Tempat Wisata di Jalur Kereta JR Yamanote Line

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tempat Wisata di Jalur Kereta JR Yamanote Line

Jalur kereta JR Yamanote Line memegang gelar sebagai jalur kereta tersibuk di dunia. Beroperasi lebih dari 21 jam setiap harinya–mulai dari jam 04.26 (subuh pagi) hingga 01.18 (lewat tengah malam)–jalur ini mengangkut 3,72 juta penumpang. Jalur kereta ini melingkar dan melintasi pusat perkantoran dan bisnis, belanja, maupun objek wisata penting seperti Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku, Shibuya, Ueno, Ikebukuro, Akihabara, Shinagawa, dan Nippori. Jalur sepanjang 34,5 kilometer dengan 29 stasiun ini dilayani dengan dua lajur, searah dan berlawanan jarum jam. Karena kereta JR Yamanote Line ini adalah jantung transportasi Tokyo, teman-teman yang mengunjungi Tokyo pasti pernah naik atau setidaknya melihat kereta bewarna hijau muda ini. 

Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa tempat wisata terkenal yang ada di dekat jalur kereta JR Yamanote Line. Selain harga tiketnya yang murah karena berada di jalur sibuk bagi para pekerja, kita juga bisa memakai JR Pass kita saat naik kereta JR Yamanote Line. Jadi bagi yang ingin berkeliling Tokyo dengan biaya yang murah, bisa mencoba tempat-tempat wisata berikut ini.
Kereta JR Yamanote Line Tokyo

Kereta JR Yamanote Line Tokyo

Oiya, sebagai tambahan, untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar jalur kereta JR Yamanote Line ini, teman-teman bisa membeli Tokyo Metropolitan District Pass atau sering disebut Tokunai Pass. Dengan pass ini, teman-teman bisa puas berkeliling pusat kereta Tokyo tanpa perlu mengantri untuk membeli tiket kereta lagi dan lagi. Harganya hanya 750 yen untuk usia 12 tahun ke atas dan 370 yen (untuk usia 6-11 tahun). Cukup murah dibandingkan dengan pass kereta lainnya ditambah dengan area cakupannya yang juga lumayan. Jika teman ingin mengunjungi lebih dari 3 tempat wisata di Tokyo, disarankan untuk membeli Tokunai Pass ini.

objek wisata di sekitar jalur JR Yamanote Line

Objek wisata di sekitar jalur JR Yamanote Line

Tempat Wisata di jalur Kereta JR Yamanote Line

1. Shinjuku

Shinjuku berada di sebelah barat jalur kereta JR Yamanote Line dan menjadi pusat transit penduduk di sebelah barat kota Tokyo. Shinjuku juga merupakan stasiun berpenumpang terbanyak di jalur kereta JR Yamanote Line. Buat para wisatawan, Shinjuku adalah surganya tempat belanja. Kita bisa membeli aksesoris dan brand terkenal di pusat perbelanjaan seperti Takashimaya, oleh-oleh atau peralatan tulis unik di Tokyu Hands Shinjuku, membeli peralatan elektronik di Yodobashi Shinjuku, melihat keindahan bunga sakura musim semi di Taman Shinjuku Gyoen. Jika ada waktu luang, bisa mampir ke Gedung Pemerintahan kota Tokyo untuk melihat pemandangan kota Tokyo dari ketinggian!

Shinjuku juga menjadi pusat transit bus-bus malam menuju ke Nagoya, Kyoto, Nara, atau Osaka buat kamu yang ingin menghemat biaya perjalanan dengan naik bus malam. Bus-bus pulang pergi menuju ke Danau Kawaguchiko, Gotemba, dan Gunung Fuji juga berangkat dari terminal bus Shinjuku. Shinjuku juga jadi transit kereta Odakyu menuju ke Odawara dan Hakone, bagi kamu yang berencana berkeliling tempat-tempat wisata di Hakone. Lalu juga ada kereta Rinkai Line menuju ke Odaiba buat teman-teman yang ingin berkeliling dan wisata di Odaiba.

