Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass

JR Kansai Area Pass atau lebih sering disebut dengan Kansai Pass adalah tiket spesial yang digunakan khusus untuk naik kereta dan bus JR di wilayah Kansai. Kansai Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari, temporary visitor visa) atau orang Jepang asli yang sedang berada di luar negeri. Area yang tercover hampir sama dengan Kansai Thru Pass (KTP). Namun, kalau KTP mengcover ongkos kereta non-JR, JR Kansai Area Pass ini mengcover ongkos kereta JR di seluruh wilayah Kansai

Di mana membeli Kansai Area Pass?

Kansai Area Pass bisa dibeli saat teman-teman tiba di Jepang, antara lain di tempat-tempat berikut ini:

  1. Pusat Informasi Turis Kansai di Bandara Kansai
  2. Stasiun Kyoto, Saga-Arashiyama
  3. Stasiun Osaka, Shin-Osaka, Tennoji, JR-Namba, Shinimamiya, Bentencho, dan Nishikujo
  4. Stasiun Kobe, Shin-Kobe, dan Sannomiya
  5. Stasiun Nara
  6. Stasiun Himeji

Selain itu, JR Kansai Pass bisa dibeli langsung secara online di website Japan-Rail-Pass, atau melalui agen travel di Indonesia. Jika membeli di Jepang, harganya sedikit lebih mahal ketimbang membeli secara online sebelum tiba di Jepang (sekitar 100-200 yen, lumayan kan?). Saat membeli secara online, teman-teman akan mendapatkan voucher untuk kemudian bisa ditukarkan dengan Kansai Pass setibanya di Jepang.

Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass
Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass

Kereta-kereta yang tercover dengan Kansai Area Pass

  1. Kereta limited ekspress (non-reserved) Haruka yang menghubungkan Bandara Kansai dengan Stasiun Tennoji dan Shin-Osaka, dan Stasiun Kyoto. Jika ingin naik kereta reserved, teman-teman harus membayar tiket tambahan.
  2. Seluruh kereta lokal di wilayah Kansai, meliputi wilayah Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Wakayama, Otsu dan Hikone, lalu Himeji, dan juga Iga-Ueno.
  3. Cocok untuk perjalanan dari Kansai Airport, Objek Wisata di Nara, objek wisata Osaka seperti Tennoji dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan, Taman Tempozan dan area Umedaobjek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama, Istana Nijo, kota Tsuruga, Kuil Hikone, dan Danau Biwa di Prefektur Shiga, kota Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo, lalu ke Wakayama dan Museum Ninja di Iga.

Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass
Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass

Harga JR Kansai Area Pass

  • Tiket terusan 1 hari berurutan: 2,300 yen (dewasa), anak <12 tahun 1,150 yen
  • Tiket terusan 2 hari berurutan: 4,500 yen (dewasa), anak <12 tahun 2,250 yen
  • Tiket terusan 3 hari berurutan: 5,500 yen (dewasa), anak <12 tahun 2,750 yen
  • Tiket terusan 4 hari berurutan: 6,500 yen (dewasa), anak <12 tahun 3,250 yen
  • Jika beli secara online sebelum datang ke Jepang akan ada potongan 100-200 yen dari harga di atas

Bagaimana cara menggunakan JR Kansai Area Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass dan pass kereta lainnya yang ada di Jepang, teman-teman cukup menunjukkannya kepada petugas melalui pintu manual masuk ke peron stasiun.
  2. Masa aktif pass kereta ini dihitung dari kereta pertama sampai kereta terakhir dalam satu hingga empat hari berurutan, bukan 24 jam. Oleh karena itu, ada baiknya teman-teman memulai perjalanan pagi-pagi sekali.

Hitung-hitungan ala Tim Info Jepang

Penggunaan JR Kansai Area Pass baru akan bisa balik modal jika teman-teman bepergian jarak jauh di wilayah Kansai. Kalau hanya bepergian di Osaka, Kyoto, Kobe, dan Nara, akan sulit balik modal. Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hanshin Tourist Pass atau Hankyu Tourist Pass yang lebih murah dan efisien mengcover ongkos kereta.

Beberapa ongkos rute favorit di Kansai sebagai perbandingan:

  • Stasiun Shin-Osaka – Bandara Kansai, ongkosnya 2.330 yen.
  • Stasiun Osaka – Stasiun Kyoto, ongkosnya 560 yen
  • Stasiun Kyoto – Bandara Kansai, ongkosnya 2.850 yen.
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Sannmiya Kobe, ongkosnya 1080 yen
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Nara, ongkosnya 690 yen
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Himeji, ongkosnya 2.270 yen
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Hikone di Prefektur Shiga, ongkosnya 1.140 yen
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Wakayama, ongkosnya 1.840 yen
  • Stasiun Kyoto – Stasiun Iga-Ueno, ongkosnya 1.140 yen

JR Kansai Area Pass memberikan kenyamanan perjalanan jauh dengan kereta JR ekspress yang lebih cepat daripada kereta private yang dicover Kansai Thru Pass. Namun, jika  teman-teman ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota Kyoto dan Osaka, akan jauh lebih menguntungkan dengan Kansai Thru Pass karena memiliki area coverage yang lebih padat dan luas.

