Itami Airport

Home / Airport / Itami Airport
Item image

Itami Airport atau lebih dikenal sebagai Osaka International Airport adalah bandara yang terletak di sisi utara Kota Osaka. Bandara yang dibuka sejak tahun 1939 ini awalnya adalah bandara utama di wilayah Kansai (Kyoto, Osaka, Kobe, dan Nara) sampai akhirnya digantikan oleh Bandara Kansai yang jauh lebih luas tahun 1994. Sampai hari ini, Itami Airport masih digunakan untuk beberapa rute internasional Maskapai JAL, ANA, dan IBEX, serta beberapa rute domestik di Jepang.

Kegiatan di Itami Airport

Itami Airport memang tidak seluas Bandara Kansai, Bandara Haneda, atau Narita. Namun, fasilitasnya bisa dikatakan cukup lengkap. Ada banyak toko oleh-oleh dan juga restoran bagi teman-teman yang ingin menunggu jadwal keberangkatan pesawat. Untuk oleh-oleh, teman-teman bisa mengunjungi ANA Festa atau At Shop di South Terminal, atau Sky Stores di North Terminal.

Untuk restoran yang bisa dikunjungi antara lain:

  1. at cafe (cafe dan aneka snack) di South Terminal
  2. WOLFGANG PUCK PIZZA (Pizza dan aneka makanan Eropa) di Central Block
  3. Katsukura (Makanan Jepang, dan menu Babi) di Central Block
  4. KITKAT chocolatory (Permen dan Coklat) di Central block
  5. Takoya Dotonbori Kukuru (menu-menu Takoyaki) di South Terminal
Restoran Kukuru di Itami Airport

Restoran Kukuru di Itami Airport

Kini, Bandara Itami mulai dilupakan. Pesawat-pesawat mayoritas sudah berpindah ke Bandara Kansai yang pengembangannya terus dilakukan. Mayoritas anak-anak di Osaka dan Kyoto bahkan tidak menyadari bahwa ada bandara Itami di luar kota Osaka, bahkan hanya 10-20 menit dari pusat kota!

Akses menuju Itami Airport

Dengan naik Bus

Tersedia berbagai rute Limousine Bus dari pusat kota Osaka menuju ke Bandara Itami. Bus dari Stasiun Osaka, Stasiun Umeda, dan Stasiun Namba dengan ongkos 640 yen selama 25 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka dengan ongkos 500 yen selama 25 menit.

Selain itu, teman-teman yang berangkat dari wilayah Kansai lainnya seperti Kyoto, Nara, Kobe, dan Himeji juga bisa naik Limousine Bus. Untuk naik bus, teman-teman bisa membeli tiketnya di loket tiket maupun mesin penjual tiket di halte bus, atau bisa juga membayar langsung di atas bus dengan menggunakan kartu SUICA/ Pasmo/ ICOCA. Salam.

Dengan kereta

Dari Stasiun Umeda Hankyu, kita bisa naik kereta Hankyu Takarazuka Line sampai ke Stasiu Hotarugaike. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit dengan ongkos 220 yen. Setelah itu, bisa lanjut naik kereta Osaka Monorail dari Stasiun Hotarugaike ke Stasiun Bandara Itami. Lama perjalanan sekitar 2 menit dengan ongkos 200 yen.

Suasana Bandara Itami Osaka

Suasana Bandara Itami Osaka

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Dotombori Base
15 km away
from ‎¥2947/night
Hotel Zipang
16 km away
Hotel Zipang
from ‎¥1950/night
APA Hotel Tennoji-Ekimae
17 km away
APA Hotel Tennoji-Ekimae
from ‎¥8000/night
Hotel Sunplaza
16 km away
Hotel Sunplaza
from ‎¥2000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Orange Street Osaka
14 km away
Pintu masuk Tachibana Orange Street Osaka
Taman Nakanoshima
12 km away
Musim gugur di Taman Nakanoshima
Umeda Sky Building
10 km away
Umeda Sky Building
Observatorium Sakishima O
17 km away
Observatorium Sakishima Osaka pada malam hari

Sumber gambar: Flickr nakashi, lasta29


Recommended for you


Last modified: October 11, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (32)

  1. Hallo pak …kalo mau naik bus limousine dari namba station.ke itami airport perlu di reserved dulu atau beli on the spot di namba station. Tq. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa langsung naik beli di loket tiket atau ada mesin penjual tiket di halte, atau langsung kok bu (bayar di atas bus dengan kartu SUICA/ Pasmo). Salam.

