Berkeliling Kansai dengan Hanshin Tourist Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Berkeliling Kansai dengan Hanshin Tourist Pass

Jalur kereta Hanshin di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka dan Kobe. Buat teman-teman yang ingin mengunjungi kedua kota yang bertetangga ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hanshin Tourist Pass. Harganya yang lebih murah ketimbang JR Kansai Pass maupun Hankyu Tourist Pass memberikan kita kesempatan untuk berhemat. Berikut ini strategi dan tips perjalanan ke Osaka dan Kobe dengan Hanshin Tourist Pass.

Hanshin Tourist Pass

Hanshin Tourist Pass adalah pass kereta yang bisa digunakan untuk naik jalur kereta Hanshin secara tak terbatas. Teman-teman tidak perlu repot-repot membeli tiket setiap kali bepergian. Cukup tunjukkan Hanshin Tourist Pass, maka kita bisa berkeliling Osaka dan Kobe dengan mudah dan nyaman.

Hanshin Tourist Pass Stasiun kereta Hanshin Umeda

Hanshin Tourist Pass Stasiun kereta Hanshin Umeda

Di mana kita bisa membelinya?

Hanshin Tourist Pass bisa teman-teman beli di Pusat Informasi Turis Kansai di dalam Bandara Kansai dan Shin-saibashi, lalu di Stasiun Hankyu Umeda, Stasiun Amagasaki, Stasiun Koshien, Stasiun Mikage dan di Stasiun Hanshin Sannomiya Kobe. Selain itu, pass ini juga bisa dibeli di Hotel New Hankyu Osaka, Hotel Hanshin, Hanshin Travel Salon, dan juga di BIC Camera di Namba. Saat membeli pass kereta ini, teman-teman akan diminta menunjukkan paspor untuk membuktikan kunjungan singkat ke Jepang sebagai wisatawan. Pembayarannya hanya bisa dilakukan secara cash atau tunai. Pastikan teman-teman membawa uang tunai yang cukup. Untuk satu orang hanya bisa membeli 1 Hanshin Pass saja.

Berapa ya harganya?

  • Pass 1 hari: 500 yen (dewasa).

Rekomendasi Rute dengan Hanshin Tourist Pass

Stasiun Hanshin Umeda dan Namba di Osaka merupakan stasiun utama jalur kereta Hanshin. Sebagai catatan, Hanshin Tourist Pass ini baru akan untung jika teman-teman mengunjungi minimal 3 tempat wisata yang ada di jalur kereta Hanshin dan kereta Kobe Rapid Transit Railway Lines. Beberapa rute kereta rekomendasi yang menuju tempat-tempat wisata antara lain:

  1. Umeda ke Sannomiya Kobe, tiketnya seharga 320 yen, dapat ditempuh selama 30 menit.
  2. Osaka Namba ke Sannomiya Kobe, tiketnya seharga 410 yen, dapat ditempuh selama 40 menit.
  3. Osaka Namba ke Amagasaki, tiketnya seharga 330 yen, dapat ditempuh selama 14 menit.
  4. Osaka Namba to Ashiya, tiketnya seharga 380 yen, dapat ditempuh selama 27 menit.
  5. Osaka Namba to Nishinomiya, tiketnya seharga 360 yen, dapat ditempuh selama 24 menit.
rute kereta hanshin di kobe osaka

Rute kereta Hanshin di Kobe dan Osaka (tercover sepenuhnya dengan Hanshin Tourist Pass)

Tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Hanshin Tourist Pass

1. UMEDA OSAKA

Mengunjungi Umeda Osaka akan membawa kita kepada pengalaman kota modern dengan desain bangunan yang keren dan tertata rapi. Di sekitar Umeda, teman-teman bisa mengunjungi Umeda Sky Building, maupun pusat perbelanjaan khusus anak muda bernama HEP, dengan wahana HEP Ferris Wheel yang terkenal.

Naik kereta Hanshin dengan Hanshin Tourist Pass

Naik kereta Hanshin dengan Hanshin Tourist Pass

2. Namba Osaka

Beberapa berkata, mengunjungi Osaka belumlah lengkap jika belum berkeliling di Namba. Di sini, teman-teman bisa berkeliling dan menyantap berbagai makanan khas Osaka yang lezat, antara lain di Dotonbori Street, berbelanja pakaian dan aksesoris di Shin-Shaibashi, maupun mengunjungi Kuil Hozenji dan Hozenji Yokocho yang diklaim sebagai “tempat yang harus dikunjungi di Osaka” oleh Tripadvisor. Mau pengalaman yang unik? Teman-teman bisa mencoba pengalaman romantis menyusuri wilayah Dotonburi dari atas perahu dengan Tombori River Cruise.

