Makan Kobe Beef

Home / Attraction / Makan Kobe Beef
Item image

Kobe beef atau daging sapi Kobe adalah daya tarik utama Kobe di Prefektur Hyogo Jepang. Buat teman-teman penyuka menu daging maupun steak pasti sudah tidak asing dengan Kobe Beef yang terkenal dengan cita rasa yang lezat, kontur lemaknya yang lembut, dan juga kisah dibaliknya. Daging Kobe masuk ke dalam golongan wagyu (ternak Jepang), namun hanya yang dibesarkan di wilayah Tajima Prefektur Hyogo. Selama ratusan tahun, menu makanan ini disajikan di ibukota Hyogo yakni Kobe bagi para penduduk dan bangsawan Jepang. Hingga akhirnya tersebar di seluruh dunia. Itulah mengapa, meskipun harganya mahal (dari 10.000-30.000 yen per porsi), begitu banyak wisatawan Indonesia yang bertanya kepada kami cara atau bagaimana bisa makan Kobe Beef.

Kobe Beef biasanya disajikan dalam menu steak, shabu-shabu (irisan tipis daging yang direbus sebentar di dalam kaldu), maupun sukiyaki (irisan daging yang direbus dalam panci panas). Ada banyak restoran di Kobe yang menjual menu Kobe Beef, terutama di pusat belanja dan makanan yang ada di Sannomiya Kobe maupun Kobe Harbor Land. Harganya bervariasi bergantung pada tempat dan porsi dan tipe dagingnya mulai dari 10.000 hingga 30.000 yen per porsinya.

Makan Kobe Beef: Mengapa begitu spesial?

Mengapa makan daging Kobe begitu spesial dan diburu oleh orang? Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena kelezatannya. Dari awal, sapi-sapi yang lahir di Tajima sudah mendapatkan pelayanan yang tiada duanya. Mereka minum susu dan sake Jepang, dipijat setiap hari, bisa bebas berjalan-jalan di daerah pegunungan dengan iklim yang sejuk, bahkan mendengar alunan musik klasik yang menenangkan dan meningkatkan nafsu makan. Semua sapi diperlakukan layaknya “Raja” dan “Ratu” selama hidupnya. Selama ratusan tahun, wilayah pegunungan Tajima yang terisolasi dan metode pembesaran sapi yang unik inilah yang membuat daging-daging sapi di sini punya rasa yang lezat.

Itulah mengapa sapi-sapi di sini tidak pernah stress dan punya kualitas daging nomor 1. Bahkan pernah ada lelucon, kalau teman-teman  sudah pernah makan daging prime dari Australia atau Selandia Baru, maka kualitas daging Kobe ini dua atau tiga tingkat di atasnya. Bahkan, brand menu “Kobe Beef” kini sudah begitu populer dan langsung menaikkan rating atau popularitas sebuah restoran.

Foto kobe beef

Foto kobe beef

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan status Kobe Beef (daging Kobe):

  1. Merupakan keturunan murni dari sapi-sapi Tajima (tidak merupakan perkawinan silang).
  2. Lahir dan dibesarkan di wilayah Prefektur Hyogo.
  3. Makan rerumputan dan biji-bijian yang berasal dari Prefektur Hyogo.
  4. Sapi-sapi ini harus dipotong sebelum mereka memasuki masa kawin, dan berat maksimal 470 kilogram.
  5. Daging sapi harus memiliki Fat Marbling Ratio (disebut juga BMS) di level 6 atau lebih.
  6. Daging sapi ini harus memiliki Meat Quality Score A-4 atau A-5 (terbaik).
  7. Sapi-sapi memiliki ID unik berupa 10 digit angka yang menjadi identitas asal-muasal dan tempat pembesaran sapi sampai sebelum dipotong.

Kelezatan dan reputasi daging Kobe inilah yang membuat para wisatawan rela merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati Kobe Beef. Jangan mudah percaya juga dengan restoran-restoran lainnya yang menawarkan menu Kobe Beef. Paling-paling daging yang dimaksud adalah wagyu yang juga sudah banyak dijumpai di Indonesia. Kobe Beef terbaik tentu daging yang segar dan dimasak di depan mata kita. Itulah atraksi favorit yang bisa teman-teman nikmati selama berkunjung di Kobe. Memang sih mahal, namun gapapa lah, orang sekali seumur hidup ini! 

Berikut ini beberapa tempat yang saya rekomendasikan untuk makan Kobe Beef. Sebagai catatan, mayoritas restoran akan penuh utamanya pada jam sibuk (makan siang dan makan malam). Teman-teman bisa melakukan reservasi terlebih dahulu, atau datang di luar jam sibuk.

