Danau Chuzenji

Home / Hot Spring / Danau Chuzenji
Item image

Lake Chuzenji atau Chuzenjiko adalah salah satu danau dengan pemandangan terbaik yang ada di Jepang. Seperti Danau Kawaguchi yang terkenal dengan pantulan Gunung Fuji di permukaan airnya, keindahan Danau Chuzenji juga tidak dapat dilepaskan dari Gunung Nantai. Danau ini terbentuk setelah Gunung Nantai meletus dashyat sekitar 20 ribu tahun yang lalu, membentuk cekungan di mana air sungai Yukawa berkumpul dan membentuk danau. Sejarah panjang Chuzenjiko ini dimulai dari tahun 782, ketika seorang biksu bernama Shodo mendaki dan mencapai puncak Gunung Nantai. Ia begitu terpesona dengan keindahan danau yang ada di sisi timur gunung ini, sejak saat itulah cerita mengenai keindahan danau menyebar bahkan hingga seluruh dunia. Buat teman-teman yang berencana mengunjungi Jepang (Tokyo), Danau Chuzenji dan Nikko bisa jadi tempat tujuan wisata kita selanjutnya.

Danau Chuzenji terletak di sisi timur kota Nikko Tochigi, sekitar 12 kilometer perjalanan dan bisa ditempuh dengan naik mobil atau bus selama 1 jam perjalanan. Pemandangan alam di sekeliling danau  membuat banyak penduduk dan wisatawan ingin berkunjung. Bahkan, kedutaan besar Inggris dan Italia untuk Jepang punya rumah peristirahatan di tepi Danau Chuzenji. Lokasinya yang ada di ketinggian sekitar 1200 meter dari permukaan laut, kondisi udara di sekitar danau terasa sejuk sepanjang tahun.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Chuzenji ini adalah pada puncak musim gugur (sekitar pertengahan Oktober hingga November). Di musim gugur, pepohonan di tepi danau hingga Gunung Nantai berubah warna menjadi kuning kemerahan. Meskipun begitu, di musim semi kita juga bisa melihat keindahan bunga sakura yang mekar di area kaki Gunung Nantai dan hijaunya pepohonan dan burung-burung yang terbang bebas di musim panas. Di musim dingin (sekitar Januari-Februari), kita juga bisa bermain ski maupun mengikuti Festival Es yang diadakan di Chuzenji Onsen.

Kegiatan seru yang bisa kita kunjungi saat berada di Danau Chuzenji

1. Melihat keindahan Air Terjun Kegon

Kalau sungai Yukawa adalah yang “mengisi” danau, maka air terjun Kegon adalah yang “mengosongkan” danau. Air terjun Kegon atau Kegon no taki setinggi hampir 100 meter masuk dalam jajaran air terjun terindah di Jepang. Ada dua tempat untuk menikmati keindahan air terjun ini, pertama yang berada di atas (bisa dicapai dari jalan utama menuju danau). Dan yang kedua dari dasar air terjun, yang bisa dicapai dengan naik elevator. Layanan elevator ini beroperasi dari jam 08.00-17.00 dengan biaya tiket sebesar 550 yen. Kita dapat melihat keindahan air terjun ini dari dekat. Dari dasar air terjun, kita bisa merasakan “percikan dan bunyi gemuruh” air terjun. Jelas saja air terjun ini bergemuruh, sebab Air terjun Kegon adalah satu-satunya pintu keluar air Danau Chuzenji.

Air terjun Kegon di Danau Chuzenji Tochigi

Air terjun Kegon dekat Danau Chuzenji Tochigi

2. Melintasi jalan berliku Irohazaka

Meskipun jaraknya hanya 12 kilometer dari pusat kota Nikko, namun, kita harus melalui jalur berliku sejauh hampir 25 kilometer. Jalur berliku ini mirip seperti jalur kita menuju Puncak Pass atau di Kelok 99 di Sumatera Barat. Asal nama jalan Iroha juga muncul dari suatu sejarah panjang. Ada 20 tikungan saat kita turun dan 20 tikungan saat kita naik, di mana masing-masing tikungan ini diberikan angka. Jumlah tikungan 48 buah ini sama dengan jumlah huruf bahasa Jepang (48 huruf) sering disebut dengan Iroha. Nah, lama kelamaan para penduduk mulai menyebut jalan ini sebagai jalan Iroha atau Irohazaka. Dari pinggir jalan ini, pemandangan musim gugur Danau Chuzenji dan Gunung Nankai juga bisa kita nikmati.

Keindahan musim gugur Irohazaka di Nikko

Keindahan musim gugur Irohazaka di Nikko

Bagi teman-teman yang menyewa mobil dan mengendarainya sendiri ke Danau Chuzenji, pastikan berada di dalam kondisi yang fit dan tidak mengantuk ya. Jalur yang berbelok tajam dengan lembah dan jurang cukup beresiko bagi kita para wisatawan.

