Osaka Castle

Home / Castle / Osaka Castle
Item image

Osaka Castle atau Istana Osaka adalah istana yang terletak di bagian barat kota Osaka. Kita bisa dengan mudah mencapainya dari pusat kota Osaka dan kemudian menikmati pemandangan dan kesejukan taman sambil menuju ke bangunan utama Osaka Castle. Kalau teman-teman berlibur ke Osaka, jangan lupa untuk berkunjung ke Osaka Castle ini. Osaka Castle merupakan istana kerajaan Jepang pada awal abad ke 16. Meski disebut istana, tempat ini sebenarnya merupakan sebuah museum modern yang menceritakan perjalanan Toyotomi Hideyoshi, sang pendiri istana yang semasa hidupnya adalah penguasa di daerah Osaka. Jika naik ke lantai teratas, kita bisa melihat pemandangan Kota Osaka yang megah dari ketinggian.

Kegiatan Wisata di Osaka Castle

1. Melihat panorama kota dari puncak Osaka Castle

Walaupun menaranya adalah hasil rekonstruksi (dilakukan pada 1931 dengan sumbangan dari masyarakat Kota Osaka), masih ada kurang lebih 13 bangunan di dalam kompleks istana ini yang merupakan bangunan asli. Di antaranya adalah sumur Kinmeisui dan Kinzo Storehouse yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan emas dan perak. Beberapa dinding perlindungan di sekeliling Osaka Castle juga bangunan asli dan digolongkan sebagai dinding baru terbesar di Jepang.

Area menarik di Osaka Castle adalah diorama yang terletak di lantai 7 yang berisi 19 scenes kehidupan Hideyoshi Toyotomi atau disebut Karakuri Taikoki. Ceritanya disajikan dalam bentuk layar televisi bersambung yang menyala tiap kali penonton melihat ke dalamnya. Kita juga bisa naik ke puncak Osaka Castle dan melihat area taman dan pemandangan kota Osaka dari ketinggian.

Osaka Castle

Pemandangan dan panorama Osaka Castle

2. Hanami Musim Semi di Taman Nishinomaru dan bunga lainnya

Puas berkeliling ke area bangunan kastil, teman-teman bisa mampir ke Taman Nishinomaru di sekeliling kastil. Di musim semi (sekitaran awal April), kita bisa bergabung dalam hanami dan melihat keindahan sekitar 600 pohon bunga sakura bersama dengan penduduk lokal. Di musim semi, kita juga bisa menyaksikan light up sakura, di mana pohon-pohon bunga sakura diterangi lampu-lampu sorot dan membuat tempat ini makin cantik di malam hari. Selain itu, kita juga beristirahat sejenak di bangunan yang sering digunakan untuk upacara minum teh. Pada malam hari, ada event light up bunga sakura di Taman Nishinomaru yang berlangsung pada tanggal 23 Maret hingga 14 April 2019, mulai dari pukul 18.00-21.00.

Light up bunga sakura di Osaka Castle

Light up bunga sakura di Osaka Castle

Bunga Ume atau bunga plum mekar pada akhir bulan Februari hingga bulan Maret di Taman Plum di sisi timur Osaka Castle. Bunga sakura berada di Taman Nishinomaru Osaka Castle dan mekar pada pertengahan bulan Maret hingga awal April. Bersamaan dengan bunga sakura, kita juga bisa melihat bunga peach (momo dalam bahasa Jepang). Taman bunga peach berada di sisi utara Osaka Castle, di belakang Osakajo Hall. Di musim panas, kita bisa melihat bunga Hydragea (ajisai dalam bahasa Jepang). Taman bunga Hydragea berada di sisi selatan dekat Kyoikuto Memorial Tower. Di musim gugur, kita bisa melihat pohon ginkgo di sisi timur, mulai dari Omoide No Mori yang ada di seberang Osaka Business Park, sampai ke Osakajo Hall, Shimin No Mori, hingga ke Morinomiya Station sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

3. Naik kapal wisata Gozabune

Buat teman-teman yang punya sedikit waktu luang, bisa mencoba naik kapal wisata Gozabune. Dermaganya terletak di bagian utara Osaka Castle, dekat dengan Osakajo Hall. Kita bisa naik kapal wisata Gozabune yang dihias ala Toyotomi Hideyoshi, penguasa kota Osaka yang terkenal, dan menyusuri bagian parit luar Osaka Castle selama kurang lebih 20 menit. Parit luar Istana ini sangat terkenal di antara kastil-kastil lainnya di Jepang. Itu karena Osaka Castle memiliki tembok batunya yang tinggi dan parit yang dalam, sehingga sangat sulit diserang oleh musuh. Kita bisa melihat arsitektur tembok batu dan Osaka Castle dari sudut pandang yang berbeda, dan tentunya bakalan jadi pengalaman tak terlupakan di Osaka.

