Bagaimana Cara Mengirim Koper di Jepang

You are here Home  > Persiapan, Tips Wisata >  Bagaimana Cara Mengirim Koper di Jepang

Bagaimana Cara Mengirim Koper di Jepang? adalah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh para pengguna Tour Guide Online atau para pembaca kepada kami. Jika rencana liburan di Jepang lebih dari seminggu atau memang berencana liburan bersama dengan anak, rasanya membawa beberapa buah koper ukuran besar adalah suatu keharusan. Masalah baru muncul: kita ribet untuk mengunjungi tempat wisata dengan koper yang banyak. Solusi praktisnya adalah dengan menitip koper di loker stasiun. Tapi apakah ada cara lain?

Mengenal Takyubin atau layanan pengiriman barang di Jepang

Mengirim koper dengan jasa pengiriman kini semakin populer di Jepang. Istilah jasa pengiriman dikenal dengan Takyubin atau Ta-Q-bin. Kalau di Indonesia mungkin seperti JNE. Cara ini membuat kita tidak perlu pusing untuk kembali ke stasiun untuk mengambil koper sebelum melanjutkan perjalanan. Beberapa rute favorit yang sangat membutuhkan layanan pengiriman koper ini adalah saat mengunjungi satu rute full di Tateyama, saat mengunjungi Takayama dan Shirakawago, atau saat mengunjungi tempat wisata di Fuji Kawaguchiko dan Hakone.

Takyubin adalah layanan yang bisa teman-teman gunakan untuk mengirim parsel, bagasi atau koper, dan berbagai jenis barang lainnya ke hotel atau bahkan ke bandara Narita, Haneda, atau Kansai. Selain itu, ada juga layanan untuk mengirim barang langsung ke Indonesia.

Salah satu perusahaan penyedia layanan pengiriman barang pertama dan yang paling populer di Jepang adalah Yamato Transport. Selain itu, masih ada beberapa perusahaan lain seperti Sagawa Kyubin atau Kuroneko yang juga melayani pengiriman barang.

mobil penjemput barang di depan asrama

Mobil penjemput barang di depan asrama

Apa saja barang yang bisa dikirim?

Teman-teman bisa mengirim koper, kotak atau kardus, makanan beku, komputer, buku, pakaian, hingga peralatan olahraga dan ski. Khusus untuk barang pecah belah, benda-benda seni seperti lukisan atau patung, dan elektronik (laptop dan kamera), teman-teman harus membayar lebih mahal untuk biaya asuransi dan bungkus khusus.

Apakah barang kita bisa diambil di hotel?

Setelah memesan melalui internet atau telepon, teman-teman bisa meminta Takyubin untuk menjemput barang-barang yang akan kita kirim. Bisa diambil di hotel atau kita antar ke kantor Takyubin atau minimarket yang terdekat (Takyubin bekerja sama dengan minimarket) sekalian pergi jalan-jalan. Yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah dengan menitipkan barang kepada resepsionis hotel, supaya petugas Takyubin bisa mengambilnya. Sebagai catatan, ada kalanya waktu penjemputan barang ini mundur (atau telat) karena kondisi jalanan.

Untuk tempat tujuan pengiriman sendiri bisa ke hotel, bandara, atau kantor Takyubin terdekat. Sebagai catatan, untuk pengiriman ke hotel, usahakan teman-teman sudah menginformasikan kepada staff atau pegawai dengan rencana pengiriman barang teman-teman. Beberapa kasus yang pernah Tim Info Jepang dengar, wisatawan meminta barang dikirimkan ke hotel yang akan mereka kunjungi, namun pegawai hotel menolak karena tidak ada tamu dengan nama yang dimaksud (belum check-in atau menginformasikan sebelumnya). Wah, kalau udah begini, malah jadi ribet deh. Sebagai catatan, mayoritas hotel atau tempat penginapan di Jepang mau menerima barang-barang tamu yang akan check in di hari yang sama, meskipun belum check-in.