  2. Halo pak Nugroho,
    Mohon sarannya…rencana tgl 14-22 Nov 2019 saya sekeluarga (3 orang) akan travel ke Jepang dengan rute Tokyo – Osaka (termasuk 1 atau 2 hari rencana mengunjungi objek wisata di Kyoto). Tiba di Tokyo (Narita), dan kembali ke Jakarta dari Osaka (Itami). Rencana di Tokyo 3 – 4 hari, dan sisanya di Osaka & Kyoto.

    1. Dengan gambaran jadwal tersebut, apakah lebih efisien membeli JR pass atau cukup SUICA / Pasmo dan ICOCA saja? atau kombinasi keduanya?
    2. Untuk transportasi lokal di Osaka, kartu transport mana yang direkomendasikan untuk dibeli?
    3. Untuk transportasi lokal di Kyoto (mengunjungi tempat wisata), apakah lebih baik via kereta / bus? dan kartu transport apa yang direkomendasikan untuk dibeli?
    4. Untuk koneksi internet, apakah lebih baik dengan SIM Card atau mobile Wifi?

    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Sepertinya tidak perlu membeli JR PASS pak cukup dengan Suica/ Pasmo. Untuk di Osaka dan Kyoto bapak mau ke mana saja?
      Kalau masih belum ada gambaran silakan dibaca mengenai pass di Osaka dan pass di Kyoto yang juga menjelaskan tempat-tempat wisata yang tercover.
      Untuk koneksi internet, kalau ada kemungkinan berpisah, silakan menggunakan SIM Card. Kalau selalu bersama-sama dalam satu grup bisa menghemat dengan menggunakan mobile WIFI. Salam

    • Rifki Adhi Prathama  |  

      Terimakasih untuk saran & infonya, pak.
      Untuk ke Osaka, sementara yang fix ke USJ, Osaka aquarium, Umeda Sky Building, Dotonbori.
      Kyoto rencana sementara ke kinkakuji, arashiyama, kiyomizudera, dan fushimi Inari.

  3. Pagi pak Nugroho. Saya anna mau tanya kalo saya sampai d bandara Itami Osaka . Dan hanya main disekitar Osaka Kyoto Nara apakah kartu Suica bisa cover transportasi kita slama di Osaka dan skitarnya ? Trimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau ibu tiba di Itami Airport, ibu hanya bisa mencetak kartu ICOCA saja.
      Namun kalau memang sudah ada SUICA, bisa kok digunakan di Osaka, Kyoto dan Nara. Salam

  4. Selamat Sore Pak Nugroho,

    Apakah ICOCA di jual di ITAMI osaka airport?
    dan Sebaik nya naik apa dari ITAMI ke daerah Dotonburi?

    Terimakasih, sehat selalu pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. ICOCA bisa dibeli di Itami Airport. Bapak bisa naik kereta Osaka Monorel sampai Senri Chuo Station, kemudian naik subway Midosuji Line sampai ke Namba Station. Kemudian bisa jalan ke Dotombori. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa jalan ke Kitahama Station, naik kereta Keihan sampai Stasiun Kadomashi. Lalu pindah ke jalur kereta Osaka Monorail sampai Ke Bandara Itami. Salam.

  5. Selamat pagi pak… mau nanya kalau dari itami airport mau ke namba station naik apa yah? Krn teman saya mereka dari osaka airport. Mohon infonya juga udara di osaka, nara, kyoto dan tokyo utk tgl 9-17 apr. Trims pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa naik Osaka Monorel dari Itami Airport sampai ke Senri Chuo. Kemudian naik Kita Osaka Kyuko Line sampai ke Namba Station.
      Suhu udara di Kyoto pada pertengahan April sekitar 9-20 derajat, di Osaka dan Nara antara 8-20 derajat, di Tokyo 10-19 derajat. Salam

    • Ifan sugi  |  

      Salam kenal pak.. saya rencana ke jepang tgl 10-15 juni.. bagaimana kondisi cuaca di jepang, apa masih dingin? Apa yang harus saya persiapkan?

