Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang >  Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

Untuk teman-teman yang merencanakan liburan ke Jepang, bisa memanfaatkan tiket terusan JR Tokyo Wide Pass. Tiket ini khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang dengan visa liburan/ wisata. Seperti apa JR Tokyo Wide Pass itu, lalu objek-objek wisata apa yang bisa dikunjungi gratis dengan tiket terusan ini, kami akan membahasnya lengkap. Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang membantu menyusun itinerary perjalanan mengelilingi objek-objek wisata di sekitar Tokyo.

1. Tempat Pembelian JR Tokyo Wide Pass

JR Tokyo Wide Pass menggantikan Kanto Area Pass sejak November 2015. Nah, teman-teman bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass di JR EAST Travel Service Center atau loket kereta JR di stasiun kereta Terminal 1, 2,dan 3 Bandara Narita. Selain itu, bisa juga dibeli di loket tiket kereta Tokyo Monorail di Bandara Haneda, Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku. Tiket JR Tokyo Wide Pass ini juga bisa teman-teman peroleh di Travel Service Center di Stasiun Shibuya, Ikebukuro, Shinagawa, Ueno, Yokohama, dan Mito.

Tiket JR Tokyo Wide Pass

Tiket JR Tokyo Wide Pass

2. Informasi Penggunaan JR Tokyo Wide Pass (dewasa: 10.000 yen, anak 6-11 tahun 5.000 yen)

Liburan di Odaiba: Taman Kaihinkoen

Liburan di Odaiba

Tiket terusan JR Tokyo Wide Pass mencakup seluruh jalur kereta JR (ingat tidak termasuk jalur kereta swasta) di prefektur Ibaraki, Gunma, Tochigi, Saitama, Chiba, Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Shizuoka. Beberapa jalur kereta utama yang bisa dinaiki gratis antara lain seluruh jalur JR East, Tokyo Monorail (Haneda Airport-pusat kota Tokyo), Narita Ekspress (Narita Airport-Stasiun Tokyo), lalu Izu Kyuko Line (menuju objek wisata Semenanjung Izu), Fujikyu Railway (ke objek wisata Fujikyu Highland), Joshin Dentetsu Line (menuju ke objek wisata Warisan Budaya Dunia Tomioka Silk Factory), Saitama Urban Transit Line (menuju ke Museum Kereta Saitama), dan Tokyo Rinkai Line (dari Tokyo menuju ke Odaiba).

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Buat kamu yang berencana bermain ski di Gala Yuzawa Niigata, mengunjungi Gunung Fuji, melihat festival bunga Shibazakura di Danau Kawaguchi, melihat taman bunga Hitachi Seaside Park yang terkenal, pergi ke kota Kuil dan pegunungan Nikko, mengelilingi tempat-tempat wisata di Yokohama atau Museum Doraemon, tiket ini sangat cocok bagi kamu! Dengan 10,000 yen atau sekitar 1,1 juta rupiah untuk dewasa (usia 12 tahun ke atas) atau 5,000 yen untuk anak-anak (usia 6-11 tahun), kita bisa berkeliling 3 hari berturut-turut sepuasnya (tanggal mulai penggunaan nya bebas sepanjang tahun) tempat-tempat wisata di atas. Tiket ini juga bisa dibeli kapanpun diinginkan, tidak seperti tiket seishun 18 kippu yang ada masa penjualannya.

Harga yang sangat terjangkau mengingat tiket pass ini bisa dipakai selama 3 hari dan meliputi semua jaringan JR dan monorail termasuk kereta shinkansen biasa dan limited express train. Caranya mudah, cukup tunjukkan paspor maka kita bisa membeli JR Tokyo Wide Pass. Saat membeli JR Tokyo Wide Pass, kita bisa menentukan sendiri kapan mulai menggunakan pass ini.

Tiket ini cocok bagi kamu yang mengunjungi 3-4 tempat-tempat wisata di Tokyo dan sekitarnya dalam 3 hari (cukup padat jadinya). Jika teman-teman butuh referensi bisa dilihat di forum Info Jepang atau bisa bertanya di kotak komentar di bawah.

3. Hitung-Hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut kami akan memberikan hitung-hitungan perbandingan keuntungan membeli JR Tokyo Wide Pass dibanding jika tidak untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat wisata terkenal. Ingat, teman-teman tidak bisa naik kereta Tokaido Shinkansen dengan menggunakan Tokyo Wide Pass.

1. Perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen

Dengan tiket biasa, perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen dari Shinjuku atau Ikebukuro di Tokyo membutuhkan ongkos 4,000 yen, mencakup kereta-kereta limited ekspress yang menggunakan jalur Tobu Railways, seperti Nikko, Spacia, Kinugawa, dan Spacia Kinugawa (dengan menambah biaya reserved seat). Selain Kinugawa Onsen bisa juga pergi ke Kuil Nikko Toshogu, taman bermain bertemakan Jepang jaman dulu: Nikko Edomura Edo Wonderland, taman bermain dengan miniatur keajaiban dunia Tobu World Square, Kuil Rinnoji kuil bersejarah di Nikko, Wisata alam di Danau Chuzenji dan Air terjun Kegon yang juga berada di daerah wisata Nikko. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal. Jika naik Shinkansen dari Shinagawa, Tokyo atau Ueno, kita bisa lebih cepat sampai tujuan. Ongkos sekali perjalanan 5.580 yen, sehingga sudah balik modal dalam perjalanan bolak-balik.

Objek wisata Nikko-Kinugawa Onsen

Danau Chuzenji
Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi
Taman Ashikaga
Bunga Wisteria di Taman Ashikaga
Kereta Wisata Watarase
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Nikko Edomura Edo Wonderl
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

2. Perjalanan ke Danau Kawaguchi/ Fujikyu Highland

Perjalanan ke Danau Kawaguchi dari Shinjuku dengan naik kereta ekspress sampai Stasiun Otsuki, lalu dilanjutkan ke Fuji Kyuko line membutuhkan 3,910 yen untuk sekali perjalanan (ongkos kereta termahal Limited Express super Azusa 1 dilanjutkan dengan Fujisan Express 1). Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass.

Objek wisata dekat Danau Kawaguchiko

Danau Kawaguchiko
Pemandangan malam danau Kawaguchiko
Taman Yagisaki
Gunung Fuji dari Taman Yagisaki di Kawaguchiko
Gotenba
Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba
Iyashi No Sato
Rumah tradisional di Iyashi No Sato

3. Perjalanan ke Resort Ski Gala Yuzawa

Dengan naik shinkansen dari Tokyo membutuhkan ongkos 6,870 yen untuk sekali perjalanan. Tentu sangat menguntungkan (sudah balik modal) jika ingin bermain ski di Gala Yuzawa dengan membeli JR Tokyo Wide Pass. Plus banyak diskon menanti kalau ke Gala Yuzawa dengan Tokyo Wide Pass (informasi selengkapnya mengenai diskon di Gala Yuzawa).

4. Perjalanan ke Odawara, Atami, atau Semenanjung Izu

Ongkos dari Stasiun Tokyo ke Odawara (pintu masuk kota pegunungan Hakone) adalah 3,190 yen dengan kereta ekspress Super View Odoriko (dengan menambah biaya reserved seat), 4,180 yen sampai ke Atami dan 6,260 yen sampai ke Semenanjung Izu. Dari Odawara bisa lanjut naik Odakyu Line menuju ke tempat-tempat wisata di Hakone jika dikombinasikan dengan Hakone Pass. Atau juga bisa ke Taman kota Atami, ke tempat hanami terkenal Kawazu Izu, atau ke 7 Air terjun Nanadaru. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass. Jadwal kereta Ekspress Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan Stasiun Kawazu adalah jam 09.00, 10.00, 10.30, 11.00, 12.00, 13.00, 13.30.

5. Perjalanan ke Karuizawa

Kota Karuizawa adalah kota resort liburan orang-orang Jepang. Seperti Puncak bagi orang Jakarta atau Lembang bagi orang Bandung. Wilayah pegunungan dengan hutan-hutan yang masih alami, jalanan naik-turun yang cocok untuk jogging atau bersepeda, dan juga udara sejuk sepanjang tahun memang jadi daya tarik utama Karuizawa. Eh, tunggu dulu, Karuizawa juga dikenal dengan surga belanja juga loh, salah satunya adalah Karuizawa Prince Shopping Plaza. Selain itu, masih ada juga Karuizawa Prince Ski Resort yang jadi alternatif kamu untuk bermain ski selain ke Gala Yuzawa yang biasanya penuh. Karuizawa bisa diakses dengan mudah menggunakan shinkansen dari Tokyo Station. Ongkosnya 5,910 yen untuk sekali perjalanan dan tentu sangat menguntungkan jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

Suasana Karuizawa Prince Snow Resort di Nagano

Suasana Karuizawa Prince Snow Resort di Nagano

6.  Perjalanan ke Hitachi Seaside Park

Perjalanan menuju ke Hitachi Seaside Park bisa dari Tokyo Station dengan kereta ekspress Hitachi-gou atau dari Ueno dengan kereta ekspress Tokiwa-gou. Jika berangkat dari Tokyo Station atau Ueno Station ongkosnya 3820 yen untuk sekali jalan, atau sekitar 7600 yen untuk perjalanan pulang pergi. Tentu sangat menguntungkan menggunakan JR Tokyo Wide Pass dalam 3 hari berturut-turut. Selain ke Hitachi Seaside Park, bisa juga ke tempat-tempat wisata di Ibaraki lainnya seperti Taman Kairakuen yang terkenal dengan pohon plumnya yang bewarna pink, air terjun Fukuroda, Danau Kasumigaura yang adalah danau terluas kedua di Jepang.

Objek wisata Di Ibaraki

Air Terjun Fukuroda
Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda
Taman Kairakuen Ibaraki
Taman Kairakuen Ibaraki Ume Matsuri
Aqua World Oarai
Akuarium Aqua World Oarai
Hitachi Seaside Park
Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

7. Perjalanan dari Tokyo ke Kamakura

Kamakura adalah kota indah tepi laut yang dengan perpaduan pantai dan kuil-kuil bersejarah seperti Buddha Kamakura dan Kuil Hasedera. Perjalanan dari Stasiun Tokyo (dengan kereta JR Yokosuka Line) atau Stasiun Shinjuku (dengan kereta JR Shonan Shinjuku Line) ke Kamakura ongkosnya 920 yen. Dari Kamakura, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Enoshima dengan kereta Enoden. Kamakura atau Enoshima bisa dijadikan sebagai side trip, namun sulit balik modal jika hanya ingin ke Kamakura.

Objek wisata dekat Kamakura

Pantai Kamakura
Pantai Kamakura di musim panas
Buddha Kamakura
great buddha kamakura
Kuil Hachimangu
Kuil Hachimangu di Kamakura
Kuil Hasedera
Foto Kuil Hasedera

8. Perjalanan dari Narita Airport ke Tokyo atau Yokohama

Di hari pertama ketibaan di Jepang, teman-teman bisa segera membeli dan menggunakan JR Tokyo Wide Pass ini. Perjalanan dengan Narita Ekspress ke Tokyo (3,020 yen) atau ke Shinjuku (3,190 yen), dan Yokohama (4,290 yen) akan terasa sangat murah jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Shinkansen Nozomi di Tokyo Station

Jalan-jalan ke Jepang, ah pengen coba naik shinkansen. Tapi bagaimana cara beli tiketnya? Lalu bagaimana sistem tempat duduknya? Temukan semua jawabannya dalama artikel ini.

Jenis kereta di Tokyo dan sekitarnya

Tim Info Jepang sudah berusaha meringkas tipe JR Pass, berapa harganya dan beberapa ketentuan yang penting dan perlu diperhatikan saat membelinya, dan apakah perlu membeli JR Pass ini,

Gunung Fuji dari Nihondaira Shizuoka

Gunung Fuji berada di perbatasan antara Prefektur Yamanashi di sisi utara dan Shizuoka di sisi selatan. Kawasan wisata ini menjadi wilayah non-kota dengan kunjungan terbesar di Jepang. Nah, buat kamu yang berencana mengunjungi situs warisan dunia...

Jalur Kereta wisata Sagano

Pass apa yang harus dibeli kalau pergi ke Kansai? Berikut adalah tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai dengan Kansai Pass

Free Pass - Tiket Kereta Murah di Jepang

Jepang mempunyai moda transportasi yang rapi dan integratif, hampir semua area dan objek wisata bisa dilalui oleh banyak jalur lintasan transportasi, terutama kereta dan juga bus, bahkan kereta subway dan monorail. Kemudahan ini sangat menguntungkan kita...

kuil hakone dari danau ashi

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.


4. Reservasi Kursi dengan Tokyo Wide Pass

Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya atau gratis. Cukup datang ke loket tiket (Midori-no-madoguchi) yang ada di stasiun-stasiun yang sudah disebutkan, minimal sehari sebelum keberangkatan dan melakukan reservasi kursi.


Recommended for you

Last modified: October 15, 2017

Comments (443)

  1. Selamat malam, saya mau tanya kalau mau ke Gala Yuzawa Snow Resort mending pakai Japan Rail Pass atau Tokyo Wide Pass? Apakah Tokyo Wide Pass bisa pilih tempat duduk dan ada pilihan yang Green Car? Dan untuk reservasi apakah mending langsung saat tiba di Japan atau by online?
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Keduanya bisa digunakan, namun jika bisa memilih, lebih baik dengan Tokyo Wide Pass karena ada beberapa diskon yang bisa kamu dapatkan di Gala Yuzawa. Kedua pass ini bisa digunakan untuk reservasi kursi, namun untuk kursi biasa dan bukan green car. Untuk pemesanannya bisa dilakukan di loket tiket setibanya di Jepang. Salam.

  2. Selamat Malam Mas Nugroho,

    Apakah memungkinkan membeli Tokyo Wide Pass diwakilkan? Krn pada hari pertama saya akan ke Disneyland dr pagi sd Disneyland Tutup..

    Dan besok paginya mau bermain Salju di Karuizawa brgkt jam 7 pagi dr Stasiun Tokyo..

    Apakah saya bisa membeli TWP di sekitaran Disneyland? Kalau tidak bisa, teman saya ada yg tidak bermain ke Disneyland.. Apakah saya bisa Nitip beli TWP dgn teman saya?

    Ditunggu jawabannya ya Mas :)
    Terima kasih sebelumnya Mas Nugroho..

    Salam,

    • Nugroho Christian  |  

      Ria bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass di JR EAST Travel Service Center atau loket kereta JR di stasiun kereta Terminal 1, 2,dan 3 Bandara Narita. Selain itu, bisa juga dibeli di loket tiket kereta Tokyo Monorail di Bandara Haneda, Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku. Setibanya di Jepang (Narita/ Haneda) bisa langsung beli. Sebenarnya bisa dititip, namun saat pembelian, kita perlu menunjukkan paspor.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Perjalanan dari Tokyo sampai ke Gotemba tidak sepenuhnya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Ibu harus membayar ongkos dari Kozu sampai ke Gotemba Station (rute yang tidak tercover oleh Tokyo WIde Pass) sebesar 670 yen. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik JR Musashino Line atau JR Keio Line dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Maihama dengan Tokyo Wide Pass. Selain itu, bisa juga dengan IC Card seperti SUICA/ Pasmo. Salam.

  3. Halo pak
    Sy renc ke jepang sp osaka 10 dec pg lgs city tour
    11 ke kyoto
    12 univ studio
    13 ke tokyo sampai 21 dec balik jkt via narita.
    Renc ke disney sea, gotemba, ski resort gala yuzawa/karuizawa/yeti (blm tau sebaiknya yg mana u anak2 main salju)
    Menurut bpk, bgmn bagusnya rute sy? Dan pass apa yg harus sy beli?
    Trmksh
    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, kami tidak melayani pembuatan itinerary selama di Jepang melalui kolom komentar karena akan banyak dan membingungkan pembaca yang lainnya. Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang, di mana kami akan membantu menyusun itinerary bapak sekaligus menjadi guide selama persiapan dan selama ibu liburan di Jepang. Salam.

  4. Halo pak. Saya landing di narita tanggal 2 des jam 8.15 malam.
    Tgl 3 des: kawaguchiko lake. Malamnya menginap di shinjuku
    Tgl 4 des: shinjuku dan shibuya
    Tgl 5 des: karuizawa prince ski resort
    Apa saya perlu membeli tokyo wide pass ini?
    Jika iya kapan sebaiknya mulai di gunakan. Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass sangat menguntunglan, lalu Tokyo Wide Pass bisa digunakan tanggal 3-5 Desember. Salam

  5. selamat malam. rencananya tgl 21 nov saya landing narita pukul12.00 langsung menginap di kawaguchi, jalan ke danau kawaguchi &momoji kairou.
    22 nov : snow town yeti, meninap di gotemba
    23 nov : ke tokyo
    24 nov : disneyland
    25 nov 11.20 pulang ke jakrta lwt haneda

    apa saya perlu beli jr tokyo wide pass? atau ada pass lainnya selain jr tokyo wide pass, mohon sarannya.

  6. Halo,Pak Nugroho. Mohon pendapatnya untuk jadwal perjalanan saya. Pass apa saja yang harus saya beli. Apakah cukup menggunakan JR Pass saja atau membeli Tokyo wide pass juga Pak? Oh ya, jadwal perjalanan saya fleksibel saja. Cuma saya agak bingung menentukan pass apa yang harus saya beli.
    26 Feb : arrived at narita at 16.00 pm.
    27 Feb : Tokyo sightseeing
    28 Feb : Tokyo Sightseeing/ Disneyland
    01 maret : Kawaguchiko lake
    02 Maret : Disneysea
    03 Maret : Tokyo Sightseeing, malam ke osaka menggunakan jr pass
    04 Maret – 09 Maret : Osaka and Kyoto sighseeing plus USJ.
    09 Maret pagi : balik ke narita.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR PASS nya bisa dipergunakan dari tanggal 3-9 Maret. Ibu tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass, tidak akan balik modal.
      Untuk ke Kawaguchiko Lake, ibu bisa naik bus kok. Selain lebih murah, tidak perlu repot juga memikirkan alternatif pass keretanya. Salam

  7. Konnichiwa!
    Jika saya menggunakan Jr TWP dr stasiun Tokyo ke Bandara Narita, jam berapa keberangkatan paling pagi ya? Karena pesawat saya take off jam 08:35.
    Terima kasih sebelumnya 😊

    • Nugroho Christian  |  

      Kereta paling pagi berangkat jam 06.18 dan tiba di Bandara Narita jam 07.18, rasanya terlalu mepet Marsh. Kamu bisa stay di Bandara atau Hotel-hotel di dekat Bandara Narita saja. Salam.

  8. Hi Mas,

    Saya tertarik utk membeli JR Wide Pass karena kemungkinan mau ke kawaguchiko / Gala Yuzawa. Dan karena saya landing di narita kl pakai pass ini kan sdh termasuk Narita Express. Pertanyaan saya kalau saya aktifkan pass ini dari day 1 (agar inc N’ex) tp saya baru pulang di hari ke6 apakah N’ex return nya masih tercover atau saya harus beli sendiri ya? Atau lebih baik N’ex saya beli tersendiri dan pass nya baru saya aktifkan ketika saya akan pergi ke kawaguchiko / gala yuzawa?
    Saya juga akan landing jam 17.30 jadi tidak akan explore tokyo di hari pertama.