Kalau teman-teman ingin mengunjungi Okayama, Kanal Kurashiki, Kinosaki Onsen, atau Bukit Pasir Tottori, sebaiknya membeli JR Kansai Wide Pass yang mencakup area Kansai Area Pass ditambah ongkos ke tempat-tempat tersebut. Harganya 9.000 yen untuk 5 hari penggunaan berurutan.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ark Hotel Osaka Shinsaiba
Ark Hotel Osaka Shinsaibashi
from ‎¥6400/night
APA Hotel Tennoji-Ekimae
APA Hotel Tennoji-Ekimae
from ‎¥8000/night
Hotel MyStays Sakaisuji-H
from ‎¥5839/night
Osaka Guesthouse Sakura
from ¥4552/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Nakanoshima
Musim gugur di Taman Nakanoshima
Observatorium Sakishima O
Observatorium Sakishima Osaka pada malam hari
Hozenji Yokocho
Gang sempit di Hozenji Yokocho Osaka
Kids Plaza Osaka
Suasana di dalam Kids Plaza Osaka

Recommended for you

Last modified: March 17, 2018

Comments (30)

  1. siang pak,mohon infonya
    tgl 18 okt sampai 22 okt ada ada trip ketokyo,tapi saya extend sampai tgl 25 okt pulang melalui bandara kansai.kiranya saya perlu beli tiket apa dr tokyo untuk keosaka?dan diosaka saya perlu beli tiket apa untuk menghemat biaya.apa dan ada hotel yg recomend diosaka ?

  2. Sore Pak Chris, mohon advise kalau itin saya sebagai berikut apakah lbh baik pakai JR pass atau beli pass per area saja?
    Day 1-2: Tokyo – Hakone
    Day 2-4: Hakone – Osaka (USJ, Osaka Castle, dontonburi, dan sekitarnya)
    Day 4-7: Osaka -Kyoto (arahshiyama, Kiyomizudera, kibune, tdpt trip ke kobe pp in a day)
    Day 7-9: Tokyo ( Shinjuku, Shibuya, Ginza)

    Terima kasih bantuannya Pak, God Bless your kindness

  3. Junita Sitompul  |  

    Pak christian,
    Saya ada bissnis trip ditokyo 5 hari (endorse Principle) nah extend 3 hari 2 hari dikyoto dan sehari diosaka dan pulang ke jkt dari KIX. pertanyaan saya selama dikyoto dan osaka transportasi apa yg low fare? (kyoto -osaka )pgn pakai kereta saja dan dari mana naiknya dari osoka ke KIx? Terima kasih

  4. Pagi pak Christian, saya pakai Kansai wide pass ,apakah tercover Shin osaka- Kyoto naik shinkansen? .mau tanya juga kalau mau ke amanohashidate dari shinosaka bisa ngak ,( rute terpagi) apa saya harus transit dulu di sta.fukuchiyama. maaf ya pertanyaan nya banyak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Shinkansen Kyoto-Shin Osaka tidak tercover dengan Kansai Wide Pass.
      Dari Shin Osaka pasti harus ganti kereta di Fukuchiyama Pak. Salam

  5. Halo pak, sy ingin bertanya, spt yg saya baca di ulasan keliling wilyh kansai dgn JR kansai area pas dimana disitu disebutkan jika hny keliling Osaka,kyoto,kobe dan nara akan sulit balik modal jika menggunakan JRkansai area pass, dan disarankan menggunakan Hansin/Hankyu pass, yg ingin ditnyakan adalah jika sy ingin mengunjungi rute tsb (osaka,kyoto,kobe & nara) + pulangnya ke kansai airport, apakah Hankyu/Hansin mencover kereta ke kansai juga? dan jika sy mau keliling kota osaka nya berarti saya harus membeli 2 kartu yakni kartu hansin/hankyu plus OAP (osaka amazing pass) apakah betul begitu pak? terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      baik pass Hankyu/Hansin tidak mengcover ongkos kereta ke Kansai. Hankyu dan Hanshin area coveragenya juga terbatas, mohon ibu perhatikan, karena pass itu hanya bisa digunakan untuk naik kereta Hankyu (Kobe-Osaka-Kyoto) saja atau Hanshin (Kobe-Osaka) saja. Saran saya, ibu membeli kartu ICOCA+Haruka saja. Lalu Osaka Amazing Pass bisa digunakan untuk seharian keliling Osaka.