    • Nugroho Christian  |  

      Pertengahan Juni itu awal musim panas, suhunya seperti di puncak atau bandung. Bisa bawa jaket biasa dan baju kaos atau kemeja. Salam.

  6. Kalau jam 11 siang berarti saya akan mengambil penerbagan ANA yang mendarat di Itami. Pertanyaan saya: dari Itami ke Hotel Sanrriott Kitahama di Chuo-ku, Higasshikoraibashi sebaiknya saya menggunakan transportasi apa. Dan selama saya di Osaka saya harus membeli kartu apa, kebetulan saya baru pertama kali ke Jepang dan saya pergi dengan Suami dan 2 anak saya berumur 14 dan 16th. Saya juga berencana ke Kyoto menggunakan Shinkansen, kalau dari hotel saya harus ke Stasiun apa? Dan selama di Kyoto tarsportasi apa aja yang dapat saya pergunakan untuk ke tempat wisata. Di Kyoto saya menginap di Hotel Keihan Kyoto Grande.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Itami Airport, ibu bisa naik Osaka Monorail sampai Stasiun Dainichi, lalu pindah kereta subway Osaka Metro Tanimachi Line sampai Stasiun Temmabashi. Nanti tinggal jalan kaki ke hotel. Selama di Jepang, ibu mau mengunjungi mana saja ya? Hanya Osaka dan Kyoto saja kah? Salam.

    • Selama di Osaka sy berencana ke:
      H1. Tiba di Itami jam 12.05, Umeda Sky, Dontonbori, Dontonbori River Cruise, Hozen Yokocho Alley, Shinsaibashi

      H2. USJ, Legoland Disc, captain line, temposan giant, aquarium

      H3. Kyoto
      H4. Kyoto dan sore kembali ke Osaka (tsutenkaku tower)

      H5. Osaka castle, osaka museum of houshing and living. Jam 17.00 penerbangan ke Tokyo

  7. Selamat malam pak Nugroho. Apakah Hokoriku arch pass bisa digunakan untuk bandara itami ke osaka city ? Mohon info bisa gunakan bis atau train apa dari bandara itami ke shinsaibashi.
    Trima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa bu, ongkos kereta atau bus dari/ ke Bandara Itami itu tidak tercover dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari Narita ke Itami Airport di Osaka waktu penerbangannya adalah sekitaran 2 jam bu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari Shinsaibashi Station ibu bisa naik subway Midosuji Line sampai ke Senri Chuo Station, kemudain naik Osaka Monorel sampai ke Itami Airport.
      Waktu perjalanan kurang lebih 1 jaman, dengan ongkos 450 yen. Salam

  8. Selamat pagi pak.. saya akan tiba melalui airport Itami , lalu naik limo bus menuju namba, apakah pemberhentiannya di Namba OCAT atau bisa di Namba saja ya? mengingat saya akan lanjut lagi menuju Tengachaya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Limousine Bus dari Itami Airport akan berhenti di Namba OCAT dan Namba Station. Salam

  9. Pak Nugroho, transportasi apa yg cocok utk 6 org dari namba osaka ke Itami airport jam 5 pagi? Karna penerbangan kami jam 7.30 menuju narita airport. Mohon referensinya. Trims pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau mengejar dengan naik kereta, sepertinya tidak mungkin, sebab naik kereta pertama pun akan tiba jam 06.08 di Itami Airport.
      Kalau naik bus Limousine langsung dari Namba Station pun, perjalanan paling awal jam 05.50 dan sampai di Itami Airport 06.15. Salam

  10. Malam mas N, Rencana saya mau ke tokyo dari itami osaka, dan kembali lagi dari tokyo ke kansai 3 hari berikutnya, supaya saya tidak repot apakah bisa mengirim koper dari itami osaka ke osaka kansai, namun diambil 3hari berikutnya, kira2-kira biaya koper besar berat 20 – 25 kg berapa ya pak.. terimakasih, salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk detailnya saya juga kurang tahu bu, mungkin sekitar 2000-3000 yen. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!