Museum Nasional

Home / Museum / Museum Nasional
Item image

Museum nasional Alam dan Sains Tokyo adalah museum terkenal kedua setelah Museum Nasional Tokyo. Terletak di bagian selatan Taman Ueno dekat dengan jalan raya, museum ini sangat mudah dijangkau dari seluruh Jepang. Ketika liburan sekolah, banyak orangtua yang menjadikan museum Nasional Alam dan Sains Tokyo ini sebagai tujuan wisata. Selain aksesnya mudah, kita bisa belajar sejarah, perkembangan sains dan teknologi, dan flora fauna Jepang di museum ini.

Di sini kita bisa mengamati puluhan ribu objek museum, mulai dari evolusi makhluk hidup seperti dinosaurus, flora dan fauna Jepang secara general, perkembangan pertanian Jepang, kehidupan masyarakat Jepang pada jaman Jomon dan Yayoi, suku Ainu di Hokkaido dan Ryukyuu di Okinawa, dan juga teknologi luar angkasa dan geologi Jepang. Kalau pergi ke sini, kita dapat menjumpai banyak siswa-siswi yang berkarya wisata, belajar sambil mengamati spesimen tumbuhan dan binatang-binatang di museum ini.

5 yang Wajib Dilihat di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

1. Hachiko asli

Hachiko di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

Anda pasti tahu Shibuya menjadi tempat favorit melihat patung hachiko, si anjing setia yang terkenal di seluruh dunia. Namun di museum ini, kita dapat melihat wujud hachiko yang asli. Anjing hachiko berukuran asli diawetkan dan disimpan di museum ini. Jadi bagaimana kalau mampir dan berfoto bersama hachiko yang asli?

2. Panda pertama di Jepang

Panda di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

Panda telah tiba di Jepang sejak puluhan tahun lalu, namun akhirnya meninggal dunia. Di Museum Nasional Alam dan Teknologi Tokyo, kita bisa melihat awetan panda Fei Fei dan Tong Tong, sepasang panda pertama yang datang ke Jepang.

3. Pesawat tempur “Zero Sen”

Pesawat Tempur Zero Fighter

Sudah menonton Kaze Tachinu karya Studio Ghibli? Dalam film tersebut, muncul pesawat tempur Jepang buatan Mitsubishi yang menjadi pesawat tempur di perang dunia kedua. Di museum ini kita bisa melihat pesawat tempur Zero Fighter atau Zero Sen yang asli.

4. Meteor Nantan dan Fosil Dinosaurus

Fosil Dinosaurus di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

Selain perkembangan teknologi dan flora fauna di Jepang, kita juga bisa melihat sejarah Jepang dan daerah-daerah Asia. Salah satu yang paling terkenal adalah patahan terbesar meteor Nantan, yang jatuh di Cina abad ke 16. Di sini kita juga bisa melihat ratusan koleksi fosil dinosaurus yang ditemukan di dataran Asia.

Ada event spesial Dinosaurs Expo di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo yang menampilkan koleksi fosil-fosil dinosaurus langka dari museum-museum di Jepang. Acara ini berlangsung mulai dari tanggal 13 Juli hingga 14 Oktober 2019 selama 3 bulan. Tiketnya 1600 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak SD/ SMP/ SMA. Acara berlangsung mulai dari jam 09.00-17.00. Silakan juga mengecek kalender, karena Museum ini tutup di hari Senin atau Selasa. Museum tutup pada 16 Juli, 2 September, 9 September, 17 September, 24 September, 30 September 2019.

5. Membeli oleh-oleh khas museum

Puas melihat objek-objek museum? Kita bisa membeli buku-buku pengetahuan dan ringkasan mengenai sejarah atau flora fauna Jepang di toko oleh-oleh di lantai satu. Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli boneka, gantungan kunci, dan aneka aksesoris lucu bertemakan flora dan fauna di dalam Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo.

Akses Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo

Kita dapat masuk ke museum dengan membayar 620 yen untuk dewasa, dan gratis untuk anak SD, SMP, dan SMA.

Stasiun terdekat adalah Ueno Station, pintu keluar Ueno Koen (Taman Ueno)

  1. Dari Shinjuku Station naik JR Yamanote Line sampai ke Ueno Station. Durasinya 26 menit dengan ongkos 200 Yen.
  2. Dari Tokyo Station naik JR Yamanote line sampai ke Ueno Station. Durasinya 10 menit dengan ongkos 160 Yen.
  3. Dari Shibuya Station naik Tokyo Metro Ginza Line sampai Ueno Station. Durasi waktunya 27 menit dengan ongkos 200 Yen.

Cheap Hotels in Ueno [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sardonyx Ueno
1 km away
Hotel Sardonyx Ueno
from ¥14000/night
The Nell Ueno Okachimachi
1 km away
from ¥5400/night
1 Night 1980 Hostel
1 km away
from ¥2140/night
Mitsui Garden Hotel Ueno
1 km away
Mitsui Garden Hotel Ueno
from ¥15200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tokyo Dome
2 km away
Tokyo Dome di malam hari
Kuil Sensoji
2 km away
Pintu utama Kuil Sensoji Asakusa
Oedo Onsen Monogatari
11 km away
Pemandian air panas untuk kaki di Oedo Onsen Monogatari
Distrik Kabukicho Shinjuk
7 km away
Pintu masuk area Shinjuku Kabukicho

Sumber gambar : Wikipedia Commonsmynavi newsWikipedia CommonsWikipedia Commons


Last modified: July 14, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!