Gunung Rokko Kobe

Home / Nature / Gunung Rokko Kobe
Item image

Gunung Rokko adalah sebutan bagi puncak tertinggi dari barisan pengunungan Rokko yang membentang di sisi utara kota Kobe dan Osaka, bersama dengan Gunung Maya dan Gunung Kinchozan. Dari puncak gunung setinggi 931 meter ini, kita bisa menikmati pemandangan wilayah Kansai termasuk kota Osaka dan Kobe di malam hari yang begitu indah, dan menjadikannya sebagai salah satu dari tiga pemandangan malam terbaik di Jepang. Karena begitu indahnya, para wisatawan maupun situs-situs perjalanan dunia menyebutnya sebagai “Million Dollars Night View”. Puncak tertingginya yang hanya 931 meter dari permukaan laut, membuat kita juga tidak perlu repot-repot mempersiapkan fisik maupun perlengkapan mendaki gunung. Ada bus maupun kereta gantung yang siap membawa kita ke titik tertinggi di Prefektur Hyogo ini. Selain menikmati pemandangan kota yang menakjubkan dari puncak gunung Berikut ini kisah liburan Tim Info Jepang ke Kobe.

Kegiatan Seru di Gunung Rokko

1. Menikmati pemandangan kota di malam hari

Pemandangan malam dari puncak Gunung Rokko adalah yang terindah di Jepang bersama dengan pemandangan langit malam Gunung Inasa di Nagasaki dan pemandangan malam Gunung Hakodate. Dek observasi di puncak Gunung Rokko dibuka untuk umum secara gratis, di mana kita bisa melihat panorama malam yang indah 10 juta dollar dan tentu berfoto dengan latar belakang kelap-kelip lampu yang super keren. Dek observasi ini juga terkenal karena pernah dikunjungi oleh Kaisar Jepang yang datang langsung melihat keindahan kota Kobe.

Di atas puncak gunung, ada area Garden Terrace yang berisi beberapa restoran dan kafe dimana kita bisa makan atau minum sambil menikmati pemandangan malam yang luar biasa.  Selain terkenal dengan pemandangan malamnya, kita juga bisa menikmati pemandangan kota di siang hari yang juga tidak kalah indah. Tim Info Jepang menyarankan untuk naik ke puncak gunung sekitar pukul 17.00 (menjelang matahari terbenam), di mana kita bisa melihat pemandangan siang hari, pemandangan matahari tenggelam, dan pemandangan malam yang spektakuler. Garden Terrace sendiri buka dari jam 09.00 hingga pukul 21.00.

Daripada ribet dan bingung memikirkan transportasi ke puncak Gunung Rokko untuk menikmati pemandangan malam, teman-teman bisa bergabung dalam Tour Menikmati Pemandangan Malam di Gunung Rokko Kobe.

Ada dua tempat observasi untuk melihat pemandangan malam di sini, yakni Tenran Observatory yang berada di dekat Stasiun Sanjo. Selain itu ada Rokko Shidare Observatory yang terletak di dekat Rokko Sancho Station. Rokko Shidare dapat dicapai dengan naik bus Rokko Sanjo bus.

2. Melihat koleksi di Museum Kotak Musik

Di area puncak gunung, kita bisa mengunjungi Museum Kotak Musik yang memiliki koleksi kotak musik antik dari berbagai belahan dunia. Pertama kali melihatnya agak aneh sih, kok ada museum di gunung, museum kotak musik lagi, haha. Namun jangan salah, ada banyak kegiatan seru yang bisa kita coba di sini, seperti mencoba membuat kotak musik sendiri, mendengarkan konser kotak musik yang indah, dan tentu melihat beragam koleksi kotak musik yang unik. Tersedia juga toko suvenir yang menjual kotak musik dengan aksen Jepang yang unik, cocok banget buat oleh-oleh buat sahabat atau pacar biar mereka selalu bisa inget kita saat memainkan kotak musik ini.

Museum Kotak Musik Rokko dibuka dari pukul 10.00-17.00., dengan tiket masuk dewasa seharga 1.030 yen dan untuk anak-anak 410 yen.