Bagaimana untuk prosesnya ya?

Teman-teman tinggal mengisi sejenis formulir Shipping Label yang berisi data-data nama, alamat, dan nomor telepon penerima barang, konten atau isi barang yang dikirimkan, dan juga waktu pengiriman yang diinginkan. Khusus untuk waktu pengiriman, teman-teman bisa mengatur supaya pas waktunya. Misal teman-teman ingin berkeliling Tokyo dan Shirakawago selama 3 hari pertama baru setelah itu ingin ke Osaka, nah, teman-teman bisa memilih supaya barang tiba pada hari ke-4 setelah dari Shirakawago.

Berapa lama waktu pengirimannya?

Untuk waktu mengirim koper, biasanya 1 atau 2 hari bergantung kepada jarak antara tempat asal dan tempat tujuan pengiriman barang. Untuk pengiriman ke wilayah sekitaran Tokyo bisa dilakukan di hari yang sama. Namun untuk pengiriman dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka setidaknya butuh 1 hari. Wilayah yang lebih jauh lagi, seperti Sapporo atau Hiroshima bisa memakan 2-3 hari. Kalau teman-teman membutuhkan pengiriman yang lebih cepat, juga bisa menggunakan jasa pengiriman ekspress dengan harga yang lebih mahal.

Berapa biaya untuk mengirim koper ini?

Besarnya biaya layanan pengiriman koper atau barang ini bergantung pada jenis barang (apa itu pecah belah atau biasa), ukuran (volume atau kubik), berat, dan juga tujuan. Tim Info Jepang sudah merangkum biaya pengiriman untuk beberapa ukuran yang paling banyak ditanyakan sebagai gambaran kasar biaya pengirimannya.

Barang reguler (non-pecah belah) dengan ukuran volume 30 cm x 30 cm x 30 cm, dan berat kurang dari 10 kilogram.

  • Dalam wilayah Tokyo dan sekitarnya: 1.200 yen
  • Dari Tokyo ke Osaka / Kyoto: 1.300 yen
  • Dari Tokyo ke Kyushu: 1.600 yen
  • Dari Tokyo ke Hokkaido: 1.600 yen
  • Dari Tokyo ke Okinawa: 2.300 yen

Koper berukuran volume 80 cm x 40 cm x 30 cm, dan beratnya maksimal 25 kilogram.

  • Dalam wilayah Tokyo dan sekitarnya: 1.800 yen
  • Dari Tokyo ke Bandara Narita: 2.400 yen
  • Dari Tokyo ke Osaka / Kyoto: 1.900 yen
  • Dari Tokyo ke Kyushu: 2.200 yen
  • Dari Tokyo ke Hokkaido: 2.200 yen
  • Dari Tokyo ke Okinawa: 3.900 yen

Hayo, siapa yang masih pusing dan bingung karena harus keliling Jepang dengan membawa bawa koper…mau coba kirim barang?

Sumber gambar: Flickr jimAndrew Buckingham


Recommended for you

Last modified: July 11, 2017

TAGS  :

Comments (34)

  1. Permisi mau tanya.
    Saya di sini sebagai murid pertukaran pelajar, dan bawaan saya banyak dan berat.
    Berat koper saya sekitar 29 kg dan masih ada tas 9 kg yang rencananya ingin saya kirim ke bandara kansai (saat ini saya sedang di osaka). Apakah min tau kira2 berapa biaya pengiriman yg akan ditarik dengan total sekitar 39 kg? Dan karena wilayah osaka-kansai, berapa lama waktu yang dibutuhkan?
    Kalau sudah terkirim, kira2 barangnya bisa diambil d area bandara mana ya?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Osaka ke Kansai mungkin sekitar 1.000-1.500 yen. Nanti kamu bisa mengambilnya di kantor JAL ABC Delivery Counter, di sebelah kanan pintu masuk H di lantai 4. Salam.

