Namba Osaka

Home / Attraction / Namba Osaka
Item image

Distrik Namba atau yang sering disebut sebagai Minami terletak di bagian selatan (minami) Kota Osaka. Area ini dikenal menjadi pusat bisnis, ekonomi, dan juga pusat hiburan di Osaka sejak akhir perang dunia kedua. Begitu pentingnya distrik ini, maka mayoritas kereta yang menuju ke Bandara Kansai pasti melalui Stasiun Namba (jalur kereta Nankai Namba dan jalur kereta JR Namba). Selain itu, ada beragam hotel dan objek wisata yang bisa kita nikmati di Namba hanya dengan berjalan kaki. Beberapa berkata, mengunjungi Osaka belumlah lengkap jika belum berkeliling di Namba. Di sini, teman-teman bisa berkeliling sambil belanja dan menyantap berbagai makanan khas Osaka yang lezat. Baca kisah perjalanan Tim Info Jepang mengunjungi Namba Osaka.

Kegiatan seru di Namba

Shopping atau belanja, makan, maupun berkeliling sambil cuci mata dan mengabadikan foto-foto adalah kegiatan yang Tim Info Jepang lakukan selama mengunjungi Namba. Namba memiliki suasana seperti Malioboro ditambah dengan Pasar Baru, di mana toko-toko tradisional berpadu dengan toko-toko modern dengan banyak pajangan dan aksesoris khas Jepang. Oiya, bagi yang ingin menginap di Osaka atau Kyoto, Tim Info Jepang juga menyarankan untuk mencari hotel di area Namba yang harganya per malamnya jauh lebih murah ketimbang yang ada di daerah Umeda atau Kyoto. Padahal untuk menuju Kyoto, kita cuma perlu naik kereta 30 menit.

1. Makan di Dotonbori Street

Bisa dibilang Dotonbori Street adalah pesona utama Namba. Dengan ratusan toko makanan, kita bisa berkeliling sambil melihat hampir seluruh makanan Jepang. Mulai dari takoyaki, sushi, sashimi, yakiniku, dan berbagai olahan hewan laut yang lezat. Dotonbori paling bagus dikunjungi sore hari menjelang malam, di mana kita bisa makan sambil melihat pemandangan lampu warna-warni di malam hari. Harga makanannya pun termasuk murah, sekitar mulai dari 1.000 yen (100 ribu) untuk menu makanan laut.

Dotonbori Street terkenal dengan ikon-ikonnya yang sangat terkenal. Seperti Mr. Glico Man, Kuidaore Taro (boneka badut yang sedang memukul drum), dan kepiting raksasa Kani Doraku Crab.

2. Tonbori River Cruise

Tidak jauh dari Dotonbori Street (hanya 5 menit berjalan kaki), teman-teman bisa merasakan pengalaman melihat daerah Namba sambil naik kapal menyusuri sungai Dotonbori. Kita akan dibawa menyusuri sungai Dotonbori selama 20 menit bersama dengan guide/ pemandu yang akan menjelaskan daerah Namba/ Minami bersama dengan sejarahnya. Tur ini tersedia setiap setengah jam sekali, mulai dari jam 1 siang sampai jam 9 malam (hari biasa), dan mulai dari jam 11 siang sampai jam 9 malam (akhir pekan).

Untuk bisa ikut serta Tonbori River Cruise, kita harus memesannya secara online, lalu menukarnya dengan di loket tiket di Dermaga/ Dok Tazaemon-bashi. Harga tiketnya 900 yen. Link terkait: reservasi Tonbori River Cruise.

Suasana Namba Osaka di malam hari

Suasana Namba Osaka di malam hari

3. Mengunjungi Kuil Hozenji

Kuil Hozenji ini tergolong kecil dan tidak memiliki bangunan dan taman-taman yang indah. Inilah yang membuat saya bertanya-tanya, mengapa kuil ini selalu ramai dengan pengunjung? Tripadvisor bahkan menyebutnya sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi di Osaka.

Ternyata pesona kuil ini baru terasa saat kita menyusuri jalan menuju kuil di mana ada berbagai toko dan restoran di sisi kiri dan kanan. Selain itu, kita juga bisa melihat patung-patung Buddha dan hiasan/ lukisan kaligrafi Buddha yang dipasang di depan toko.

Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah restoran Meotozenzai yang terletak di tepi jalan menuju Kuil Hozenji. Menjelang perang dunia kedua, seorang penulis terkenal menceritakan kisah mengenai Ryukichi dan Choko yang mengunjungi Meotozenzai di Hozenji, dengan tagline yang terkenal dan tersebar seantero Jepang, yakni “Menjadi pasangan lebih baik daripada seorang diri.”

4. Berbelanja di Shin-Shaibashi

Berjalan ke arah utara dari Sungai Dotonbori, jangan lupa mengunjungi Shin Saibashi yang adalah pusat perbelanjaan paling tua dan paling ramai di Osaka. Suasana dan bentuknya mirip dengan Pasar Baru yang ada di Jakarta, di mana toko-toko berjejer di kiri dan kanan jalan sepanjang hampir 700 meter. Di sini, kita bisa membeli beragam oleh-oleh, mulai dari pakaian (baik brand ternama maupun brand Jepang), lalu kimono, beragam aksesoris dan pajangan dinding, dan juga tas atau sepatu.

Akses menuju Namba

Ada banyak jalur kereta yang melewati Namba. Jika teman-teman dari Stasiun Osaka, atau dari Stasiun Umeda, bisa naik kereta Midosuji Subway Line dan turun di Stasiun Namba. Lama perjalanannya sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen.