    Terima kasih

    • kemungkinan hanya salah satu mas, ke kawaguchiko saja atau ke gala yuzawa saja karena saya hanya punya 4 hr full day jd kalau dua2nya takutnya yg lain gak sempat. masih ingin explore tokyo nya sendiri. Tp kl hanya salah satu nya apakah worth it beli wide pass ya mas? saya juga akan kesana dr tgl 9 – 14 April, di gala yuzawa masih oke kah? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau sudah membeli Tokyo Wide Pass, gratis untuk pemesanan reserved-seat nya. Sudah tertulis dibagian Nomor 4: Reservasi Kursi dengan Tokyo Wide Pass. Mohon diperhatikan Pak. Salam

  9. Selamat malam,
    Jadwal pesawat saya, sampai di Haneda sekitar jam 7 pagi, rencana hotel akan booking di Ginza. Yang paling ekonomis dan praktis, saya perlu naik apa dari Haneda ke Ginza? Rencana 1 malam di Ginza, lalu besok siangnya akan menuju Kawaguchi, dan menginap 2 malam. Terimakasih.
    Salam.
    -Yuli-

  10. Selamat malam pak, untuk di kawaguchi ko, apakah ada free pass seperti hakone free pass? Sy rencana mau ke tokyo, dari tokyo nginap di kawaguchi 1 hari, 1 hari di hakone (beli free pass), dan setelah itu lanjut kyoto dan oosaka. Terima kasih sebelumnya.

  11. Dear tim info jepang saya berencana ke jepang tgl 26 des – 2januari rutenya adalah
    Tgl 26: bandara CGK
    Tgl 27:
    narita – hotel ( daerah midori,sumida, tokyo)
    Ameyoko, daerah sekitar ueno, balik hotel
    Tgl 28:
    Hotel, gala yuzawa,hotel
    Tgl 29:
    Hotel, universal studio, keliling osaka,hotel.
    Tgl 30:
    Hotel, arashiyama, fushimi, ghion, hotel
    Tgl 31:
    Hotel,shibuya,shinjuku,akihabara, tokyo tower, hotel
    Tgl 1: masih sekitaran tokyo,hotel
    Tgl 2: hotel, bandara narita.

    Sebaiknya saya beli pass apa, apakah tokyo wide pasa atau jrpass skalian? Terima kasih

  12. Halo,
    Rute saya adalah OSAKA – TOKYO – OSAKA dengan rincian sebagai berikut :
    1. Osaka sightseeing
    2. Osaka sighseeing
    3. Terbang ke Tokyo siang hari dan sampai sudah sore – jalan2 yg memungkinkan kemana?
    4. Tokyo Disneyland
    5. Tokyo Disney Sea
    6. Hakone- Gotemba / Kawaguchiko-Gotemba (mana yg memungkinkan? kami tidak menginap dan kembali ke Tokyo)
    7. Tokyo sighseeing
    8. Tokyo sighseeing hingga siaang. Sore uda menuju Osaka (belum beli tiket masih bingung mending JR Pass apa pesawat lagi) – sampe di Osaka either nginep di Kyoto/Osaka
    9. Kyoto sighseeing
    10. Nara
    11. UJS
    12. Balik ke Indo

    Sbaiknya pass apa saja yg harus saya beli? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau Tokyo-Osaka PP naik pesawat, tidak ada pass yang cocok. Kalau ingin naik shinkansen, bisa membeli JR PASS, untuk pemakaian dari hari ketiga sampai kesembilan. Salam

  13. Dear Tim Info jepang:
    Berikut Itenarary saya:
    Day 1 : bandara narita Tiba Pagi – Tokyo (Shinjuku, shibuya)
    Day 2 : Tokyo – Hakaone
    Day 3: Tokyo – Disneysea
    Day 4 : Tokyo trip (Tokyo-Kyoto)
    Day 5 : Kyoto trip
    Day 6 : Osaka trip
    Day 7: Osaka trip
    Day 8 : Osaka – Narita
    dengan rencana perjalanan tersebut, baiknya saya menggunakan transportasi apa? dan untuk keliling tokyo (day 1-4) baiknya pake kartu pasmo/suica saja atau pake JR Tokyo wide Pass.
    Terima kasih atas bantuannya.

  14. dear tim info jepang,
    jika saya ingin pp tokyo – osaka – kyoto – tokyo.
    saya perlu menggunakan JR Pass atau Hokuriku Arch ?
    terima kasih…

  15. Pak, mohon bantuannya, saya sdh beli JRpass utk digunakan selama 7 hari dsri narita-osaka-tokyo, di hari ke 8-13 saya stay di tokyo utk pulang dari Narita, selama rentang itu saya ingin mgunjungi: nikko, mishima, fuji & lake, doraemon, Mt. Takao, hitachi seaside, & tokyo-narita apakah semua itu tercover oleh Tokyo Wide Pass?…atau sya harus kombinasikan juga dgn pasmo?… Terima kasih sbelumnya

  16. Nurul Arsytawati  |  

    Saya ingin bertanya tentang Tokyo Wide Pass
    1. Bagaimana cara menggunakan Tokyo Wide Pass? apakah melalui gate atau meperlihatkan tiket pada pegawi yang menjaga di pintu gerbang ?
    2. Apakah Tokyo Wide Pass meng-cover semua kereta JR dalam kota?
    3. Buat Limited Express Kaiji 112 apakah di cover juga oleh Tokyo Wide Pass?

  17. Min, kalau visa pelajar ga brarti min beli tokyo wide pass? Kalai mau pesen reserved seat boleh sebelum berangkat apa sehari sebelum min? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Tokyo Wide Pass bisa dibeli siapapun yang memiliki paspor luar negeri tidak tergantung visanya.
      Lalu pemesanan tiket bisa dilakukan sehari sebelumnya, atau saat sudah memiliki Tokyo Wide Pass. Salam

  18. Halo team info jepang .. saya ingin bertanya , saya akan ke jepang selama 10 hari hari 1-4 saya habiskan di osaka dan kyot0 saya turun di haneda sehingga saya berencana membeli jr pass , saya juga memasukan rencana ke kawaguchiko dan galayuzawa ke itin saya, disney sea , musium fujiko f fujio dan odaiba yg akan saya tempuh dari tokyo .. saya bingung perlukan saya membeli tokyo wide pass lagi ? Karena JR pass hanya utuk 7 hari .. dan bisakah tolong di beri arahan mana saja yg sebaiknya pake jr pass dan mana saja yg pakai tokyo wide pass .. terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pada dasarnya hampir 90% cakupan Tokyo Wide Pass masuk ke dalam JR PASS.
      Mungkin bisa diatur, perjalanan ke Kawaguchiko dan Gala Yuzawa masuk ke dalam hari ke 5-6 atau 6-7. Jadi sisanya hanya di dalam kota Tokyo saja.
      Kalau hanya di dalam kota seperti Fujiko F Fujio dan Odaiba, tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass.

  19. Halo Pak Nugroho, Mohon pendapatnya apa itinerary kami ini memungkinkan atau terlalu padat.. dan pass apa yang kami gunakan di tiap kotanya..perjalanan di bulan januari nanti.

    DAY 1
    15.30 Tiba di Osaka KIX lalu universal studio hanya foto di depannya lalu ke dotonburi. Malam hari ke hostel di kyoto

    DAY 2
    Fushimi inari – Kiyomizudera – Kinkakuji – Gion district

    DAY 3
    Arashiyama – explore kota kyoto lainnya sampai petang hari. lalu menuju takayama dengan Nohi bus malam

    DAY 4
    Shirikawago one day tour – sore harinya kembali ke kyoto dan langsung menuju bandara OSaka KIX (tidur di bandara KIX) untuk flight ke tokyo via Narita keesokan paginya.

    DAY 5
    Explore tokyo asakusa-shinjuku-shibuya-ginza dll

    DAY 6
    Kawaguchiko lake dan odaiba

    DAY 7
    Gala yuzawa ski resort sampe siang hari.. lalu explore tokyo lagi dan ke bandara haneda utk flight malam jam 22.30

  20. saya akan ke jepang pada bulan november, kalau kami stay di tokyo dan melakukan perjalanan ke kawaguchino, gotemba, hakone dan sekitarnya…apakah effisien bulak balik selama dua hari dengan menggunakan Tokyo wide Pass ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dengan Tokyo Wide Pass perjalanan ke Kawaguchiko, Gotemba, dan Hakone dalam 2 hari, sudah balik modal ibu. Salam

    • terimakasih Pak , please advise donk masih bingung…saya ada waktu 3 hari di tokyo …pengen ke yg tsb diatas plus snow town yeti… hari ke 4 nya ke kyoto, pass apa yang harus saya beli ? tokyo world wide pass plus fuji hakone free Pass ? pengen yang effisien dan murah , dan sebaiknya menginap dimana ? rencana nya stay di tokyo …jadi kesana bulak balik ? gimana tuh Pak …

    • Nugroho Christian  |  

      Setelah ke Kyoto, apa ibu akan kembali ke Indonesia lewat Haneda/ Narita? Apa lewat kansai? Kalau menginap di Tokyo, bisa lihat rekomendasi hotel kami di Ueno atau Asakusa. Salam.

  21. Salam pak nugroho , sy rencananya tgl 26 ini ke tokyo arrived di bendara haneda , menginap di shiba park hotel yg sy tanyakan bgmn dr haneda ke shiba park hotel , selama di tokyo 4 hr disney sea , asakusa , odaiba , ginza , shibuya , harajuku apa lebih baik sy membeli jr tokyo wide pass ? Atau hanya suica/pasmo sj

    • Nugroho Christian  |  

      Nathalia bisa naik tokyo monorail dari Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu jalan kaki selama sekitar 10 menit sampai ke Hotel Shiba Park. Kalau hanya di dalam kota Tokyo, tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass, kamu bisa menggunakan SUICA/ Pasmo, atau salah satu dari Pass Kereta di Tokyo berikut ini.

  22. Mas nugroho saya mau nanya mohon di arahan saya rencana cuma 4 hari di japan, saya tiba melalui bandara narita dan direncanakan langsung ke gunung fuji dan dihari 3 dan 4 baru di tokyo..mohon arahan rute dan kendaraan..dan apakah rute saya sudah benar belum

  23. Halo, Selamat Sore saya mau tanya jika itinerary seperti ini :
    Day 1 :
    Bandara Narita – Tokyo
    Day 2 :
    Tokyo – Hitachi Seaside Park (pp)
    Day 3
    Tokyo – Hakone (pp)
    Day 4 :
    sekitar asakusa, tokyo dome, dan akihabara
    Day 5 :
    Odaiba – Ginza
    Day 6 :
    Shinjuku – Shibuya – Harajuku – Kyoyo
    Day 7 :
    Golden paviliom – Fushimi Inari – Gion
    Day 8 :
    Arashimaya – Osaka
    Day 9 :
    USJ Osaka – Namba
    Day 10 :
    Osaka Castle – Kansai

    Apakah memakai JR tokyo wide pass pada hari ke 1 – 3 dan tokyo metro 72 hours untuk hari ke 4 – 6 adalah pilihan yang tepat? atau ada tempat yang sebaiknya ditukar harinya agar penggunaan pass bisa lebih maksimal?
    Apakah JR tokyo wide pass mengcover transport di Hakone?
    Untuk transport di Kyoto dan di Osaka sebaiknya menggunakan apa dan membeli pass apa?

    Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah tepat, namun sebaiknya ibu membeli Tokyo Metro 48 hours saja, untuk day 6, bisa dengan tiket ketengan dipadukan dengan membeli tiket kereta Shinkansen sampai Stasiun Kyoto. Tokyo Wide Pass tidak mengcover ongkos di Hakone, hanya ongkos dari Tokyo ke Odawara dengan JR Tokaido Line saja. Untuk di Kyoto (day 7) bisa menggunakan One Day Kyoto Bus Pass.

  24. Halo, saya mau tanya dengan itinerary dibawah ini, kartu transportasi apa yang cocok untuk saya gunakan ya? Terima kasih sebelumnya

    Day 1 – Tokyo
    Arakura fuji shengen, Arakurayama Sengen Park, Shiogama shrine, Omurosengen, Fuji Q Highland

    Day 2
    Disneyland

    Day 3
    Taman Ueno, asakusa temple, Tokyo tower, kuil meiji, taman yoyogi, harajuku, don quijote

    Day 4 – Kyoto
    Kinkaku Ji, Imperial Palace, Eikando Ji, Gion

    Day 5
    National Museum Art, kiyomizu dera, fushimi inari taisha

    Day 6 – Osaka
    Sumiyoshi Taisha Shrine, Namba, Hozenji Yokocho, Dotonbori, Osaka Castle Park, Onsen Naniwa No Yu

    Day 7
    USS Japan

    Day 8
    Shitennoji, Hattori Ryokuchi, Minoo Park, Osaka International Airport

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rekomendasi ini berlaku dengan catatan ibu pergi ke tempat wisata seperti ditulis di atas.
      Untuk hari pertama hingga kedua, ibu bisa menggunakan suica/ pasmo. Lalu untuk hari ketiga, bisa menggunakan Tokyo Subway Pass.
      Hari keempat dan kelima dengan One Day Bus Pass di Kyoto. Hari keenam membeli Osaka Subway Pass. Sementara hari ketujuh dan kedelapan menggunakan suica/ pasmo. Salam

  25. Kak mau tnya sy rencana ke jepang, hari pertama sy smp di haneda pada pukul 13.25 ..sy mau beli jr tokyo wide pas pd hari pertama tp diaktifkannya pada hari ke-2 ,bisa ngga ya? Krena rugi klo dpke hari pertana

  26. Mas Nugroho,saya rencana mau ke tokyo selama 3 hari tapi saya masih bingung antara JR wide pass ini dengan suica/pasmo itu bedanya dimana?
    Saya cuman mau keliling tokyo aja seperti asakusa,akibahara,shinjuku,shibuya. Yang lebih saya harus pakai apa ya

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, untuk anak-anak dibawah 6 tahun tidak perlu membeli tiket kereta, artinya tidak perlu pass kereta bu. Namun, hanya bisa dipangku saja (tidak duduk sendiri). Salam.

  27. Mas Nugroho, saya berencana ke Tokyo-Fuji-Nikko via Haneda 2-6 Sep 17, berdua dg istri.

    TWP sangat membantu harusnya ya.
    Mohon info juga guesthouse yg bagus di Tokyo, dan ryokan di Nikko.

    Thanks before hand

  28. Salam pak, mau tanya untuk perbandingan harga kalau mau ke Gala Yuzawa & Mt Fuji kan menurut tulisan di atas lebih baik dengan tokyo wide pass ini. Tapi kalau dengan fasilitas Fuji Hakone Pass saat di area Mt.Fuji, lebih baik gimana? Apa beli tiket ke Gala Yuzawa terpisah? Mohon saran nya ya, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Fuji Hakone Pass baru akan untung kalau ibu berencana mengelilingi tempat wisata di Fuji dan Hakone. Kalau memang hanya ingin ke daerah Kawaguchiko saja, lebih baik membeli Tokyo Wide Pass apalagi ditambah mau ke Gala Yuzawa. Ongkos ke Gala Yuzawa saja sudah 6.150 yen, buat PP Tokyo-Gala Yuzawa saja sudah akan balik modal dengan Tokyo Wide Pass. Salam.

  29. Salam Pak Nugroho..
    Saya rencananya akan ke jepang 4 feb 18, tiba di kix, 5feb di kyoto, 6feb mau ke kawaguchiko, sambung shirakago, nginep 1 malam di takayama, tgl 8 nya ke osaka, 9feb malam pulang lewat kix lg, kira2 pass apa yg cocok ya pak, mengingat yang mencar jauh cuma kawaguchiko.. kalau sy beli takayama hokuriku pass, trus dari kyoto ke tokyo shinjuku ngeteng beli tiket bus willer malam apa lbih ekonomis, trus dari kawaguchiko ke takayama pake bus takayama fujisan line, mohon saran nya pak

  30. Selamat malam … InsyaaAllah kami ke jpg tgl 15-23 nov
    Itenarary kami :
    16 pagi tiba di Haneda , cek-in hotel dan berkeliling Tokyo sekitar hotel
    17 Disneyland
    18 Hitachi park
    19 cek-out hotel menuju ke Fujikawaguchiko stasiun utk bermalam 1 hari di dekat stasiun
    20 ceck-out dari hotel di Fuji dan stay di Nagoya
    21 nagoya – Osaka PP
    22 nagoya – Kyoto PP
    23 nagoya – Tokyo (Haneda) utk balik ke tanah air
    Menurut mas Nugroho , pass apa yg paling cocok utk itenarary kami ?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa bu, Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos sampai Stasiun Sakuradaira (menuju Stasiun Nagano). Ibu harus membayar biaya tambahan tiketnya lagi. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan Tokyo Wide Pass, ibu harus berputar jauh, silakan membaca informasi Akses dari Gotemba menuju ke Kawaguchiko.
      Kalau mau langsung bisa naik Fujikyu Bus (bus lokal, tidak perlu reservasi). Ongkosnya seharga 1510 yen, dan tidak tercover dengan JR Tokyo Wide Pass. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak tercover Tami. Buat kamu yang punya JR Pass atau Tokyo Wide Pass, bisa naik kereta JR jalur Saikyo atau jalur Kawagoe dari Stasiun Shinjuku sampai ke Stasiun Kawagoe. Lama perjalanannya sekitar 55 menit dengan ongkos 760 yen dan tercover sepenuhnya dengan JR Pass atau Tokyo Wide Pass. Salam.

  31. Halo,
    Mau nanya, saya rencananya ber 4, 11 hr dijepang, itenerarynya kira2 seperti ini :
    Hari ke1 smp di narita sore, menginap di dkt shibuya,
    hari ke 2,3,4 keliling tokyo,
    hari ke5 Mt. Fuji, Fuji Q & Gotenba,
    hari ke 6,7,8 ke Keliling Kyoto,
    hari ke9 keliling Osaka,
    hari ke10 USJ,
    hari 11 balik ke Tokyo lanjut ke Narita.
    Enaknya kami beli tiket transportasi yg jenis apa ya ? Terima kasih sebelumnya

    • Terima kasih sarannya mas Nugroho. Tapi saya nanya 1 lagi ya, kalau saya aktifkan JR pass saat ke kawaguchiko, dari Narita ke tokyo dan city tour tokyonya saya perlu beli TWP gak ? Jadi setelah saya baca2 info jepang, apa perlu saya beli TWP dan JR Hokuriku arch pengganti JR pass yg reguler. Bagaimana sebaiknya mas ?

  32. Selamat sore pak Nugroho,

    Jika saya memiliki Itinerary seperti berikut :
    2/2/18 : Landing di Kansai (pagi)
    lanjut ke Tokyo
    3/2/18 : Jemput keluarga yg landing di Haneda
    Ghibli Museum, dan akihabara (kalau masih ada waktu)
    4/2/18 : Kawaguchiko, & Gotemba Premium Outlets
    5/2/18 : Edo Wonderland, & Tobu World Square
    6/2/18 : Meiji Jingu Shrine, Omotesando, Shibuya
    Tokyo – Osaka (perjalanan malam hari)
    7/2/18 : Kyoto (Arashiyama, & kinkakuji)
    8/2/17 : Fushimi, Kiyomizudera, Gion
    9/2/17 : USJ sampai sore, Namba shinsaibashi dimalam hari
    10/2/17: Kansai – Jakarta

    Mohon saran dari bapak untuk transportasi yang sebaiknya saya dan keluarga gunakan. apakah JR Pass Reguler, atau JR Tokyo Wide Pass dengan itin seperti diatas. sebelumnya saya ingin info bahwa saya akan ke jepang ber 7 (5 dewasa, 2 anak)

    Terima kasih sebelumnya.

  33. Dear Pak Nugroho,
    TWP ini rentang waktu penggunaannya 3 hari atau dari jam ke jam?
    soalnya saya tiba di narita sudah malam jika hitungannya per hari maka akan tidak efisien di hari pertama sudah dipakai.
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Per hari kalender, benar, sebaiknya gunakan mulai dari pagi hari bu (hampir tidak ada yang menggunakan TWP setibanya di Jepang). Salam.