Pemandangan Danau Chuzenji di Tochigi

Pemandangan Danau Chuzenji di Tochigi

3. Mencoba menikmati keindahan danau sambil naik kapal

Sepanjang bulan April hingga November, ada layanan kapal pesiar berkeliling danau yang bisa kita naiki. Dengan harga tiket 1.250 yen, kita akan diajak berkeliling danau selama 60 menit. Melihat keindahan danau dan juga pesisir yang masih terjaga dari aktivitas manusia. Untuk bisa berkeliling dengan kapal, teman-teman bisa ke dermaga di sekitar Kuil Chuzenji dan Onsen Chuzenji dan juga Dermaga Shobugahama di dekat air terjun Ryuzu di sisi timur danau.

Kapal wisata di Danau Chuzenji Tochigi

Kapal wisata di Danau Chuzenji Tochigi

4. Melihat air terjun kepala naga Ryuzu

Berkeliling di sisi timur danau, kita juga bisa melihat keindahan air terjun kepala naga Ryuzu atau Ryuzu no Taki. Air terjun ini memperoleh julukannya karena bentuknya yang memang seperti kepala naga. Dari area observasi yang bisa kita kunjungi gratis, kita bisa melihat salah satu pemandangan musim gugur terbaik di Jepang. Ryuzu no Taki adalah salah satu dari 4 air terjun terkenal di Nikko, selain dari Air Terjun Kegon, air terjun Kirifuri, dan air terjun Yu atau Yudaki. One of the three great falls in Nikko. Air terjun Ryuzu no Taki terbagi menjadi dua dan mengalir seperti kepala dan ekor naga. Pemandangan musim panas dengan bunga-bunga warna-warni (sekitar bulan Mei dan Juni) serta momiji di musim gugur (sekitar akhir September hingga Oktober) sangat indah di tempat ini.

Pemandangan Ryuzu no Taki di musim gugur

Pemandangan Ryuzu no Taki di musim gugur

Ryuzu no Taki dekat Danau Chuzenji

Ryuzu no Taki dekat Danau Chuzenji

5. Mengunjungi Chuzenji Onsen

Terletak di sisi timur danau, kita bisa melihat resort pemandian air panas (onsen) Chuzenji. Terletak di kaki Gunung Nantai, area ini adalah satu-satunya area di pesisir danau yang dibuka untuk bisa ditinggali manusia. Hembusan angin sejuk dari gunung dan pemandangan danau di depan mata menjadi daya tarik utama para wisatawan mengunjungi onsen Chuzenji. Kalau ingin menginap, di sini tersedia beberapa hotel dan ryokan dengan pemandian air panas alami yang diperoleh dari Gunung Nankai. Ada juga beberapa restoran, kafe, dan toko oleh-oleh. Teman-teman bisa menyantap menu sashimi, sushi atau sup ikan trout yang diambil langsung dari danau.

Jika teman-teman punya waktu lebih, bisa mencoba berkeliling dan melihat Kuil Futarasan dan Kuil Chuzenji yang punya patung Kannon yang uni, lalu juga ada Museum Nasional Sains Nikko yang menampilkan sejarah dan presentasi mengenai usaha konservasi Taman Nasional Nikko termasuk area Danau Chuzenji dan Gunung Nantai.

Pemandangan sore hari di Danau Chuzenji

Pemandangan sore hari di Danau Chuzenji

Akses menuju Danau Chuzenji

Dari Stasiun Nikko atau Tobu-Nikko, kita bisa naik bus selama 50 menit sampai ke Chuzenji Onsen melalui pesisir selatan-timur Danau Chuzenji. Harga tiketnya sebesar 1.150 yen dan tercover dalam Tobu Free Pass.

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Kalaupun terpaksa hanya dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Yamabiko sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta lokal Nikko sampai Stasiun Nikko.

Cheap Hotels near Danau Chuzenji Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ohruri Sanso Nikko
10 km away
Ohruri Sanso Nikko
from ¥4187/night
Nikkosan BackPackers Inn
12 km away
Nikkosan BackPackers Inn
from ¥3983/night
Nikko Station Hotel Class
12 km away
Nikko Station Hotel Classic
from ¥4800/night
Nikko Tokinoyuu
11 km away
Nikko Tokinoyuu
from ¥3676/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Oku Nikko
6 km away
Senjogahara di Oku Nikko
Nikko Edomura Edo Wonderl
20 km away
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland
Danau Chuzenji
0 km away
Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi
Kuil Nikko Toshogu
11 km away
Kuil Nikko Toshogu di musim gugur

Sumber gambar: Flickr dicklamhk, hinac(Ui-Han,Tan), hinac(Ui-Han,Tan), Hsu Harry, hinac(Ui-Han,Tan), Autumn of Japan, Joseph Wang, Joseph Wang


Recommended for you


Last modified: January 4, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

  1. Mas, ini saya seperti ini ( menggunakan Tokyo Wide Pass )
    Hari pertama : Tokyo ke Lake Kawaguchiko, oishi park, danau yamanako, iyashi no sato, dan menginap di sekitaran Fujikawaguciko
    Hari kedua : Dari Fuji Kawaguchiko ke Hakone lalu pulang ke Tokyo
    Hari ketiga : Dari Tokyo ke Nikko. Danau Chuzenji, Festival es Chuzenji onsen.