Cheap Hotels in Namba and Umeda Osaka [More Hotels]

Hostel Mitsuwaya Osaka
from ¥3281/night
Hotel Zipang
Hotel Zipang
from ‎¥1950/night
Hotel Sakura
from ¥2329/night
Hotel Diamond
from ¥2223/night

(sponsored by Booking.com)

Hankyu Tourist Pass Umeda Station

Hankyu Tourist Pass: Umeda Station

2. GUNUNG ROKKO

Pemandangan malam dari puncak Gunung Rokko adalah yang terindah di Jepang bersama dengan pemandangan langit malam Gunung Inasa di Nagasaki dan pemandangan malam Gunung Hakodate. Setibanya di Stasiun Mikage, teman-teman bisa naik bus Kobe-Municipal Bus (ongkos bus tidak tercover dengan Hanshin Tourist Pass) sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko yang akan membawa kita ke puncak Gunung Rokko.

3. SANNOMIYA KOBE

Sannomiya adalah area pusat bisnis, hiburan, dan belanja di Kobe. Wilayah Sannomiya membentang dari Stasiun Sannomiya ke arah Teluk Osaka, melewati jalan Flower Road, jalan utama kota Sannomiya. Di sekitaran Sannomiya Kobe, kita bisa mengunjungi monumen Flower Clock, Monumen Memorial Gempa Kobe, dan tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan seperti Kobe Harbor Land, Museum Maritim Kobe, dan Kobe Port Tower yang terkenal. Kalau teman-teman mau, bisa naik kapal pesiar Kobe Concerto yang berangkat dari depan Kobe Harborland Mosaic.

4. Kobe Chinatown

Kobe Chinatown atau Kobe Nankin-machi adalah kawasan pecinan yang berlokasi di pusat kota Kobe. Kita bisa menemukan berbagai restoran yang menjual menu makanan Chinese maupun berbelanja pakaian dan barang elektronik murah. Lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Sannomiya.

5. Ashiya

Di sekitar Stasiun Ashiya, teman-teman bisa mampir ke toko kue dan pastry Henri Charpentier Ashiya. Toko kue ini sangat terkenal di penduduk wilayah Kansai dan sudah beroperasi lebih dari 40 tahun. Ada juga TT Coffer, yakni toko kue yang terkenal dengan menu Ashiya Roll dan Tenshi no Chiffon. Sangat lezat deh!

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Sannomiya Terminal Hotel
from ¥7400/night
Diora Rikyuan
Diora Rikyuan
from ¥6900/night
ANA Crowne Plaza Kobe
from ¥8900/night
APA Hotel Kobe-Sannomiya
from ¥5400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Sorakuen
Bangunan Tea House di Taman Sorakuen
Kinosaki Onsen
Kinosaki Onsen Nishimuraya Shogetsu
Kobe Animal Kingdom
Pertunjukan di Kobe Animal Kingdom
Kobe Port Tower
keindahan kobe port tower malam hari

Sumber gambar: Flickr POHAN CHEN, towel_man, takamatsu minori


Recommended for you

Last modified: October 5, 2019

Comments (14)

  1. Selamat malam pak,
    Hanshin Tourist Pass 1 hari = 500 yen . Beli nya hanya boleh beli untuk 1 hari atau seandainya kita perlu untuk pemakaian lebih dari 1 hari kita boleh beli 5hari sekali gus dan cara pemakaian tidak berurutan kan?
    Hankyu Tourist Pass 1 hari 600 yen dan 2 hari 1200 yen, boleh kah kita belinya 4 hari atau lebih dan pemakaian nya juga tidak berurutan kan?
    Dan dari Kansai airport ke kota osaka ( shin osaka or tennoji) hematnya mau beli pass apa ya? Apakah beli kartu haruka yang paket dengan kartu Icoca yg tujuan osaka ke shin osaka 1300 yen.
    mohon infonya .terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi bu. Untuk pembeliannya bisa beberapa buah untuk digunakan beberapa hari, namun, dicek kembali apakah tempat wisata yang mau dikunjungi memang semuanya di sekitaran Stasiun kereta jalur Hanshin selama beberapa hari. Karena kalau jauh dan masih harus pindah kereta, bisa dipertimbangkan menggunakan kartu ICOCA saja. Kalau dari Kansai Airport ke kota Osaka, paling murah adalah dengan naik kereta biasa JR Kanku Rapid (1390 yen), namun akan menguntungkan jika ibu beli paket ICOCA HARUKA seharga 3200 yen (1200 yen haruka+2000 yen untuk ICOCA) nya. Salam.