  34. Halo, setelah saya cari-cari informasi, saya jadi kebingungan untuk menentukan JR Pass mana yang harus saya beli :p

    Rutenya:
    12/1: CGK-Narita
    13/1: Tokyo-Kyoto
    Kyoto-Osaka
    14/1: Osaka trip
    15/1: Universal Studio
    Osaka-Hakone (sore hari berangkat dari Osaka)
    16/1: Hakone trip & Mt. Fuji
    Kawaguchiko-Takayama (bus? kereta?)
    17/1: Shirakawa-go
    Takayama-Tokyo
    18/1: Tokyo-Shinhakodate-Hakodate (JRPass)
    Hakodate-Sapporo (JRPass)
    19/1: Sapporo trip
    20/1: Sapporo trip
    21/1: Sapporo-Tokyo (rencana local flight, karena JR Pass break hanya 7 hari)

    Yang ingin saya tanyakan, dari itin yang saya buat diatas apakah perlu beli JR Pass yang 3juta sekian atau JRPass mana yang cocok untuk itin diatas? Karena saya juga dapat informasi JR Pass yang hanya seharga 1,7jt dengan area Tokyo-Osaka-Kyoto pp.
    Atau mungkin ada saran perjalanan yg lebih baik, pak? Sangat diterima masukannya hehe

    Thanks in advance!

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada rute ke Osaka/Kyoto dan ke Shirakawago Sapporo, lebih baik membeli JR Pass reguler 29.110 yen. Lebih baik rutenya begini pak, Osaka-Kanazawa (Shirakawago)-Kanazawa-Tokyo, besoknya baru Tokyo-Hakone-Fuji Kwaguchiko-Tokyo, baru lanjut ke Hakodate dan Sapporo. Semua rute nya bisa dilalui dengan naik kereta. Salam.

  35. Joseph elias kurniawan  |  

    Selamat malam Pak Nugroho.
    Saya sudah beli tokyo wide pass rencana mau ke edo wonderland di nikko tanggal 23 september ada saran untuk naik kereta apa saja & apabila harus ganti kereta di stasiun apa trus ganti kereta apa ya Pak? saya nginap di ikebukuro. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa langsung membaca aksesnya di Edo Wonderland. Dari Ikebukuro, bapak bisa ke Shinjuku, lalu naik kereta ekspress ke Kinugawa Onsen. Ongkos keretanya tercover dengan Tokyo Wide Pass.

  36. Dear pak Nugroho, saya rencana ke japan di january 2018. Saya hanya explore tokyo saja dari 7-12 january.
    Saya rencana naik Narita express ke Shinagawa station karena hotel di area shinagawa.
    Saya rencana juga akan ke Galayuzawa
    Selama di tokyo saya juga rencana akan keliling memakai MRT
    Kartu transportasi apa yang sebaiknya saya beli? Setahu saya ada kartu yang bisa dipakai selama 72 jam untuk penggunaan MRT selama di tokyo

    Terima kasih

  37. Pak mohon info tokyo wide pass bisa beli di indonesia ga? Kalau tidak bisa.. beli di jepang dimananya?

    Kemudian ketika brli apakah harus langsung diaktifkan atau boleh milih aktifnya di tanggal tertentu misal 2 hari kemudian setelah beli.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan dibaca artikel di atas, sudah dituliskan lengkap mengenai lokasi pembelian Tokyo Wide Pass.
      Penggunaannya juga bisa dipilih mulai dari tanggal berapa Pak, mengenai hal ini juga sudah dituliskan di artikel di atas.
      Mohon dibaca dengan seksama ya Pak. Salam

  38. Dear tim info jepang
    Saya perginya tahun depan di pertengahan April
    Itinerary saya:
    Day 1 : Tokyo
    Day 2 : Disneyland
    Day 3 : Tokyo
    Day 4 : shinjuku -lake kawaguchiko & hakone – tokyo
    Day 5 : toyko – gala yuzawa – tokyo
    Day 6 : Tokyo – kyoto
    Day 7 : kyoto
    Day 8 : Kyoto -osaka
    Day 9 : Osaka
    Day 10: Osaka – nara – Osaka
    Day 11 : osaka
    Day 12 : osaka

    Selana ditokyo apakah lebih bagus menggunakan Tokyo wide pass utk ke lake kawaguchiko , hakone Dan ke gala yuzawa?

    Apakah dari hakone da transport subway ke Tokyo yang bisa mempergunakan Tokyo wide pass?

    Terima Kasih sebelumnya

    • Terima Kasih Pak nugroho atas infonya.

      Pak nugroho apakaha dari hakone naek JR ke Tokyo tercover oleh Tokyo wide pass juga?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Perjalanan dengan kereta rapid JR Tokaido Line dari Odawara Station sampai Tokyo Station tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Salam

  39. Hallo Team Info Jepang…

    Mohon informasinya. Tanggal 3 Nov – 15 Nov Saya ada rencana ke Jepang.
    Karena ada plan mau ke hitachi seaside park. lagi cari rute dan Pass tiket yang sekiranya murah. Saya cek ada Tokyo 1-Day Ticket Pass. Apakah bisa digunakan untuk rute JR Joban Line dari Ueno Tokyo – Stasiun Katsuta ? atau ada saran tiket atau pass yang murah untuk ke hitachi? karena rencana hari2 lainnya saya sudah hitung cukup dengan menggunakan metro pass selama keliling tokyo.

    Mohon informasinya.
    Teirma Kasih.

  40. Teriamakasih infonya pak, yg mau tnykan lg, kartu pasmo/suica/icoca apakah bs digunakan di tokyo, Osaka dan kyoto Kah? Dan utk periode pertengahan bln februari, kita bs lihat Sakura dimn ya.pak. Terimakasih

  41. Malam pak.. mohon info jika kita kau beli pass ini.. namun tidak diaktifkan di hari pembelian apakah bisa?misal kita beli hari ini namun aktif nya untuk besoknya.

    Kemudian untuk jadwal jam kereta nya apakah ada tersedia di website? Lihat di situs apa?

  42. Mas Nugroho

    anak di bawah 6 tahun, untuk tokyo wide pass harus beli jugakah? dan apabila tidak beli apakah di dalam shnkansen atau kereta dapat tempat duduk juga?

    • Nugroho Christian  |  

      Anak di bawah 6 tahun pada dasarnya tidak perlu membeli tiket kereta atau pass alias gratis transportasinya selama di Jepang. Namun, resikonya, harus dipangku oleh orangtua selama di kereta.

  43. Halo Mas Nugroho, salam kenal.
    saya bingung mau beli pass apa aja selama di Jepang,
    soalnya JR Pass cuma ada yang 7 & 14 hari, terus lebi baik ambil yang ordinary atau green ya?
    Ini Ittinerary saya :
    Day 1 : Haneda Airport to Osaka
    Day 2 : Universal Studio Osaka
    Day 3 : Osaka City Tour
    Day 4 : Osaka to Kyoto (Temple Tour)
    Day 5 : Osaka to Kyoto (City Tour)
    Day 6 : Osaka to Toyama (Alpine Route) (Stay di Toyama)
    Day 7 : Toyama to Takayama & Shirakawa Go (Stay in Takayama)
    Day 8 : Takayama to Tokyo
    Day 9 : Tokyo City Tour
    Day 10 : Tokyo City Tour
    Day 11 : Gotemba / Kawaguchi ko
    Day 12 : Tokyo Disney Sea
    Day 13 : Tokyo to Haneda Airport
    Mohon Petunjuknya ya, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi pak, untuk day 1, dari Haneda ke Osaka naik apa ya? Bapak juga bisa membaca penggunaan JR Pass di Jepang sebagai gambaran awal. Salam.

    • Untuk day 1 dari Haneda ke Osaka rencana saya naik shinkansen dari Tokyo Station menggunakan JR Pass. Saya Berencana membeli Osaka Amazing Day Pass & Tokyo Subway pass. Udah bener gak ya, mas?

      Tapi untuk di tokyonya, kita stay di Okubo yang termasuk jalur JR pass, jd bingung apa perlu beli Tokyo Subway pass, atau ambil JR pass 14 hari? Melihat banyak sekali passnya, takut tumpang tindih.

      Terima kasih, mas nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Saya pikir ke Osaka nya naik pesawat. Kalau naik pesawat bisa menggunakan JR PASS yang 7 hari, mulai dari hari kedua.
      Kalau naik kereta shinkansen, berarti bisa membeli JR PASS untuk 14 hari. Dan kalau melihat rute perjalanannya sudah balik modal kok Pak sepertinya. Silakan membaca link di atas, untuk mengetahui perbedaan green dan ordinary type.
      Untuk di Tokyo, bapak kemana saja? Kalau itinerarynya belum pasti, Tim Info Jepang juga tidak bisa memberitahukan perlu tidaknya membeli Tokyo Subway Pass.
      Salam

  44. Hallo Mas Nugroho, saya akan ke Tokyo untuk liburan musim dingin tanggal 21 Feb – 26 Feb 2018 dan itinerary saya :
    – 21 Feb (DAY 1) tiba di Narita jam 7.30 AM – Shibuya
    – 22 Feb (DAY 2) Shinjuku Gyeon, Shinjuku, Harajuku, Omotesando, Ginza
    – 23 Feb (DAY 3) Akihabara, Asakusa, Ueno, Tokyo Skytree
    – 24 Feb (DAY 4) Gala Yuzawa
    – 25 Feb (DAY 5) Disneysea
    – 26 Feb (DAY 6) ke Narita untuk flight jam 11 AM ke Jakarta

    Rencananya saya akan membeli PASMO Card untuk jalan-jalan explore Tokyo dengan Metro dan JR Wide Pass untuk ke Gala Yuzawa dan Disneysea.

    Pertanyaannya :
    1. Dengan itinerary yang saya buat, sudah tepatkah pilihan kartu yang saya gunakan?
    2. Lalu, JR Wide Pass lebih baik diaktifkan di hari ke berapa?

    Mohon petunjuknya ya, Mas Nug.

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, itinerary nya sudah tepat. Tokyo Wide Pass bisa digunakan dari hari keempat, supaya mengcover ongkos ke Gala Yuzawa, Disneysea, dan Narita Airport. Salam

  45. Saya mau bertanya, saya berencana ke tokyo osaka kyoto pada tgl 24 -31 maret dengan itenary:
    1. Disneysea, apakah tokyo wide pass mencover dr haneda airport ke disneysea?
    2. Asakusa, shinjuku, shibuya,oidaba apakah cukup 1 hari?
    3. Mt fuji, lake kawaguciko apakah bisa sekalian ke snow town yeti apa tercover dengan tokyo wide pass? Dan apakah cukup 1 hari
    4. Ke osaka dengan shinkansen.. pakai osaka pass
    5. Kyoto , pakai pass apa yg tepat?
    6. Usj di osaka
    7. Akuarium di osaka
    Apakah memakai tokyo wide pass plus shikansen ke osaka dan tokyo enceran serta osaka pass cukup? Atau sekalian jr pass?
    Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass mengcover ongkos ke Kawaguchiko, Disneysea, Shinjuku dan Shibuya. Sementara untuk ke Asakusa, Odaiba, dan Snow Town Yeti (via Gotemba) ibu harus menambah ongkos sendiri. Sepertinya sih Tokyo Wide Pass tidak akan balik modal. Sama halnya dengan JR PASS tidak akan balik modal kalau melihat rute perjalanan ibu. Salam

  46. Pagi pak Nugroho mohon sarannya
    mengingat Wide pass hanya 3 hari, jadi sy harus memilah mana yang harus dipakai
    DAY 1 = Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Ueno, Asakusa, (Apa mrmungkinkan dilakukan seharian?)
    DAY 2 = Hakone, Akihabara
    DAY 3= Gala Yuzawa/Karuizawa – Kl sempet ke ODAIBA
    DAY 4= Odaiba(Atau keliling tokyo – Pulang ke JKT.

    Mohon saran hari keberapa baiknya aktifkan wide pass,
    dan rute mana yang baik utk maksimal pengunaan wide pass, mengingat hari DAY 1 banyak menggunakan Kereta JR juga.

    • Nugroho Christian  |  

      Day 4 kalau hanya Odaiba, sebaiknya TWP digunakan untuk day 1-3. Sebaliknya, kalau day-4 mau digunakan untuk keliling Tokyo lebih dari 2 tempat ditambah kereta ke Bandara Narita/Haneda, lebih baik aktifkan pada day-2 sampai day-4 saja.

    • tiaratiara  |  

      oia pak saya baca juga
      dari pusat tokyo ke Haneda itu kan juga tercover TWP
      nah, sya liat di hyperdia kl dr tokyo/shinjuku ke haneda
      tetep harus naik JR yamanote line lalu pindah ke hamamatsucha baru naik monorail
      PERTANYAANNYA:
      1.Rute mana dan moda apa yang harus saya pakai dr pusat tokyo/sinjuku (hotel area sini) ke haneda?
      2. JR yamanote dr tokyo ke hamamatsucha juga tercover ya dgn TWP?
      3. Bagaimana jk menggunakan keikyu line

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Shinjuku ibu bisa naik kereta Yamanote Line sampai ke Hamamatsucho Station, kemudian naik Tokyo Monorail sampai ke Haneda Airport (bisa baca akses ke Haneda Airport). Rute kereta JR Yamanote Line dari Tokyo menuju ke Hamamatsucho tercover oleh Tokyo Wide Pass.
      Untuk jalur kereta Keikyu, ini tidak termasuk jalur kereta JR, jadi tidak tercover oleh Tokyo Wide Pass. Salam

    • tiaratiara  |  

      tks pak atas balasanny yang sangat memuaskan, satulg pertanyaannya

      Kalau naik MRT Disingapore ./ hongkong kan dia ada pintu EXIT, ada exit a, b, c dst
      nah jika naik toei/subway/JR di jepang, bagaimana cara tau ambil pintu EXIT yang mana yg dkat dgn tujuan kita?
      jika membaca Hyperdia tdk ada ket. pasti tks pak ya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Memang tidak ada keterangan, makanya Tim Info Jepang membantu teman-teman yang ke Jepang dengan layanan Tour Guide Online, hingga ke pintu-pintu keluar supaya tidak muter jauh. Salam

  47. Selamat pagi Mas Nug! Kalo saya ingin one day trip ke Yokohama dari penginapan di Asakusa apakah ongkosnya akan tercover dengan JR Wide Pass? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Karena Asakusa dilayani jalur kereta Subway, Yuliza bisa ke Ueno dahulu, ke Stasiun Tokyo dengan JR Takasaki Line/ Yamanote Line, baru naik Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Yokohama (tercover dengan JR Pass). Salam.

    • Yuliza  |  

      Terima kasih atas respon yy cepat. Boleh beli 2 JR Wide Pass kah untuk 1 orang yg sama? Karena akan menggunakan selama 6 hari. 3 hari di awal perjalanan, 3 hari di akhir.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, satu orang bisa membeli lebih dari satu Tokyo Wide Pass. Salam

  48. Hai Pak Nugroho,
    Tgl 24 desember sy tiba di Narita jam 5 sore, kalau langsung mengaktifkan TWP untuk naik narita express ke apartemen (daerah shin-okachimachi) lalu expired TWP nya tgl 26 desember jam berapa tidak bisa digunakan lagi? Krn keesokan harinya sy tertarik ke gala yuzawa dan kawaguchiko-gotemba.
    Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Expirednya jam 12 malam Nana, jam 23.59. Rasanya untuk tanggal 25 ke Gala Yuzawa dan 26 ke Kawaguchiko masih bisa. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tokyo Wide Passs akan non aktif pada 26 Desember 23.59. Jadi tanggal 27 Desember sudah tidak bisa dipergunakan lagi. Salam

  49. Christina Christina  |  

    Siang pak…
    Untuk perjalanan saya apakah penggunaan Tokyo Wide Pass sudah pas?
    Start Narita

    Day 1 Narita (Tokyo) – Nikko
    Day 2 Nikko
    Day 3 Nikko
    Day 4 Nikko – Motegi – Tokyo
    Day 5 Tokyo – Narita

    Sebaiknya di aktifkan di hari ke berapa? Dan sisanya menggunakan tambahan pass apa?
    Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon maaf sepertinya pertanyaannya terlewat. Ibu cukup membeli Tokyo Wide Pass.
      Kalau boleh memberi saran, di hari pertama silakan menginap di Tokyo, dan baru ke Nikko di hari kedua. Supaya Tokyo Wide Pass bisa digunakan dari hari kedua hingga hari keempat. Untuk perjalanan ke Motegi, ibu juga harus menambah 1030 yen (satu arah). Salam

  50. Wednesday, April 04, 2018 Kanazawa
    Gokayama
    Shirakawago – Takayama – Nagoya
    Overnight: Hostel at Nagoya
    Thursday, April 05, 2018 Nagoya
    Nagoya – Kyoto via Kanazawa/Gifu
    Overnight: Hostel at Kyoto
    Friday, April 06, 2018 Kyoto
    Saturday, April 07, 2018 Kyoto
    Sunday, April 08, 2018 Kyoto
    Kyoto – Osaka
    Overnight: Hostel at Osaka
    Monday, April 09, 2018 USJ
    Tuesday, April 10, 2018 One day visit: Kobe
    Wednesday, April 11, 2018 Osaka Day Pass 1
    Thursday, April 12, 2018 Osaka Day Pass 2
    Osaka – Tokyo by plane
    Overnight: Hostel at Tokyo
    Friday, April 13, 2018 Tokyo
    Saturday, April 14, 2018 Tokyo
    Sunday, April 15, 2018 Tokyo – Jakarta

    Untuk transport, saya rencana akan menggunakan Pasmo, JR Tokyo Wide Pass, JR Takayama Hokuriku Pass, Kyoto Bus Pass, 2 days Osaka Amazing Pass, Tokyo Subway.
    Menurut pendapat Mas Nug, apakah itinerary dan transport yang saya pilih sudah efisien? Mohon saran dan pandangannya.
    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah oke Yuliza. Hanya saja untuk tanggal 5, kamu bisa langsung ke Kyoto dari Kanazawa dengan kereta limited ekspress Thunderbird dengan menggunakan Takayama Hokuriku Pass. Lalu penggunaan Free Pass di Tokyo bisa diatur sesuai dengan tempat tujuan wisata yang ingin dikunjungi.

    • Yuliza  |  

      Terima kasih Mas. Jadi sebaiknya mulai kapan saya menaktifkan Takeyama Hokuriku Pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Pada tanggal 3 bu, sebelum perjalanan ke Kanazawa dari Toyama, supaya ongkosnya bisa mulai tercover dengan Takayama Hokuriku Pass. Salam.

  51. Halo Mas Nugroho Christian!
    Saya terbantu sekali dengan website InfoJepang.net. Dari hasil membaca, berikut itinerary yang coba saya buat:
    Friday, March 30, 2018 Jakarta – Tokyo
    Tokyo:
    Skytree
    Sunset di Odaiba/Rainbow Bridge
    Overnight: Hostel at Tokyo
    Saturday, March 31, 2018 Tokyo:
    Kawaguchiko Lake
    Ueno Park
    Overnight: Hostel at Tokyo
    Sunday, April 01, 2018 Tokyo:
    Hitachi Seaside Park
    Akihabara
    Overnight: Hostel at Tokyo
    Monday, April 02, 2018 Tokyo:
    Gala Yuzawa
    Tokyo – Sakudaira – Nagano
    Overnight: Hostel at Nagano
    Tuesday, April 03, 2018 Alpine Route
    Toyama – Kanazawa
    Overnight: Hostel at Kanazawa

  52. halo mas, saya punya itinerary sbg berikut
    hari 1: narita – tokyo (ueno, shibuya, tokyo tower)
    hari 2: tokyo – mount fuji – tokyo
    hari 3: tokyo – nikko – tokyo
    apakah menguntungkan jika saya menggunakann Tokyo Wide Pass? Apakah saya masih harus mengkombinasikannya dengan pass lainnya, seperti pasmo/suica, hakone, dsb?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu lagi Isti. Sudah tercover sesuai dengan itinerary kamu. Salam.

