Arima Onsen

Home / Attraction / Arima Onsen
Item image

Kota Kobe bukan hanya terkenal dengan Museum Gempa Kobe maupun area Sannomiya dan Kobe Chinatown, tetapi juga dengan Arima Onsen, sebuah resort pemandian air panas (onsen) yang berada di balik Gunung Rokko. Meskipun mungkin belum terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun Arima Onsen adalah tempat istirahat favorit penduduk Kansai. Dengan pemandangan alam yang indah, ditambah dengan resort onsen yang nyaman dan asri, serta lokasi yang mudah dicapai dari Kobe dan Osaka, Arima Onsen bisa masuk ke itinerary wisata teman-teman di Kansai. Dari brosur yang saya baca, Arima Onsen sudah ada sejak abad ke-7, dan dipercaya sebagai salah satu onsen tertua di Jepang. Saat itu, seorang biksu Buddha dan Ninsai menemukan wilayah kosong setelah mendaki Gunung Rokko. Dengan sumber-sumber air panas alami ditambah dengan bangunan-bangunan hotel dan ryokan megah, Arima Onsen siap menyambut kehadiran wisatawan di Kansai.

Dalam kunjungan saya ke Kobe saat musim gugur tahun 2014 lalu, saya menyempatkan diri mengunjungi Arima Onsen. Dibandingkan dengan resort onsen lainnya di Jepang, seperti Hakone Onsen, Kinugawa Onsen, maupun Kinosaki Onsen, Arima tidak terlalu terkenal. Dengan pemandangan alam Gunung Rokko yang luar biasa, saya bersyukur sekali pernah mengunjungi tempat ini.

Informasi Mengenai Arima Onsen di Prefektur Hyogo

Dalam beberapa festival tahunan, kita juga bisa melihat penampilan Geigi (atau Geisha dalam bahasa lokal Arima). Para geisha yang cantik ini akan menari, menyanyi, dan menghibur para pengunjung. Tradisi ini sudah dimulai sejak tahun 1600-an saat Toyotomi Hideyoshi liburan di tempat ini.

Pemandian air panas (onsen) di Arima dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama, dikenal dengan kissen (mata air emas) yang berwarna kuning emas karena mengandung zat besi dan garam-garaman. Kissen direkomendasikan untuk mengobati penyakit kulit. Lalu, ada ginsen (mata air perak) yang bening serta mengandung radium dan senyawa karbonat. Ginsen sangat baik untuk mengobati nyeri sendi atau otot.

Suasana jalan-jalan di Arima Onsen Hyogo

Suasana jalan-jalan di Arima Onsen Hyogo

Teman-teman bisa menikmati pengalaman berendam di dua buah pemandian umum besar di Arima, atau pemandian air panas privat yang ada sebagai fasilitas di ryokan. Berikut ini adalah beberapa onsen yang bisa teman-teman kunjungi di daerah Arima Onsen.

1. Pergi ke Onsen-Onsen terkenal di Arima

1. KIN-NO-YU

Kin-no-yu adalah salah satu pemandian umum di Arima. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya 650 yen. Tersedia juga kolam air panas untuk kaki gratis. Di Kin-no-yu hanya tersedia kolam-kolam Kissen (onsen emas) di dalam ruangan, dan kamu harus membawa handuk sendiri. Letaknya ada di pusat kota Arima, dan bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Arima Onsen.
Jam buka: jam 08.00-22.00 (tutup setiap selasa kedua dan keempat)
Tiket masuk : 650 yen (dewasa) dan 340 yen (anak-anak)
Telepon : 078-904-0256

2. GIN-NO-YU

Gin-no-yu juga adalah pemandian umum di Arima, letaknya hanya 5 menit berjalan kaki dari Kin-no-yu. Ukurannya lebih kecil dari Kin-no-yu, dengan harga tiket masuk 550 yen. Gin-no-yu punya kolam pemandian Ginsen (perak) berukuran besar untuk laki-laki dan perempuan. Di sini, kita harus membawa handuk sendiri.
Jam buka: jam 09.00-21.00 (tutup setiap selasa pertama dan ketiga)
Tiket masuk : 550 yen
Telepon : 078-904-0256