    • pagi pak ,
      mau tanya lagi , kalau dr airport lebih hemat pakai kartu haruka 1300 ( beli pp) dan ntar pulang juga di pakai ke airport 1300 atau naik bis ke namba 920 ( pp) . saya tinggal di daerah namba . dan dari shin osaka ke namba mau naik kereta apa lagi utk nyampe ke namba dan biaya berapa. mohon info. thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Siang bu, kalau dari comment ibu yang lain, pulangnya di hari ke-15 setelah kedatangan. Kalau dari Kansai Airport ke kota Osaka, paling murah adalah dengan naik kereta biasa JR Kanku Rapid (1390 yen). Salam.

  2. Mohon info pak,

    Apakah bisa membeli hanshin tourist past & hankyu tourist 2 days pass di stasiun hanshin kobe-sannomiya secara bersamaan untuk 1 identitas, tetapi pass tersebut digunakan di hari ke-2,3,4 setelah pembelian?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pembeliannya dibatasi hanya 1 lembar untuk setiap orangnya. Salam

  3. Hai Pak Nugroho,

    Apakah dapat dibantu Pass apa yang cocok untuk trip saya ini:
    Day 1 Tiba di KIX langsung ke Kyoto dengan Haruka train. Stay di Kyoto St area.

    Day 2 Visit Fushimi Inari & Gion area

    Day 3 Arashiyama Forest lalu dari Kyoto naik JR Tokaido Sanyo ke Shin Osaka. Lalu lanjut ke Namba (stay area disana)

    Day 4 Osaka Castle, Umeda area

    Day 5 USJ

    Day 6 Osaka to Kobe

    Day 7 Namba to KIX

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau melihat rute perjalanan ibu, cukup menggunakan ICOCA bu. Tidak ada pass kereta yang cukup menguntungkan. Salam

    • Slmt siang pak nug.. Mau tanya penginapan sy itu dekat sta. Nippombashi, klu sy ke Kobe naik kereta Kintetsu nippombashi for nara line ke sta. Kobe sannomiya (hanshin) apa tercover sama Hanshin Pass ini ? Klu tdk jenis pass apa yg baik sy gunakan.. mhn sarannya sbaikknya ke osaka dulu trus ke kobe, ..
      Dikobe : sy explore seputaran daerah sannomiya, kobe chinatwon dan masjid kobe, mhn pencerahannya pak,, terima ksh sblumnya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ongkos perjalanan ke arah Kobe tercover dengan Hanshin Pass, dengan catatan ibu bisa jalan ke Osaka Namba Station (hanya beda 1 stasiun dari Kintetsu Nippombashi Station). Salam

  4. kalau mau dalam sehari rute brangkat dari tokyo mau ke kyoto & osaka lalu balik lagi ke tokyo memungkinkan ga ya? pulang pergi?

    dan kalau iya spot paling wajib apa aja yang bisa di kunjungin di kyoto dan osaka?
    soalny waktunya singkat di jepang tapi mau tau tokyo dan osaka juga.

    thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau mau berangkat PP dari Tokyo ke Kyoto dan Osaka bisa saja, tapi kalau bisa berangkat pagi-pagi. Kalau berangkat dengan kereta shinkansen paling pagi dan kembali dengan kereta shinkansen paling malam ibu punya waktu sekitar 10 jam-an.
      Ibu bisa ke Kuil Kiyomizudera dan Gion di Kyoto, Osaka Castle dan Namba/ Dotonbori di Osaka. Salam

  5. Itu yang di peta Namba station yg mana yah? soalnya ada 3 statiun yg namanya Namba kan di Osaka, JR Namba, Osaka Namba dan Namba station.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!