Tobu World Square

Home / Attraction / Tobu World Square
Item image

Mau berkeliling Jepang dan melihat Stasiun Tokyo, Bandara Narita, Kuil Kiyomizudera, hingga Istana Kekaisaran Kyoto? Atau melihat Patung Liberty, Piramida, hingga Menara Eiffel yang terkenal di dalam satu tempat? Ah, masa bisa sih? Di mana? Teman-teman bisa melihat 102 buah miniatur objek-objek wisata terkenal di dunia di Tobu World Square yang ada di Nikko, Prefektur Tochigi Jepang. Jutaan pengunjung datang ke Tobu World Square setiap tahunnya dan menjadikannya sebagai objek wisata utama di Tochigi. Salah satu yang paling menakjubkan adalah miniatur Empat Musim Jepang yang bisa berganti otomatis mengikuti musim yang sedang berlangsung di Jepang. Bulan Maret kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti tur bersama berkeliling Tochigi, dan salah satunya mengunjungi Tobu World Square.

Seluruh miniatur yang ditampilkan di Tobu World Square dibuat dalam skala 1/25 ukuran sebenarnya, dengan detail bangunan dan lingkungan sekitarnya yang sangat spesifik. Kita seakan-akan menjadi seorang raksasa dan berada di tempat-tempat wisata tersebut. Seandainya ada senter pengecil milik Doraemon (baca juga: Mengunjungi Museum Doraemon), tentu sangat mengasyikkan! Kita bisa keliling dunia di sini..yuhuu!

Oiya, sebelum lupa, di sini kita bebas mengambil foto asal namun ada jarak minimal dengan miniatur yang diijinkan oleh petugas. Selain itu, ada banyak petugas (guide) yang bersedia menjelaskan kepada kita mengenai lokasi, sejarah atau kisah dibalik miniatur bangunan yang ada di sini.

Berikut ini Tim Info Jepang akan membagikan beberapa panorama unik dan khas menurut kami pribadi. Di luar dari konteks kesukaan masing-masing ya, karena ada 102 objek wisata terkenal di dunia (termasuk 46 situs warisan dunia) yang terbagi menjadi 6 zona: zona Jepang modern, zona Amerika, lalu Eropa, Mesir, Asia, dan Jepang.

1. Miniatur Jepang Modern di Tobu World Square

Di zona Jepang modern kita bisa menyaksikan miniatur kota Tokyo. Melihat panorama gedung-gedung bertingkat, jalan raya, dan kereta api dan kesibukan kota Tokyo membawa kita seperti berada di salah satu dari gedung pencakar langit yang menyediakan pemandangan kota Tokyo atau berdiri di puncak Gunung Takao. Sungguh mengesankan. Ditambah dengan kehadiran miniatur Tokyo Skytree, bangunan Tokyo Station, Tokyo Dome, dan Bandara Narita, menambah lengkap kekaguman kita akan indahnya Tokyo.

2. Miniatur Eropa di Tobu World Square

Saya kemudian melanjutkan ke zona Eropa. Salah satu yang menarik perhatian adalah miniatur Basilika Santo Petrus yang ada di Vatikan. Bangunan yang megah dengan kubah dan ratusan tiang-tiang mengelilingi area hall utama. Detail yang diberikan di sini cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu saya akan tempat tinggal Paus (pemimpin tertinggi umat Katolik) yang hanya bisa dilihat saat upacara atau perayaan Natal dan Paskah di televisi.

Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square

Basilika Santo Petrus di Tobu World Square

Masih di zona Eropa, perhatian saya berpindah ke gerbang Arc De Triomphe. Kemegahan gerbang ini bersama dengan menara Eiffel mengingatkan kita akan romantisnya Perancis. Semoga suatu saat nanti saya punya kesempatan untuk mengunjungi Perancis dan melihat keindahannya.

Gerbang Arc De Triomphe di Tobu World Square

Gerbang Arc De Triomphe di Tobu World Square

3. Miniatur Sphinx Mesir di Tobu World Square

Dan terakhir, detail Sphinx di Giza Mesir yang berhasil diduplikat dengan sangat baik oleh para peneliti dan insinyur di sini. Lengkap dengan kontur berpasir dan piramida-piramida Mesir, kita bisa merasakan sejenak berada di Mesir dan melihat betapa hebatnya orang jaman dahulu menyusun bebatuan membentuk patung Sphinx.