  53. Selamat malam pa.
    JR Tokyo Wide Pass kan cover narita express. apakah hanya berlaku searah dari Narita ke Tokyo ? ataukah cover arah sebaliknya juga yaitu Tokyo ke Narita ?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Semua kereta Narita Express tercover dengan Tokyo Wide Pass untuk kedua arah, tidak hanya ke Tokyo, tapi juga ke Shibuya atau Shinjuku. Salam.

  54. Yth. Bpk Nugroho Christian yang baik, saya Adi dari Bali. Mohon bantuannya untuk penyusunan itenarary saya ke Jepang akhir Januari 2018 bersama istri dan 1 orang balita 2 tahun.

    27 Jan : Explore Tokyo
    28 Jan : Atami dan Kawazu
    29 Jan : DisneyLand
    30 Jan : Check out ke Osaka
    30 Jan : Explore Osaka-Akuarium
    31 Jan : Universal Studio
    1 Feb : Shirakawago
    2 Feb : Check Out ke Tokyo melalui kyoto.menginap di tokyo
    3 Feb : Balik ke Indonesia

    Yang menjadi pertanyaan :
    1. Berapa tiket sinkansen yang harus saya beli. Perhitungan saya : Tokyo-Atami-Tokyo, Tokyo-Osaka, dan Kyoto-Tokyo. Apakah sudah benar?
    2. Apakah saya perlu membeli 3 tiket sinkansen di hari pertama saya sampai di tokyo?
    3. Rencana saya akan membeli JR Pass, selain itu apalagi kira2 yang saya butuhkan dengan itin di atas.
    4. Mohon masukan apakah itin di atas sudah cukup baik karena tujuan ke jepang adalah : Disney, USJ, Salju, dan Sakura-Ume. Apakah di tanggal 28 Januari bunga ume di atami dan sakura di kawazu sudah mekar?

    Terima kasih atas bantuannnya.

    Adi Wijaya

    • Nugroho Christian  |  

      Malam Pak Adi,
      1. Ya benar
      2. Sebaiknya langsung dipesan saja pak, supaya tidak terlupa. Bapak bisa mereservasi tiket shinkansen dengan menunjukkan JR Pass di kantor tiket JR di stasiun-stasiun kereta.
      3. Ya benar, untuk ke Shirakawago, Adi bisa naik kereta limited ekspress Thunderbird dari Osaka sampai Kanazawa, lalu naik bus Nohi ke Shirakawago.
      3. Sudah cukup baik pak. Berdasarkan pengalaman saya, di atami sudah mulai mekar. Kalau di Kawazu mungkin baru awal februari pak.

    • Adi Wijaya  |  

      Terima kasih atas jawabannya. Ada beberapa tambahan pertanyaan.
      1. Saya di Tokyo dari tgl 27 sd 30 Januari (3 malam). Apakah perlu kartu lain selain JR Pass? Paling saya cuma ke tempat-tempat yang umum saja di seputaran tokyo seperti kebun binatang ueno, sibuya, harajuku, museum dora emon. Paling jauh adalah gala yuzawa.

      2. Dari tanggal 30/1 sampai dengan tanggal 1 februari (2 malam) saya di osaka. Cuma mau ke akuarium kaiyukan dan USJ seharian. apakah saya perlu beli 2 days pass untuk di osaka atau hanya perlu beli ketengan?

      3. Tanggal 1 sd 2 februari (1 malam) saya di kyoto. Rencananya saya mau ke shirakawago tapi sepertinya akan saya skip karena tidak begitu menarik untuk anak-anak. 1 hari di kyoto hanya untuk ke tempat-tempat ikoniknya saja. Apakah saya perlu beli one day pass di kyoto??

      4. Dari kyoto ke tokyo apakah ada sinkansen?

      terima kasih atas bantuannya.

      Adi

    • Nugroho Christian  |  

      1. Adi tiba di Tokyo, kembalinya lewat bandara atau kota apa ya? Supaya saya bisa sarankan pass yang tepat.
      2. Silahkan beli Osaka Kaiyu Ticket di hari kunjungan ke Akuarium Kaiyukan, sementara besoknya saat ke USJ silahkan beli tiket ketengan atau gunakan ICOCA.
      3. Tidak perlu membeli bus pass kalau begitu, cukup gunakan ICOCA saja
      4. Jelas ada pak.

    • Adi wijaya  |  

      Saya pp dari tokyo. Jadi memang nanti ada rute balik dr kyoto ke tokyo. Anak saya usianya blm genap 3 tahun apakah tetap perlu membeli osaka kaiyu dan icoca?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu, lebih baik membeli JR Pass saja pak. Kalau membeli JR Pass, ICOCA jadi tidak diperlukan lagi. Untuk anak bapak yang belum 6 tahun, tidak perlu membeli pass apapun karena masih gratis untuk bepergian dengan kereta di seluruh jepang, lalu untuk ke Akuarium Kaiyukan hanya tinggal membayar 600 yen saja. Salam.

  55. selamat siang, saya berencana memakai tokyo wide pas pada musim winter pada bulan februari, itenenray saya,
    1. Gala Yuzawa
    2. Kawaguchiko
    3. belum aada

    kira2 tempat yang bagus untuk dikunjungi saat winter apa ya?
    terima kasih

  56. SELAMAT SIANG Tim info jepang

    saya ingin menanyakan apabila saya menggunakan tokyo wide pass 3 hr seharga 10.000 yen, saya berencana ke danau kawaguchi dan menuju ke edo wonderland, apakah sudah include harga tiket masuk ke edo seharga 4700 yen?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta saja, bukan tiket masuk ke tempat-tempat wisata termasuk ke Edo Wonderland. Salam

  57. malam pak.. saya mau bertanya… tolong bantu dijawab ya ^_^

    yang pertama…
    1. harga untuk tokyo wide pass 10000yen ini hanya untuk 3 hari ya? apa ada pilihan yang untuk 4 hari?

    2. Dan untuk Harga tiket one way dari tokyo station ke Narita airport berapa ya?
    dan apakah dengan tokyo wide pass ini bisa mencakup rute pulang ke narita airport?

    3. dan terakir apakah tokyo wide pass bisa mencakup semua rute yang saya tulis di bawah ini:
    day 1 Tokyo
    -Kuil Sensoji
    -Bandai
    -Marugoto Nippon
    -Kuil Asakusa

    day 2 Tokyo
    -Ueno park
    -Meiji-jingu Shrine
    -Yoyogi-koen Park
    -Omotesando
    -Takeshita-dori
    -Surga Otaku

    day 3 Yokohama
    -Motomachi
    -Area Kannai dan Bashamichi
    -Area Chinatown

    day 4
    go to narita airport from tokyo station

    thank you…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tokyo Wide Pass hanya tersedia untuk 3 hari saja Ibu, kalau ada yang 4 hari, tentu akan dituliskan oleh Tim Info Jepang. Untuk perjalanan ke Narita Airport dari Tokyo Station, ongkosnya adalah 3020 yen dengan Narita Express. Untuk perjalanan hari pertama tidak ada yang tercover dengan Tokyo Wide Pass, hari kedua, ongkos ke Omotesando tidak tercover. Lalu ongkos ke Motomachi, Kannai dan Bashamichi, Chinatown hanya tercover sampai tengah jalan saja. Salam

  58. Istiqomah Rahmawati  |  

    Ohaiyo gozaimasu. Nama saya isti. Mhn pencerahan mslh transportasi dr tgl 2 smp 9 agustus 2017.
    1. Dr haneda ke apartment di 3-33-4, Chuo, Nakano-ku,Tokyo. Begitu jg sebaliknya saat akan kembali ke Indonesia krn saya tdk akan pindah tempat menginapnya
    2. Rencana hanya akan jalan2 di dalam Tokyo saja.
    3 Akan menghabiskan 3 hari bolak balik dr 3-33-4, Chuo, Nakano-ku,Tokyo ke Toyo Gakuen University di Hongo Campus,Bunkyo-ku, Tokyo
    Untuk itu mohon sarannya harus menggunakan kartu apa utk transportasi 7 hari disana dan bgmn rute perjalanan yg plg mudah dr haneda ke apartment (poin no 1) pp?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Dari Haneda bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Hamamatsucho, lalu naik JR Yamanote Line sampai Shinjuku, lalu pindah ke Tokyo Metro Marunouchi Line sampai Shin-Nakano
      2. Dari Shin-Nakano, kamu bisa naik Tokyo Metro Marunouchi Line sampai Stasiun Yotsuya, lalu naik JR Chuo/ Sobu Line sampai Suidobashi. Nanti tinggal jalan kaki ke kampusnya.
      Untuk pass kereta sepertinya tidak ada.
      Salam.

    • Junda Aksani  |  

      Pak Nugroho Saya ada rencana pergi ke Jepang tiba tgl 21 Jan 2018 pulang tgl 26 Jan 2018
      ittenerari sbb:
      1. 20 Jan : Shinjuku, Shibuya, Harajuku
      2. 21 Jan : Gala Yuzawa
      3. 22 Jan : Disney Sea
      4. 23 Jan : Universal Studio Osaka
      5. 24 Jan : Strolling Kyoto (Fushiminari Taisa; Kyoto Imperial Place, Arashimaya Bamboo Forest, back to Osaka
      6. 25 Jan : Back to Tokyo and strolling around Tokyo (Akihabara, UENO, ASAKUSA, Tokyo Sky Tree)
      7. 26 Jan : Back to Indonesia
      6. 25 Jan :

  59. Selamat sore pak Nugroho
    Minta informasi beberapa hal ya :
    1. Mengenai Tokyo Wide Pass ini mulai berlakunya dihitung berdasarkan apa pak ?? Apakah atas permintaan kita saat membeli atau otomatis mulai berlakunya saat pertama dipakai ??
    2. Untuk kereta Ginza line apakah jg dicover oleh TWP ??
    3. Kami rencananya tiba di Haneda langsung beli TWP, tp langsung menuju kawaguchi menginap semalam tdk pakai TWP. Besoknya saat pulang baru pakai TWP menuju asakusa. Hari ke 2 ke Nikko pakai TWP dan hari ke 3 masa aktif kartu dipakai ke Galayusawa…..apakah bisa seperti ini pak pemakaiannya TWP ??

    Terima kasih

  60. Hi Pak Nugroho,
    Tokyo Wide Pass ini apakah mencakup Toei Asakusa Line? Krn kebetulan hotel yang akan kami book deket dengan station Kuramae.Kalau memang tdk mencakup line tsb berarti ada extra expense utk tiket subway utk mencapai ke station yg dicover oleh Tokyo Wide Pass? Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta JR di dalam kota Tokyo. Ya, silahkan membeli tiket ketengan saja atau menggunakan SUICA/ Pasmo.

  61. Selamat malam pak , jika haru pertma saya landing jam 7 pagi di tokyo rencana mau city tour,haru ke2 ke galayuzawa,ke 3 fuji,hari ke 4 ke kamamura,haru terakhir disneysea.. saya rencana pakai tokyo wide pass untuk 3 hari nya .. nah untuj sisa ke kamamura n disneysea baiknya pake pass apa?

    Terimakasih..

  62. hallo pa. mau tanya kalo JR tokyo Wide pass dengan Tokyo Subway Ticket apa perbedaannya?
    Jika saya ada tujuan di tokyo dari tgl 31 sampai 6 (bandara narita) dengan tujuan ke disneyland, disneysea, kawaguchiko, asakusa kanon, shibuya, shinjuku dan harajuku termassuk hari terakhir ke bandara lebih baik beli tiket kendaraan tipe apa ya? atau ada suggest lain? terimakasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR Tokyo Wide Pass mengcover tiket kereta JR di Tokyo dan daerah sekitarnya. Sedangkan Tokyo Subway Ticket hanya subway di dalam kota Tokyo metropolitan saja. Kalau melihat itinerary ibu, ibu masih lebih hemat membeli tiket satuan kereta dan tidak perlu JR Tokyo Wide Pass, atau mau praktis naik bus PP ke Kawaguchiko. Salam

    • yella  |  

      Emh bgtu ya pak.. kehitung lebih irit satuan brarti ya? Satu lagi sy mau tanya ya pak. apakah sy perlu beli JR pass yg 7 hari untuk rute ini?
      sy datang dari narita tokyo langsung k kyoto.

      Day 1 : NARITA – KYOTO
      Day 2 : KYOTO (inari, arashimaya, togetsukyo bridge, yasaka)
      day 3: KYOTO – OSAKA (nishiki maket – to osaka – kuromon)
      Day 4 : OSAKA (osaka castle, umeda, shinshibashi)
      Day 5 : OSAKA (USJ)
      Day 6 : OSAKA (aquarium kaiyukan, namba park)
      Day 7 : OSA – TOKYO (ricoland)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau ingin naik shinkansen PP Tokyo-Kyoto-Tokyo, maka JR PASS sudah balik modal. Salam

  63. Dear pak nugroho,

    Apakah Tokyo wide pass bisa di gunakan dari tokyo ke bandara narita? Karena yang saya baca hanya dari narita ke tokyo. Dan apakah bs di aktifkan seminggu setelah kedatangan? Karena 1 minggu pertama saya akan keliling di luar tokyo. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tokyo Wide Pass bisa digunakan di jalur kereta PP Narita-Tokyo.
      Nanti saat pembelian juga bisa disebutkan kapan ingin mulai digunakan JR Tokyo Wide Pass nya. Salam

    • Paula  |  

      Pak Nugroho,
      Punya waktu 6 hari dijapan, kalo mau ke Tokyo, Kyoto & Osaka, apa perlu nginap di tiap kota ato bisa balik pake train hanya tinggal do Tokyo? Train apa yg diperlukan bila mencakup semua?
      Train/JR Pass buka 24 jam?
      Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau hanya 6 hari di Jepang, bisa menginap di tiap kota. Selain menghemat biaya perjalanan, bisa juga menghemat waktu perjalanan.
      JR PASS hanya bisa digunakan dari pukul 04.00-24.00, tidak ada kereta yang 24 jam di Jepang. SAlam

  64. ijin pak mau bertanya,
    1. hitungan 3 hari jr wide pass itu berdasarkan jam mulai pemakaian atau metode lain pak?
    2. lokasi wisata mana kami bisa menemui salju di akhir bln Mei ini?
    3. shibasakura apakah masih ada di akhir bln mei ini pak?
    4. bisa menginformasikan rute perjalanan dan transportasi murah untuk ke Tateyama?
    terima kasih atas bantuannya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak.
      JR Tokyo Wide Pass berdasarkan hari pemakaian Pak. Kalau di akhir bulan Mei, sepertinya sudah tidak ada tempat main salju yang masih buka. Rata-rata sudah tutup di awal bulan Mei.
      Mengenai Festival Shibazakura, tahun 2017 ini, festival ini akan diselenggarakan tanggal 15 April – 28 Mei. Lalu perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route bisa dibaca di itinerary perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

  65. Maaf pak maksud sy edo wonderland didaerah nikko,apakah bisa mengunakan shinkansen dgn Tokyo wide pass?klo yg sy baca ada shinkansen utsonomiya station apkah tercover oleh Tokyo wide pass?

    Dan jika sy ingin ketempat ditokyo spt diseney sea,Asakusa,odaiba,Harajuku,Shibuya,Tokyo sky tree,tsukfiji fish market dan fujiko fujio museum, pass mana cocok selain tokyo wide pass, apakah tokunai pas,toktyo subway pass,toei economy pass atau ada pass lain untuk bs menjangkau yg sy sebutkan diatas?

    Terima kasih sgt dan selamat pagi

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, shinkansen ke Utsunomiya juga tercover oleh JR Tokyo Wide PAss.
      Tempat wisata seperti Asakusa, Harajuku, Shibuya, Tokyo Sky Tree, Tsukiji Fish Market tercover oleh Tokyo Metro 24-Hours Pass.
      Harajuku dan Shibuya juga tercover dengan Tokyo Wide Pass
      Sementara yang lainnya tidak tercover ibu, dan ongkosnya bisa dibayar dengan pasmo/suica atau beli tiket satuan. Salam

  66. Pagi

    Mohon pencerahan jika sy mengunakan Tokyo wide pass untuk keniko wonderland,sy ingin mengunakan shinkansen apakah bisa?jika bisa bagaimana rutenya sy start dr fujisawa dan brp lama perjalanan?

    Untuk resort ski gala yuzawa apkah msh ada salju saat bulan juni ditanggal 25 keatas?

    Terima kasih byk

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Mohon maaf, Tim Info Jepang tidak tahu mengenai Keniko Wonderland.
      Namun dengan Tokyo Wide Pass, hanya bisa naik shinkansen ke arah Karuizawa dan ke arah Gala Yuzawa. Gala Yuzawa sendiri saljunya sudah mencair dan tutup sejak awal Mei 2017. Salam

  67. Sore tim infojepang. Saya akan ke jepang selama 4 hari, berikut itinerary saya.
    Day 1: Dari bandara haneda – keliling tokyo (shinjuku & asakusa)
    Day 2: Lake Kawaguchiko & Shibazakura Festival
    Day 3: Fujiko F Fujio museum & keliling tokyo (harajuku, shibuya, akihabara)
    Day 4: Keliling tokyo (shinjuku & akasaka)
    Dari itinerary saya tsb saran transportasi atau pass apa ya yang paling efisien? Terima kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Sepertinya tidak ada pass yang cocok dan bisa balik modal. Ibu bisa membeli tiket satuan atau menggunakan pasmo/ suica supaya praktis. Salam

  68. Liternary sy

    Hari 1 iter Tokyo
    Hari 2 fuji q higland dan kawaguchiko
    Hari 3 muterin Tokyo lg

    Selama 3 hari itu sy bertempat tinggal difujisawa

    Apa perlu sy Tokyo wide pass? Atau ada pass lain yg lbh menguntungkan juga lbh murah,mohon sarannya,,terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Hitungan kasar perjalanan PP Fujisawa-Tokyo 2 hari, kemudian PP Fujisawa-Kawaguchiko, JR Tokyo Wide Pass sudah balik modal.
      Jika ingin ke Kawaguchiko/ Fujikyu Highland, hanya Tokyo Wide Pass yang mengcover ongkosnya ke sana. Salam

  69. Mau menanykakan jika sy mengunakan Tokyo wide pass, sementara sy tinggak di fujisawa,apakah pass itu cover jika sy naik train dr fujisawa ke Tokyo ataupun ke fuji q hingland?

    Dimana sy bs beli Tokyo wide pass diindonesia tanpa perlu beli dijepang langsung?

    Mohon untuk jawabannya,terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu/ Pak. Ya, ongkos kereta dari Fujisawa ke Tokyo ataupun ke Fujikyu Highland tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Dan JR Tokyo Wide Pass ini hanya bisa dibeli di Jepang. Salam

  70. Dear Tim Info Jepang,
    Saya ada rencana ke Tokyo minggu depan dengan itenerary sbb:
    Day 1 : Tiba di Narita-hotel di daerah Shintomicho- explore Tokyo
    Day 2 : Disneysea
    Day 3 : Disneyland
    Day 4 : Fuji-Kawaguchi-Gotemba

    Dengan itenerary di atas saya perlu membeli pass tidak ya. Atau itenerarynya harus ada yg ditukar supaya kl beli pass tidak rugi?
    Terima kasih sebelumnya.