Museum kotak musik Gunung Rokko

Museum kotak musik Gunung Rokko

3. Melihat keindahan bunga di setiap musimnya

Di area Taman Botanical (Rokko Alpine Botanical Garden) yang lokasinya tidak jauh dari Museum Kotak Musik, kita bisa menikmati keindahan bunga di tiap musim. Kita bisa berkeliling area taman melalui jalan setapak dan sambil menikmati sejuknya udara dan keindahan taman. Ada beragam kegiatan berbeda setiap musimnya di sini, kita bisa hanami bunga sakura di awal sampai pertengahan April, lalu menikmati keindahan kebun bunga primrose di bulan Mei dan bunga lily di akhir Juni sampai pertengahan Juli, dan tentu momiji di musim gugur. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kebun bunga dengan latar belakang Kobe atau barisan pegunungan Rokko yang memukau.

Museum Kotak Musik Rokko dibuka dari pukul 10.00-17.00., dengan tiket masuk dewasa seharga 620 yen sementara tiket masuk untuk anak-anak 310 yen. Di sini kita bisa melihat aneka koleksi kotak musik dari seluruh dunia, ragam bentuk dengan chaya yang disusun sedemikian rupa menjadi sangat cantik untuk dilihat.

Akses Menuju Gunung Rokko

Dari Sannomiya Station di pusat kota Kobe, kita bisa naik kereta Hankyu sampai Stasiun Rokko. Lama perjalanan sekitar 7-8 menit dengan harga tiket 190 yen. Dari Stasiun Rokko kita kemudian naik bus kota Kobe Nomor 16 sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko. Lokasi halte bus nomor 16 bisa dicek di google maps. Lama perjalanannya sekitar 30 menit, dengan ongkos 210 yen.

Dengan menggunakan kereta gantung (cable car), kita bisa mencapai area puncak gunung dengan hanya 10 menit. Harga tiketnya 590 yen untuk sekali perjalanan sampai Stasiun Sanjo. Keberangkatan pertama tersedia jam 07.10, dan terakhir jam 21.10, dengan interval keberangkatan 20-30 menit sekali.

Dari Stasiun Sanjo, kita lanjut naik Bus Rokko Mountaintop/ Rokko Sanjo bus selama 15 menit sampai di puncak gunung Rokko. Harga tiketnya 260 yen. Jika teman-teman ingin ke dek observasi (spot terbaik untuk melihat pemandangan kota Osaka dan Kobe), mengunjungi Museum Kotak Musik atau berkeliling di Taman Botanical Rokko kita tinggal berjalan kaki 5-10 menit.

Untuk mengcover semua ongkos transportasi ke Gunung Rokko, kami sarankan untuk membeli Kobe Rokkosan Tourist Pass seharga 1.045 yen. Pass ini sudah termasuk tiket PP naik kereta gantung Kobe, tiket PP naik bus Kobe City No.16, dan naik gratis bus Rokko Sanjo.

Rokkosan Tourist Pass di salah satu tempat berikut ini:
1. Kansai Tourist Information Center di Bandara Kansai
2. Kansai Tourist Information Center di Daimaru Shinsaibashi
3. BIC Camera di Namba Store 1F, atau di Abeno Q-Mall
4. OCAT Tourist Infomation Counter
5. Hankyu Tourist Center di Umeda-Osaka, dan di Kyoto.
6. Hanshin Electric Railway Service Center di dekat Stasiun Hanshin Kobe-Sannomiya.

Akses Menuju Sannomiya Station di Kobe

1. Dari Osaka

  • Dari Stasiun Osaka sampai Sannomiya Station Kobe dengan JR Kobe Line atau kereta cepat Himeji selama 28 menit dengan tiket seharga 410 yen.

2. Dari Kyoto

  • Dari Stasiun Kyoto sampai Sannomiya Station Kobe dengan kereta cepat JR selama 52 menit dengan tiket seharga 1.080 yen.

