Haneda Airport

Home / Airport / Haneda Airport
Item image

Tokyo Haneda Airport adalah satu-satunya bandara yang ada di prefektur Tokyo. Haneda Airport berhadapan langsung dengan Teluk Tokyo dan menjadi Bandara tersibuk di Jepang dengan tiga terminal: Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal Internasional. Terminal 1 dan Terminal 2 melayani penerbangan domestik Jepang dan terhubung dengan jalan di bawah tanah. Sementara untuk ke Terminal 3 kita bisa naik kereta, monorel, atau layanan bus gratis antar terminal. Satu lagi bandara utama Jepang di kota Tokyo yaitu Narita, yang sering disebut Tokyo Narita, sebenarnya terletak di Prefektur Chiba, di timur Tokyo. Letak Haneda yang lebih dekat ke pusat kota Tokyo dibandingkan dengan Narita juga sering jadi perbandingan ketika membeli tiket pesawat.

Informasi Penting mengenai Haneda Airport

Perlu diketahui bahwa meskipun Haneda Airport, beroperasi 24 jam, namun akses/ transportasi ke Tokyo di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir dari Haneda (yaitu kereta Keikyu dan Tokyo Monorail) berhenti beroperasi menjelang tengah malam. Sementara itu, kereta JR Yamanote yang beroperasi di Kota Tokyo perjalanan terakhirnya sekitar pukul 01.00 dini hari. Jika pesawat tiba setelah jam 02.00, teman-teman bisa naik bus malam yang beroperasi ke Ginza, Tokyo, Shinjuku, Shibuya, Shinagawa atau Yokohama. Atau, pilihan terbaiknya, jika teman-teman sudah lelah, Tim Info Jepang menyarankan menginap di hotel Bandara. Atau naik taksi menuju ke hotel di Tokyo yang ongkosnya sekitar 6.000-10.000 yen.

Bagi rekan-rekan muslim tersedia ruangan shalat di Terminal Internasional Lobi keberangkatan di lantai 3. Juga ada total 15 kamar mandi/ shower yang terletak di Terminal Internasional Balai Kedatangan (Arrival Halls) di lantai 2. Biayanya 1030 yen untuk 30 menit pertama. Tersedia juga handuk, sampo, conditioner, dan sabun mandi.

PROMO HOTEL DI DEKAT HANEDA AIRPORT/ Kamata-Hamamatsucho (1 kali kereta)
(Diupdate otomatis)

Booking.com
Booking.com

Hotel-Hotel di Sekitar Haneda Airport

Informasi yang Tim Info Jepang dapatkan, orang-orang diperbolehkan tidur di bangku-bangku atau di lantai berkarpet Haneda Airport. Namun, petugas penjaga bandara akan selalu berpatroli dan memeriksa paspor Anda berulang-ulang semalaman. Jika membawa keluarga, supaya tidak terganggu Tim Info Jepang menyarankan untuk menginap di hotel-hotel dekat Haneda Airport. Beberapa hotel dibawah ini berada dalam Terminal Haneda (terhubung langsung dengan terminal Domestik/ Internasional), cocok buat teman-teman yang akan tiba malam hari atau berangkat pada pagi-pagi hari.

  1. Hotel Tokyo Haneda First Cabin (hotel kapsul termurah di Haneda Airport, terletak di lantai 1 di terminal keberangkatan Terminal 1)
  2. Hotel Tokyu Haneda Excel (hotel standar berlokasi di Terminal 2 Domestik)
  3. Hotel Haneda Royal Park (hotel standar dan terhubung langsung dengan Terminal International, cocok bagi wisatawan Indonesia)

Alternatif hotel-hotel yang berada di dekat Haneda, yang dapat dicapai dengan menggunakan taksi (sekitar 1.500 yen).

  1. Hotel Tokyo Haneda JAL City (tersedia bus shuttle gratis dari hotel ke bandara jam 04:00 sampai 00:40)
  2. Toyoko Inn Haneda Kuko Number 1 (bus shuttle gratis jam 04:15 sampai 00.30)
  3. Toyoko Inn Haneda Kuko Number 2 (bus shuttle gratis jam 04:15 sampai 00.30)
  4. Hotel MyStays Haneda (bus shuttle gratis jam 04:00 sampai 0:25)
  5. Haneda Inn (bus shuttle gratis jam 04:00 sampai 0:40)

Berikut ini jadwal perjalanan pagi pertama yang beroperasi ke Haneda Airport:

  • Bus dari Stasiun Tokyo dan Shinjuku mulai dari pukul 04.30
  • Kereta Tokyo Monorail dari pukul 05.15
  • Kereta Keikyu dari pukul 05.30

Akses Kereta dari dan menuju Haneda Airport

1. Transportasi Haneda dari/ke STASIUN TOKYO

1. Dengan kereta Keikyu (Rute: Tokyo-Shinagawa-Haneda Airport)
1 kali transit, 35 menit, 580 yen
Dari Stasiun Tokyo, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 10 menit, biaya tiket 170 yen). Kemudian, dari Stasiun Shinagawa, naik kereta Keikyu ke Haneda Airport (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

Teman-teman bisa membeli Tiket Welcome Tokyo Subway Pass. Tiket ini adalah gabungan dari Tiket Tokyo Subway Pass plus ongkos kereta Keikyu 1 kali dari Haneda Station ke Shinagawa Station yang tidak tercover oleh pass sebelumnya. Pass ini sangat cocok buat teman-teman yang tidak membeli JR PASS atau JR PASS nya belum diaktifkan pada hari ketibaan di Jepang via Haneda Airport. Detail harganya adalah sebagai berikut
24 jam, dewasa 1.200 yen, anak-anak 600 yen
48 jam, dewasa 1.600 yen, anak-anak 800 yen
72 jam, dewasa 1.900 yen, anak-anak 950 yen
Harga-harga di atas adalah harga untuk 300 yen untuk ongkos kereta Keikyu 1 kali dari Haneda Station ke Shinagawa Station, kalau PP dari Haneda bisa beli versi round ticket harganya plus 300 yen dari harga di atas. Tempat pembelian: Keikyu Tourist Information Center di Keikyu Haneda Airport Station, dan perlu menunjukkan paspor serta visa.