Shinjuku di jalur kereta JR Yamanote Line

Shinjuku di malam hari

2. Yoyogi

Yoyogi menjadi distrik dengan taman terluas di Tokyo Metropolitan, mencakup Taman Yoyogi dan kompleks Taman Kuil Meiji Jingu hingga ke dekat stasiun Harajuku. Yoyogi menjadi pusat aktivitas masyarakat kota Tokyo dengan diadakannya banyak festival di tempat ini. Di bulan September-Oktober kita juga bisa melihat festival Indonesia yang diadakan secara periodik setiap tahunnya, begitu pula dengan festival dari negara lain. Kita bisa mencicipi makanan khas negara-negara lain sambil menikmati hiburan-hiburan yang disajikan. Taman Yoyogi juga menjadi tempat wisata hanami favorit penduduk Jepang setiap tahunnya.

Yoyogi juga bakal sangat ramai saat Olimpiade 2020 di Tokyo, karena Stadion Nasional yang menjadi stadion pembukaan dan penutupan olimpiade 2020 Tokyo terletak di kompleks Taman Yoyogi. Beberapa stadion olahraga lainnya juga berada di sekitaran distrik Yoyogi.

3. Harajuku

Harajuku juga menjadi tempat wisata favorit orang Indonesia di Tokyo. Kita bisa berfoto di depan bangunan stasiun Harajuku, satu-satunya stasiun di Tokyo yang berarsitektur rumah. Foto ini tentu akan jadi kenangan berarti karena ada rencana renovasi stasiun Harajuku menyambut Olimpiade 2020 Tokyo.

Kita juga bisa berbelanja oleh-oleh di Daiso Takeshita-doori atau membeli kosmetik dan obat-obat murah di Matsumoto Kiyoshi yang juga berada di Takeshita-doori. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Omotesando yang berada satu jalan dari stasiun Harajuku. Di sini kita bisa mampir ke Line Friends Shop, toko mainan dan anime Kiddy Land Omotesando, belanja oleh-oleh di Oriental Bazaar, atau berbelanja di mal-mal terkemuka di Omotesando. Info lengkap mengenai kegiatan wisata di Omotesando bisa dibaca di artikel berikut.

4. Shibuya

Tempat yang wajib dikunjungi waktu liburan di Tokyo! Kita bisa berfoto di perempatan jalan Shibuya yang ramainya bukan main, atau juga berfoto dengan patung Hachiko yang terkenal. Jika ada waktu bisa menyempatkan belanja di Uniqlo, kosmetik atau aksesoris di department store Tokyu, oleh-oleh dan aksesoris unik di Loft Shibuya. Buat kamu yang penggemar anime dan mengincar goods nya bisa mampir ke Mandrake Shibuya atau One Piece Shop Mugiwara di Shibuya.

Buat kamu yang ingin mengunjungi objek wisata di kota Yokohama, maka Shibuya menjadi transit kereta Toyoko Line, jalur kereta termurah menuju ke Yokohama. Shibuya juga terhubung dengan banyak line kereta dan subway sehingga sangat praktis jika ingin berkeliling tempat-tempat wisata di kota Tokyo.

Saran dari Tim Info Jepang: Buat ibu-bapak yang membawa anaknya ke Shibuya mungkin bisa mengincar siang hari. Sebab di malam hari Shibuya akan dipenuhi dengan orang-orang pulang bekerja dan makan di izakaya (rumah makan dan minum bir), sehingga akan sulit menjaga anak-anak dari keramaian.

Shibuya di jalur kereta JR Yamanote Line

Shibuya yang sangat ramai di malam hari

5. Shimbashi

Stasiun kereta tertua di jalur kereta JR Yamanote Line. Shimbashi menjadi tempat yang pas bagi teman-teman yang ingin makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Odaiba. Di musim dingin kita juga bisa melihat Shiodome Caretta Illumination di Caretta Shiodome atau mampir dan minum ocha (teh Jepang) di Taman Hama Rikyu.

Dari Shimbashi kita juga bisa berjalan kaki (atau naik kereta subway) menuju ke pusat perbelanjaan Ginza yang terkenal. Di sini kita bisa membeli baju, aksesoris, kosmetik dari brand-brand ternama dan terpercaya atau ke Toko Mainan Hakuhinkan dengan koleksi mainan terlengkap di Tokyo. Bisa juga pergi ke pasar Tsukiji yang terkenal dengan produk ikan segar sashimi dan sushi dengan harga terjangkau.