  71. Siang Pak Nugroho, saya mau tanya. Kalau saya beli Tokyo Wide Pass tgl 11 Mei, tapi baru mau saya pakai tgl 16 Mei bisa atau tidak ya? Karena dr tgl 12-16 Mei saya tidak berada di Tokyo, dan tgl 16 Mei baru mau saya gunakan untuk balik dari Nagano menuju Tokyo.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya bisa, nanti pas pembelian bisa dibilang ingin mulai dipakai tanggal 16 Mei. Penjelasannya sudah ditulis di artikel di atas sebenarnya. Salam

  72. Tokyo wide pass apa bisa di gunakan untuk JR Narita ekpres dari kawaguchiko station ke shinjuku station..khusunya hari sabtu ato minggu

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, Tokyo Wide Pass bisa digunakan untuk kereta ekspress dari Kawaguchiko ke Shinjuku Station. Salam

  73. Selamat siang Pak Nugroho. Mohon masukan untuk ittinerary kami, apakah ada yang harus ditukar?. Dan apakah tokyo wide pass juga mengcover perjalanan kami dibawah ini?

    Day 1 : Tokyo walking tour
    Day 2 : Mt. Fuji + Hakone
    Day 3 : Gala Yuzawa
    Day 4 : Disneyland
    Day 5 : Narita Airport

    Kami berencana menginap di daerah Asakusa.
    Mohon masukannya Pak. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, Tokyo Wide Passnya bisa digunakan di hari pertama hingga hari ketiga, sehingga bisa mengcover perjalanan ke Gunung Fuji dan Gala Yuzawa.
      Kemudian perlu dicatat Gala Yuzawa terakhir beroperasi pada tanggal 7 Mei 2017. Salam

    • Galij  |  

      Terimakasih atas replynya Pak.
      Kalau untuk ke Disneyland, sebaiknya kami beli tiket transportasi apa? Perjalanan kami rencanakan awal desember 2017.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo, bapak tinggal naik kereta JR Keio sampai Stasiun Maihama di pintu masuk Disneyland. Ongkosnya tercover dengan Tokyo Wide Pass juga. Salam.

  74. Selamat siang pak , apakah jr wide pass mencover kereta dari tokyo stasiun ke mishima sky walk stasiun , kalau tidak hanya sampai stasiun mana ? Trims

  75. Mas Nugroho

    Mohon pencerahannya..

    1.Saya baca di web JR East, kalau TWP mencakup Tokyo Metro Line, ini apakah hanya rute Haneda-Hamamatsucho atau line Tokyo Metro subway lainnya?
    2. Apakah kereta2 dibawah ini tercover TWP?
    – Shinkansen Kodama dari Tokyo ke Shin-Yokohama
    – Shinkansen Yamabiko dari Tokyo ke Oyama
    -JR Ryomo Line

    3.Maaf oot, apakah locker di stasiun Ueno bisa untuk penyewaan selama 3hari?

    terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Mungkin yang ibu baca adalah Tokyo Monorail yang menghubungkan Haneda Airport dan Hamamatsucho Station. Tokyo Monorail berbeda dengan subway Tokyo Metro Line.
      Kemudian kereta Tokaido Shinkansen dari Tokyo-Shin Yokohama tidak tercover JR Tokyo Wide Pass, namun Shinkansen ke Oyama dan JR Ryomo Line tercover.
      Seluruh loker di stasiun kereta maksimal hanya bisa untuk 3 hari termasuk loker di stasiun Ueno. Salam

    • Selamat sore mas Nugroho,
      Saya sekeluarga 4 orng rencana mau ke Jepangbln Juni; Jakarta-Haneda-Jakarta, selama 10 hari, .
      Rencana mau ke Mt Fuji dan sekitaran Tokyo.
      Apakah saya harus beli JR Pass atau cukup Tokyo Wide Pass saja ya..

      Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Apa selama 10 hari hanya ingin ke Gunung Fuji dan Tokyo saja bu Rispa? Salam.

    • Betul pak…rencana 2 hari nginap di daerah Kawaguchiko Lake dan selebihnya explore Tokyo dan sekitarnya…spt Shibuya, Shinjuku dll…krn wkt kesana 2 thn lalu, msh blom puas explore daerah itu..
      Tidak ada rencana ke Osaka/Kyoto, Hokkaido krn sdh pernah kesana…

  76. Pagi Pak Nugroho,

    Apakah TOkyo Wide Pass bisa mencapai Tateyama (dekat toyama/alpine route) ? Karena saya mau ke kanazawa, jadi dari tateyama saya menyambung ke Kanazawa, dengan biaya tambahan. Terima kasih. Ellis

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan Tokyo Wide Pass, ibu harus membayar tambahan biaya 8.770 yen dari Sakudaira (stasiun terakhir yang tercover oleh Tokyo Wide Pass) sampai ke Toyama.
      Apalagi kalau mau ke Kanazawa, lebih baik membeli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass atau JR PASS. Salam

  77. Selamat Malam Pak,

    Saya menginap di daerah Asagaya Suginami-ku, jika saya cek di peta dekat dengan St. Asagaya (Chuo Line) dan lumayan dengan St. Minami-Asagaya. Seperti pertanyaan sebelumnya saya akan ke Gala Yuzawa, Kawaguchiko dan 2 hari di dalam kota Tokyo (sudah dibahas di topik yang lain). Dan sesuai saran Pak Nug, saya dianjurkan membeli Welcome Tokyo Subway Pass dan Tokyo Wide Pass (TWP).

    Pertanyaannya adalah :
    1. Untuk ke penginapan saya dengan Welcome Tokyo Subway saya harus berhenti di Stasiun apa? Dan untuk ke penginapan dari stasiun terdekat tersebut jika berjalan kaki apakah jauh?
    2. Jika menggunakan TWP saya harus berhenti di Stasiun apa? Dan perjalanan ke penginapan dilanjut dengan apa ya?
    3. Apakah TWP mencakup JR Chuo Line? Jika ya saya bisa berhenti di St. Asagaya ya Pak?
    4. Jika tidak, bagaimana jika saya ingin berhenti di St. Asagaya atau Minami-Asagaya? Apakah berarti saya harus menambah ongkos dengan menggunakan Pasmo?

    Mohon penjelasannya Pak. Semoga Bapak paham apa yang saya maksud ^_^
    Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Pada hari pertama bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi sampai ke Ogikubo Station, kemudian bayar sendiri tiket ke Asagaya Station (tidak tercover Welcome Tokyo Subway). Mungkin bisa beli tiket satuan atau pakai pasmo. Ibu silakan cek di peta supaya dapat gambaran apa yang Tim Info Jepang maksudkan.
      Sementara kalau pakai Tokyo Wide Pass, ibu bisa naik kereta Chuo Line dari Tokyo/ Shinjuku Station berhenti di Asagaya Station. Semua ongkosnya tercover=gratis.
      Salam

    • Wulandari  |  

      Selamat Siang Pak,
      Terima kasih pak saya paham penjelasannya.

      Pertanyaan selanjutnya jika ke Kawaguchiko, Festival Shibazakura dan Pagoda dengan TWP utk naik Shuttle Bus ke Festival dan kereta ke Pagoda tidak tercover khan pak? Itu beli tiketnya secara tunai atau bs dg Pasmo?

      Karena setelahnya saya akan pergi ke Osaka, apakah Pasmo bisa di tukarkan di Kawaguchiko St? Kira2 sy hrs isi brp di Pasmo?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Tokyo Wide Pass tidak mengcover ongkos bus PP ke tempat festival Shibazakura.
      Kemudian untuk membeli tiket Bus ke tempat festival Shibazakura, bisa dengan uang tunai.
      Lalu kenapa ibu ingin menukarkan PASMO? PASMO bisa juga dipakai di Osaka dan Kyoto kok. Kemudian bisa diisi sekitar 1.000-2.000 yen untuk perjalanan di sekitar Tokyo.
      Salam

    • Wulandari  |  

      Selamat Malam Pak,
      Oo begitu ya pak jd tdk perlu ditukar ? Saya kira dg pindah ke Osaka hrs ganti dg ICOCA krn sisa deposit tdk bs dicairkan selain diluar kartu itu diterbitkan. Krn ada Suica, Pasmo dan ICOCA yg dikeluarkan di masing2 distrik. Jd di 3 tempat itu sy bs pakai Pasmo dan saat di KIX apa bs sisa deposit dicairkan?
      Untuk sewa loker apa jg bs dibayar menggunakan Pasmo Pak?
      Terima kasih atas bantuannya.
      Salam,

    • Nugroho Christian  |  

      PASMO bisa dipakai, tapi tidak bisa direfund. Kalau memang masih ada sisa deposit, silakan dihabiskan saja dengan membeli minuman/ makanan di minimarket, sampai kalau bisa saldonya 0 yen. Ruginya hanya 500 yen sebagai biaya pembuatan kartu PASMO. Banyak teman-teman lain yang melakukan seperti itu, daripada ribet. Dan PASMO yang tersisa bisa jadi oleh-oleh atau nanti bisa dipakai sewaktu ke Jepang lagi. Salam

  78. Selamat sore, Insya Allah sy akan ke tokyo 12-15 mei 2017 tiba di Narita dan pulang dari Haneda. Sy berencana membeli Tokyo Wide Pass begitu tiba di Narita dan lgs menuju Hotel Sakura Ikebukuro. Sy berencana ke Kawaguchiko pada hari ke-2. Tempat wisata apa lagi ya yg bs sy kunjungi untuk memaksimalkan TWP saya? pastinya yg ngga terlalu jauh dari tokyo..terima kasih

  79. Selamat pagi pak, saya akan pergi ke tokyo dari tanggal 18 april hingga 21 may lalu tangga 22 hingga 23 daerah kawaguchi,fuji, hakone lalu malamnya saya akan pergi ke toyama. Pertanyaan saya:
    1) lebih baik saya memakai tokyo wide pass atau menggunakan highway bus dari shinjuku ke kawaguchi?
    2) daerah apa saja yang bisa dikunjungi di dalam tokyo dengan menggunakan tokyo wide pass?
    3) untuk pergi ke toyama dari gotemba lebih baik saya menggunakan apa?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau hanya ingin ke daerah Fuji, Kawaguchiko, Gotemba dan Hakone bapak silakan naik bus Highway dan kombinasikan dengan menggunakan Fuji Hakone Pass.
      Sebab Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos dari Shinjuku ke Kawaguchiko, sementara ongkos transportasi di kawasan Fuji Kawaguchiko dan Hakone tidak tercover.
      Sementara kalau di dalam Tokyo, Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta JR, jadinya akan sulit balik modal.
      Kalau ingin juga ke Toyama, sekaligus ke daerah Fuji, Kawaguchiko, Gotemba dan Hakone, bisa menggunakan JR PASS. Salam

    • rhesa  |  

      kalau saya baca untuk ke kawaguchiko bisa menggunakan bus highway atau bisa menggunakan kereta dengan JR pass. kira2 lebih baik kira2 kalau sambil membawa koper lebih mudah pakai transportasi yang mana ya?
      jadwal saya kurang lebih seperti ini:
      21 tokyo
      22 kawaguchiko
      23 fuji hakone
      24 toyama alpine road
      25 kawaguchiko lalu sore ke osaka
      26 osaka
      27 nara kobe kyoto
      28 kyoto
      29 osaka sore balik ke tokyo
      30 tokyo
      kalau saya pake jr pass kira2 kapan saya harus aktivasinya ya? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk JR Pass Rhesa bisa aktifkan pada tanggal 24 supaya bisa mengcover ongkos perjalanan sampai kembali ke Tokyo tanggal 30. Sementara untuk ke Kawaguchiko Fuji Hakone, mungkin Rhesa bisa membeli Fuji Hakone Pass. Salam.

  80. Saya rencananya tgl 7 mei mau ke Tateyama kurobe alpine route. Baca info dari bapak jika menggunakan tokyo wide pass hanya menambah 3,130 yen tiket shinkansen ke nagano… maksudnya gimana pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Stasiun shinkansen terjauh yang tercover Tokyo Wide Pass adalah stasiun Sakudaira. Dengan kata lain, kalau punya JR Tokyo Wide Pass aktif, ongkos shinkansen dari Tokyo sampai ke Sakudaira itu gratis. Nah, ongkos dari Sakudaira ke Nagano Station (pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine Route) itu saja yang musti dibayar sendiri, harganya 3,130 yen untuk sekali perjalanan. Salam

  81. pagi pak… mau tanya neh karena saya di tokyo dari tanggal 27 april -30 april, kira2 apa menguntungkan jika saya pakai tokyo wide pass untuk
    tgl 27 april – kawaguchi n festival Fuji Shibazakura, apakah dengan jr wide pass ada benefit lain di kawaguchi seperti line bus untuk keliling sekitar kawaguchi
    tgl 28 april – gala yuzawa itu masih bersalju ga ya tgl ini ? apa harus ke ashikagawa park atau hitachi seaside park ?
    tgl 29 april – mohon saran bagusnya kemana dengan wide pass… (ga mau rugi soalnya)
    tgl 30 april – tokyo metro ticket (keliling tokyo)

    tolong sarannya ya pak.. bingung juga soalnya
    thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos perjalanan kereta ke Kawaguchiko Station, sementara tiket bus sekitar Kawaguchiko tidak tercover.
      Kalau ada keuntungan lainnya, tentu akan ditulis oleh Tim Info Jepang.
      Lalu Gala Yuzawa buka sampai awal Mei 2017, jadi sepertinya salju masih banyak kalau ingin ke Gala Yuzawa di akhir April 2017.
      Sementara untuk Hitachi Seaside Park, ada festival bunga tulip dan Nemophilia. Kalau Taman Ashikaga, ada festival great wisteria. Ibu silakan berdiskusi dengan rekan/keluarga ingin pergi ke tempat wisata yang mana. Mungkin juga bisa pergi di tanggal 29 April kalau memang belum ada itinerary nya.
      Salam

    • nia Kurniasih  |  

      terima kasih atas jawabannya,

      kebetulan saya hanya pergi sendiri pak…
      oh ya kalau di gala yuzawa itu pas main salju ada pelatih ga ya? soalnya takut aneh aj kalau sendirian gitu di salju n ga jelas mau ngapain
      oh ya untuk sewa alat n pakainnya bisa disana juga kan ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau ingin main ski dan perlu pelatih bisa mendaftar dari website Gala Yuzawa, namun biasanya harganya cukup mahal.
      Ibu bisa bermain salju di arena pemula, atau bermain salju di tempat main salju. Sewa peralatan dan pakaian anti air dan anti dingin bisa dilakukan di stasiun Gala Yuzawa.
      Salam

  82. saya tgl 4 s/d 7 mei ( tgl 7 pulang ke ind)..mau berangkat ke tokyo dari osaka, menginap di sakura hotel hatagaya, rencana naik shinkansen, kapan enaknya beli tokyo wide pass
    1. saya turun di station mana yang dekat untuk menuju penginapan di hatagaya
    2. untuk menuju ke hotel tersebut naik apa dan apa tercover sama tokyo wide pass
    3. minta masukan untuk jadwal perjalanan selama 3 hari selama di tokyo, sehingga tokyo wide pass dapat dimaksimalkan..
    terima kasih…

  83. Selamat pagi pak , karena saya membeli ticket terusan tokyo JR Wide pass dan saya mau pergi ke hakone juga , maka kalau saya dari stasiun shinjuku mau ke hakone naik transportasi apa aja yg di cover oleh jR wide pass ? Thanks ya

  84. Halo mas. Saya rencananya sampai di Haneda tgl 9 April.
    9 April : Gala Yuzawa
    10 April : DisneySea
    11 April : Kawaguchiko Lake
    nah pertanyaannya,
    1. Saya menginap di daerah Shinjuku, sebaiknya koper dititip dimana yah sebelum pergi ke Gala Yuzawa karena belum bisa check in?
    2. Apakah perlu dan tercover oleh JR Tokyo Wide Pass?
    Terima Kasih

  85. Dear Tim Info jepang,

    Kalau saya rencana ke tokyo dari tanggal 30 maret 2017 – 4 april. Sampai di tokyo dari osaka dengan menggunakan willer bus jam 8 pagi. rencana beli tokyo wide pass untuk ke galayuzawa (31 maret), kawaguchiko (1 april). Untuk 1 tempat lagi, kira-kira daerah atau tempat wisata apa yang direkomendasikan untuk didatangi menggunakan tokyo wide pass untuk tanggal 30 maret.

    Terima kasih.

  86. Mas Nugroho, maaf nanya lagi..utk perjalanan saya diatas (day1:Karuizawa, day 2: Fuji, day3: Hitachi seaside park) itu pakai shinkansen semua y Pak?? bagusnya saya naik dari stasiun mana (Ueno/Shinjuku/Tokyo), jika penginapan saya di daeerah asakusa..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Hanya perjalanan ke Karuizawa saja yang naik shinkansen. Untuk ke Hitachi Seaside Park, naik kereta ekspress dari Ueno Station atau Tokyo Station.
      Kereta shinkansen juga bisa naik dari Ueno Station atau Tokyo Station. Nah, karena ibu tinggal di Asakusa, lebih baik naik dari Ueno Station.
      Untuk ke Fuji Kawaguchiko, ibu harus naik kereta Yamanote Line lebih dulu ke Shinjuku, sebab keretanya berangkat dari Shinjuku Station.
      Salam

    • Intan raissa  |  

      Malam mas nugroho, mau tanya tokyo wide pass kalau saya gunakan untuk day 1 : gala yugawa, day 2 : tokyo disneyland dan day 3 : tokyo narita apakah menguntunngkan? Saya menginap di apartemen daerah akasaka, untuk menuju tokyo station baiknya menggunakan taksi kalau kami ber 4? , terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass untuk ke Gala Yuzawa saja sudah balik modal Intan. Sebaiknya naik kereta saja, kalau naik taksi bisa karena berempat cuma ongkos taksi di Jepang termasuk yang paling mahal di dunia. Salam.

  87. Terimakasih atas balasannya Mas Nugroho..
    Kalau dari stasiun karuizawa ke lokasi wisata seperti gereja batu, onsen, dll, apakah bisa dicapai dengan jalan kaki atau harus naik transportasi lain Pak?apakah letak naka karuizawa dg stasiun karuizawa berdekatan??
    Utk rekomendasi lokasi wisata yg dekat dengan stasiun kira niko atau ap yg tercover dg Tokyo wide Pass?
    Rencana saya di tokyo :
    Hari 1 : Karuizawa,
    Hari 2 : Gunung Fuji,
    Hari 3 : ???? (belum ad rencana, kira2 yg dekat dg stasiun besar ap y?krn malam hari mw langsung k kyoto via willer)
    Mohon masukannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk ke Gereja Batu bisa naik shuttle bus gratis dari Karuizawa Station, sampai ke Hotel Bleston Court yang letaknya bersebelahan dengan Gereja Batu. Begitu juga dengan Hoshino Onsen, bisa naik shuttle bus gratis dari Karuizawa Station.
      Mohon maaf, ibu perginya bulan dan tanggal berapa ya ke Jepangnya? Supaya Tim Info Jepang bisa memberikan rekomendasi tempat wisata yang lebih tepat sasaran. Salam

    • Yansah  |  

      Tgl 2 Mei : Osaka, tgl3-5mei : Tokyo, tgl 6-7mei Kyoto, tgl 8mei : pulang k Jakarta via KIX..
      Kl d Kyoto lebih enak beli pass atau beli tiket biasa aj Mas kl mw keliling Kyoto saja

    • Yansah  |  

      Terimakasih banyak Mas Nugroho atas pencerahannya.. Kami sdh dapat gambaran fix rencana d Tokyo,, recommended memang Tim info Jepang ini…
      Utk yg Kyoto biar saya coba baca2 dl y Mas.. Nuhun..