  2. Selamat siang pak saya mau tanya kalo pengiriman koper dari kyoto itu di lawson or family mart ada ya Pak?ato kalo kurir pengiriman d kyoto apa ya yang bagus dan kantornya ada dmn aja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau bapak menginap di hotel, bisa minta tolong diuruskan oleh petugas front hotel. Namun bila di penginapan AirBnB bapak harus mengurus sendiri, membawanya ke minimarket seperti Lawson/ Family Mart/ Seven Eleven, mengisi form pengiriman untuk pengiriman barang. Salam

  3. Malam pak, sy pakai penginapan airbnb ,kalau ingin mengirim koper dari kyoto ke tokyo nanti dijemput dimana ya krn host airbnb tidak bisa dititipi koper , terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Untuk pengiriman barang di Jepang, saat barang tiba harus ada orang yang menerimanya dengan alamat yang jelas, kalau tidak barang akan ditahan di kantor pengiriman barang. Nah, itulah kekurangan penginapan AirBnB dibandingkan hotel yang ada petugas front nya. Salam

    • Harris  |  

      Pak saya baca kalau kita pakai airbnb dan barang dikirim ke alamat tapi tidak ada orang makan akan ditahan dikantor pengiriman. Bagaimana kalau kita Request jam secara spesifik apakah beresiko? Dan dimana tempat kantor pengiriman yang bapak maksud? Saya berniat menerima barang di osaka namba area.

      Atau bs dikirim ke area pick up terdekat kah dari Tempt airbnb nya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Akan sangat sulit mengirimkan barang dengan target jam. Karena lalu lintas di Jepang kadang tidak bisa ditebak seperti di Indonesia. Bapak bisa meminta mengirimkan barang ke kantor cabang layanan pengiriman di Jepang, misalnya ke cabang Kuroneko Yamato yang ada di sekitaran Namba. Bisa saja pak, yang jadi masalah, penerima harus ada di tempat tujuan pengiriman barang. Kalau di hotel, tentu mudah, karena ada data bapak sebagai tamu, sehingga resepsionis akan menerima. Kalau air bnb memang akan timbul masalah seperti ini. Salam.

    • Harris  |  

      kebetulan tas saya berukuran 34x55x81, apakah bs diterima.
      tampaknya kirim ke cabang kuroneko yamato dinamba saja ya agar aman. toh mesti keluar sana pas dr train, ok??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk ukuran tas, hampir tidak ada kejadian barang ditolak karena ukuran. Semua ukuran barang akan diterima dan dikirimkan, hanya biayanya berbeda sesuai ukuran.
      Bapak nnt silakan tanya juga di mana lokasi kuroneko yamato yang paling dekat dan searah dengan rute perjalanan, atau alternatif lokasi lainnya yang diterima atau dikerjakan oleh kuroneko yamato. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa pak apalagi untuk cabang di kota-kota besar. Bapak persiapkan saja identitas lengkap dan juga alamat tujuan sehingga prosesnya lebih cepat. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di sekitar area pintu keberangkatan bu. Sebelum check in. ibu bisa menanyakan juga detail ke pihak hotel atau yang mengirimkan koper ibu. Salam

  4. slamat pagi mas
    tanya untuk formulir pengiriman barangnya dapat dari mana? kalau kita isi trus kita titip resepsionis hotel untuk diambil brarti pembayarannya bisa online?
    untuk wifi tim info jepang bagaimana cara pesannya? thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk formulir pengiriman barang bisa didapatkan di front hotel (kalau bisa) atau di minimarket terdekat dengan penginapan. Cukup mengatakan Takyubin, maka petugas sudah mengerti. Untuk pembayaran bisa dibayarkan saat mengirimkan atau menitipkan barang. Jangan online karena akan sulit melakukan pendaftaran dalam menu yang tersedia dalam bahasa Jepang. Untuk pemesanan WIFI Info Jepang bisa langsung menghubungi via WA di halaman Pemesanan WIFI Info Jepang. Salam

