Air Terjun Fukuroda

Home / Nature / Air Terjun Fukuroda
Item image

Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu membuat rencana mengunjungi tempat-tempat baru dengan pemandangan musim gugur yang spektakuler. Akhirnya, saya memutuskan untuk melihat Air Terjun Fukuroda (Fukuroda-no-taki). Selain lokasinya yang cukup dekat dari Tokyo tempat tinggal saya, air terjun ini juga termasuk ke dalam jajaran tiga air terjun terindah di Jepang bersama dengan air terjun Kegon di sekitaran Danau Chuzenji (daerah wisata Nikko) dan juga air terjun Nachi di Wakayama. Air terjun Fukuroda bersumber dari sungai Taki dan Kuji di wilayah Daigo Prefektur Ibaraki yang mengalir sampai ke Samudera Pasifik. Buat yang tidak tahu dimana Prefektur Ibaraki, inilah prefektur dimana Taman Hitachi Seaside Park yang terkenal dengan pohon cochia merahnya berada. Keindahan air terjun dengan pemandangan musim gugur menjadi daya tarik utama wilayah pegunungan Daigo. Simak laporan kunjungan Tim Info Jepang menikmati pesona air terjun Fukuroda berikut ini.

Air Terjun Fukuroda: air terjun terbesar di Jepang

Air terjun Fukuroda punya ketinggian 120 meter dengan lebar 73 meter, dengan air jernih bak kaca. Meskipun terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, namun teman-teman tetap bisa menikmati pemandangan musim semi, panas, dan musim dingin yang sayang untuk dilewatkan. Di musim semi, bunga-bunga bermekaran di sekeliling air terjun. Di musim panas, pepohonan hijau rimbun berpadu dengan langit cerah. Dan di musim dingin, air terjun yang membeku sebagian ini membentuk ukiran es alami yang begitu indah.

Air Terjun Fukuroda di musim dingin

Air Terjun Fukuroda di musim dingin

Kegiatan Wisata di Air Terjun Fukuroda Ibaraki

1. Menyusuri lorong dan Air Terjun Fukuroda sudah di depan mata!

Dari area pintu masuk air terjun, kita bisa naik elevator ke ketinggian 44 meter, cukup dengan membayar 300 yen. Setelah menyusuri lorong yang ada dalam gunung, ada cahaya menyilaukan dekat pintu keluar. Dan tereng… Air terjun Fukuroda sudah di depan mata. Dari atas, kita bisa melihat keindahan alam di sekeliling air terjun. Total ada tiga dek observasi yang “hampir” selalu dipenuhi dengan para fotografer dan pengunjung. Namun, dengan sedikit kesabaran, kita pasti bisa memperoleh “momen” berupa waktu yang tepat di mana pandangan kita ke air terjun tidak terhalang oleh orang lain. Saat itulah “cheese” kita bisa selfie dan juga mengabadikan keindahan air terjun. Lanjut berjalan sedikit dari area dek observasi, kita bisa mengunjungi jembatan suspensi yang punya pemandangan ke arah air terjun dari sisi lain.

Melihat Air Terjun Fukuroda

Melihat keindahan Air Terjun Fukuroda

Air Terjun Fukuroda di Prefektur Ibaraki

Air Terjun Fukuroda di Prefektur Ibaraki

2. Menikmati pemandangan sambil mencicipi kuliner khas Daigo

Kita bisa mengunjungi restoran yang menjual makanan lokal, seperti ikan bakar dengan nasi miso dan juga buah apel yang terkenal sambil menikmati indahnya air terjun. Namun, teman-teman harus bersabar karena biasanya restoran ini akan penuh oleh para pengunjung, khususnya saat puncak musim panas dan gugur.

Daigo sendiri adalah wilayah pegunungan yang punya pemandangan indah. Saat naik kereta atau berkendara dengan mobil, warna hijau sepanjang mata memandang, sungai-sungai besar dengan bebatuan dan rumah-rumah tradisional Jepang akan menemani perjalanan kita. Persis seperti lukisan-lukisan desa yang kita sering bayangkan. Semakin lengkap deh pengalaman kita ke Daigo.

Akses ke Air Terjun Fukuroda

Dari Stasiun Ueno bisa naik kereta ekspress Hitachi. Kereta hanya akan berhenti di Stasiun Ueno dan langsung ke Stasiun Mito di Prefektur Ibaraki. Ongkosnya 3820 yen dengan waktu perjalanan 1 jam 5 menit. Bisa juga dengan kereta ekspress Tokiwa dengan waktu 1 jam 17 menit.

Dari Stasiun Mito, kita bisa naik kereta JR Suigun Line sampai Stasiun Fukuroda. Lama perjalanan sekitar 65-80 menit dengan ongkos 970 yen. Dari Stasiun Fukuroda, kita bisa naik bus sampai ke pintu masuk air terjun Fukuroda selama 7 menit sampai ke area air terjun. Ongkos busnya 200 yen. Untuk bus ke Fukuroda tersedia keberangkatan jam 10.35, 11.00, 12.30, 13.55, 14.30. Seluruh ongkos perjalanan dari Stasiun Ueno, lalu Mito hingga ke Stasiun Fukuroda tercover oleh JR Tokyo Wide Pass maupun JR Pass.

Cheap Hotels near Mito Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Court Hotel Mito
45 km away
Court Hotel Mito
from ¥4458/night
Mito Keisei Hotel
44 km away
Mito Keisei Hotel
from ¥6485/night
President Hotel Mito
45 km away
President Hotel Mito
from ¥5472/night
APA Hotel Mito
44 km away
APA Hotel Mito
from ¥4661/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Air Terjun Fukuroda!

Taman Kairakuen Ibaraki
43 km away
Taman Kairakuen Ibaraki Ume Matsuri
Danau Kasumigaura Tsuchiu
78 km away
Hitachi Seaside Park
47 km away
Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park
Air Terjun Fukuroda
0 km away
Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda

Sumber gambar: Flickr Takashi Hirayama, tomo midori, Yuki lingg, Joel Durkee


Recommended for you


Last modified: November 10, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (3)

  1. Hallo Mas Nug, secara waktu apakah mengunjungi Air Terjun Fukuroda & Hitachi Seaside Park dalam satu hari yang sama itu direkomendasikan? dengan asumsi startnya dari Tokyo, kemudian malamnya kembali ke Tokyo juga.
    Jika iya, boleh tolong diinfo yang mana baiknya terlebih dahulu dikunjungi dan akses antar kedua tempat itu naik apa ya Mas? Terima kasih sebelumnya.. :)

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa Dara, tapi kamu harus berangkat dengan kereta paling pagi dari Stasiun Ueno sampai ke Fukuroda, pulangnya baru naik kereta JR Suigun line balik ke Stasiun Mito, baru naik kereta JR Joban Line ke Katsuta, lalu naik bus ke Hitachi Seaside Park. Lebih baik Fukuroda dahulu karena bus nya hanya tersedia sampai siang saja. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!