  88. Dear Mas Nugroho,
    Mohon bantuannya,
    1. Kalau area shinjuku, harajuku, akibahara, museum doraemon kira2 ter cover g pake Tokyo Wide Pass??
    2. Penginapan saya di Khaosan Tokyo Original (Asakusa station) itu tercover g dgn Tokyo Wide Pas??
    3. Kalau ke onsen Karuizawa itu dibuka untuk umum kan?dari station karuizawa bisa jalan kaki kah?kereta terakhir dari karuizawa ke tokyo jam berapa y?
    4. Kl kereta terakhir di area tokyo rata – rata jam berapa y (malam)..
    Mohon petunjuknya…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Area Shinjuku, Harajuku, Akihabara, dan Museum Doraemon semuanya tercover dengan Tokyo Wide Pass.
      Hanya, untuk ke Museum Doraemon dengan Tokyo Wide Pass, jalur keretanya akan memutar dan membuang waktu sekitar dua jam. Ibu silakan menggunakan kereta Odakyu yang lebih cepat, meskipun ongkosnya tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Lalu, ibu harus menambah ongkos 170 yen untuk naik kereta Tokyo Metro Asakusa Line dari Ueno Station (stasiun terakhir yang tercover oleh JR PASS) sampai ke Asakusa Station, stasiun terdekat tempat ibu menginap.

      Onsen Karuizawa yang dimaksud Tim Info Jepang adalah Hoshino Onsen. Ya, dibuka untuk umum dengan biaya 1300 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk anak 3-12 tahun.
      Kereta shinkansen terakhir dari Karuizawa adalah pukul 22.18 dan tiba pukul 23.24 di Tokyo Station. Sementara kereta di Tokyo sendiri ada sampai pukul 01.00.
      Salam

    • Maaf pak Nugroho,
      Mau tanya lagi klo dr haneda ke shinjuku (utk menuju kawaguchi) sebaiknya naik apa ?
      Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu berpindah ke JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku. Lalu bisa naik kereta dari Shinjuku-Otsuki dengan JR Chuo Line, lalu berpindah ke kereta Fujikyu Railway sampai Stasiun Kawaguchiko. Ongkosnya semua tercover dengan Tokyo WIde Pass.

    • Maaf mau tanya lagi pak.
      Dari kawaguchiko menuju gala yuzawa naik kereta apa, mohon info jadwalnya dan brp lama perjalanannya ?
      Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Mawar harus kembali ke Shinjuku-Tokyo dahulu, silahkan baca keretanya di Danau Kawaguchiko.
      Dari Shinjuku, naik JR Yamanote Line ke Stasiun Tokyo, lalu naik shinkansen ke Gala Yuzawa. Lama perjalanannya sekitar 4 jam. Salam

  89. Halo pak Nugroho,
    Itin sy sbb :
    20/4 pagi tiba di haneda , lgs ke kawaguchi dr shinjuku, stay di kawaguchi
    21/4 kawaguchi – gala yuzawa – tokyo
    22/4 tokyo – nikko day trip
    23/4 tokyo- yokohama, stay di yokohama
    24/4 yokohama – tokyo
    25/4 tokyo, malam balik ke indo

    Apakah rute yg sy buat sdh efisien dg jr tokyo wide pass ? Adakah yg perlu ditukar ? Jika masa berlaku hanya 3 hari , lalu selanjutnya efektif menggunakan pass apa ?
    Klo sy pingin nginap di ryokan, sebaiknya d mana dan kisaran harganya brp ?
    Terimakasih sebelumnya.

    • Halo pak nug,
      Maaf sy mau tanya lagi.
      Sy menginap di apartemen dkt stasiun shin okubo. Jika ingin kliling tokyo saja (ueno, asakusa, shibuya, st tokyo, harajuku, roppongi, akihabara, tsukiji) selama 2 hari dan hari ke tiga ke Disney Sea, sebaiknya beli pass apa pak ?
      Terima kasih atas bantuannya.

  90. Selamat Malam Pak,

    saya mau bertanya nih lebih efisien Tokyo Wide Pass atau Tokyo Subway Pass ya jika tempat yg ingin sy kunjungi sbb:

    tgl 30 April:
    1. Ginza, Shinjuku, Harajuku, Shibuya
    2. Odaiba

    tgl 1 Mei:
    Disneysea

    tgl 2 Mei:
    Kawaguchiko, Gotemba, Festival Shibazakura

    tgl 3 Mei:
    Kawasan Ueno Park, sensoji temple
    Hanaeda Airport.

    Kemudian, menurut informasi yg sy dapatkan tgl 29April – 5Mei adalah Golden Week di Jepang, apakah antrian transportasi, dll di Tokyo akan sangat padat? Untuk itu, minta tips nya dong Pak menghadapi Golden Week Japan.

    • berarti lebih hemat tokyo subway pass atau beli tokyo wide pass ya pak?
      Kalau Tokyo Subway Pass mgkn untuk ke kawaguchiko saya akan pakai highway bus biayanya 1.750 (1x jalan).

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Seperti tertulis di artikel di atas, JR Tokyo Wide Pass lebih cocok kalau mau jalan-jalan ke luar kota Tokyo untuk minimal dua hari.
      Kalau lihat itinerary Ibu, lebih baik membeli Tokyo Metro 24-hour Ticket untuk tanggal 30 April dan 3 Mei. Untuk ke Disneysea tidak perlu pass kereta karena hanya mengunjungi satu tempat dalam satu hari. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Itu tergantung kemana bapak ingin pergi.
      Mohon informasinya dalam tiga hari ingin ke tempat wisata mana di sekitar Tokyo. Salam

  91. Dear Info Jepang,

    saya mau menanyakan, apakah JR Pass yang saya beli di JTB atau di HIS sama dengan JR Tokyo Wide Pass? Kalau berbeda, bedanya di rute dimana?

    Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. JR PASS mengcover ongkos kereta JR seluruh Jepang.
      Sedangkan JR Tokyo Wide Pass, hanya mengcover ongkos kereta di sekitaran Tokyo, sampai Kawaguchiko, Gala Yuzawa, Atami, Nikko dan sebagainya.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      JR Pass digunakan untuk naik kereta di seluruh Jepang (termasuk ke Tokyo, Kyoto, Osaka) harganya 29.110 yen (sekitar 3,5 juta) sementara Tokyo Wide Pass hanya digunakan untuk berkeliling di area Kanto (Tokyo dan sekitarnya), harganya 10.000 yen. Penggunaannya bergantung pada tujuan liburan Sharon selama di Jepang.

  92. Pak mohon info, saya akan rencana 3 hari di tokyo (arrival haneda 7maret, lalu akan ke asakusa sampai siang hari lalu sore ke disneyland yg after 6, besoknya 8 maret mau ke kawaguchiko day trip (tadinya saya mau reservasi bus), lalu 9 maret mau di tokyo sampai pk 23.00 naik over night bus ke Osaka. Di Osaka 10 maret dan 11 maret ke Kyoto. 12 kembali ke Indo. Apakah klo itinerary tsb perlu beli JR pass wide tokyo/ mohon advice nya lebih baik beli yg mana saja? Terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Pulangnya Faustine lewat mana ya? Lewat Kansai atau Haneda/Narita? Kalau baliknya lewat Kansai, tidak perlu membeli JR Pass. Salam.

  93. Selamat siang pak…mohon info kalo utk stasiun keikyu kamata di keikyu line itu tercover JR Tokyo Wide Pass atau subway/metro pass ngga? Terimakasih

  94. pak minta dibantu infonya,kapan kami harus beli JR Tokyo Wide Pass?apakah 3 hr terakhir,atau dimulai dari hari pertama city tour.

    Itinerary kami, 6hr di Tokyo.
    H1: city tour a.l Asakusa, Shibuya, Shinjuku
    H2: odaiba, ueno, akihabara
    mulai hari ke-3 kami ke Gn Fuji, hari ke-4 Gala Yuzawa,hari ke-5 Disneysea dan hari ke-6 ke Narita

    kesimpulannya jadi kami harus beli JR Tokyo Wide Pass dimulai dr hari pertama atau dari hari ke-4 saja. dan beli tiket JR Tokyo Wide Pass harus di Jepang?apa tdk bisa di indonesia?terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan ke Disneysea, kalau memungkinkan bisa ditukar ke hari ketiga. Kemudian Tokyo Wide Pass bisa dipakai untuk perjalanan ke Gunung Fuji, Gala Yuzawa, dan Narita Airport.
      Tokyo Wide Pass hanya bisa dibeli di Jepang ibu. Kalau bisa di Indonesia, pasti sudah dituliskan di website.
      Salam

    • Makasih infonya Pak. Tp klo ke disney hr ketiga itu bertepatan hr minggu, bakal penuh bgt. Berarti kyaknya utk city tour ga balik modal ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya city tour di Tokyo, lebih baik menggunakan Tokyo Metro Pass atau Tokunai Pass bu Irma. Tidak cocok menggunakan Tokyo Wide Pass untuk berkeliling Tokyo. Ibu bisa pertimbangkan untuk ke Hitachi Seaside Park, Fuji Kawaguchiko, atau Karuizawa、untuk memaksimalkan JR Tokyo Wide Pass.
      Tapi kalau memang tidak bisa, ongkos ke Gala Yuzawa dan Kawaguchiko saja, sudah bikin JR Tokyo Wide Pass balik modal ibu.
      Salam

  95. Halo Mas,
    Mohon info, jika kita sudah punya JR Tokyo Wide pass :
    1. ketika akan naik kereta JR, apakah perlu menukar tiket terlebih dahulu?
    2. Ketika akan naik shinkansen, apakah harus tukar tiket dan melakukan pemesanan tempat duduk sebelum hari H? Mengingat belum bisa memastikan jam keberangkatan (untuk ke kawazu izu dan gala yuzawa)
    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk kereta biasa (tiketnya satu lembar) cukup menunjukkan JR Tokyo Wide Pass ke petugas yang berjaga di pintu karcis stasiun. Sedangkan untuk kereta Joetsu Shinkansen ke Gala Yuzawa (tiket shinkansen 2 lembar) harus membeli tiket shinkansen dulu. Tiketnya bisa dibeli gratis dengan menunjukkan Tokyo Wide Pass yang aktif. Salam

  96. mohon infonya…

    jika membeli JR Tokyo wide pass pada tanggal 26 Februari, tp baru aktif digunakan mulai tanggal 27 Februari apakah bisa? perhitungan 3 hari nya dimulai sejak pertama kali digunakan kan? (tanggal 27)

    Apakah untuk rute Tokyo station-Narita airport tercover jr tokyo wide pass?

    Di hari pertama (26 Februari) dari haneda k tokyo sebaiknya saya beli metro pass saja? atau bagaimana?

    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Saat membeli JR Tokyo Wide Pass silakan bilang kapan ingin mulai dipakai (sudah dijelaskan di artikel di atas).
      Rute Tokyo station-Narita airport dengan Narita Ekspress juga tercover JR Tokyo Wide Pass.
      Metro Pass tidak berguna untuk perjalanan kereta dari Haneda ke Tokyo. Salam

    • Selamat siang,saya berencana menginap di shibuya bagaimana cara untuk ke gotenba dengan tokyo wide pass,dan wisata apalagi yg bisa dikunjungi dalam 1 hari tersebut. Terimaksih

  97. Sore tim infojepang :D
    Saya berencana pergi ke jepang landing di bandara Haneda 22.30 malam dan apartemen di dekat roppongi hills, kirakira transportasi apa yg bisa dipakai untuk ke apart atau lebih baik nginap di bandara?
    Dan saya berencana ke kawazu zakura, disneysea, gala yuzawa, kawaguchiko lake, dan sekitaran tokyo (shibuya, harajuku, akihabara, asakusa). Saya di jpg tanggal 15feb-21feb. Kira-kira bagaimana untuk penyusunan itinerary yang baiknya yaa? Dan kapan JR wide passnya sebaiknya digunakan?

    Terimakasih banyak!

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kereta terakhir dari Haneda Airport sampai ke Roppongi Station adalah pukul 23.20. Naik kereta Keikyu sampai Daimon Station, lalu pindah ke Tokyo Oedo Line sampai Roppongi. Kalau kira-kira tidak terkejar bisa menginap di hotel dekat Haneda seperti tertulis di panduan Haneda Airport.
      Tokyo Wide Pass bisa digunakan untuk perjalanan jauh seperti Kawazu Sakura, Gala Yuzawa, dan Fuji-Kawaguchiko.
      Salam

  98. Halo Mas mohon info.
    Saya rencana ke jepang tgl 5-11 Maret landing dan pulang lewat narita dan akan di seputaran tokyo saya. Berikut itin saya :
    5 Maret 17
    -. Narita – Tokyo (Apakah jika membeli JR Tokyo Wide pass hanya bisa sampai tokyo station, tdk bsa sampai shibuya atau shinjuku?)
    -. Karena landing pagi saya kan lsg explore Akihabara-Shibuya-Shinjuku (ini termasuk jangkauan JR Tokyo Wide Pass kan ya mas?)
    -. Lalu malam akan menuju hotel di daerah Yokohama-Shi, Kanagawa Ken (exit Takata Station). Apakah ini terjangkau JR Tokyo Wide Pass?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. JR Tokyo Wide Pass mengcover ongkos perjalanan dari Narita sampai Shibuya dan Shinjuku, lalu ke Akihabara, dan Yokohama.
      Salam

  99. Halo infojepang.net
    saya rencana akan ke jepang dari tanggal 5-13 februari ini
    mau tanya soal pakaian winter
    pakaian apa biar jalan2nya tetap nyaman meski di luar,,
    saya berkunjung ke osaka,kyoto,tokyo dan kawaguchiko lake,

    apakah dengan pakaian heatech/longjon, dilapis sweater, dan kemudian jaket down(uld dari uniqlo) sudah bagus ? atau terlalu berlebihan ?
    ataukah cukup pakai jaket parka berbahan woll sudah cukup daripada down jaket ?

    mohon masukannya yah

  100. pagi mas ngroho, mau tanya
    jika ke Odaiba itu apakah tercover wide pass?
    saya baca artikel tercover jr pass asal ruteny
    “naik kereta Keihin Tohoku Line sampai ke Oimachi Station, lalu pindah ke JR Rinkai Line sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba.”

    apakah betul begitu?
    mengingat kalau dari yamanote line kan harus bayar lagi, kan syg kl punya wide pass.
    lalu exit mana kah yang terdekat utk menujupatung liberty?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari JR Yamanote Line bisa turun di Osaki Station (satu stasiun sebelum Oimachi Station), lalu pindah ke JR Rinkai Line sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba. Semua jalur kereta ini adalah jalur kereta JR jadi tercover oleh JR PASS atau JR Tokyo Wide Pass.
      Stasiun Tokyo Teleport di Odaiba hanya ada satu pintu keluar kok Ibu. Tinggal mengikuti jalan layang penyeberangan orang ke sebelah kiri dari pintu keluar, maka patung Liberty akan kelihatan di seberang jalan. Salam

    • pak mengingat sy membawa bayi
      mana yang lebih dket ke liberty atau gundam

      apakah dari exit tokyo teleport st atau dr Monorel Yurikamome turun di Daiba Station?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu pergi ke Jepangnya kapan ya? Sebab Gundam itu sudah tidak ada lagi terhitung dari tanggal 5 Maret 2017.
      Kalau naik Yurikamome Monorel ya tidak tercover JR Tokyo Wide Pass. Salam

  101. Mau tanya,saya mau beli tokyo wide pass untuk ke spot2 ini yang tercover naik kereta apa ya?

    hari 1: galayuzawa – harajuku,shibuya,omotesando
    hari 2: mount fuji – kawazu zakura
    hari 3: disneysea

    Thanks before.

  102. Salam Mas Nugroho..
    Saya berencana perdana ke Jepang tgl 21 – 27 Sepember 2017
    Ini Itin saya
    * Tiba di Haneda malam dan menginap di Bandara
    * Haneda – Fuji mengunakan Bus Fujikyuko dan koper di titipkan d Bandara Haneda
    * Asakusa – Shinzuku – Harajuku – Shibuya ( menginap di Apa Hotel Kuramae )
    * Akibahara – Ginza – Narita menuju Osaka dengan menggunakan pesawat
    * Universal Studio ( menginap di daerah Namba )
    * Kyoto – Arashiyama – Fushimi Inari – Gion ( naik dari Osaka Station )
    * Kansai Osaka
    Apakah sudah benar itin saya mohon pencerahannya Mas…dan tiket kereta apakah yang saya harus beli
    Terimakasih

  103. Selamat siang, saya tertarik dengan tokyo wide pass ini. Rencana saya akan berkunjung ke tokyo hanya 5 hari, dari narita pp, mungkin ke mt fuji 1 hari dan kmdn area suidobashi. Apakah semua jalur tercover dgn tokyo wide pass ini? Dan karena hanya 3 hari, apakah saya bisa beli 2 kartu yg dilanjutkan pada hari ke 4 dan 5, atau 2 hari terakhir beli prepaid card saja ya? Kalau eceran agak repot harus naik narita expresd lagi pulangnya. Terima kasih byk.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Mohon informasi perjalanannya dituliskan lengkap. Hari pertama mau ke mana, hari kedua, dsb, supaya kami bisa memberikan saran lebih tepat sasaran dan orang lain yang membacanya tidak bingung. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bedanya jangkauan daerah, waktu berlaku dan harganya.
      Kalau sudah membeli JR Pass tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass lagi. Salam

  104. halo saya mau tanya, sya ada rencana ke jepang tgl 2-9 maret 2017, smp di haneda tgl 3 pagi jam 9, dan pulang tgl 9 maret jam 11.45 adapun itin yang mau saya pergi sbb:

    1. mt fuji
    2. gotemba FO
    3. gala yuzawa dan onsen
    4. izu peninsula
    5. uss di osaka
    5. citi tour di tokyo sprt, shibuya,tokyo tower dll
    6. shirakawago

    nah yang saya mau tanyakan, baiknya urutannya sprt apa spy saya bisa hemat waktu dan bisa mengunjungi semuanya . mohon pencerahannya
    dan apakah saya beli perlu beli JR pass atau beli secara ecerannya?
    saya mau pergi secara backpaker, mohon diinfo juga hotel yg ok.
    terima kasih sebelumnya saya ucapkan. tks

  105. halo,
    saya berencana untuk mengunjungi edo wonderland dari shinjuku, saya ada beberapa pertanyaan

    1. apakah kereta shinkansen yamabiko atau shinkansen tsubasa tercover JR Tokyo Wide Pass?
    2. apakah kereta TOBU Nikko atau Tobu kinugawa, dari station Tobu Onsen ke Station Kinugawa Onsen sudah tercover JR Tokyo Wide Pass?
    3. Apakah jika kita menggunakan JR Tokyo Wide Pass gratis saat reserved seat untuk kereta shinkansen dan kereta Limited express?
    4. apakah kereta tokyo metro dan keio tercover JR Tokyo Wide Pass?

    terima kasih

  106. Mlm pak
    Untuk TWP apa sama dgn jr pass? Tdk bsa mizuho dan nozomi saja?
    Dan twp apa free untuk pemesanan smua reserved seat?
    Pemesanannya bsa dilakukan lgsg sebelum berangkat ya pak? Lgsg pesen reserved pp nya ya? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass tidak mengcover Tokaido Shinkansen dari Tokyo ke Osaka Pak. Yang tercover adalah Nagano Shinkansen atau Joetsu Shinkansen menuju ke Gala Yuzawa dan bisa reserved seat. Pemesanan tempat duduk PP bisa langsung dilakukan sewaktu membeli Tokyo Wide Pass. Salam

    • Oh berarti klo beli twp hri ini, lgsg saat itu jg pesen reserved seat untul 3hri kedepan ya? Klo ke fuji perlu reserved seat ga pak? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, betul Pak, kalau sudah tahu pekiraan jadwal keberangkatan, bisa dipesan tempat duduknya sampai 3 hari ke depan.
      Lalu, Bapak silakan memastikan langsung jadwal keberangkatan kereta ke arah Gunung Fuji. Kalau memang ada kereta ekspress bisa dipesan tempat duduknya. Tapi kalau pas tidak ada kereta ekspress, tempat duduk tidak bisa dipesan. Reserved seat hanya tersedia untuk kereta ekspress saja Pak soalnya. Salam

  107. Selamat malam pak , apakah perlu saya memiliki Tokyo wide pass dan kartu pasmo bersamaan , Jika Harus Salah satu Manakah yang lebih cocok buat saya, dan kartu pasmo apakah bisa dipakai di osaka ( Tujuan universal studio dan Osaka aguarium ) terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kartu Pasmo bisa digunakan untuk daerah-daerah wisata di Osaka.
      Penggunaan Tokyo Wide Pass cocok untuk daerah-daerah yang agak jauh seperti Kawaguchiko dan Gunung Fuji, sedangkan untuk kartu pasmo bisa untuk yang jarak dekat dan untuk kereta selain kereta JR. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Joanna, apakah yang dimaksud Keiyo Line menuju ke Tokyo Disneyland? Keiyo Line itu termasuk dalam jaringan kereta JR, dan tercover dengan JR Pass dan JR Tokyo Wide Pass. Namun kalau Keio Line tidak tercover. Salam.