  5. Susana eriady thio  |  

    Kalo saya mau mengirimkan koper dr Noboribetsu ke hotel di Hakodate apa bisa di terima pd hari yg sama? Kirim pagi n terima malam hari ? Tq

  6. Kami mau kirim koper ke haneda
    Kami menginap di daerah iriya
    Bagaimana caranya
    Supermarket mana yg dapat membantu kami?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa mengirimkan barang lwat minimarket Seven Eleven, Family Mart, Lawson yang terdekat. Salam

  7. DANIEL MULIAWAN  |  

    Selamat sore pak Nugroho,
    1. kalau saya tgl 15 juni mau kirim koper dari bandara haneda ke hotel Keyhan Kyobashi Grande Osaka, butuh berapa hari perjalanannya tiba di hotel tersebut? Saya check in di hotel tersebut tgl 17 Juni.
    2. Kalau saya kirim koper, apa nama perusahaan kurir nya?
    3. Apakah memungkinkan kalau saya tgl 15 juni kirim koper dari bandara haneda ke hotel Shin-Koiwa Park Tokyo? sedangkan saya baru check in di htl Shin-koiwa di tokyo tgl 21 Juni?
    4. Terima kasih pak sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Normalnya 2 hari, namun ada paket ekspress yang bisa mengirim dalam 1 hari. Hanya saja harganya jauh lebih mahal.
      2. Ada banyak pak, paling terkenal adalah Yamato. Silahkan baca info lengkapnya di tulisan saya Mengirimkan Koper di Jepang.
      3. Bisa saja pak, namun jauh lebih ribet mengisi form, menimbang, dan pengecekan ketimbang bawa kopernya sendiri, karena cukup dekat dari Stasiun Shin-Koiwa. Rasanya tidak mungkin untuk waktu selama itu pak. Mengapa tidak dibawa ke Osaka saja?

    • Daniel Muliawan  |  

      Masalahnya saya dari tgl 15 sd 21 jun main dulu ke kota lain pak. Tgl 21 saya baru kembali ke tokyo.trima kasih pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Nanti coba ditanyakan saja soal pengiriman kopernya pak ke drop-pointnya, apa bisa di-delay supaya pas waktunya. Kalau tidak bisa ya solusinya harus dibawa.

  8. Malam pak, setiba di haneda saya rencana langsung ke kyoto selama 4 hari. Bisakah dari haneda koper dikirim ke hotel di tokyo dgn minta delivery di hari ke 5? Apakah ada deadline penerimaan? Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Saat bapak mengisi formulir pengiriman barang, ada kok kolom tanggal berapa dan jam berapa kita menginginkan barang itu sampai. Salam

  9. Pak kalau saya mengirimkan koper dari hotel di tokyo tgl 25 pagi kira kira bisa tiba di hotel di kyoto tanggal 26 malam apa gak ya pak dan apa saya perlu telpon ke hotel di kyoto untuk menerima kiriman koper saya. Mohon pencerajannya Thanks sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau kirim pagi-pagi sepertinya sampai ibu tanggal 26 malam di Kyoto. Salam

  10. Vicky yohannes  |  

    Mohon bantuannya..kalau kirim dari toyama ke hotel tokyo bisa juga?karena saya buka website ta q bin tidak mengerti cara nya..thanks..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bapak silakan bertanya ke pihak resepsionis hotel, kalau dari website memang agak sulit dan perlu memasukkan banyak informasi.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pengiriman ke Airport pasti ada. Ibu silakan menanyakan ke pihak hotel atau minimarket terdekat, untuk mendapatkan surat pengiriman koper.
      Salam

  11. kalau dari sendai ke haneda perlu berapa hari ya? misalnya pesawat saya tgl 28 maret jam 23 malam, apa masih bisa dikirim dari sendai tanggal 27?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau dikirim paling telat tanggal 27 siang hari, bisa sampai di Haneda tanggal 28 pagi hari. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!