Kapal wisata beroperasi pada bulan Maret hingga November, setiap hari mulai pukul 10.00-16.30. Kapal akan berangkat setiap 10-15 menit sekali. Biayanya 1.500 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk pelajar SD dan SMP. Namun jika teman-teman punya Osaka Amazing Pass, tiketnya jadi GRATIS!

Kapal wisata Gozabune di Osaka Castle

Kapal wisata Gozabune di Osaka Castle

Untuk mencapai dermaga kapalnya, teman-teman bisa naik kereta subway Tanimachi Line dan turun di Stasiun Tanimachi 4-Chome (Tanimachi Yonchome) lalu keluar di pintu exit 1B atau 9. Selain itu bisa juga naik kereta subway Tanimachi Line atau kereta Keihan Line dan turun di Temmabashi Station exit nomor 3.

Informasi Tambahan

Waktu berkunjung mulai dari jam 9.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk 600 yen untuk dewasa dan anak-anak gratis. Kalau teman-teman hanya ingin mengunjungi Taman Nishinomaru saja, akan dikenakan tiket masuk seharga 200 yen (atau 350 yen untuk musim hanami bunga sakura).

Tips Mengunjungi Osaka Castle

  1. Lebih baik mengunjungi Osaka Castle saat pagi hari. Karena perjalanan dari stasiun terdekat cukup jauh, lebih baik dilakukan saat suhu udara masih sejuk di pagi hari.
  2. Osaka Castle paling bagus dikunjungi saat bulan April kala bunga Sakura sedang mekar dan juga momiji musim gugur pada bulan November.
  3. Silakan coba mengenakan pakaian perang Jepang! Di dalam bangunan, selain ada museum yang menampilkan benda-benda bersejarah, ada juga photo booth dimana kita bisa mencoba mengenakan pakaian perang Jepang. Seru banget dong!
  4. Jangan takut naik ke tingkat paling atas. Buat teman-teman yang gak takut ketinggian, jangan lupa naik sampai tingkat paling atas Osaka Castle. Kita bisa lihat pemandangan taman hijau juga keindahan kota Osaka di kejauhan.

Akses Menuju Osaka Castle

Dari Stasiun Osaka, teman-teman bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 160 yen (tercover oleh JR Pass).

Dari Namba Station

Naik kereta bawah tanah Sennichimae Line menuju Stasiun Tanimachi Kyuchome, dan kemudian pindah ke Tanimachi line (Osaka Subway) menuju Stasiun Tanimachi Yonchome. Lama perjalanan sekitar8 menit dan biaya 240 yen.

Naik kereta Midosuji Line menuju Stasiun Motomachi. Dari Stasiun Motomachi naik kereta Chou Line menuju Stasiun Tanimachi Yonchome. Lama perjalanan sekitar 13 menit dengan ongkos 240 yen.

Dari Umeda Station di Osaka

Pertama jalan menuju Stasiun Higashi Umeda dan kemudian naik kereta Tanimachi Line menuju Stasiun Tanimachi Yonchome. Lama perjalanan sekitar 13 menit dan biaya 240 yen. Waktunya 11 menit dengan ongkos 240 yen.

Dari Kansai Airport

Bisa naik kereta rapid JR atau kereta ekspress Haruka sampai Tennoji Station. Dari Tennoji Station, kemudian bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dan turun di Stasiun Osakajokoen. Semua ongkos keretanya tercover oleh JR Pass.

Informasi lebih lanjut : www.osakacastle.net/english/

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

IM Guest House
3 km away
from ‎¥2114/night
Business Inn Sennichimae
3 km away
from ‎¥4550/night
Nisshin Namba Inn
4 km away
Nisshin Namba Inn
from ‎¥6700/night
Picnic Hostel Osaka
4 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kaiyukan Osaka
10 km away
ikan hiu paus di kaiyukan
Orange Street Osaka
3 km away
Pintu masuk Tachibana Orange Street Osaka
Taman Nakanoshima
2 km away
Musim gugur di Taman Nakanoshima
Namba Osaka
3 km away
Suasana Namba Osaka di malam hari

Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4Blogspot 1, Blogspot 2, Ether Huang, Reginald Pentinio


Recommended for you


Last modified: March 3, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Jean
2016-05-29 07:20:41
Bagus istananya
Bernard
2016-05-28 05:36:10
Osaka castle harus dikunjungin saat di osaka!
nihon daisuki
2014-09-25 10:35:32
Osaka Castle keren!