Info Wisata di Nikko Tobu World Square

Info Wisata di Nikko Tobu World Square

Masih ada beragam tempat wisata lainnya yang ditampilkan di sini, seperti Colosseum di Roma (tempat bertanding gladiator), Neuschwanstein Castle di Jerman, bangunan gereja Sagrada Família di Barcelona Spanyol, Tower Bridge ikon kota London, Istana Parthenon di Yunani di zona Eropa. Tembok Raksasa China dan Kota Terlarang (Forbidden City), Menara Taipei 101, miniatur Keajaiban dunia Taj Mahal India di zona Asia. Central Park, Patung Liberty, Empire State Building dan Gedung Putih (White House) di Amerika Serikat, dan tentunya beragam miniatur tempat wisata di Jepang seperti Kuil Itsukushima, Kuil Kiyomizudera, Istana Himeji, Kuil Paviliun Perak Ginkakuji, Kuil Todaiji ikon wisata Nara, hingga Taman Glover di Nagasaki. Untuk detail dan teknologinya saya harus akui top dan keren abis. Selamat menikmati pengalaman berkeliling dunia dan mengenal objek-objek wisata bersejarah di satu-satunya tempat di dunia: Tobu World Square.

Setelah puas berkeliling dan berfoto di sini, kita bisa menikmati santap siang di restoran yang ada di area Tobu World. Bagi teman-teman yang Muslim, di sini juga tersedia menu makanan halal (non-alkohol) di Restoran Jepang Heian. Beberapa menu makanan tersebut antara lain Soba dan Udon (sejenis mie Jepang) dan juga Sashimi dan tempura. Ada juga ruangan mushola dan kamar untuk wudhu bagi teman-teman yang ingin menunaikan sholat.

Selain itu, tersedia juga toko oleh-oleh yang menjual kaos, gantungan kunci, atau kartu pos dengan tema objek-objek wisata di Jepang yang bisa dijadikan oleh-oleh dari sini.

Informasi Tiket Masuk ke Tobu World Square

Tiket masuk area Tobu World untuk orang dewasa adalah 2.500 yen dan 1.200 yen untuk anak-anak. Untuk pemesanan menggunakan kartu kredit dari luar Jepang, diberikan potongan menjadi 2.200 yen untuk orang dewasa dan 1.000 yen untuk anak-anak. Tersedia juga diskon tiketnya di halaman berikut. Tobu World Square juga menyiapkan rental teropong untuk melihat detail bangunan keajaiban dunia atau juga guide suara dalam bahasa Inggris, Jepang, China dan Korea bagi yang memerlukan.

Akses menuju Tobu World Square

Kalau teman-teman menginap di hotel atau penginapan di sekitar Kinugawa Onsen, tersedia bus shuttle antar jemput ke area Tobu World. Teman-teman cukup menghubungi resepsionis atau menghubungi nomor berikut 0288-77-2685.

Dari Stasiun Kinugawa Onsen, kita bisa naik bus shuttle Tobu ke Tobu World Square. Lama perjalanan sekitar lima menit dengan ongkos 210 yen.

Ada juga bus langsung dari Tokyo Station. Keberangkatan pukul 07.50 dari terminal bus Tokyo Station Yaesu Exit, tiba di Tobu World Square pukul 11.10. Ongkosnya 2500 yen. Perjalanan pulang bisa juga dengan bus, berangkat pukul 15.35 dari Tobu World Square dan tiba pukul 19.00 di Tokyo Station Nihombashi Exit.

Akses menuju Kinugawa Onsen

Setibanya di Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Kinugawa Onsen melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.550 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Kinugawa Onsen selama 2 jam dengan ongkos 2.890 yen.

Selain itu, jika dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Nippori. Lalu berpindah ke kereta JR Joban Line sampai Stasiun Kita-Senju. Lama perjalanan total sekitar 30 menit dengan ongkos tiket 310 yen. Dari Stasiun Kita-Senju, tersedia kereta Ekspress Tobu Kinu selama 110 menit dengan ongkos 2.800 yen.

Yang terakhir, khusus buat teman-teman yang memiliki Tokyo Wide Pass, bisa naik kereta limited ekspress yang dioperasikan oleh JR dan Tobu Railways. Dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta limited ekspress Kinugawa atau Spacia Kinugawa yang berangkat jam 10:07, 10:31, 13:01, 17:32 sampai Stasiun Kinugawa Onsen. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 4.000 yen (tercover sepenuhnya dengan Tokyo Wide Pass).

Selain itu, teman-teman juga bisa mengunjungi Kinugawa Onsen dari Sendai, Ibaraki, maupun Nikko sebagai tur sampingan satu hari.