3. Dari Tokyo

  • Tokyo Station – Shin Kobe Station (Kobe) dengan JR Tokaido Shinkansen (13.760 Yen) selama 2 jam 50 menit. Lalu dari Stasiun Shin Kobe sampai Sannomiya Station (Kobe) dengan Yamate Line (200 Yen).

Cheap Hotels near Rokko[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Hanakoyado
3 km away
from ¥20400/night
Himeji 588 Guest House
52 km away
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night
Guesthouse Geragera
27 km away
from ¥6500/night
Comfort Hotel Himeji
52 km away
Comfort Hotel Himeji
from ¥6443/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Nofokuji
15 km away
Kuil Nofokuji di Kobe
Gunung Maya Kobe
7 km away
Suasana stasiun bintang di Gunung Maya
Gunung Rokko Kobe
0 km away
pemandangan malam gunung rokko
Kastil Himeji
53 km away
Sakura di Kastil Himeji

Sumber gambar: Flickr halfrain


Recommended for you


Last modified: October 27, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (9)

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membeli Rokkosan Tourist Pass di salah satu tempat berikut ini:
      1. Kansai Tourist Information Center di Bandara Kansai
      2. Kansai Tourist Information Center di Daimaru Shinsaibashi
      3. BIC Camera di Namba Store 1F, atau di Abeno Q-Mall
      4. OCAT Tourist Infomation Counter
      5. Hankyu Tourist Center di Umeda-Osaka, dan di Kyoto.
      6. Hanshin Electric Railway Service Center di dekat Stasiun Hanshin Kobe-Sannomiya.

    • info dari web rokkosan.com, Ada bus ke rokko bisa naik dari stasiun jr rokkomichi, apakah rokko tourist pass mengcover ongkos bus kalau naik dari sta. Rokkomichi?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, Rokko Tourist Pass mengcover ongkos bus dari stasiun JR Rokkomichi Station. Salam

    • Pak bulan november saya ke jepang dan mau menikmati pemandangan malam dari rokko shidare observatory, masih adakah bus yang beroperasi malam hari dari dek observasi ke stasiun sanjo? Kalau masih terakhir jam berapa pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Bus terakhir dari Rokko shidare observatory tersedia jam 20:46. Namun ibu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Rokko dari Tenran Observatory yang bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Sanjo. Salam.

  1. halo pak, mau tanya apakah perjalanan dari osaka sampe gunung rokko semua tercover kansai thru pass? bus lokal no,16 dan bus rokko mountaintop? dan apakah cable car ke arima onsen sekarang masih beroperasi? menurut beberapa sumber, cable car gunung rokko ke arima onsen sudah tidak beroperasi. terima kasih

  2. Hi Pak Nugroho,

    setelah baca beberapa artikel di situs ini, saya susun rencana perjalanan musim gugur selama di Kyoto seperti ini:
    Day 1 Kyoto:
    – Fushimi Inari
    – Kiyomizudera
    – Nishiki Ichiba Market
    – Kinkakuji
    – Gion
    transportasi: Kyoto One Day Bus Card (500 yen)

    Day 2 Kyoto + Kobe:
    – Arashiyama
    – Umeda Osaka
    – Gunung Rokko
    – Sannomiya Kobe
    transportasi: Hankyu Tourist Pass (700 yen)

    pertanyaan saya:
    1. Apakah Pass yang saya pilih sudah tepat? dan destinasinya tercover semua ?
    2. Jika saya ingin ke Kuil Nanzenji (katanya bagus saat musim gugur), baiknya saya selipkan dimana ya?
    3. Apakah rencana perbaikan Kuil Kiyomizudera sudah selesai sekitar Oktober akhir tahun ini ya Pak? Kali belum selesai, apa sebaiknya di-skip saja?

    Terima kasih sebelumnya Pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya sudah tercover semua Dara
      2. Kuil Nanzenji memang terkenal, kamu bisa skip Kiyomizudera (renovasi sampai tahun 2020) dan meletakkan kunjungan ke Kuil Nanzenji setelah dari Gion dan Nishiki Ichiba Market.
      3. kamu bisa skip Kiyomizudera (renovasi sampai tahun 2020)

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!