Close Comments

Comments (107)

  1. Dear Pak Nugroho,

    Terimakasih informasinya pada komentar saya di Artikel tentang Shirakawago. Seperti saran bapak, agak sulit menuju shirakawago dari Nagoya maka saya coba ubah itinerary saya.
    Mohon masukan Pass apa saja yang harus saya beli dan ada beberapa pertanyaan lainnya dibawah ini. Itinerary :

    Day 1 : Tiba di Kansai insyaAllah pukul 21.20 -Langsung menuju penginapan di Osaka (Baiknya cari penginapan didekat Osaka Station atau Shin-Osaka Station?)
    Day 2 : Umeda Sky Building, Tsutenkaku Tower, Namba Area, Osaka Castle
    Day 3 : Universal Studio
    Day 4 : Universal Studio (Kelebihan ga pak kalau 2 hari?)
    Day 5 : Fushimi Inari Shrine dan Arashiyama Bamboo Groove (Memungkinkan kah PP saja dari Osaka ke-2 tempat tersebut)
    Day 6 : Dari Osaka Menuju Shirakawago lewat Kanazawa, Menginap 1 malam di Shirakawago
    Day 7 : Dari Shirakawago menuju Nagoya
    Day 8 : Legoland Nagoya
    Day 9 & 10 : Dari Nagoya menuju Osaka. Namun Belum ada destinasi (Adakah saran destinasi wilayah osaka/kansai/kyoto dan lebih baik menginap di Osaka atau dekat Kansai karena Day 11 Flight jam 11 Pagi?)
    Day 11 : Kansai-Jakarta

    Mohon bantuannya, Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk hotel jika bisa cari di sekitaran Osaka (Umeda) karena ada banyak tempat makan dan tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki.
      2. Sepertinya kelebihan pak kalau mai di USJ 2 hari, bapak bisa coba coba ke Kobe atau Kyoto (Kiyomizudera dan Gion).
      3. Menginapnya di sekitaran Namba saja pak, jadi bisa keliling2 cari oleh-oleh di malam terakhir. Ada kereta Nankai dari Namba pagi hari (bisa jalan jam 8 pagi saja untuk flight jam 11). Salam.

  2. Met malam mas Nugroho..saya rencana ke Jepang tgl 5 April 2019 tiba di Narita jam 16.25 dan beli JR pass, rencana akan menginap di hotel Plaza Osaka 532-0025 Yodogawa Ward, Yodogawa-ku Shin-Kitano 1-9-15:
    1. Mohon infonya kereta apa utk menuju hotel saya di Osaka yg tercover JR pass?
    2. Dari hotel kalau mau menuju Dotombori naik apa?
    3. Dari hotel kalau mau menuju Osaka castle naik apa?
    4. Dari hotel kalau mau menuju Kyoto, Kanazawa, Hiroshima, Tokyo harus lewat stasiun Shin Osaka? dari hotel naik apa ya mas menuju stasiun Shin Osaka?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Narita Airport ibu bisa naik Narita Express sampai ke Tokyo, kemudian naik shinkansen sampai ke Shin Osaka, lalu naik kereta JR sampai ke Osaka, dan naik kereta Hankyu menuju ke Juso Station. Dari Juso Station, bisa jalan kaki menuju ke Hotel Plaza Osaka.
      Dari hotel ibu bisa jalan menuju ke Juso Station, lalu naik kereta Hankyu Line sampai ke Umeda Station, dan naik subway Midosuji Line sampai ke Namba Station. Dari Namba Station bisa jalan menuju ke Dotombori. Untuk jalan ke Osaka Castle, bisa jalan menuju ke Juso Station, lalu naik kereta Hankyu Line sampai ke Umeda Station, dan naik JR Osaka Loop Line sampai ke Osakajo Koen Station. Untuk perjalanan ke Hiroshima, Tokyo harus lewat stasiun Shin Osaka. Kalau ke Kyoto dan Kanazawa bisa lewat Osaka Station.
      Dari Hotel bisa naik kereta Hankyu Line sampai ke Umeda/ Osaka Station.

    • Wah maturnuwun infone mas..kereta2 di atas tercover semua oleh JR pass ya?