Cheap Hotels near Tobu World Square [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Manyotei
1 km away
from ¥6722/night
Marukyoo
2 km away
from ¥13962/night
Hotel Sunshine Kinugawa
1 km away
from ¥20374/night
Sudomari Hotel Roman Tsut
2 km away
from ¥6515/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tobu World Square
0 km away
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square
Nikko Edomura Edo Wonderl
2 km away
Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland
Danau Yunoko
26 km away
Pemandangan Danau Yunoko di Nikko
Kuil Nikko Toshogu
11 km away
Kuil Nikko Toshogu di musim gugur

Sumber gambar: Flickr Happy ComeIkusukipurestserenity


Recommended for you


Last modified: March 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
dian
2017-02-13 06:34:41
keren
Christa marpaung
2016-09-11 11:40:52

Close Comments

Comments (26)

  1. Malam pak, saya ada rencana ke jepang 6D5N:
    Day 1: tiba di jepang sore jam 16.00, inap di asakusa, keliling sekitar asakusa aja sensoji, nakamise dll
    Day 2: keliling sekitar tokyo, shibuya, tokyo skytree, tsukiji market
    Day 3: ke Mt.Fuji (full day) balik tokyo
    Day 4: ke Gala Yuzawa (full day) balik tokyo
    Day 5: ke Nikko Tobu World Square balik tokyo
    Day 6: jalan sekitar tokyo siang 12.00 ke bandara

    Saya berniat beli Jr Wide Pass di hari 3-5, apa sudah sesuai, jika ada saran tujuan lain mengingat saya musim salju mohon saran? Lalu saran bpk utk day 2 jalan sekitaran tokyo pake pass apa?trimakasi

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ada Tokyo Wide Pass namun Tim Info Jepang harus memastikan lagi rute-rute ibu di hari lainnya.
      Selain ke Nikko dan Karuizawa ibu kemana lagi ya? Mohon informasinya yang lebih lengkap. Salam

    • Sepertinya saya tidak jadi ke nikko
      Mungkin akan berlibur di
      Opsi 1 kansai-hiroshima
      Dengan kansai hiroshima pass
      Opsi 2 kansai- hiroshima-setouchi
      Dengan setouchi area pass

      Klu seperti itu kira kira baiknya menginap di mana saja? saya berencana ke sana selama 7 hari

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa menginap di Osaka, Okayama atau Hiroshima, silakan disesuaikan dengan rute dan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Salam

  2. Selamat pagi pak Nugroho. Mohin saran dari bapak. Saya berencana pergi dari Tokyo ke Tobu World Square. Apakah kalo memakai kartu JR Pass Ordinary bisa terjangkau? Karena sebelum ke sini saya akan ke Osaka dan Kyoto. Kalau tidak terjangkau sepenuhnya, berapa kira2 saya harus menambah biayanya? Terima kasih. Salam sukses selalu.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya dengan JR PASS Ordinary, ongkos sampai ke JR Nikko Station tercover. Nanti bisa naik Tobu Kinugawa Line menuju ke Stasiun Kinugawa Onsen, ongkosnya adalah 310 yen. Salam

  3. Malam Pak Nugroho, mau tanya

    1. Dari st.Komagome – st. Yokohama apakah bisa pakai Tokyo Wide Pass? Selama mengunjungi area Minatomirai, apakah TWP juga berlaku atau harus diganti dengan Minatomirai pass?

    2. Dari st. Kinugawa (Tobu world square) – Tochigi – Tomita (Ashikaga koen) apakah tercover TWP?

    3. Kereta Tokyo Metro ( Kitasenju – Ayase) & Kegon (Tochigi – Tokyo) termasuk kereta swasta kah?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selama naik kereta swasta, ongkosnya tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass. Ongkos ke Minatomirai tidak tercover pak, Ongkos ke Kinugawa Onsen tercover dengan Tokyo Wide Pass. Salam.

  4. hallo pak nugroho klo sy dan kel mau ke gala yuzawa dan kawazu izu dalam 1 hari apa bisa terjangkau kedua tempat tsb krn rencananya sy mau beli tokyo wide pass tolong infonya ya mksh

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Sepertinya tidak mungkin ke Gala Yuzawa dan Kawazu Izu dalam satu hari. Sebab perjalanan dari Tokyo ke Kawazu Izu sudah 2,5 jam, kemudian perjalanan kereta yang paling cepat dari Kawazu Izu menuju ke Gala Yuzawa, memakan waktu sekitar 5 jam.