    • adeline  |  

      Jika saya sudah memiliki kartu Pasmo/Suica (krn sy tiba di Jepang awalnya adalah mendarat di Tokyo, pulang nya dari Osaka) bisa disandingkan dengan Haruka?, Jika tidak bisa, sebaiknya ketika tiba di Osaka saya membeli kartu apa? (untuk rute Osaka-Kyoto-Kobe-Nara) + kansai airport. Trims pak.

  6. pagi pak nugroho,kalau saya ingin k adventure world d wakayama apakah bs pakai jr kansai pass?lalu apakah itu mengcover juga kereta kuroishi panda yg k adv world tsb? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk perjalanan ke arah Adventure World Wakayama harus menggunakan Kansai Wide Area Pass. JR Kansai Area Pass tidak mengcover.
      Kereta Kuroiso tercover oleh Kansai Wide Area Pass. Salam

  7. Mas N,, maaf mau tanya lagi.. kalau aku beli JR Kansai Area pass, apa pass tsb sudah termasuk kereta osaka subway.. karena tertulisnya JR Osaka Subway.. mohon petunjuk..
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak tercover bu Desiana. Kansai Area Pass itu hanya mengcover kereta JR saja. Salam.

  8. Siang mas N.. Maaf mau tanya takut aku salah persepsi..
    apakah JR Kansai Pass mencakup kereta JR Kosei menuju stasiun Shiga..?.
    terimakasih.. salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ya tercover bu. Pass ini mengcover ongkos kereta JR ke Otsu dan Hikone di Prefektur Shiga. Salam.

  9. Halo Pak Nugroho, website anda di highly recommended. Kalau boleh saya tanya: apa saya perlu beli JR pass dengan itinerary berikut ini: Kansai international (1malam), koyasan (1), osaka (2), hiroshima/miyajima (1), kyoto (2), hakone (1), kamakura (1), disneyland and sea (1), tokyo (4) dan Narita airport total 14 hari

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Karena ada perjalanan ke Hiroshima dan juga ke Tokyo, bisa mempertimbangkan menggunakan JR PASS. Salam

  10. Pak Nugroho, mohon tanya lagi untuk kartu yang lebih cocok saya beli jika saya mempunyai itinerary keliling osaka – Nara – Kobe dan Kyoto sbb :
    Hari 1 : Tiba di Itami Intl Airport – penginapan sekitar Namba Station
    Hari 2 : Kuromon Market, Osaka Castle dan Kaiyukan Aquarium
    Hari 3 : Universal Studio Japan
    Hari 4 : Nara (Taman Nara dan Patung Budha Todaiji) dan Kobe (Istana Himeji, Shin Kobe Ropeway dan Sannonmiya)
    Hari 5 : Kyoto (Arashiyama, Ginkakyu, Kinkakyu, Fushimi Inari, Gion dan Kiyomizudera)
    Hari 6 : Berangkat ke Takayama

    Terima kasih.

    • ciu ping  |  

      Pak Nugroho, menyambung emiail sebelumnya mengenai lanjutan setelah Takayama :
      Hari 6 : Berangkat ke Takayama
      Hari 7 : Main ke Shirakawago dan lanjut ke Nagano
      Hari 8 : Main ke Jigokudani Monkey Park dan Resort Ski Karuizawa
      Hari 9 : Tokyo (Shinjuku – Shibuya – Ginza)
      Hari 10 : Mt. Fuji
      Hari 11 : Disney Sea
      Hari 12 : Yokohama – Odaiba – Asakusa
      Hari 13 : Tokyo
      Hari 14 : Haneda Intl Airport balik Jakarta

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan membeli JR Pass saja, digunakan dari hari ke-4 sampai hari ke-10. Ada baiknya rencana ke Kyoto (day 5) dibalik dengan rencana ke Nara dan Himeji (day 4) supaya area dan time coverage JR bisa tercover lebih maksimal. Salam.

  11. Pagi pak Nugroho.. kalau kita sudah punya Suica card apakah masih perlu Kansai Thru Pass utk keliling Osaka dan Kyoto ? Terima kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Tergantung Deci mau kemana saja. SUICA itu hanya pengganti uang tunai (tidak ada potongan harga sama sekali). Namun, Kansai Thru Pass tidak tepat digunakan kalau hanya keliling Osaka dan Kyoto. Salam.