Sementara itu, jika dari Stasiun Shin-Osaka (yang dilewati kereta Shinkansen dari Tokyo atau Kyoto), bisa naik kereta Midosuji Subway Line juga dan turun di Stasiun Namba. Lama perjalanannya sekitar 16 menit dengan ongkos 280 yen.

Jika dari Bandara Kansai, bisa naik kereta ekspress Nankai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen).

Cheap Hotels in Namba Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nisshin Namba Inn
1 km away
Nisshin Namba Inn
from ‎¥6700/night
Namba Hostel
2 km away
Namba Hostel
from ‎¥4500/night
Hotel Zipang
2 km away
Hotel Zipang
from ‎¥1950/night
Picnic Hostel Osaka
1 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Sumiyoshi Taisha
6 km away
Light up di Kuil Sumiyoshi Taisha
Namba Osaka
0 km away
Suasana Namba Osaka di malam hari
Taman Nakanoshima
3 km away
Musim gugur di Taman Nakanoshima
Museum Uang Logam Jepang
4 km away
lorong sakura di depan museum uang logam jepang

Sumber gambar: Flickr liu yu cheng


Recommended for you


Last modified: October 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (115)

  1. Selamat malam pak. kami sekeluarga (8 orang) rencana tgl 20 desember 2018 ke Osaka. Di Osaka nginap di apartemen Grandouce Sejour yg jaraknya kira2 1km dari Namba Station. Krn jaraknya yg jauh klo ditempuh dgn jalan kaki, mohon bantuan informasi kira2 transportasi apa yg bs kami gunakan? Dan kira2 brp biayanya?

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta subway Midosuji Line saja, dan turun di stasiun Daikokucho, jaraknya lebih dekat dari apartemen bapak, sekitar 600 meter atau 7 menit berjalan kaki. Salam.

  2. Pak Nugroho, untuk ke Namba dari universal city st (kami menginap di sekitar univ studio) bgmn ya rutenya…..apa bisa menggunakn hokuriku arch ?

    • Nugroho Christian  |  

      Harvi bisa naik kereta JR Yumesaki Line dari Stasiun Universal City, sampai Stasiun Nishikujo, dilanjut naik kereta JR Yamatoji Line sampai Stasiun Tennoji. Ongkosnya semua tercover dengan Hokuriku Arch Pass. Dari Stasiun Tennoji, bisa naik kereta Osaka Metro Midosuji Line sampai Stasiun Namba. Ini tidak tercover dengan hokuriku arch pass, kamu bisa gunakan kartu ICOCA atau beli tiket ketengan saja. Salam.

  3. pak, pagi kalau sebelum ke bandara KIX saya titip koper di Namba station bisa ga?ada loker besar? soalnya saya naik Nankai Line airport express untuk pesawat malam. thank you

  4. Malam Pak..
    Salam kenal. Rencana saya mau ke Osaka 5 hari termasuk 1 hari PP Kyoto. Hari ke 6 ke Tokyo selama 5 hari. Pulang dr Tokyo – Jkt.

    Apakah Bapak bisa jd guide online (by WA) selama saya di Japan? Saya sdh WA Bapak tadi siang. Mohon dibalas. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Sudah dibalas pesan WA nya mohon dicek ya bu. Salam

  5. malam pak..saya tiba di kansai jam 9.20 pagi….terus mau ke hotel di daerah namba ..dan mau keliling diosaka selama 2 hari lalu ke kyoto dan tokyo..kira2 saya harus beli kartu apa ya….
    kalo dr airport kansai ke hotel daerah namba sebaiknya pakai apa yang gampang

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Kansai Airport bisa naik kereta Nankai Line langsung menuju ke Namba Station.
      Untuk perjalanan di Osaka dan Kyoto mau kemana saja ya bu? Salam

  6. Siang Pak, apakah di Namba Station dijual tiket shinkansen dari Shin Osaka (bukan dari Namba Station) ke Kyoto? Jika ada didaerah mana ya?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bu, Namba itu stasiun kereta subway. Ibu bisa ke Stasiun Osaka, Tennoji, untuk memesan tiket kereta Shin-Osaka. Satu lagi, kalau hanya jarak dekat (Shin-Osaka ke Kyoto) sayang bu, bisa kok dengan naik kereta lokal. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bu, Namba itu stasiun kereta subway. Ibu bisa ke Stasiun Osaka, Tennoji, untuk memesan tiket kereta Shin-Osaka. Satu lagi, kalau hanya jarak dekat (Shin-Osaka ke Kyoto) sayang bu, bisa kok dengan naik kereta lokal. Salam.

  7. halo pak, maaf mau tanya, untuk tonburi river cruise apakah tidak bisa pakai osaka amazing pass on the spot di sana tanpa melakukan reservasi online terlebih dahulu, mengingat web di link reservasi nya dalam bahasa jepang he3 terimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk pemesanannya bisa kok on the spot, dengan menunjukkan Osaka Amazing Pass.
      Pemesanan lewat online itu kalau pesertanya banyak (diatas 20 orang). Salam

  8. Pak, mohon saran. Kami akan ke Jepang akhir November. Kembali ke Indonesia lewat Kansai, flight jam 9.00 pagi.
    1. Kalau menginap di sekitar Namba station apakah akses transport mudah dan cukup sering jadwalnya pak? Mohon saran lebih baik menginap di area mana pak?
    2. Kalau dari Namba sebaiknya naik apa?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bisa menginap di Namba kok, letaknya juga strategis berada di tengah-tengah kota Osaka.
      Untuk aksesnya ke Kansai Airport juga mudah kok bu, tinggal naik kereta Nankai Express 1 kali, seperti yang sudah dijelaskan di artikel di atas. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!