3. TAIKO-NO-YU

Taiko-no-yu adalah kompleks pemandian air panas yang termasuk kawasan Hotel Arima View. Total ada 24 kolam pemandian (baik indoor maupun outdoor) dan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti layanan pijat, kolam pijat ikan, serta ada handuk dan yukata bagi para pengunjung.
Jam buka: jam 10.00-23.00
Tiket masuk : 2.400 yen (hari biasa) atau 2.600 yen (akhir pekan dan hari libur). Taiko-no-yu sangat terkenal, sehingga biasanya penuh. Teman-teman sebaiknya membeli tiketnya tersedia secara online melalui website Taiko-no-yu terlebih dahulu, sehingga nanti tinggal menunjukkan bukti print-out nya dan langsung masuk.
Telepon : 078-904-2291
Alamat : 292-2, Ikenojiri, Arima-cho, Kita-ku, Kobe City 651-1401. Tersedia layanan bus shuttle gratis dari depan Stasiun Arima Onsen menuju ke Taiko-no-yu.

Beli Tiket Masuk
Taiko-no-yu Onsen di sini

2. Menikmati liburan dan berkeliling daerah Arima Onsen

Suasananya yang masih asri khas desa-desa Jepang membuat kita punya banyak spot foto disini. Kamu bisa berjalan menyusuri sungai kecil di Arima, berfoto di bawah jembatan, atau foto dengan latar belakang penginapan bergaya Jepang.

Berkeliling daerah Arima Onsen

Berkeliling daerah Arima Onsen

3. Menginap di Ryokan-ryokan terkenal Arima Onsen

Goshobo sebenarnya adalah kolam pemandian Kissen (onsen emas) yang merupakan fasilitas dari ryokan. Namun, kita bisa masuk dan bisa berendam di kolam air panas tanpa perlu menginap. Ryokan Goshobo sendiri adalah ryokan tertua di Arima yang masih terus bertahan ditengah perkembangan hotel-hotel modern di Arima.

Tarif per malamnya cukup mahal, mulai dari 20.000 yen sampai 30.000 yen untuk kamar suite. Saya banyak menyarankan teman-teman untuk mencoba menginap di ryokan, karena kita bisa “menyelami” kehidupan masyarakat Jepang. Tidur di futon, kamar dengan alas tatami, dan tentunya menu-menu makanan tradisional yang lezat, termasuk Tajima Beef atau lebih populer dengan Kobe Beef yang sudah sangat terkenal kelezatannya.

4. Menikmati pemandangan Arima Onsen

Selain terkenal dengan onsen atau pemandian air panasnya, yang membuat Arima menjadi spesial adalah karena tempat ini memiliki pesona pemandangan alam yang indah. Pemandangan musim gugur dengan dedaunan yang berwarna kemerahan dan tentu musim dingin yang sendu.

Musim gugur di Arima Onsen Hyogo

Musim gugur di Arima Prefektur Hyogo

Sungai di Arima Onsen

Sungai di pusat kota Arima

Selain menikmati keindahan kota, kita bbisa berjalan ke area Yumotozaka, di mana ada beragam toko suvenir tradisional khas Arima. Pastikan teman-teman menggunakan sepatu yang nyaman ya.

Akses menuju Arima Onsen

Secara lokasi, Arima Onsen masuk ke dalam wilayah Kota Kobe. Resort onsen ini tidak terlalu luas, sehingga teman-teman bisa berkeliling ke onsen-onsen yang tersebar di sini cukup dengan berjalan kaki. Selain berendam di onsen, tentu kamu bisa mengunjungi Museum Arima Onsen dan juga kuil-kuil bersejarah di sini.

Dari Stasiun Shin-Kobe atau Sannomiya, teman-teman bisa naik kereta subway sampai Stasiun Tanigami. Selanjutnya, bisa naik kereta Shintetsu Arima-Sanda Line Sampai Stasiun Arima, dilanjutkan dengan kereta Kobe Railway Arima Line sampai Stasiun Arima Onsen. Lama perjalanannya sekitar 40 menit dengan ongkos 740 yen (dari Shin-Kobe) atau 930 yen (dari Sannomiya).

Dari Stasiun Osaka atau Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik bus Hankyu atau bus JR langsung menuju Arima Onsen. Lama perjalanannya sekitar 50 menit, dengan ongkos 1.230 yen (dari Stasiun Shin-Osaka) dan 1.370 yen (dari Stasiun Umeda atau Osaka).