  12. Halo Pak Nugroho, terima kasih artikel dan jawaban2 Bapak sangat membantu (walaupun saya belum sempat menyimak semua topik).
    boleh dibantu pak untuk itinerary kami, untuk “transportasi”-nya sebaiknya menggunakan apa, bila ingin menggunakan yang paling ekonomis tapi juga efisien?

    rencana kami adalah sbb :

    hari 1 (10/02/18) : mendarat di Haneda pukul 21.40, langsung ke penginapan (menggunakan bus T-CAT)
    hari 2 (11/02/18) : Tokyo city tour (Ginza, Shibuya, Shinjuku, Asakusa, dll dsb)
    hari 3 (12/02/18) : mount Fuji, Chureito, Kawaguchi-ko (PP saja)
    hari 4 (13/02/18) : DisneySea
    hari 5 (14/02/18) : pindah ke Osaka siang hari (bisa separuh Tokyo separuh Osaka, bisa Osaka lebih banyak waktunya)
    hari 6 (15/02/18) : Kyoto City Tour (pulang ke Osaka)
    hari 7 (16/02/18) : Osaka city tour (Shinsaibashi, Dottonbori, yang jalan2 ringan saja cari pernak-pernik)
    hari 8 (17/02/18) : Osaka hingga siang, lalu tengah malam kembali ke Jakarta dari KIX.

    Kami menghindari penggunaan JR Pass karena tidak banyak pindah kota. Bus juga tidak mengingat waktunya banyak terpotong.
    Untuk destinasi2 tujuan kami tersebut, tiket/pass apa yang sebaiknya kami gunakan Pak?
    mohon pencerahannya :)

    terima kasih sebelumnya, sukses selalu untuk team Info Jepang.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu membeli Pass kereta sama sekali, putri bisa naik kereta shinkansen dengan tiket kereta ketengan, dipadukan dengan penggunakan SUICA/Pasmo untuk naik kereta di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Salam.

    • Terima kasih atas jawabannya Pak, kalau untuk PP ke mount Fuji, bukankah lebih boros kalau pakai ketengan pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Dengan atau tanpa JR PASS, ongkos kereta PP ke Kawaguchiko berbeda 4500 yen. Jadi masih lebih murah membeli tiket satuan plus sekali shinkansen daripada beli JR PASS.
      Atau ibu bisa naik bus PP dari Tokyo ke Fuji Kawaguchiko, jatuhnya lebih murah 3500 yen, dan lebih praktis. Salam

  13. Selamat siang pak ,
    saya dan kel rencana ke jepang 24 nov selama 9 hari 8 mlm bersama 2 anak sy
    Rencana mau explore tokyo dan osaka
    Tiket saya Jkt – haneda – jkt
    Pertanyaan saya :
    1. Apa perlu kami perlu membeli JR pass utk ke osaka dan kembali lag nanti ke tokyo ?
    2. Apa perlu kami membeli suica card / pasmo di tokyo atau pass nanti di osaka ?
    3. Untuk ke mt fuji kita sebaiknua berangkat dr atau pas nanti sekalian mau jalan ke osaka ?
    4. Anak2 mau maen salju , apakah sdh ada resort salju yg buka untuk sekedar bermain ya ?
    5. Ada contoh itinerary yg child friendly ya pak untuk tokyo osaka 8 hari , mengingat kita akan ada waktu seharian di Disneyland ?
    6. Adakah rekomendasi hotel pak yg kira2 gak terlalu panjang perjalanan mengingat kita membawa anak dan stroller di tokyo dan osaka ? Untuk kita keliling tokyo maupun osaka
    7. Apakah suhu udara di jepang pd 24 nov mendatang cukup dingin kah pak ?
    Terimakasih pak atas bantuan infonya,
    Have a nice day 🙂

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau ada rute PP Tokyo-Kyoto-Tokyo, sudah akan balik modal dengan JR Pass.
      2. Bisa bu, untuk membayar ongkos kereta yang tidak tercover oleh JR Pass (bisa untuk belanja atau naik kereta subway juga)
      3. Bisa day-trip dari Tokyo, bisa juga langsung ke Osaka (namun lebih ribet karena harus bawa dan titip-titip koper).
      4. Ibu bisa ke Karuizawa atau Snow Town Yeti.
      5. Silahkan membaca Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari atau Tokyo Osaka Kawaguchiko 8 hari.
      6. Saya sudah menyediakan hotel-hotel terbaik dan dekat dengan Stasiun Osaka atau Stasiun Ueno. Ibu bisa langsung cek di bagian rekomendasi hotel.
      7. Suhunya sudah mencapai 10-12 derajat di malam hari, dan sekitar 18-20 derajat di siang hari. Buat orang indonesia, sudah cukup dingin, pastikan bawa jaket dan sarung tangan. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!