6. Tokyo

Merupakan stasiun kereta JR Yamanote Line yang terbesar. Tokyo Station menjadi pusat transit Shinkansen menuju ke Nagoya, Kyoto, dan Osaka bagi teman-teman yang menggunakan shinkansen untuk transportasi antar kota. Beberapa bus malam antar kota juga berangkat dari lapangan parkir Tokyo Station Yaesu Exit dan Kajibashi Parkir Area. Informasi mengenai tips singkat naik shinkansen yang aman dan nyaman bisa dibaca di artikel berikut. Lalu hitung-hitungan biaya jika naik bus malam atau shinkansen juga sudah dirangkum lengkap di halaman berikut.

Di Tokyo Station kita bisa menjumpai banyak restoran-restoran murah dan juga kios-kios yang menyediakan oleh-oleh khas Jepang seperti Tokyo Banana, Tokyo Nicorin, Tokyo Campanella, Maple Mania, Glico snacks, dan masih banyak lagi. Dari Tokyo Station kita juga bisa pergi ke lapangan Marunouchi untuk menikmati iluminasi malam atau menuju ke Taman Istana Kaisar.

Stasiun Tokyo di jalur kereta JR Yamanote Line

Megahnya Stasiun Tokyo di jalur kereta JR Yamanote Line

7. Akihabara

Akihabara sangat terkenal di Indonesia sebagai pusat alat elektronik di Jepang. Kita bisa menjumpai banyak toko elektronik dan yang paling besar adalah Yodobashi Akihabara. Di sini kita bisa membeli peralatan elektronik kecantikan untuk wanita, alat pijat dan olahraga, laptop dan macbook, kamera DSLR dan kamera unik lainnya, jam tangan dan aksesoris, software game dan juga anime goods di lantai teratas.

8. Ueno

Ueno terkenal dengan Taman Ueno yang menjadi ikon hanami kota Tokyo. Di kompleks Taman Ueno terdapat juga beberapa museum terkenal untuk tempat belajar favorit, misalnya Tokyo National Museum, National Museum of Western Art, Tokyo Metropolitan Art Museum, National Museum of Nature and Science, International Library of Children’s Literature, Shitamachi Museum, Tokyo Bunka Kaikan, Ueno Royal Museum, Sogakudo Concert Hall, dan Tokyo University of the Arts. Kita juga bisa melihat panda dan hewan-hewan endemik Jepang di kebun binatang Ueno. Pulangnya, kita bisa pergi ke Ameyoko, satu gang dengan kios-kios yang menyediakan makanan Jepang dengan harga murah.

Ueno juga menjadi perhentian pertama kereta dari Bandara Narita di pusat kota Tokyo bila menggunakan kereta Keisei. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan naik kereta JR Yamanote Line. Informasi mengenai akses kereta menuju ke Narita bisa dibaca di artikel berikut.

Ameyoko di jalur JR Yamanote Line

Ameyoko di jalur JR Yamanote Line

9. Komagome

Nama stasiun Komagome mungkin tidak terkenal di Indonesia, karena sedikit yang mengulasnya. Komagome berada di bagian utara jalur kereta JR Yamanote Line dan berada di area Tokyo University. Di sini ada juga Taman Rikugien, yang terkenal dengan keindahan pemandangan empat musimnya. Di musim semi atau gugur, iluminasi juga sering dilakukan sehingga menambah kesan memukau taman yang terkenal dengan bunga sakura dan momiji musim gugurnya. Informasi selengkapnya mengenai Taman Rikugien dan cara ke sana dengan naik kereta bisa dibaca di halaman berikut.

10. Ikebukuro

Secara geografis Ikebukuro berada di bagian barat laut jalur kereta JR Yamanote Line, dan menjadi stasiun transit dari daerah-daerah di utara Tokyo. Di Ikebukuro kita bisa mampir untuk makan siang di restoran-restoran yang tersebar di sekitar stasiun. Atau juga pergi ke Sunshine City Ikebukuro, di mana kita bisa berbelanja pakaian dan aksesoris di Mal Sunshine City, melihat hewan laut di Sushine Aquarium, atau menikmati pemandangan kota Tokyo dari 251 meter di dek observasi Sky Circus. Kalau ada waktu bisa juga mampir ke Animate Ikebukuro dan membeli mainan, komik, atau character goods dari anime/manga Jepang.

Siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

Pemandangan siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Shinjuku Kuyakusho-mae Ca
from ¥4500/night
APA Hotel Tokyo Itabashi
from ¥7500/night
Citadines Shinjuku Tokyo
Citadines Shinjuku Tokyo
from ¥15444/night
Capsule Hotel Anshin Oyad
Capsule Hotel Anshin Oyado Shinjuku
from ¥6600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Rikugien Garden
rikugien garden at fall
Ramen Enak di Nakano
Ramen Hakodate nakano tokyo
Shibuya Station
Jalan-jalan ke Shibuya Jepang
Taman Ueno

Sumber gambar: Flickr Shibuya246, Pember_, [cipher], Toshihiro Gamo, miki mix


Recommended for you

Last modified: August 10, 2017

Comments (34)

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, semua jalur kereta di seluruh jepang bisa dibayar dengan Kartu SUICA (seperti e-money di Indonesia). Salam.

    • Rosa damayanti  |  

      Terima kasih mas nugruho… bagaimana dengan rinkai line ?
      Jika kami ingin pergi ke odaiba dari area ebisu berarti bisa naik yamanote line turun di osaki kemudian naik rinkai line ya ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, bisa dengan kereta Rinkai Line. Rinkai Line juga bisa menggunakan SUICA. Salam

  1. Halo saya mau bertanya kalau saya mau berpergian dari tokyo station-tokyo skytree-sensoji temple-shin urayasu station karena saya menginap di oriental hotel tokyo bay apakah semua tercover tokunai pass? terima kasij

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tokunai Pass tidak mengcover seluruh ongkos perjalanan Ibu. Salam

  2. pak Nughroho,
    1. kalau saya menggunakan JR Pass apakah saya harus booking setiap rute saya atau hanya yang menggunakan Shinkansen?
    2. Apakah sy bisa booking di luar jepang? bagaimana saya tahu apakah ada extra charge/tidak?
    3. Bagaimanakah membedakan antara mizuho/nozomi/sakura dll??
    4. bagaimanakah bookingsunrise Train from osaka to tokyo on nobi2 seats?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau naik shinkansen, Dewi harus melakukan reservasi dahulu. Ibu bisa melakukan reservasi sekaligus (jika ibu naik kereta shinkansen berkali-kali) di hari pertama. Caranya cukup datang ke loket kereta dan tunjukkan JR Pass saja.
      2. Yang bisa dipesan hanyalah kereta shinkansen selain Tohoku Shinkansen (rute Tokyo-Kyoto-Shin Osaka). Info lengkapnya silahkan menggunakan Tips Menggunakan Shinkansen. Untuk Tohoku Shinkansen, ibu harus melakukan reservasi setibanya di Jepang.
      3. Ibu bisa membedakannya dengan melihat platform/ peronnya di Stasiun. Saat memesan, ibu juga akan ditanya mau naik kereta tipe apa oleh petugas.
      4. Ibu bisa langsung memesannya di loket tiket di dalam stasiun.

  3. Selamat malam pak nugroho christian, saya ingin bertanya apakah benar jika kita membali JR pass 7 days itu juga mengcover semua bus, kereta, dan juga kapal di osaka kyoto tokyo dan juha mengcover tiket masuk ke obyek wisata misal ke zoo? Museum? Dan juga kuil?
    Teman saya cerita spt itu. Tp saya kok tdk yakin makanya mau minta bantuuan info dr tim infojepang yg lebih terpercaya
    Tks bnyk sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bu, yang tercover hanya kereta. Bus ada beberapa, yakni bus JR yang beroperasi di kota tertentu (JR Hokkaido Bus, JR Bus Tohoku, JR Bus Kanto, JR Tokai Bus, West Japan JR Bus, Chugoku JR Bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu Bus), begitu pula dengan kapal ferry yang menghubungkan Hiroshima dan Miyajima. Salam.

