Mesjid Kobe

Home / Attraction / Mesjid Kobe
Item image

Mesjid Kobe pasti sudah banyak dikenal oleh teman-teman pembaca website infojepang. Benar! Mesjid Kobe adalah mesjid pertama yang dibangun di Jepang. Dengan mayoritas penduduk yang beragama Shinto dan Buddha, menjumpai penduduk muslim dan tentunya mesjid akan sangat sulit dilakukan. Meskipun kini sudah semakin banyak mesjid dan mushola yang dibangun untuk menyambut para wisatawan muslim di Jepang, mesjid Kobe selalu ada dalam catatan sejarah umat Muslim di Jepang. Mari simak kunjungan Tim Info Jepang ke mesjid bersejarah Kobe dan Jepang ini.

Mesjid Kobe dibangun pada mulai tahun 1928 dengan dana dari kelompok muslim yang ada di Kobe. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Kobe dan Kuil Ikuta, hanya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Sannomiya. Mesjid ini dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Ceko yang menetap di Jepang, yakni Jan Josef. Tujuh tahun kemudian, yakni pada Oktober 1935, mesjid ini selesai dibangun dan diberi nama Mesjid Kobe.

Panorama Mesjid Kobe
Panorama Mesjid Kobe

Baca juga Panduan untuk Turis Muslim di Jepang

Mesjid Kobe menjadi tempat pengungsian penduduk Kobe di masa perang dunia kedua. Serangan sekutu dipusatkan ke wilayah-wilayah pelabuhan di Jepang, seperti Osaka, Kobe, Hiroshima dan Nagasaki. Rumah sakit, sekolah, dan tempat ibadah dijadikan tempat tinggal bagi para penduduk sipil. Itulah saat dimulainya sejarah Mesjid ini dalam sejarah Jepang.

Lima puluh tahun kemudian, Mesjid ini juga bertahan dari gempa besar Kobe yang terjadi pada tahun 1995. Banyak masyarakat Jepang yang mempercayainya sebagai mukjizat karena struktur bangunan mesjid yang hampir sama dengan seluruh bangunan Kobe yang hancur akibat gempa. So, bagi teman-teman yang ingin belajar sejarah sejenak atau sekadar menikmati keindahan bangunan mesjid bergaya Eropa, bisa datang ke mesjid ini.

Mesjid Kobe nampak dari luar

Mesjid Kobe nampak dari luar

Akses Menuju Mesjid Kobe

1. Dari Osaka

  • Dari Stasiun Osaka sampai Sannomiya Station Kobe dengan JR Kobe Line atau kereta cepat Himeji selama 28 menit dengan tiket seharga 410 yen.

2. Dari Kyoto

  • Dari Stasiun Kyoto sampai Sannomiya Station Kobe dengan kereta cepat JR selama 52 menit dengan tiket seharga 1.080 yen.

Setelah itu, dari Stasiun Sannomiya, kita tinggal berjalan ke arah timur laut menuju Kuil Ikuta, sekitar 10 menit perjalanan. Bangunan mesjid ini bergaya Eropa dan berbentuk seperti kastil atau istana, pasti akan dengan mudah teman-teman temukan.

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Claire Higasa
48 km away
Hotel Claire Higasa
from ¥6443/night
Diora Rikyuan
13 km away
Diora Rikyuan
from ¥6900/night
Arima Hot Spring Ryokan K
13 km away
Arima Hot Spring Ryokan
from ¥6790/night
Hotel Hanakoyado
12 km away
from ¥20400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kinosaki Onsen
109 km away
Kinosaki Onsen Nishimuraya Shogetsu
Kuil Nofokuji
3 km away
Kuil Nofokuji di Kobe
Taman Sorakuen
1 km away
Bangunan Tea House di Taman Sorakuen
Museum Kawasaki World Kob
1 km away
Replika Shinkansen seri 0 di Museum Kawasaki World Kobe

Sumber gambar: Flickr Aidan Wakely-Mulroney, Scott Shaw


Recommended for you


Last modified: February 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!