  108. Hallo saya mau menanyakan:
    1. Apakah Tokyo Wide pass sudah mengcover JR Yamanote Line? dan bagaimana cara peng-aplikasiannya selama di stasiun? apa saya harus menukarnya dengan tiket Yamanote Line atau tinggal menunjukan Tokyo Wide Pass milik saya?
    2. Kalau mau ke Kyoto, Tokyo Wide Pass bisa digunakan hingga ke stasiun mana ya?
    Terima kasih banyak! :-)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Hai Oya, Tokyo Wide Pass ini mengcover jalur JR Yamanote Line. Sistemnya sama dengan JR Pass, kamu masuk ke pintu/ gate manual yang dijaga petugas. Tunjukkan Tokyo Wide Pass kamu ke petugas.
      2. Stasiun terjauh yang dicover adalah Stasiun Atami. Selepas itu, tidak dicover lagi. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Shia. Bisa membelinya di JR EAST Travel Service Center di dekat pintu karcis Tokyo Monorel di balai ketibaan lantai 2. JR EAST Travel Service Center buka dari jam 07:45-18:30

  109. Halo informasi yg sangat berguna sekali, saya ingin bertanya saya ittenary saya sebagai berikut :

    Day 1 : saya tiba di narita malam jam 7 (hotel saya di daerah shinagawa sengakuji

    Day II : explore gala yuzawa
    Day III : kawaguji-gotemba-tokyo
    Day IV: explore tokyo (shibuya, harajuku, ginza, asakusa, akihabara) musium ramen

    Day V : kembali ke narita pagi hari pukul 5 dari st shinagawa

    Pertanyaan saya

    1. JR wide pass tsb apakah mewakili perjalanan saya

    2. Apabila saya ingin ke kyoto PP dari tokyo memakai JR apa dan efiesien apa tidak (karena saya bawa bayi)

    3. selain JR wide pass ap saja yg dibuhkan untuk perjalanan saya tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Jika pergi sesuai jadwal di atas, maka JR Tokyo Wide Pass bisa mengcover seluruh ongkos perjalanan.
      Namun jika ingin ke Kyoto, Tim Info Jepang sarankan untuk TIDAK membeli JR Tokyo Wide Pass, namun JR Pass (29.110 yen) karena udah balik modal jika naik shinkansen PP ke Kyoto. Salam

  110. Selamat sore Pak Nugroho, rencana ittenary saya tgl 17/12 jam 9 pagi tiba dihaneda, lgsg mau ke odaiba, 18/12 asakusa-Tokyo skytree, 19/12 fujiten snow resort,Mount Fuji, gotemba outlet, 20/12 harajuku,shibuya, shinjuku, 21/12 Disneyland, 22/12 ke osaka , 23/12 universal studio, 24/12 Kansai airport to Indo, apakah lbh baik mengunakan jr pass/ Tokyo wide pass, seandainya menggunakan jr pass apakah masih keburu utk belinya dan saya tinggal di luar Jakarta bagaiman cara membeli jr pass , tolong sarannya Pak mengenai ittenary saya . Trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau melihat itinerary Ibu, tidak perlu membeli JR Pass. Cukup membeli tiket shinkansen dari Tokyo ke Osaka.
      Salam

  111. Selamat sore Pak , bagaimanakah caranya beli Tokyo wide pass di bandar Haneda dan dimana tempatnya ? Dan lebih baik naik apa kalau dari maihama station mau ke osaka pada pukul 8 pagi ?, trims

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass bisa dibeli di JR EAST Travel Service Center dekat pintu karcis Tokyo Monorail Haneda Airport (Terminal Internasional).
      Dari Maihama, ibu bisa naik kereta JR sampai Tokyo Station dan kemudian bisa naik shinkansen sampai ke Osaka. Kereta Shinkansen pertama sudah berangkat jam 06.00 pagi. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Dinda. Tokyo Wide Pass hanya bisa mencover tempat-tempat wisata sekitar Tokyo, contohnya seperti yang diberikan di atas.
      Selain itu tidak bisa. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Persyaratan Tokyo Wide Pass adalah untuk pemilik paspor asing, jadi pemegang visa waiver bisa membeli JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  112. Dear Pak Nugroho, Saya coba scroll up ke atas, Tokyo wide pass jg bisa ke Hakone, Kalau tujuan saya ke mt Fuji kawaguchiko dan hakone, berarti tidak bisa pake Tokyo wide pass ya?

  113. Malam mas,
    Mau tanya, apakah JR tokyo wide pass sudah mencover untuk jalur kereta Keio Line dan Odakyu Line? Jika sudah dicover JR tokyo wide pass, kereta apa saja yang bisa kita naiki secara gratis? Apakah semua jenis kereta yg melalui Keio Line dan Odakyu Line, termasuk kereta express? Mohon informasinya..sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Cici. JR Tokyo Wide Pass hanya mencover jalur kereta JR, selain itu tidak.
      Silakan ibu membaca cara penggunaan Tokyo Wide Pass dan tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di artikel di atas.
      Salam

    • Terima Kasih atas responnya yang cepat..berarti Keio line dan Odakyu line tidak termasuk dalam jalur kereta JR ya Mas? Dengan begitu untuk kedua line ini juga tidak dicover oleh JR Pass apapun.. begitu ya mas??

  114. Min ini masa penggunaan nya itu sewaktu kita beli atau gmn? Trs kalo mau ke kawaguchiko dr kawaguchi station naik apa ya min? TWP ngecover gak?

  115. Min sorry nih mungkin sudah ada yang tanya, tokyo wide pass ngecover untuk ke narita dari tokyo nggak? Terus masuk gala yuzawa utk sekedar main salju ga main ski tetap bayar min? Brp ya? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Rute Narita ke Tokyo masuk cakupan Tokyo Wide Pass, asalkan naik Narita Ekspress. Kalau hanya main salju bayarnya 1.300 yen (untuk naik gondola PP), info lengkapnya bisa dibaca di Gala Yuzawa Resort. Salam.

  116. Pagi Admin, Mohon info itinerary saya sbb :
    D1 : Haneda – Tokyo, explore Tokyo
    D2 : Mt. Fuji, Kawaguchiko, Hakone
    D3 : Gala Yuzawa
    D4 : Disneyland
    D5 : DisneySea
    D6 : USJ – Osaka
    D7 : Explore Kyoto – Overnight Osaka
    D8 : Explore Osaka
    D9 : KIX Airport
    Transportasi yang bisa dipakai apa saja? Tokyo Wide Pass bisa dipakai di hari ke berapa?
    Terima Kasih

  117. Hi,

    Boleh minta sarannya yaa untuk itinerary berikut:

    Sabtu: Haneda(10am), Jalan- Jalan sekitar asakusa (sensoji, tokyo skytree), akhibara, Odaiba, Tokyo Tower,Ginza
    kemudian menuju apartment di daerah Toshima, dekat JR Otsuka/ Nishi Shinjuku.
    Minggu: Galayuzawa
    Senin: Mt. Fuji Kawaguchiko
    Selasa: Hitachi Seaside Park
    Rabu: shibuya, yoyogi park, Disneyland (rencana masuk yg setelah jam3 atau jam 6),
    malamnya naik Whillerbus jam 10 dari Disneyland menuju Osaka

    Menurut Mas Nugroho,
    1. Lebih baik saya membeli JR Tokyo Wide Pass nya dihari apa?
    2. Kemudian, mana yg lebih baik pada hari sabtu dan Rabu saya membeli Tokyo Metro Subway atau cukup isi Suica saja?
    Oh ya, saya pinjam suica tmn saya, brp yg hrs saya top up untuk mencukupi perjalanan saya?
    3. Mana yg lebih hemat dan menggunaka apa Jika perjalanan dimulai dari Haneda?

    apakah itinerary Tokyo diatas sudah cukup oke,
    atau boleh minta sarannya memperbaiki itinerary tokyo saya dalam segi jarak dan waktu.

    • Nugroho Christian  |  

      Penggunaan JR Tokyo Wide Pass bisa dari hari Minggu, Senin, Selasa, sehingga bisa mengcover ongkos perjalanan yang lumayan mahal ke Gala Yuzawa, Gunung Fuji dan Kawaguchiko, lalu ke Hitachi Seaside Park.
      Untuk hari pertama bisa membeli Tokyo Metro 24-Hour Pass, kecuali ongkos dari Shimbashi ke Odaiba dengan naik monorel tidak tercover dan harus menggunakan pasmo/suica.
      Hari Rabu jjuga bisa pakai suica saja, karena tidak akan balik modal jika pakai free pass harian kota Tokyo. Top up sekitar 1.500-2.000 yen sudah cukup.
      Dari Haneda Airport bisa naik kereta Keikyu Express airport Line langsung sampai Asakusa tanpa perlu ganti-ganti kereta. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk masuk ke Museum Doraemon perlu membeli tiket terlebih dahulu. Tim Infojepang menyarankan supaya memasukkan di hari Rabu, sehingga masih ada selang waktu dari hari pertama datang ke Jepang. Sebab biasanya jika harinya terlalu dekat, tiket masuk museum Doraemon sudah tidak tersedia.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Lila. Syarat pembelian JR Tokyo Wide Pass adalaj pemegang paspor asing selain Jepang.
      Jadi kalau kamu visanya pelajar atau residence, bisa membeli JR Tokyo Wide Pass. Salam

  118. Hallo maa nugroho saya berencana ke tokyo bulan maret selama 5 hari sampai di haneda tgl 8maret dan saya menginap di daerah ikekoburo sebaiknya sambil mebunggu waktu cek in saya kemana dlu
    Saya ingin mengunjungi
    Gala yuzawa
    Shibuya
    Harajuku
    Akihabara
    Skytree
    Ginza
    Odaiba bisakah dibuatka itenerarynya saya di tokyo sampai tgl 12 maret setelah itu ke osaka dan kyoto thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Githa. Maaf Tim Infojepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena detailnya sangat panjang dan membuat bingung pengunjung lainnya. Kalau Ibu memerlukan bantuan privat, bisa menggunakan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  119. Haloo! Terimakasih artikelnya membantu sekali.. Jadi tau tempat2 yg asyik. Oiya, apa bisa ke Yokohama via shinkansen dengan JR wide pass? Kalau tidak bisa, tempat apa ya yg bisa dituju dengan shinkansen? Saya ingin sekali coba naik shinkansen dengan JR wide pass ini.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan Tokaido Shinkansen tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Ibu Riri bisa naik Joetsu Shinkansen ke arah tempat main ski Gala Yuzawa atau Hokuriku Shinkansen ke arah Karuizawa.
      Salam

  120. Haloo! Terimakasih artikelnya membantu sekali.. Jadi tau tempat2 yg asyik. Saya dengan keluarga besar rencana ke Jepang-Tokyo dan sekitarnya bulan Maret 2017. Kami berniat mencoba naik shinkansen. Nah apa bisa dengan membeli JR pass naik Shinkansen? Kalau iya, bisa kemana aja ya, yg menarik tempatnya? Apakah ke Yokohama bisa?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa membeli shinkansen dengan JR PASS. Salam

  121. Selamat malam pak Nugroho,
    Kami sekeluarga berencana tanggal 20 Jan 2017 pagi di Tokyo selama 3 hari untuk kemudian ke Kyoto dan Osaka selama 3 hari masing2 nya. mengingat saat itu musim dingin mohon info wisata gunung Fuji kemana saja yang bisa di akses apa sebaiknya nginap atau tidak..?
    Terima kasih info dan bantuannya.

    Salam

  122. Selamat siang pak nugroho,

    Saya rencana 3 hari di tokyo,mohon info untuk rute yg bisa saya ambil,apabila menggunakan tokyo wide pass,yg ingin saya kunjungi, gala yuzawa,kawaguchi lake dan museum doraemon

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan dibaca-baca dulu link-link di atas, kami sudah memberikan contoh cara penggunaan Tokyo Wide Pass untuk pergi ke beberapa tempat wisata sekitar Tokyo seperti Gala Yuzawa, Danau Kawaguchiko. Untuk perjalanan ke Museum Doraemon Fujiko F.Fujio bisa dibaca di artikel berikut. Salam

    • Ok pak terimakasih,satu lagi, tokyo wide pass ini,bisakah saya beli hari senin tapi mulai dipakai hari rabu?

      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Saat membeli Tokyo Wide Pass kita bisa memilih tanggal mulai menggunakannya. Salam

  123. Halo mas.

    1. Seperti yang diketahui JR Tokyo Wide Pass ini dapat digunakan diseluruh area Kanto, yang saya tanyakan jika saya naik kereta dari Gala Yuzawa menuju Nagoya, stasiun terakhir apa yang bisa dicangkup oleh JR Tokyo Wide Pass ini? Kalo saya lihat di map stasiun terakhir adalah stasiun Hamamatsu di prefektur Shizuoka. Jadi saya dari Gala Yuzawa/Tokyo menuju stasiun Hamamatsu (Shizuoka) menggunakan JR Tokyo Wide Pass, kemudian dari Hamamatsu – Nagoya saya menggunakan kereta non shinkansen agar murah. Apalah bisa seperti itu? Mohon sarannya

    2. Apakah JR Tokyo Wide Pass ini mendapatkan reserved seat seperti JR Pass? Atau non reserved seat?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Batas terakhirnya adalah Atami Station Pak. Jadi dari Atami Station bisa naik kereta lokal sampai Nagoya.
      Ya untuk kereta tertentu dengan reserved seat bisa dipesan dengan JR Tokyo Wide Pass juga. Salam

  124. Mas nugroho sy mau tnya lgi nih hehe.. Ktika akan pergi ke dan di yokohama sy pakai jr tokyo wide pass atau pasmo? Soalny nnti sy rencana bli jr tokyo wide pass dan pasmo

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Hestytia. Ya, JR Tokyo Wide Pass mencover biaya perjalanan sampai ke Yokohama Station.
      Namun untuk pergi ke tempat-tempat wisata di Yokohama (khususnya di daerah pantai) harus bayar lagi kereta subway Minatomirai. Ini yang tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass, dan bisa dibayar menggunakan pasmo/ suica.
      Salam

  125. Halo Pak Nugroho, saya tanggal 9-13 Desember akan wisata ke Jepang, mumpung ada long week end di Indonesia. Saya berencana membeli JR Tokyo Wide Pass. Saya mendarat di Haneda Airport tanggal 10 Des pukul 08.50. Nah, pertanyaan saya: 1. Daerah mana yang sudah ada salju, yang bisa menggunakan JR Tokyo Wide Pass? Kami akan melihat salju. 2. Kalau saya mau ke Hakone, perlu berapa lama enaknya bisa menikmati Hakone? Sebagai catatan: saya sudah terlanjur booking hotel selama 4 malam di kawasan Shinjuku. terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Daerah yang pasti sudah bersalju adalah Gala Yuzawa dan ini juga tercover sepenuhnya oleh JR Tokyo Wide Pass. Saran dari kami, untuk ke Hakone bapak bisa satu hari saja, satu hari lagi ke Kawaguchiko. Untuk Danau Kawaguchiko, semua tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Sementara untuk Hakone hanya tercover sampai Odawara Station (pintu masuk Hakone). Bapak mungkin harus membayar sekitar tambahan 1000-2000 yen supaya bisa menikmati transportasi di Hakone.
      Salam

  126. membantu sekali terima kasih..oiya kalo untuk di kawaguchi apakah daerahnya bersalju di akhir january?karena ingin sekali memegang salju

    kalo saya hanya ingin ke danau kawaguchiko saja apakah msh worthed membeli tokyo wide pass? apa yang lebih baik kira2?

    berikut itinerary saya ditokyo
    day1 check in hotel,sight seing sekitar shibuya,dll
    day2 kawaguchiko,bermain salju,gotemba back to hotel
    day 3 disneysea/disney land
    day4 sight seing tokyo part 2 (kira2 ada referensi kemana sebaiknya) karena kami akan langsung ke kyoto sore harinya

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Indah, kalau ingin bermain salju bisa mampir ke Resort Ski Fujiten atau Snow Town Yeti, saljunya tebal. Indah bisa niak bus dari Gotemba atau Kawaguchiko. Maaf, indah mau ke Kyoto, apakah akan kembali ke Tokyo untuk pulangnya? Kalau ada rute PP Tokyo-Kyoto, sebaiknya beli JR Pass. Namun kalau tidak, Tokyo Wide Pass jauh lebih untung untuk ke Gotemba-Kawaguchiko dan keliling Tokyo.

  127. Pak Nugroho,
    saya ada rencana ke Kawaguhiko dengan memanfaat kan wide pass, pertanyaannya adalah :
    1. dengan naik JR Chuo line limited express kaiji atau azuza ( shinjuku – otsuki), beli tiketnya dimana ? dan apakah bisa beberapa hari sebelumnya ?
    2. Otsuki — kawaguchiko naik kyuku rail , beli tiketnya dimana ? apakah bisa beberap hari sebelumnya bersamaan dengan tiket Kaiji ?

    Mohon pencerahannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau memiliki Tokyo Wide Pass, tidak perlu repot memikirkan tiket kereta JR Chuo atau kereta Fuji Kyuko Line. Semuanya sudah tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Artinya bapak tidak perlu membeli tiket apapun. Bapak cukup memasukkan tiket JR Tokyo Wide Pass ke dalam mesin atau menunjukkannya kepada petugas yang berjaga di pintu karcis.
      Jika ingin reservasi tempat duduk, bisa dilakukan bersamaan ketika membeli JR Tokyo Wide Pass. Salam

  128. Pak Nugroho,

    Saya mau tanya tentang Tokyo wide pass, saya ada rencana ke kawaguchiko dengan menggunakan Wide Pass , perntanyaan nya adalah :

    1. dari shinjuku naik Chuo Line Rapid ( Kaiji atau Azuza ) ke Otsuki ? apakah benar ? dan ,saya perlu beli tiket dimana ? apakah bisa dari beberapa hari sebelum nya( karena termasuk di cover Pass ini )
    2. dari Otsuki ke Kawaguchiko naik Kyuku rail ? beli tiket nya pas di otsuki atau bisa dishinjuku ?

    mohon pencerahannya

  129. Mas nugroho jr tokyo wide pass beliny di narita airport kan ya? Krena sy arrive ny di narita.. Bukan beli di travel agent di indo kan ya mas?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya Tokyo Wide Pass bisa dibeli di kantor penjualan tiket (travel service center) di Narita Airport terminal 1, 2, dan 3. Salam

  130. dear admin
    saya mau tanya ttg tokyo wide pass yg berlaku 3 hari . itu sejak kapan? apakah tgl pemakaian bisa di tentukan saat pembelian?
    misal sy beli tgl 16 des. tp mau di pakai ditgl 22-22-23 des apakah bisa ? atau pas beli besok nya sudaj harus pakai?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk Tokyo Wide Pass, tanggal mulai pemakaian bisa ditentukan saat pembelian.
      Jadi kalau seperti contoh Bapak, Tokyo Wide Pass bisa digunakan dari 21-23 Desember. Salam

    • pak .

      kalau untuk reserved seat di limited express dan shinkansen apakah bisa di reserved lgs pada saat beli pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa direservasi saat membeli pass. Silakan memberitahu hari dan jadwal keberangkatan kepada petugas yang menjaga.
      Salam

  131. Haloo mas, kalo ke fuji turun di otsuki stasiun, trs naik fuji kyuko line ini dicover jr tokyo wide pass jg ya?

    Trs sampe sana kan pengennya ke fujiQ highland dl. Bsa ga? Apa hrus turunnya di kawaguchiko lake station?
    Trs kawaguchiko ke fujiQ highland nya naik kereta apa ya?