  4. Malam pak Nugroho.
    Apakah asakusa dan ginza line tidak termasuk JR Pass ?
    Saya rencana ke asakusa. Ada info menggunakan Yamanote line dan pindah ke asakusa dan ginza line. Apakah hrs beli pass lg ketika pindah ke line asakusa atau ginza ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, Asakusa dan Ginza Line tidak tercover dengan JR PASS. Bapak bisa membeli tiket satuan atau membayar dengan suica/pasmo. Salam

  5. siang pak, saya sekeluarga (9 dewasa dan 3 anak) berencana untuk pergi ke jepang tgl 2 – 11 juni (tokyo,osaka,kyoto,tokyo)….sy sudah beli jr pass 7 days yg akan digunakan dr awal kami tiba tgl 3 juni pagi. itinerary saya:
    3 -4 juni = tokyo (seperti yg bapak bilang semua di yamanote line)
    5-6 juni = disneyland and disneysea
    7-8 juni = osaka and usj
    9 juni =kyoto (tdk nginap hanya singgah 1 hr)
    10 juni = tokyo
    11 juni = pulang

    pertanyaan saya pak apakah dgn JR pass semua sudah tercover? lalu untuk kembali ke narita airport, apakah bisa beli tiket kereta biasa atau lebih baik menyewa mini bus? trimakasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa menggunakan JR PASS nya dari hari kedua, supaya mengcover ongkos perjalanan dari Kyoto ke Tokyo. Kemudian untuk ke Narita Airport, ibu silakan naik kereta biasa. Harganya jauh lebih murah daripada menyewa mini bus. Salam

  6. hai…. boleh bantu saya kah? pusing lihat peta jalur kereta dijepang. Saya berencana akan kekuil asakusa, tokyo sky tree, shibuya crossing, harajuku, akihabara dan tsukiji market. tetapi katanya menuju beberapa tempat diatas ada yang tidak bs hanya dengan JR pass. yg hrs combine dengan metro yang mana saja ya pak, biar saya bisa kelompokkan utk pergi di satu hari. terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, silakan dibaca di artikel Free Pass Tokyo. Di artikel tersebut tertulis daftar lengkap tempat wisata yang tercover Tokyo Metro 24-Hours Pass. Salam

  7. Pagi pak,
    Selama di tokyo saya berencana ke tsukiji market, gala yuzawa, asakusa temple, meiji shrine, odaiba, shinjuku gyoen, ginza, shibuya,harajuku, tokyo tower dan tokyo skytree
    Info saja saya sdh ada jr pass dan icoca
    Apakah urutannya sudah benar? Dan apa saya perlu beli pass lagi dgn rute spt itu? Icoca bisa dipakai ditokyo?

  8. Selamat siang pak Nugroho, permisi tanya:
    1. Apakah Rinkai Line itu termasuk group JR?
    2. Kalau mau pesan tempat duduk di kereta Shinkansen, apakah bisa dilakukan pemesanan di waktu mau berangkat?
    terima ksih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Siang Pak Daniel,
      1. Tidak pak, Rinkai masuk jaringan kereta swasta di Tokyo.
      2. Sebetulnya bisa, namun untuk rute-rute sibuk biasanya orang-orang sudah duluan reservasi, sehingga kalau baru pesan sewaktu mau berangkat, sudah tidak ada lagi slot kursi reservasinya. Salam.

  9. Selamat pagi pak….saya rencana tinggal di Hilton Tokyo Bay hotel dengan rute perjalanan dihari pertama adalah :
    Hotel-akihabara-sensoji-tokyo skytree-hotel
    Hari ke-2: hotel-tsukiji-ginza-shibuya-harajuku-shinjuku.
    Kira2 pass apa yg cocok dengan rute perjalanan saya, mohon informasinya terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau melihat rute perjalanan Bapak, bisa menghemat ongkos perjalanan hari kedua dengan Tokyo Metro Subway Pass.
      Tapi dengan catatan Bapak harus menambah ongkos kereta dari Maihama Station (stasiun JR terdekat dari Tokyo Disney Resort) sampai ke Hatchobori (stasiun di jalur Tokyo Metro).
      Ongkos kereta ini tidak tercover oleh Tokyo Metro Subway Pass. Namun untuk Tsukiji, Ginza, Shibuya, Harajuku, Shinjuku, semua ongkos kereta subway Tokyo Metro nya tercover.
      Salam

    • Asnanto  |  

      Terima kasih pak atas informasinya, bagaimana dengan saran hari pertamanya pak yg tujuannya adalah hilton tokyo bay – akihabara – sensoji – tokyo skytree pp terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tim Info Jepang tidak menuliskannya, karena memang tidak ada pass yang sesuai.
      Bapak bisa membeli tiket satuan atau membayar dengan IC Card seperti pasmo/ suica. Salam