2. Dengan Tokyo Monorail  (Rute: Tokyo-Hamamatsucho-Haneda Airport)
1 Transit, 30 menit, 650 yen
Dari Stasiun Tokyo, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 5 menit, biaya tiket 160 yen). Kemudian, dari Stasiun Hamamatsucho naik kereta Tokyo Monorail  ke Haneda Airport (lama perjalanan 20 menit, 490 yen). Jalur kereta Tokyo Monorail masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi,

3. Dengan bus
Tersedia bus dari Stasiun Tokyo ke Haneda Airport, lama perjalanan 30-45 menit, dan biaya 930 yen.

4. Layanan Penjemputan dari atau ke Bandara Haneda

Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Narita ke Tokyo dan sebaliknya.

2. Transportasi Haneda dari/ke STASIUN SHINJUKU

1. Dengan kereta Keikyu (Rute: Shinjuku-Shinagawa-Haneda Airport)
1 Transit, 45 menit, 610 yen
Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 20 menit, biaya tiket 200 yen). Kemudian, dari Stasiun Shinagawa, naik kereta Keikyu ke Haneda Airport (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

2. Dengan Monorail Tokyo (Rute: Shinjuku-Hamamatsucho-Haneda Airport)
1 Transit, 40 menit, 650 yen
Dari Stasiun Shinjuku, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 25 menit, biaya tiket 200 yen). Kemudian, dari Stasiun Hamamatsucho naik kereta Tokyo Monorail  ke Haneda Airport (lama perjalanan 20 menit, 490 yen).

3. Dengan bus
Tersedia bus langsung dari Stasiun Shinjuku ke Haneda Airport, lama perjalanan 30-45 menit, dan biaya 1.230 yen.

3. Transportasi Haneda dari/ke Narita

1. Dengan kereta Keikyu
Langsung, 90 menit, 1.760 yen
Kereta Keikyu ini dikenal dengan kereta Airport Kaitoku. Adalah cara paling cepat dan mudah yang menghubungkan Haneda Airport dengan Narita.

2. Dengan kereta JR Narita Ekspess
1 Transit, 95 menit, 3.600 yen
Dari Narita naik kereta JR Narita Express sampai Stasiun Shinagawa (lama perjalanan 70 menit, dengan tiket 3.200 yen). Kemudian dari Stasiun Shinagawa naik kereta Keikyu sampai ke Haneda Airport (lama perjalanan 20 menit, harga tiket 410 yen).

3. Dengan bus
Tersedia bus dari Bandara Narita ke Haneda Airport dan sebaliknya, lama perjalanan 90 menit, dan biaya 3.100 yen.

4. Transportasi Haneda dari/ke Disneyland atau DisneySea

1. Dengan menggunakan bus
Tersedia bus shuttle dari Haneda Airport ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea. Lama perjalanannya 45 menit dengan biaya tiket 830 yen.

2. Dengan kereta (Rute: Haneda Airport-Hamamatsucho-Tokyo-Maihama)
2 kali transit, 60 menit, 800 yen
Dari Haneda naik kereta Tokyo Monorail ke Stasiun Hamamatsucho (lama perjalanan 20 menit, 490 yen). Kemudian, naik kereta JR Yamanote ke Stasiun Tokyo (lama perjalanan 5 menit, biaya tiket 160 yen). Kemudian naik naik kereta JR Keiyo/ JR Musashino ke Stasiun Maihama (15 menit, 150 yen). Jika menggunakan JR Pass, teman-teman bisa ke Disneyland gratis.

Sumber gambar: Flickr Duke Yuin


Recommended for you


Last modified: June 14, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
ajeng
2017-07-10 16:57:00
halo,mohon infonya saya dan keluarga berancana ke jepang mendarat di bandara haneda dan langsung menuju ke osaka karna itinerary kita ke osaka dahulu sebelum JR pass habis kita nantinya sudah di tokyo.mohon info dari haneda ke osaka naik apa saya, kami berencana membeli JR pass aoa ada kereta gratis dari bandara yang menyambungkan ke kereta yang bisa menggunakan JR pass ke osaka? thx
setiawati M
2016-12-20 14:58:50
informasi yang diberikan sangat membantu saya dalam hal jalan-jalan ke Jepang. terima kasih

Close Comments

Comments (205)

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi pak, untuk Tokunai Pass bapak bisa membeli di mesin penjual otomatis di seluruh stasiun JR Line atau di kantor tiket (Midorino madoguchi) di stasiun kereta JR di Tokyo. Selain itu, Tokunai Pass juga bisa dibeli di Travel Service Centers (View Plaza) and JR EAST Travel Service Center yang ada di sekitaran Tokyo. Yang di bandara haneda tidak bisa pak. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!