      Maaf boleh nanya lg ya mas..tgl 8 April sy rencana dr hotel Plaza Osaka akan menuju Tokyo & menginap di Candeo Hotels Ueno Park, 110-0003 Tokyo Prefecture Taito-ku Negishi 1-2-13 dan masih menggunakan JR pass, mhn infonya:
      1. transportasi yg efisien dari hotel Plaza Osaka menuju Candeo Hotels Ueno Park/CHUP?
      2. Dari CHUP kalau mau menuju Gala Yuzawa naik apa?
      3. Dari CHUP kalau mau menuju Mt Fuji Kawaguchiko naik apa?
      4. Dari CHUP kalau mau menuju pasar ikan Tsukiji/Tsukiji Hongan-ji kuil & Ginza naik apa?
      5. Dari CHUP ke taman Ueno tinggal jalan kaki ya?
      6. Dari CHUP ke stasiun Tokyo naik apa?
      Banyak terima kasih ya mas..maaf mdh2an tidak bosen ditanyai

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Seluruh kereta jalur Hankyu dan subway tidak tercover oleh JR PASS.
      Dari Candeo Hotels Ueno Park, ibu bisa jalan ke Uguisudani Station, kemudian ibu bisa naik kereta JR Yamanote Line ke Ueno Station, kemudian naik Joetsu Shinkansen sampai ke Gala Yuzawa.
      Untuk perjalanan ke Fuji Kawaguchiko bisa naik JR Yamanote Line sampai ke Shinjuku, kemudian lanjut naik kereta ke Stasiun Kawaguchiko.
      Perjalanan ke pasar ikan Tsukiji/Tsukiji Hongan-ji kuil & Ginza, bisa naik kereta JR Yamanote Line ke Ueno Station, kemudian subway Hibiya Line sampai ke Ginza Station atau Tsukiji Station. Dari hotel cukup jauh ke Taman Ueno, ibu bisa kereta JR Yamanote Line ke Ueno Station.
      Untuk ke Tokyo Station, kereta JR Yamanote Line ke Tokyo Station Station

  3. Selamat sore Pak

    Apakah Kansai Thru Pass dapat digunakan untuk mengunjungi Osaka Castle?
    Saya membaca ada Osaka Amazing Pass, yang manakah yang lebih gampang digunakan Osaka Amazing Pass atau Kansai Thru Pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Penggunaannya untuk jalur kereta subway sama saja, Osaka Amazing Pass mengcover ongkos subway dalam kota Osaka termasuk tiket masuk tempat wisata. Sementara Kansai Thru Pass mengcover seluruh ongkos kereta Non-JR di wilayah Kansai (Osaka, Kobe, Nara, Kyoto). Ibu selama di Osaka mau kemana saja? Kalau hanya sedikit, bisa menggunakan kartu ICOCA saja. Salam.

    • Hanya di sekitar Osaka Castle, Dotonburi saja Pak selama di Osaka. Apakah ICOCA juga mengcover transport dari Bandara Kansai ke Shin-Osaka Station? Dan dari Shin-Osaka Station ke Kyoto Station. Dan apakah ICOCA juga mengcover perjalanan dengan subway di Kyoto?
      Mohon info juga Pak apakah kita perlu menginap di Kyoto jika ingin mengunjungi Fushimi Inara, Kiyomizu Dera, Gion dll.

      Maaf Pak banyak pertanyaan.

      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, kartu ICOCA itu seperti kartu e-money di Indonesia, bisa gidunakan untuk membayar bus atau kereta. Kalau hanya ingin mengunjungi Fushimi Inari, Kiyomizudera, dan Gion, bisa kok dari Osaka, hanya naik kereta 30 menit saja. Salam.

  4. sore Pak..
    Apakah dengan membeli Tokyo osaka hokuriku arch pass, pada saat kita menuju osaka apakah bisa menggunakan Shinkansen Hikari?
    Jika tidak, kereta pa yg tercover hokuriku pass?

    terimakasih

    • Kusnandar  |  

      Pak, berapa lama selisih waktu perjalanan tokyo – osaka jika kita menggunakan Hikari dan Hokuriku? Apakah dengan Hikari jauh lebih cepat?
      Jika kita memiliki JR pass, apakah sudah mengcover tokyo-karuizawa (by hokuriku)
      Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Hikari jauh lebih cepat sekitaran 3 jaman. Jika memiliki JR PASS, ongkos Hokuriku Shinkansen juga sudah tercover. Salam

  5. Selamat malam
    Saya berencana ke jepang dengan itinerary sebagai berikut :
    1. Osaka : osaka castle, old farm house museum, namba, dotonbori
    2. Osaka ke tokyo
    3. Tokyo sekitar
    4. Gala guzawa
    5. Tokyo- shirakawago
    Baiknya pass yg mana yg saya gunakan? Terimakasih

    • Untuk keliling kota tokyo cukup ya dengan Jr pass juga atau saya perlu membeli tokyo wide pass atau tokyo subway pass? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Yang jelas tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass, malah jadi double area coverannya dengan JR PASS.
      Hotel ibu di Tokyo daerah mana ya? Lalu rencana mau kemana saja tempat wisata yang ingin dikunjungi? Salam

    • hotel di tokyo di derah shibuya, rencana mau ke disneyland, sanrio puroland, ueno park, sensoji temple, imperial palace

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!