  10. Selamat malam Pak Nugroho,

    Setelah saya membaca artikel bapak di atas, saya berencana akan menggunakan tokunai pass tsb.
    Berikut itinerary saya:

    Day 1 : Shinjuku Gyoen, Tokyo Metropolitan Government building, Omoide Yokocho kemudian kembali ke Apartment di Itabashi Station

    Day 2 : Gedung Toukyu, Shibuya Senta-gai, Yoyogi park, Omotesando, Takeshita-doori, kembali ke Itabashi Station

    Day 3 : Rikugien Park, Hama Rikyu Park, Ginza, Tsukiji, Yodobashi Akihabara, kembali ke Itabashi Station

    Day 4 : Ueno Park, Ameyokocho, Akihabara, Tokyo Station, Kokyogaien,

    Day 5 : Disneysea

    Day 6 : Disneyland

    Day 7 : Kitanomaru Park, Chidorigafuchi Moat, Sensoji Temple, Nakamise dori, Tokyo Skytree, Itabashi station, Haneda

    Menurut bapak, itinerary saya tersebut apakah efektif menggunakan Tokunai pass?
    Pada hari ke berapa yang saya perlu menggunakan Tokunai?
    Atau saya cukup menggunakan IC card saja?

    Terima kasih sebelumnya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau melihat itinerary perjalanan Ibu, sepertinya Tokunai Pass cocok digunakan dalam perjalanan hari keempat ke Ueno Park, Ameyokocho, Akihabara, Tokyo Station, Kokyogaien. Untuk day 2 juga bisa menggunakan Tokunai Pass, sementara untuk day 3 bisa menggunakan Tokyo Metro Pass. Sisanya bisa membeli tiket ketengan atau dengan SUICA/Pasmo. Salam

    • yovita  |  

      Terima kasih untuk respon nya Pak..

      Bagaimana dengan pembelian pass tersebut..apakah saya bisa membeli pass tersebut terlebih dahulu (beberapa hari sebelum digunakan)?
      Atau saya harus beli pada hari pass tersebut digunakan?

      Terima kasih =)

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa Yovita. Saat membeli Tokunai Pass, Yovita bisa bilang kapan akan diaktifkan/ akan digunakan.

  11. Malam Pak Nugroho. Kalau pilihan wisata di sekitar Stasiun Shin okubo apa aja ya Pak?
    Saya menginap di hotel dekat stasiun itu.

    Thanks sebelumnya Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Shin Okubo Station hanya berbeda satu stasiun dengan Shinjuku Station.
      Ibu sekeluarga mau wisata apa? Melihat pemandangan alam? Atau ke bangunan-bangunan bersejarah>
      Kalau ditulis semua ya susah dan hanya akan membuat bingung pembaca lainnya.
      Silakan ibu baca-baca dulu tempat-tempat wisata di Tokyo. Salam

  12. Selamat malam Pak Nugroho,

    Saya berencana akan menggunakan Willer Bus dari Osaka ke Tokyo..
    Di Tokyo nanti saya akan ketemuan dengan teman di salah satu Willer stop/station di pusat kota dan baru akan kami lanjutkan keliling Tokyo dengan terlebih dahulu menitipkan koper di station tersebut.
    Teman saya akan datang dari Haneda Iternational Airport.
    Menurut bapak, di Willer stop mana kah yang mudah bagi kami untuk ketemuan..yang sekiranya tidak akan tersesat karena kami sama-sama pertama kali nya ke Jepang =)

    Thank you sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau naik willer bus biasanya akan tiba di Shinjuku atau Tokyo Station.
      Kedua-duanya akan sulit bertemu karena halte bus willer di Shinjuku dan Tokyo jauh dari platform kereta, apalagi stasiun tersebut sangat besar.
      Jika harus memilih salah satu, lebih baik ketemuan di Tokyo station. Selain lebih dekat dari Haneda Airport, banyak loker juga yang tersedia.
      Salam

  13. Hallo, apakah tim info jepang tau letak Cafe du Monde di Tokyo? Sejauh ini saya baru tau di Osaka atau Kyoto saja. Dan satu lagi apakah daerah Toshima jauh dari pusat kota? Terima kasih.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!