semi, pepohonan hijau di musim panas, daun-daun momiji merah dan kuning di musim gugur, dan iluminasi memukau di musim dingin. Kereta wisata Watarase ini hanya beroperasi di waktu-waktu tertentu dan kita perlu melakukan reservasi untuk dapat menikmati pemandangan alam sambil naik kereta ini. Reservasi sangat mudah, bisa dilakukan melalui telepon atau datang langsung ke stasiun keberangkatan stasiun Aioi atau Stasiun Omama, atau Stasiun Tsudo.

Kegiatan Wisata Seru di sepanjang Jalur Kereta Wisata Watarase

1. Menyaksikan pemandangan alam Jepang yang sebenarnya

Jalur kereta ini sebetulnya berada di pedalaman kota, dan perlu waktu sekitar 2 jam untuk dapat mencapainya. Namun, bertahannya kereta wisata Watarase di tengah terjangan jaman dan tingkat urbanisasi ke kota besar yang tinggi membuktikan bahwa jalur kereta wisata ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah pemandangan alam yang bisa dinikmati dari kereta. Perbedaan ketinggian 550 meter sepanjang jalur kereta membuat pemandangan alamnya dinamis dan berubah sepanjang perjalanan. Di musim semi, kita bisa melihat bunga sakura yang sudah mekar sempurna di bagian bawah namun ada juga yang masih berupa kuntum bewarna merah muda tua di bagian lereng pegunungan. Di musim semi, daun-daun momiji sudah merah pekat di bagian bawah, namun seiring perjalanan mendaki lereng gunung, daun bewarna jingga, kuning, bahkan hijau masih kelihatan. Seru kan?

2. Mengelilingi Tempat-tempat seru di sepanjang jalur kereta

Pertama, kita bisa melihat koleksi seni berjumlah 38 buah di dalam bangunan stasiun Kamikanbai, Yoshinosawa Katoi, dan Jembatan Konakawa yang merupakan warisan budaya Jepang. Ada juga restoran unik yang dibangun dari bekas gerbong kereta di stasiun Kobe. Ada juga stasiun Mizunuma yang memiliki akses onsen langsung dari peron (kita bahkan tidak perlu keluar dari pintu karcis untuk mencoba onsen di sini).

3. Coba kereta khusus Watarase

Di musim semi dan musim gugur, ada kereta khusus dengan gerbong terbuka sehingga kita leluasa menyaksikan pemandangan alam menakjubkan pegunungan dan tebing Watarase tanpa terhalang jendela kaca. Nama keretanya adalah Torokko Watarase Keikoku Go dan Torokko Wasshi Go, dan beriperasi di akhir pekan dan hari libur musim liburan. Kalau berminat ingin melihat pemandangan di sini, Tim Info Jepang menyarankan untuk datang pada musim semi atau musim gugur.

Suasana interior Kereta Wisata Watarase

Suasana interior Kereta Wisata Watarase

4. Naik kereta sambil melihat iluminasi musim dingin

Kereta wisata Watarase tidak kehabisan ide menghibur para penumpangnya. Di musim dingin saat pemandangan salju putih mendominasi seluruh jalur kereta wisata Watarase, kita tetap dapat menyaksikan iluminasi musim dingin memukai yang menghiasi 16 dari total 17 stasiun di jalur kereta ini. Banyak maniak kereta dan juga turis yang datang untuk menyaksikan iluminasi-iluminasi yang berbeda setiap stasiunnya.

Iluminasi musim dingin berlangsung dari bulan Desember hingga Februari setiap tahunnya (tahun 2015/2016 berlangsung dari 6 Desember 2015 hingga 29 Februari 2016), mulai dari pukul 17.00 hingga saat kereta terakhir melintas. Sebagai bandingan berikut adalah pamflet iluminasi tahun 2015/2016. Ongkos naik keretanya juga sama seperti kereta biasa, 510 yen untuk pelajar SMA ke atas, dan 260 yen untuk pelajar SD.

Akses menuju ke Stasiun Kereta Wisata Watarase

Jika memiliki JR Pass atu JR Tokyo Wide Pass, maka bisa menggunakan jalur kereta JR menuju ke stasiun Kiryu, stasiun awal keberangkatan kereta wisata Watarase. Dari Tokyo Station ada dua cara: lewat jalur barat bisa naik JR Takasaki Line/ Joetsu Shinkansen sampai ke Takasaki, lalu pindah ke JR Ryomo Line dan turun di Kiryu Station. Sementara untuk jalur timur bisa naik kereta Utsunomiya Line/ Tohoku Shinkansen dari Tokyo Station sampai ke Oyama Station, lalu pindah ke JR Ryomo Line dan turun di Kiryu Station. Dari Kiryu Station bisa langsung ke Aioi Station, untuk membeli tiket kereta wisata Watarase. Tanpa JR Pass total ongkosnya adalah 2.270 yen dengan kereta lokal, 4.320 yen bila melalui jalur timur, dan 5.060 yen bila lewat jalur barat.

Jika tidak membeli JR Pass, bisa naik kereta swasta Tobu Line. Dari Tokyo Station naik Joban Line sampai Kita-Senju. Dari Kita Senju naik Tobu Isesaki Line sampai ke Kuki Station. Pindah ke jalur kereta Lokal sampai ke Ota, pindah ke jalur kereta Tobu Kiryu Line sampai ke Aioi Station di jalur kereta wisata Watarase. Total ongkosnya adalah 1.410 yen.

Sumber gambar: Flickr Tomiuka,y , Masaki Miida


Recommended for you


Last modified: February 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (5)

  1. selamat sore, saya berencana mengunjungi watarase, kalau mau naik kereta bisa pesan dimana ya? tadi saya buka website visitgunma tapi belum menemukan informasi lokasi pemesanan tiket kereta, terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!