  1. Steakland Kobe. Alamat: Japan, 〒650-0021 Hyogo Prefecture, Kobe, Chuo Ward, Kitanagasadori, 1−8−2, 宮追ビル, telepon: +81 78-332-1653, bisa dicapai dari Stasiun Sannomiya atau Stasiun Kobe-Sannomiya.
  2. Kobe Plaisir. Alamat: Japan, 〒650-0011 Hyogo Prefecture, Kobe, 中央区下山手通2丁目11−5 ホテル ザ・ビー神戸 1F, telepon: +81 78-571-0141, bisa dicapai dari Stasiun Sannomiya atau Stasiun Kobe-Sannomiya.
  3. Tor Road Steak Aoyama. Alamat: 2 Chome-14-5 Shimoyamatedori, Chuo Ward, Kobe, Hyogo Prefecture 650-0011, Japan, telepon: +81 78-391-4858, bisa dicapai dari Stasiun Sannomiya atau Stasiun Kobe-Sannomiya.
Suasana di Kobe Steakland

Suasana di Kobe Steakland

Makan Kobe Beef di Kobe Steakland

Makan Kobe Beef di Kobe Steakland

Akses Menuju Kobe

DENGAN PESAWAT DARI TOKYO

Bandara Kobe terletak di lepas pantai Kobe, dibangun di atas pulau buatan setelah Pelabuhan Kobe. Tersedia penerbangan domestik langsung All Nippon Airways (ANA) dari Bandara Haneda menuju Bandara Kobe. Harga tiketnya mulai dari 23.000-26.000 yen (bergantung pada musim liburan maupun akhir pekan). Namun, kita wisatawan asing bisa memperoleh harga diskon tiket pesawat mulai dari 11.000 yen.

Setibanya di Bandara Kobe, kita bisa naik kereta Port Liner dan turun di Stasiun Sannomiya (di pusat kota Kobe). Harga tiketnya 330 yen dan lama perjalanannya sekitar 15 menit.

Selain itu, Bandara Kansai di Osaka juga bisa menjadi pilihan menuju Kobe. Bandara Kansai (KIX) melayani penerbangan internasional maskapai JAL dan ANA, dan bandara transit bagi mayoritas penerbangan domestik khususnya ke wilayah selatan Jepang. Sudah ada juga penerbangan Jakarta-Kansai dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Jetstar, dan Air Asia. Dari Bandara Kansai kita bisa naik kereta JR Kansai Airport sampai Stasiun Osaka. Lama perjalanan sekitar 70 menit. Di Stasiun Osaka, kita berpindah naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Harga total tiketnya 1.710 yen dan masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass.

DENGAN KERETA DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo kita bisa naik kereta Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Shin-Kobe, dilanjutkan dengan kereta subway Kobe Seishin-Yamate Line sampai Stasiun Sannomiya. Lama perjalanannya 3 jam, dengan total ongkos 14.370 yen. Atau bisa juga naik kereta Shinkansen sampai Kyoto dan Osaka, dilanjutkan dengan day-trip ke Kobe.

DENGAN KERETA DARI OSAKA

Dari Stasiun Osaka kita bisa naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Sannomiya, Stasiun Motomachi, Stasiun Kobe, lama perjalanannya 30-36 menit, dengan total ongkos 410 yen.

DENGAN KERETA DARI KYOTO

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Himeji Rapid sampai Stasiun Kobe, Stasiun lama perjalanannya 60 menit, dengan total ongkos 1.080 yen.

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Himeji 588 Guest House
48 km away
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night
ANA Crowne Plaza Kobe
1 km away
from ¥8900/night
Arima Onsen Motoyu Ryuuse
13 km away
Arima Onsen Motoyu Ryuusenkaku
from ¥6800/night
Hotel Himeji Plaza
48 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pantai Suma Kobe
8 km away
pantai suma kobe
Kuil Onsenji
109 km away
Pemandangan Kinosaki Onsen dari atas gunung
Museum Kawasaki World Kob
1 km away
Replika Shinkansen seri 0 di Museum Kawasaki World Kobe
Gunung Maya Kobe
5 km away
Suasana stasiun bintang di Gunung Maya

Sumber gambar: Flickr Karl Baron, Karl Baron, Richard, enjoy my life!, Richard, enjoy my life!


Recommended for you


Last modified: May 8, 2018 by

Close Comments

Comments (22)

  1. Hi Pak Nugroho, ada rekomendasi untuk makan kobe beef di Osaka? Karena sy lihat dari pertanyaan2 yang ada, lebih banyak yang menanyakan di Tokyo. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membaca langsung di tulisan saya di atas, rasanya sudah cukup lengkap, ada Steakland Kobe, Kobe Plaisir, dan Tor Road Steak Aoyama. Salam.

    • Maaf pak, untuk 3 resto tersebut bukannya ada di kota Kobe yah. Klo di kota Osaka nya sendiri ada tidak yah yg bs direkomendasikan. Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk kali ini belum ada bu, sebab Tim Info Jepang juga belum pernah makan di restoran Kobe Beef yang ada di Osaka.
      Mungkin nanti kalau sudah mencobanya bisa kasih referensi juga ke Tim Info Jepang. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!