Taman Higashiyuenchi

Home / Park / Taman Higashiyuenchi
Item image

Bicara mengenai objek wisata di setiap kota yang ada di Jepang, tentulah kita selalu berbicara mengenai taman kota. Selama beberapa tahun tinggal di Jepang maupun berkeliling Jepang, saya selalu melihat taman kota selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan orang Jepang. Salah satunya taman Higashiyuenchi yang bersejarah. Setelah kerusakan parah akibat bencana gempa di tahun 1995, taman ini tampil menjadi sosok “pembeda” dan penyemangat bagi masyarakat Kobe untuk bangkit dan menata kembali kehidupan mereka dengan semangat yang baru. Keindahan taman dan iluminasi musim dingin yang spektakuler adalah salah satu hal yang akan selalu mengingatkan kita akan taman di tepi laut ini. Dan, bagi teman-teman yang ingin liburan murah di Kobe, Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi area Taman Higashiyuenchi.

Kegiatan seru di Taman Higashiyuenchi

1. Beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan taman

Banyak penduduk Kobe khususnya para pekerja di daerah Sannomiya maupun di City Hall yang menghabiskan sisa waktu makan siang atau sore hari untuk beristirahat sejenak. Banyaknya pepohonan dan letaknya di tepi laut membuat udara di sini terasa sejuk. Menikmati sore hari duduk santai menikmati keindahan taman adalah kegiatan favorit Tim Info Jepang di Taman Higashiyuenchi. Ada banyak anak-anak juga yang bermain serta orangtua atau para pekerja yang duduk santai sambil mengobrol. Setelah matahari terbenam, kita bisa menuju ke observasi City Hall di sebelah taman untuk melihat pemandangan malam kota Kobe.

Taman ini gratis dan buka dari jam 09.00 sampai jam 17.30 setiap harinya.

Suasana Taman Higashiyuenchi Kobe

Suasana Taman Higashiyuenchi Kobe

2. Menikmati panorama kota Kobe dari Kobe City Hall Observation

Dari lantai observasi yang ada di lantai 24, kita bisa menikmati keindahan Flower Road Kobe dan Gunung Rokko di sisi utara, pemandangan Teluk Osaka dan pelabuhan Kobe di sisi selatan, dan Kobe Harbor Land dan pusat perbelanjaan Umie Mosaic di sisi timur. Kalau kita harus membayar 700 yen untuk melihat pemandangan kota dari Kobe Port Tower, kita bisa menikmati pemandangan kota Kobe secara gratis dari Kobe City Hall. Bisa dapet yang gratis ngapain bayar kan? hehe. Pemandangan siang hari dari lantai 24 ini juga tidak kalah keren untuk dinikmati, meski yang paling keren tetap pemandangan malam harinya.

Area lantai observasi ini dibuka gratis untuk umum dari jam 08.15 (hari Senin-Jumat) atau jam 10.00 (Sabtu-Minggu) sampai pukul 22.00.

3. Menikmati keindahan iluminasi di Kobe Iluminarie

Di akhir tahun 1995, setelah kejadian gempa Hanshin atau gempa Kobe yang menewaskan lebih dari 4.000 penduduk dan menghancurkan sebagian besar bangunan Kota Kobe, seorang seniman berkebangsaan Italia menyulap taman Higashiyuenchi. Iluminasi musim dingin dengan ribuan lampu menjadi sebuah acara peringatan bagi para keluarga korban sekaligus menyemangati penduduk kota untuk terus berjuang.

Sejak akhir tahun 1995 itulah, diadakan festival tahunan musim dingin yang dikenal dengan Kobe Luminarie. Ribuan lampu membentuk iluminasi musim dingin di Kansai yang paling spektakuler. Lebih dari 3 juta pengunjung datang setiap tahunnya, bukan lagi untuk mengenang kesedihan akibat bencana gempa, melainkan untuk menyambut musim dingin dan tahun baru yang lebih cerah. Penduduk kota Kobe harus berterima kasih kepada Valerio Festi yang dengan kreatif membuat acara iluminasi ini pertama kali. Kini, hampir 20 tahun berlalu, acara ini telah berubah menjadi salah satu festival terkenal di Jepang.

Iluminasi Kobe Luminarie di Taman Higashiyuenchi

Iluminasi Kobe Luminarie di Taman Higashiyuenchi

4. Menikmati sajian hidangan lokal di Farmers Market

Di tahun 2018, Farmers Market Kobe kembali diadakan. Dalam event ini, kia bisa melihat beragam produk sayuran dan buah-buahan lokal Kobe serta menikmati sarapan pagi dan kopi yang disajikan oleh penduduk kota. Acaranya diadakan setiap hari Sabtu selama periode 20 Januari 2018 sampai 24 Maret 2018, di Taman Higashi-yuenchi. Mari menikmati

Akses menuju Taman Higashiyuenchi

1. Dari Osaka

  • Dari Stasiun Osaka sampai Sannomiya Station Kobe dengan JR Kobe Line atau kereta cepat Himeji selama 28 menit dengan tiket seharga 410 yen.
  • Dari Bandara Kansai kita bisa naik kereta Nankai Airport sampai Stasiun Shinimamiya selama 45 menit dengan harga tiket 920 yen, lalu berpindah ke kereta Osaka Loop Line dan JR Kobe Line selama 50 menit sampai Stasiun Sannomiya. Harga tiketnya 710 yen.

2. Dari Kyoto

  • Dari Stasiun Kyoto sampai Sannomiya Station Kobe dengan kereta cepat JR selama 52 menit dengan tiket seharga 1.080 yen.

Dari Stasiun Sannomiya, kita tinggal ke arah selatan selama 5 menit. Bangunan City Hall adalah bangunan tertinggi yang terletak di depan bangunan stasiun. Setelah melewati bangunan City Hall, kita bisa menemukan area Taman Higashiyuenchi persis di sisi kiri Kobe City Hall.

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Himeji Plaza
49 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Hotel Wing International
49 km away
Hotel Wing International Himeji
from ¥5625/night
Diora Rikyuan
13 km away
Diora Rikyuan
from ¥6900/night
Himeji 588 Guest House
49 km away
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Luminous Kobe
1 km away
Perjalanan malam hari Kobe Luminous
Museum Maritim Kobe
1 km away
keindahan kobe port tower malam hari
Sannomiya Kobe
1 km away
blog-image
Jembatan Akashi Kaikyo
16 km away
Jembatan Akashi Kaikyo Bridge

Sumber gambar: Flickr Shuichi Aizawa, Hideyuki KAMON, cheese K, kimubert


Recommended for you


Last modified: July 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bu, Tamannya buka 24 jam. Namun kalau malam biasanya sepi dan tidak bisa berfoto. Enaknya siang-sore, baru malamnya ke Kobe Harborland atau Kobe Gas Light

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!