    Pertanyaan saya :
    1. Selain tokyo wide pass, pass apa lagi yang perlu saya beli untuk itin di atas
    2. Apakah ada objek wisata lain disekitaran itin yang saya buat yang perlu dikunjungi jg
    3. Untuk hari ketiga. Eskplor nikko apakah memungkinkan ditempuh dalam one day trip?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ibu harus membayar ongkos dari Hakone ke Odawara, baru dari Odawara, ongkos keretanya tercover dengan Tokyo Wide Pass. Ditambah ongkos bus ke Danau Chuzenji.
      2. Ibu bisa sekalian mengunjungi Gotemba Premium Outlet.
      3. Bisa bu, tapi supaya lebih enak berangkat harus agak pagi.

  2. Selamat siang pak,, sy mau tanya, sy rencana mau ke nikko dan punya tikyo wide pass..untuk ke nikko memakai twp lebih baik naik dr st mana..hotel sy menginap di ikebukuro,, lalu utk explore kegon water fall dan jembatan yg merah itu baiknya sy beli pass apa? .. trm ksh

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ibu bisa naik kereta dari Ikebukuro menuju ke Omiya, lanjut naik shinkansen sampai ke Utsunomiya.
      Dari Utsunomiya bisa naik JR Nikko Line sampai ke Nikko Station. Kalau mau ke air terjun Kegon dan jembatan Shinkyo tidak ada pass yang cocok bu.
      Masih lebih murah membayar tiket satuan. Salam

  3. Terima kasih infonya pak. Saya mau tanya lagi
    – Tokyo wide pass mengcover perjalanan tokyo ke nikko, termasuk transport ke tempat wisata Nikko. Kalau saya baca lake chuzenji dan kegon fall, world heritage area termasuk ya pak, apa pengertian saya benar?
    – apakah akechidaira ropeway juga tercover?
    – untuk tokyo – kyoto – osaka , pass apa yang harus saya beli supaya ekonomis?
    – tokyo ke kyoto sebaiknya naik apa pak?

    Terima kasih sebelumnya

  4. Mohon saran lg Pak. Kalau saya mau jln di Tokyo 3 hr, Nikko (Danau chuzenji dan Edo wonderland) 2 hr, gn Fuji, Gotemba n Hakone 2 hr. Sebaiknya beli JR Wide Pass atau Fuji Hakone pass dan Nikko all area pass ?

    • Nugroho Christian  |  

      Sebaiknya membeli Fuji Hakone Pass dan Nikko All Area Pass bu (terpisah) karena memang cakupannya lebih luas (tercover sepenuhnya) dibandingkan Tokyo Wide Pass yang mengcover sebagian ke akses tempat wisata favorit saja. Salam.

  5. Selamat sore pak… Saya akan ke Tokyo, in out Narita (12 October 2017 (arrival morning) – 16 October 2017 (morning flight))

    Apakah JR Tokyo Wide pass ini mengcover perjalanan dari Tokyo ke Utsonomiya?

    Untuk itinerary berikut pass apa yang sebaiknya saya beli :

    1. Narita – Tokyo
    2. Around Tokyo
    3. Tokyo – Nikko
    4. Tokyo – Kawaguchi, Hakone dsk
    5. Tokyo – Utsonomiya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ya, Tokyo Wide Pass mengcover ongkos kereta dan shinkansen Tokyo sampai ke Utsunomiya.
      Ibu silakan membeli pass harian Tokyo untuk perjalanan dalam kota Tokyo, dan Tokyo Wide Pass untuk perjalanan ke Nikko, Kawaguchiko dan Hakone, serta Utsunomiya. Salam

    • Christina  |  

      1. Kira2 penggunaannya mending diaktifkan di hari keberapa ya? dari pertama narita ke tokyo sudah harus aktif, atau ada saran lain? (untuk cover airport pp hari ke 1 dan 6) ?
      karena hari ke 3-5 penggunaannya lebih maksimal kan utk Tokyo wide pass nya (ke Nikko, Fuji area, Utsonomiya)
      2. Apakah ke Fuji area (Hakone dan Kawaguchi) semua sudah tercover Tokyo Wide Pass? tidak perlu membeli Hakone Free Pass lagi?

    • Christina  |  

      Ada saran itinerary yg pas ga untuk transport yang efektif apa? Saya bisa jadwalnya berubah kecuali untuk hari ke 4 saja yang uda fixed. Yang saya ingin kunjungi Nikko (day trip), Kawaguchi & Hakone (2D1N), dan sisanya di Tokyo saja.
      1.
      2.
      3
      4. 15 october 2017 – Utsonomiya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan kamu selama di Jepang nanti. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!