Bagi teman-teman yang berencana menikmati pemandangan dari puncak Gunung Rokko, bisa naik bus sampai ke Rokko Arima Ropeway, selama 10 menit dengan ongkos 260 yen. Dari stasiun bagian atas Arima Ropeway, kita bisa naik ropeway (kereta gantung) sampai ke Arima Onsen. Lama perjalanan sekitar 12 menit dengan ongkos 1.010 yen.

Recommended Hotels near Arima Onsen [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Diora Rikyuan
0 km away
Diora Rikyuan
from ¥6900/night
Arima Hot Spring Ryokan K
0 km away
Arima Hot Spring Ryokan
from ¥6790/night
Arima Onsen Motoyu Ryuuse
1 km away
Arima Onsen Motoyu Ryuusenkaku
from ¥6800/night
Hotel Morgenrot
0 km away
Hotel Morgenrot
from ¥8700/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Makan Kobe Beef
13 km away
Lezatnya Kobe Beef
Luminous Kobe
14 km away
Perjalanan malam hari Kobe Luminous
Gunung Rokko Kobe
3 km away
pemandangan malam gunung rokko
Kobe Port Tower
14 km away
keindahan kobe port tower malam hari

Sumber gambar: Flickr y.takano, zichi Lorentz, E.K. Park, Ai Wei, bennychun


Recommended for you


Last modified: October 2, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (17)

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa ke Arima Sansoh Gosho Bessho, Nakanobo Zuien, Kinzan, atau Arima Grand Hotel. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR Bus ke Arima Onsen tidak tercover dengan JR Kansai Wide Pass. Salam

    • Selamat siang pak
      Di hari ke 6 saya berencana ke minoo lanjut ke rokko dan arima
      Rute
      1. Minoo-umeda-(via bus) arima- rokko-umeda
      2. Minoo-rokko-arima-umeda
      Rute yang paling murah dan efisien kira2 yang mana?
      Perlu hankyu tourist pass dan rokko pass tidak ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Yang pertama bu. Intinya dari Minoo, ibu harus ke Umeda dahulu, baru ke arah Arima (via Kobe Sannomiya, tercover dengan Hankyu Tourist Pass). Lalu bisa mampir ke Rokko Kobe dan Arima Onsen. Salam.

    • lihat di hyperdia dari stasiun kobe-sannomiya ke arimaonsen sama seperti penjelasan bapak di atas
      banyak transfer kereta, semua sudah tercover hankyu tourist pass ya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Yang tercover oleh Hankyu Tourist Pass itu hanya jalur kereta Hankyu sampai ke Sannomiya Station. Salam

  1. Sore Pak,
    untuk berendam di Onsen Kin no yu / gin no yu seharga 55-650yen itu Outdoor/indoor/semi-outdoor? apakah bs berendam bersama-sama suami dan anak laki-laki 4tahun? atau terpisah?
    terimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Pemandian air panas nya indoor, dan dipisahkan antara pria dan wanita, jadi tidak bisa barengan satu keluarga. Salam

  2. halo pak, mohon petunjuk, apakah bus di arima onsen dan gunung rokko tercover kansai thru pass beserta cable card dan ropeway di gunung rokko? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Perjalanan kereta sampai ke Arima Onsen Station dengan kereta di yang dijelaskan di atas, tercover oleh Kansai Thru Pass.
      Sementara ropeway dari Arima Onsen ke Gunung Rokko, lalu cable car di Gunung Rokko tidak tercover oleh Kansai Thru Pass.

  3. 2 hari terakhir saya di jepang rencananya mau main ke kobe dan besoknya pulang ke bandara kansai.
    Hari 1: shin-osaka, naik sanyo line ke rokkomichi station, naik cable car dan jalan2 di pegunungan rokko, naik ropeway ke arima onsen, pulang naik arima onsen line ke shin kobe, lalu naik sanyo line balik ke shin-osaka
    Hari 2: naik jr haruka untuk pulang dari shin osaka ke kansai airport.
    Apakah semua transport yg saya tuju ini tercover oleh JR Kansai Pass 2 days? Please advise

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Kansai Pass tidak mengcover ongkos Sanyo Shinkansen dan kereta ke Arima Onsen.
      Lalu untuk satu hari ke Kansai Airport, tidak perlu membeli JR Kansai Pass 1 Day, cukup membeli tiket satuan (baca akses ke Kansai Airport).
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!