  5. selamat siang pak sylko sy mau ke tobu world square dan ke hitachi seaside park dibln awak march 2018 apakah yg dapat dilihat bunganya di hitachi seaside park dan mana yg lebih dahulu dikunjungi TBS atw hitachi dan apakah perlu 1 hari untuk berkunjung kesana mksh

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya kalau mau ke Tobu World Square dan Hitachi Seaside Park tidak bisa dalam satu hari, sebab perjalanan dengan kereta nya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Kalau Hitachi Seaside Park bagus bu pas bulan Maret karena awal musim semi, banyak bunga yang bermekaran. Salam

  6. Selamat sore pak Nugroho,

    Jika saya memiliki Itinerary seperti berikut :
    2/2/18 : Landing di Kansai (pagi)
    lanjut ke Tokyo
    3/2/18 : Jemput keluarga yg landing di Haneda
    Ghibli Museum, dan akihabara (kalau masih ada waktu)
    4/2/18 : Kawaguchiko, & Gotemba Premium Outlets
    5/2/18 : Edo Wonderland, & Tobu World Square
    6/2/18 : Meiji Jingu Shrine, Omotesando, Shibuya
    Tokyo – Osaka (perjalanan malam hari)
    7/2/18 : Kyoto (Arashiyama, & kinkakuji)
    8/2/17 : Fushimi, Kiyomizudera, Gion
    9/2/17 : USJ sampai sore, Namba shinsaibashi dimalam hari
    10/2/17: Kansai – Jakarta

    Mohon saran dari bapak untuk transportasi yang sebaiknya saya dan keluarga gunakan. apakah JR Pass Reguler, atau JR Tokyo Wide Pass dengan itin seperti diatas. sebelumnya saya ingin info bahwa saya akan ke jepang ber 7 (5 dewasa, 2 anak)

    Terima kasih sebelumnya.

  7. Hallo mas nugroho, saya rencana ittenari hari pertama ke tobu word dan edomura world direct dari narita airport.jika kami tiba jam 8 pagi waktu setempat bagaimana sebaiknya trip kami agar efisien dan tercover jr wide pass? Rencana guest house kami di khaosan asakusa. Rencana hari kedua ke hitachi sea side kmn sebaiknya rute pendamping kami? Adakah rekomendasi tips tertentu karena kamil stay mulai 2-11 juni 2017 (persiapan khusus yg perlu dibw dr indonesia)Thx in advnce :)

    • Nugroho Christian  |  

      Dian bisa naik narita ekspress dahulu ke Stasiun Tokyo, lalu menuju Shinjuku dengan JR Yamanote Line (semuanya tercover dengan JR Pass). Lalu Dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta limited ekspress Kinugawa atau Spacia Kinugawa yang berangkat jam 10:07, 10:31, 13:01, 17:32 sampai Stasiun Kinugawa Onsen. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 4.000 yen (tercover sepenuhnya dengan Tokyo Wide Pass).

      Mengunjungi Hitachi Seaside Park, bisa dikombinasikan dengan mengunjungi objek wisata lainnya di Ibaraki.

  8. Hi,
    1. Apakah dengan JR Pass ini bisa naik shinkansen selain ke Gala Yuzawa?
    Misal ke Tobu World square dengan Tohoku – Hokkaido Shinkansen (Hayate trains) melalui JR Niko Line?
    2. Jika ingin ke Hitachi Seaside Park, apakah tercover dengan JR Pass jika naik kereta ekspress “The Super Hitachi”.
    Lalu apakah masih harus melanjutkan naik bus lg?
    3. Apakah Gala Yuzawa masih buka jika kita datang awal Mei, karena tahun 2016 ini saya lihat di web nya buka hingga tgl 8 Mei (Golden Week/Customer Thanks Week)?

    Misalkan tutup, apakah jika kita ingin sightseeing disana boleh?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu.
      1. Dengan Tokyo Wide Pass bisa naik shinkansen dari Tokyo sampai Oyama Station. Dari situ bisa lanjut ke Tochigi station untuk bisa ke Tobu World Square. Perlu dicatat JR Nikko line hanya sampai ke objek wisata di kota Nikko seperti Nikko Toshogu atau Danau Chuzenji. Kalau mau ke Tobu World Square lebih baik berganti di Oyama Station dan naik tobu line (tercover JR Wide Pass juga).
      2. Ya Ibu seluruh ongkos kereta ke Hitachi Seaside Park tercover oleh Tokyo Wide Pass (sudah tertulis di atas). Tapi dari stasiun masih harus naik bus penghubung.
      3. Gala Yuzawa hanya terkenal dengan resort skinya. Jadi kalau tidak buka, hampir tidak ada tempat wisata yang bisa dijalani. Tim Info Jepang akan segera mengupdate informasi Gala Yuzawa begitu ada info terbaru untuk winter season 2016/2017.
      Salam

    • Thanks utk infonya.
      Mau tanya lg,apa kereta Fujikyu Railways dari Otsuki – Kawagucgiko itu free (alias sudah termasuk dalam JR Wide Pass)?
      Thx

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, seluruh ongkos kereta JR+Fujikyuko dari Tokyo sampai Kawaguchiko Station sudah tercover JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!