    Dan tokyo wide pass ga cover sightseeing bus ya brrti yg ad jalur merah dan ijonya itu?

    Maaf pertanyaan borongan
    Thanks ya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Iya ibu, Tokyo Wide Pass mencover perjalanan dari Tokyo/Shinjuku-Otsuki-Kawaguchiko station.
      Jalur kereta Fuji Kyuko yang menghubungkan Otsuki Station dan Kawaguchi Station juga melewati Fujikyu Highland Station (hanya berbeda satu stasiun sebelum stasiun terakhir Kawaguchiko station). Salam

  132. Utk jalan2 dalam kota tokyo mungkin paling jauh ke odaiba dan tachikawa dan membawa anak 2 tahun n bayi 9bln accesnya lbh mudah pakai subway metro atau Jr line? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Mandy, untuk akses kami perlu detail tempat wisatanya. Namun untuk gambaran, semua kereta di Jepang sama saja soal kenyamanan. Kereta akan penuh pada jam-jam sibuk, lebih baik hindari jam sibuk 7-9 pagi dan 18-20 malam saat bepergian dengan anak. Untuk subway juga hanya di dalam kota saja, ke Tachikawa hanya ada kereta JR. Salam.

  133. Sore tem Info jepang .
    saya punya rencana perjalan seprrti ini, apa ya akomodasi terbaik yg bs saya pakai
    day 1 : Tokyo
    day 2 : Disneyland
    day 3 : Kyoto
    day 4 : Kyoto
    day 5 : Osaka
    day 6 : Tokyo
    day 7 : Gunug Fuji , Snow Town Yeti/ Fujiten
    day 8 : Tokyo
    Apakah day6-8 saya bisa tercover dgn Wide Pass?Akomodasi terbaik di day 3-5 dan day 1-2?
    Please Advice n Thank you.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa tercover dengan Tokyo Wide Pass. Namun, karena ada rute perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka PP, sebaiknya menggunakan JR Pass saja 7 hari, dan tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass karena akan mengcover semua perjalanan kereta yang kamu mau tempuh.

  134. Mas, Mohon bantuan jawabannya ya,saya akan ke jepang saat winter nanti dan saya tertarik untuk membeli JR Tokyo Wide Pass yang bisa digunakan selama 3 hari dan berikut terlampir schedule saya, boleh bantu dikoreksi ya mas :

    1. Hari Pertama berangkat ke kawaguchiko dari Tokyo Station, lalu dari kawaguchiko melanjutkan
    perjalanan ke Yokohama dengan menggunakan JR Tokyo Wide Pass, sudah bisa tercover ya
    untuk perjalanan tsb? karena rencananya saya akan menginap satu malam di yokohama
    2 Hari Kedua, kami berangkat pagi2 dari Yokohama menuju Nikko dan sore akan melanjutkan
    perjalanan dari Nikko menuju Karuizawa , dan untuk semua perjalanan ini juga akan tercover
    oleh JR Tokyo Wide pass kan?

    Mohon bantuannya,

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ya semua sudah tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Ibu juga bisa mencoba shinkansen dari Karuizawa ke Tokyo pulangnya.
      Salam

    • Mas Nugroho, kalau untuk JR Tokyo Wide Pas itu sudah mengcover perjalanan kereta dari Otsuki ke Kawaguchiko dengan menggunakan Fujikyu railway kan?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, Tokyo Wide Pass mengcover juga seluruh ongkos kereta Fuji Kyuko Line sampai ke Kawaguchiko Station. Salam

  135. Halo mas nugroho, sy ke jepang tgl 7-13jan 2017 dgn anak usia 9thn dgn itin sbb :
    7 Jan tiba dr haneda -tokyo sightseeing
    8Jan yokohama
    9Jan gala yuzawa
    10Jan mt fuji- kawaguchiko stay 1n
    11Jan kawaguchiko-gotemba-tokyo
    12Jan disney
    13Jan back jkt
    Nah saya hrs beli jr tokyo wide pass 1x saja atw 2x utk penggunaan smp tgl 13 atw 1x diawal dtg tgl 7-9 atw 8-10 ? selebihnya menggunakan saica card ? mohon bantuan info nya thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Cukup satu kali saja dan silakan pakai tanggal 9-11 Januari. Yang lainnya cukup pakai Pasmo/Suica karena tidak terlalu mahal ongkosnya.
      Salam

  136. hilda situmorang  |  

    jika mau ke tateyama via ogizawa,apakah tokyo wide pass meng cover kereta dari tokyo ke nagano station? selanjutnya saya naik bus dari nagano ke ogizawa. apakah jalur itu sudah tepat? apakah tokyo wide pass harus langsung aktif ketika pertama dibeli? atau dapat diaktifkan sesuai keinginan kita? untuk reserve seat dwngan tokyo wide pass,apakah dikenakan biaya tambahan? apakah jalur subway dan metro juga dicover oleh tokyi wide pass( misal saya dari shinjuku ke asakusa subway?)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Pada judul artikel jelas dituliskan JR Tokyo Wide Pass, jadi hanya mencakup kereta JR, tidak mencover ongkos kereta subway dll.
      Lalu Tokyo Wide Pass hanya mencover ongkos kereta shinkansen (juga reserved seat) sampai pertengahan Tokyo dan Nagano, yaitu sampai stasiun Sakudaira. Ibu harus membayar tambahan ongkos 3.300 yen untuk shinkansen dari Sakudaira ke Nagano.
      Salam

  137. oya mas Nugroho, kalau boleh bisakah memberikan gambaran itinerary jika saya membeli JR Tokyo Pass, agar saya bisa menggunakan waktu berlibur saya secara maksimal dan hemat, lebih baik kemana dulu kah saya pergi,,? kalo saya pergi ke tempat yg sama menggunakan JR tokyo apakah bisa, Semisalnya hari ini saya pergi ke gunung fuji,, apakah besoknya saya bisa kesana lagi..?
    terimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan dibaca hitung-hitungan oleh Tim Info Jepang, juga contoh tempat wisata yang bisa dikunjungi di artikel di atas.
      Tolong dibaca terlebih dahulu sebelum bertanya, supaya tidak membuat orang lain bingung.
      Salam

  138. Hii mas.. maaf mau tanya.. saya rencana mau beli JR tokyo pass, saya menginap di meguro, pertanyaannya
    1. Dari stasiun mana yang bisa di akses oleh JR Tokyo ke gunung fuji ..
    2. Dari gunung fuji jika mau meneruskan ke snow town yeti akses perjalanannya bisa pakai JR
    Tokyo atau harus beli tiket kereta lagi yang lain.
    3. Utk pulang lagi ke tokyo pada hari yang sama apakah ada batas jam terakhir keberangkatan
    JR Tokyo dari gunung Fuji
    4. Jika pulang ke tokyo dari Sown Town Yeti apakah bisa..? akses transportasinya bagaimana
    mas
    5. Untuk ke Disneyland katanya sudah tercover di JR Tokyo, utk akses pulangnya dari
    disneyland ke tokyo apakah ada jam keberangkatan terakhir JR tokyo..

    Terimakasih sebelumnya.

  139. hai kak salam kenal…
    1. iwate kitakami termasuk cakupan jr tokyo wide pass g?
    2. menurut kamu dmn melihat sakura terbaik di bulan april yg deket tokyo?
    3. izu kawazu termasuk cangkupan jr toko wide pass g?

  140. Halo mas admin..mau tny lagi.
    1. Jika sy di Jepang mau jjs dgn kawan orang Indonesia yg visanya student visa di sana; bisakah dia membeli ‘Tokyo Wide Pass’ ini utk dirinya? Pertanyaan yg sama juga utk Pass ‘JR Kansai-Hiroshima Pass”. Karena kalau yang saya baca, kalau yg JR Pass national yg 29,000 yen, student visa ga boleh kan ya?
    2. Apa benar Multiple visa entry dgn status Temporary Visitor , juga tidak boleh beli JR pass nasional? atau salah ya
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Siang Syari,
      1. Ya, pemegang student visa tidak bisa membeli seluruh Rail Pass karena itu hanya khusus wisatawan asing.
      2. Ya, Temporary Visitor dengan Visa Multiple Entry tidak bisa membeli JR Pass juga. (revisi: Bisa membeli JR Pass)

    • Sore mas admin nugroho,

      Noted informasinya.

      utk nomor 2. Visa multiple entry, masih bisa beli pass yang regional kan..atau tidak? Seperti tokyo wide pass, JR east kansai hiro pass, dll .
      Karena saat visit pertama dengan visa multiple entry, sy bisa mendapatkan JR kansai hiro tsb. Mohon penjelasannya kembali apakah utk yg regional msh bisa atau tidak, utk visit Jepang yg selanjutnya.

      # Bagaimana dengan orang indonesia yang punya visa waiver? apakah mereka tidak bisa beli JR pass nasional juga? kan itu visanya valid 3 thn.

      thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk JR Pass regional, syaratnya berbeda-beda. JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli siapapun yang punya paspor asing selain negara Jepang. Sedangkan JR Pass regional lainnya selain Tokyo Wide Pass bisa dibeli oleh orang dengan paspor asing selain Jepang+temporary visitor.
      Dengan visa waiver, kita cuma tidak perlu membuat visa setiap kali pergi ke Jepang. Setibanya di Jepang, paspor elektronik akan dicap temporary visitor dan hanya dapat tinggal hingga 15 hari.
      Salam

    • Ulfaa  |  

      Mas nugroho. Sy syarii ulfa yg tempo lalu tanya di sini. Sy mau menginformasikan jwbn nomor 2 tidak tepat. Karena saya memiliki Visa Multiple Entry temporary visitor dan pada kenyataannya Maret 2017 kmrn bisa ko beli JR pass nasional tdk masalah, yg 14 hari pula. Mudah2an menjadi catatan mas nugroho klo ada yg tny lg.
      Yg ga boleh itu yg status ReEntry Permit, ini adlh paspor/visa stateles yg diberikan kpd org yg ga punya kewarganegaraan tapi mo tinggal bolak balik Jpg. Misal warga korut https://en.m.wikipedia.org/wiki/Japan_Re-entry_Permit

      Jadi, Multiple Entry visa tourist itu sama sekali berbeda dengan Re-entry permit. Fyi

    • Nugroho Christian  |  

      Baik, terima kasih informasinya Ulfaa. Nanti akan kami perbaiki untuk informasi terkait. Salam.

  141. Salam pak Cristian..
    Saya berencana ke Jepang bulan Maret 2017 nanti,dan menggunakan tokyo wide pas. Yg mau saya tanyakan,apakah ada pembatasan limit pemakaian pada kartu ini? Misalnya hari pertama saya berencana ke gunung Fuji dengan kartu ini,apakah hari kedua bisa saya pakai ke gala yuzawa dan hari ketiga ke izu kawazu? Yg saya takutkan,begitu limit 10.000 yen sudah terlampaui,dalam 1 atau 2 hari misalnya,maka saya tidak bisa ke tempat wisata lain yang saya sebut diatas. Mohon pencerahannya.
    Tq so much

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Yang namanya free pass tidak ada limit pemakaian. Makin banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan makin jauh perjalanan, maka makin untung. Untuk itulah Tim Info Jepang sudah memberikan contoh pemakaian JR Tokyo Wide Pass yang menguntungkan seperti tertulis di artikel atas.
      Salam

    • Yuliana  |  

      Baik..
      Saya berencana jg membeli ticket Gogo kamogawa seaworld dan pasmo card via tim infojepang. Boleh minta kontaknya pak? Begitu visa saya keluar,langsung saya kontak. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tiketnya Gogo Kamogawa dan Pasmo bisa dibeli setibanya di Jepang. Itu akan jauh lebih murah dan praktis.
      Tim Info Jepang tidak melayani pembelian tiket karena tidak efektif.
      Salam

  142. selamat siang..saya rencana ke jepang dengan tujuan tokyo disneyland,gala yuzawa dan mt.fuji..apa lbh hemat pakai jr wide pass?ke tokyo disneyland jg tercover dg wide pass ini?kalau osaka tercover tidak?soalnya ingin ke usj. thxu

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Otavianova. Kalau mengunjungi 3 tempat wisata di atas, sudah cukup untuk balik modal (bisa lihat contoh perhitungan Tim Info Jepang di atas).
      Tokyo Disneyland/Disneysea juga tercover dalam pass ini, namun Osaka tidak.
      Salam

  143. Mas Nugroho, salam kenal.\
    Saya bisa dibantu dijelaskan Mas, berhubung blm pernah ke Jepang.
    Minggu lalu saya beli tiket utk tgl 10 Des-15 Des 2016.Oleh pihak travel biro, disarankan untuk beli Kanto biffet.Adapun saat itu saya beli utk tujuan ke:
    1.Disney sea @959rb (Dewasa) dan @ 659rn(Anak2)
    2.Kawaguchi @ 128rb (D) dan @ 90rb (A)
    3.Nikko Eddoland @ 700rb (D) dan @ 350rb (A)
    4.Gala Yuzawa @2juta (D) dan @ 1juta (A)
    Total tiket hamper 20juta untuk 4 D dan 2 A
    Ternyata, bbrp hari kemudian, pihak travel biro telpon bahwa Gala Yuzawa bukanya tanggal 17 Desember. Mrk akan refund utk Gala Yuzawa.
    Tetapi knp hanya dikembalikan cuma 1,3 juta saja ya, sementara saat beli lebih dari 10 juta?
    Bisa dibantu dijelaskan Pak?
    Apakah ada saran pengganti lokasi wisata yang bisa menggantikan Gala Yuzawa spt artikel yg Mas Nugroho tulis? saran sebaiknya kemana ya? yg impas dengan uang yg telah saya keluarkan utk ke Gala Yuzawa?

    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Siang Pak Anis, salam kenal.
      Kalau soal kebijakan travel kami kurang tahu pak, mungkin bapak bisa langsung menanyakan perihal 1,3 juta itu. Saya agak bingung, 10 juta yang mana ya pak? Lagipula tiket Gala Yuzawa 2 juta per orang itu pun sudah kemahalan. Sebagai gambaran: tiket masuknya saja hanya 4.600 yen + peralatan ski 2.500 yen + tiket Shinkansen 6.500 yen. Tambahan, kalau bisa hubungi biro perjalanan yang terpercaya, dan jangan tergiur dengan biaya murah.
      Salam.

  144. Halo mas,

    Mau tanya saya berencana ke Jepang awal Maret 2017. Ada info festival apa saja? Sama mau tanya kalau saya membeli JR Tokyo Wide Pass ini apakah subway Tokyo Monorail sdh tercover atau harus beli suica? Thxs a lot

  145. Halo mas ,,, klu sy beli tokyo wide pass misal tgl 10 dan mulai digunakan jam 15 pm ,,,pertanyaan nya :
    1- kartu tsb akan berakhir tgl 12 jam 15 pm atau tengah malam jam 24.00. ?
    2- klu belinya tgl 10 dan ingin diaktifkan tgl 14 , apakah bisa. , atau hrs aktif di tgl pembelian kartu tsb saja. ?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Surya. JR Tokyo Wide Pass berlaku untuk 3 hari berturut-turut dan bukan 3 X 24 jam pak. Jadi bila diaktifkan pada tanggal 10 jam 15.00 akan habis masa berlakunya pada tanggal 12 pukul 23.59. Kalau memang ingin diaktifkan dan mulai dipakai tanggal 14 maka silakan dibeli pada hari-H tanggal 14, karena masa aktif dihitung dari tanggal pembelian.
      Salam

  146. Halo mas mau tanya, tokyo wide pass ini bisa di beli dr skrng atau pas hari H kita mau pergunakan ? Misal saya sampai jp tgl 11mrt 17 langsung beli di bandara narita tp untuk tanggal 14 mart 17.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      JR Tokyo Wide Pass hanya bisa dibeli di stasiun-stasiun tertentu di Jepang dan berlaku 3 hari berturut-turut semenjak hari pembelian.
      Salam

  147. Halo mas, kalo Dari danau kawaguchi ke Osaka, apakah bs menggunakan JR wide pass ini, kalo tidak bisa alternatif lain apa ya? kemudian dari osaka, kalo lanjut ke Kyoto yg termurah naik apa?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Danau Kawaguchiko bisa naik bus/ Shinkansen, tapi tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Dari Kyoto ke Osaka itu sangat dekat, naik kereta paling cepat 28 menit dengan ongkos 560 yen.
      Salam

  148. halo mas Nugroho Christian.
    saya akan ke Jepang selama 5 hari. Untuk transportasi, 3 hari pertama saya akan menggunakan Tokyo Wide Pass dan 2 hari setelahnya menggunakan 2 days pass metro subway Tokyo.
    yang ingin saya tanyakan selain Shinjuku dan Ueno daerah mana saja mas ya mas yang ada stasiun JR sekaligus stasiun subway. Maksudnya agar tidak keluar ongkos lagi untuk transportasi dari Hotel ke Stasiun dan sebaliknya. Maklum mas budget ngetat banget hehe.. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Halo miliya, masa berlakunya hanya pada saat musim dingin, yakni dari bulan Desember sampai April setiap tahunnya.

      Salam!

  149. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your site and take the feeds also…I am happy to find so many helpful information right here within the submit, we need work out extra techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .

  150. halo mas, klo untuk ke yokohama bisa pke Tokyo Wide Pass ini kah?
    karena lihat di Hyperdia untuk ke Yokohama dari stasiun Noborito (saya berencana ke Yokohama sepulang dari mngunjungi museum doraemon) harus menggunakan JR Tokaido Line for ODAWARA. dan di website JR dinyatakan Tokyo Wide Pass tidak berlaku untuk Tokaido Shinkansen. sebenarnyah apakah JR Tokaido Line for ODAWARA sama dengan Tokaido Shinkansen?
    mohon petunjuknyah ya mas.
    terima kasih

  151. Nugroho Christian  |  

    Yokohama termasuk coverage/ cakupan Tokyo Wide Pass. JR Tokaido Line adalah kereta lokal dari Tokyo-Atami-Maibara-Kobe. Nah, ada JR Tokaido Shinkansen yang jalurnya paralel/ sebelahan dengan JR Tokaido Line. Nah, kereta shinkansen inilah yang tidak termasuk cakupan Tokyo Wide Pass Rika.

    JR Tokaido Line jalurnya sama dengan JR Tokaido Shinkansen, namun berbeda karena hanya merupakan kereta biasa. Bukan seperti kereta cepat shinkansen.

    Salam dan selamat liburan ya.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!