Kansai Airport

Home / Airport / Kansai Airport
Item image

Kansai Airport (KIX) atau Bandara Kansai adalah salah satu bandara tersibuk di Jepang, setelah Haneda dan Narita. Bandara ini dibangun di pulau buatan (reklamasi) di atas Teluk Osaka dan mulai digunakan sejak tahun 1994, dan menggantikan Bandara Osaka yang sudah terlalu penuh. Kansai Airport (KIX) melayani penerbangan internasional maskapai JAL dan ANA, dan bandara transit bagi mayoritas penerbangan domestik khususnya ke wilayah selatan Jepang. Sudah ada juga penerbangan Jakarta-Kansai dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Jetstar, dan Air Asia. Tim Info Jepang menyarankan jika teman-teman ingin ke Osaka atau Kyoto, lebih bagus mengambil penerbangan ke Kansai karena jauh lebih dekat dibandingkan jika dari Tokyo.

1. Informasi mengenai Kansai Airport

Kansai Airport memiliki dua terminal. Terminal 1 yang berukuran luas, atau terminal utama melayani penerbangan domestik reguler dan internasional. Sementara terminal 2 yang selesai dibangun tahun 2012 ukurannya relatif kecil melayani rute penerbangan domestik murah atau LCC. Perlu diingat Kansai Airport berada jauh di selatan kota Osaka dan Kyoto, dan perlu jalur kereta memutar untuk dapat mencapai pusat kota. Waktu yang diperlukan untuk naik kereta sampai ke kota Osaka dan Kyoto kurang lebih sejam hingga 90 menit, jadi perlu dipikirkan matang-matang jika tiba di Kansai Airport malam hari atau berangkat pada pagi-pagi hari.

Bangunan Kansai Airport yang megah

Bangunan Kansai Airport yang megah

Dari Bandara Kansai, teman-teman bisa ke Osaka, Kyoto, Kobe, dengan kereta api atau bus dari Terminal 1. Lokasi stasiun berada di lantai 2 Terminal 1. Sementara jika menggunakan Terminal 2 (di mana maskapai Peach dan maskapai penerbangan murah lainnya berasa), teman-teman harus ke Terminal 1 baru kemudian naik bus transfer ke Terminal 2.

Bagi rekan-rekan muslim tersedia total 3 ruangan shalat di di lantai 4 bagian utara terminal 1 (dekat Gate 11), lantai 3 terminal 1, atau lantai 4 bagian selatan terminal 1 (dekat Gate 26). Buka dari jam 07.00-21.00. Juga ada total shower buka 24 jam dengan membayar uang koin yang terletak di lantai 2 bagian utara terminal 1 dan Aeroplaza di lantai 2. Harganya 500 yen/600 yen untuk pemakaian 15 menit. Tersedia juga handuk, sampo, conditioner, dan sabun mandi.

2. Transportasi ke Kota-Kota Besar dari dan menuju ke Kansai Airport

Transportasi ke Kyoto

1) Dengan menggunakan kereta limited express JR Haruka (warna putih biru)

Langsung, 70 menit, 1600-3500 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca-Haruka (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)

1 Transfer, 100 menit, 1.880 yen, ada 4 kereta per jam
Untuk ke Kyoto, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, transfer di Stasiun Osaka, kemudian mengambil kereta JR Kyoto. Biaya tiketnya sebesar 1.880 yen, dan memakan waktu 100 menit.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua) dan Hankyu

2 transfer, 120 menit, 1.600 yen, banyak kereta
Dari Kansai Airport, ambil kereta ekspress Nankai ke Stasiun Tengachaya (40 menit, harga tiket 920 yen), kemudian berpindah ke Sakaisuji Subway Line dan kereta Hankyu ke pusat Kyoto (60 menit, harga tiket 680 yen). Saat naik kereta Hankyu kita akan berpindah kereta di Stasiun Awaji, Ibaraki Shi, atau Takatsuki, namun masih menggunakan kereta Hankyu (teman-teman tidak perlu membeli tiket lagi).

4) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine bus ke Stasiun Kyoto, Stasiun Nijo, Shijo Karasuma, sampai ke Stasiun Demachiyanagi. Lama perjalanan adalah 100 menit dengan harga tiket 2.550 yen.

5) Naik Taksi atau Mobil Sewaan

Karena jaraknya yang jauh dari Kyoto (hampir 40 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 20.000-25.000 yen. Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Kansai ke Osaka/ Kyoto dan sebaliknya.

Transportasi ke Osaka

1) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka (warna putih biru)
Langsung, 50 menit, 1.300-3.000 yen, tersedia 2 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Biayanya 2.330 yen untuk kursi biasa dan 3.000 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu ICOCA (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.300 yen. Ingat kereta limited ekspress JR Haruka tidak berhenti di stasiun Osaka, namun stasiun Shinkansen Shin-Osaka.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)
Langsung, 70 menit, 1.190 yen, 3 kereta per jam
Jalur kereta JR sama dengan JR Haruka, teman-teman bisa mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, dan turun di Stasiun Shin-Osaka. Biaya tiketnya sebesar 1.190 yen, dan memakan waktu 70 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka (yang juga dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo dan Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line selama 4-5 menit dengan ongkos 150 yen.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua)
Langsung, 45 menit, 1.600 yen, banyak kereta
Dari Kansai Airport, bisa naik kereta Nankai Airport Express sampai ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 920 yen). Dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen.

4) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine bus ke pusat kota Osaka dan berakhir di Stasiun Osaka. Lama perjalanan adalah 60 menit dengan harga tiket 1.550 yen.

5) Naik Taksi atau Mobil Sewaan

Karena jaraknya yang jauh dari Osaka (hampir 20 kilometer), maka Tim Info Jepang tidak menyarankan naik taksi. Biaya taksi sampai ke Kyoto bisa mencapai 10.000-15.000 yen. Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Kansai ke Osaka/ Kyoto dan sebaliknya.

Transportasi ke Kobe

1) Dengan menggunakan kereta JR Kansai Airport (warna silver)
Transit 1 kali, 100-110 menit, 1710 yen (gratis dengan menggunakan JR Pass)
Dari Kansai Airport kita bisa naik kereta JR Kansai Airport sampai Stasiun Osaka. Lama perjalanan sekitar 70 menit. Di Stasiun Osaka, kita berpindah naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Kobe. Harga total tiketnya 1.710 yen dan masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass.

2) Dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka (warna putih biru)
Transit 2 kali, 80 menit, 2680-3960 yen, tersedia 4 kereta per jam
Perjalanan dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 50 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka, kita berpindah naik kereta JR Rapid for Himeji sampai Stasiun Kobe melalui Stasiun Osaka.  Total ongkosnya 2.680 yen untuk kursi biasa dan 3.960 yen untuk kursi pesanan (green car).

3) Naik Bus

Di Kansai Airport tersedia Airport Limousine Bus ke Stasiun Sannomiya Kobe. Lama perjalanan adalah 65 menit dengan harga tiket 1.950 yen.

3. Catatan penting mengenai Kansai Airport (Tiba Malam atau Terbang Pagi Hari)

Oiya, ini salah satu catatan penting mengenai Kansai Airport. Bandara ini memang beroperasi 24 jam, namun akses/ transportasi ke Osaka atau Kyoto di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir ke Namba (selatan Osaka) berangkat pukul 23.40 yakni dengan kereta lokal Nankai atau bila menggunakan kereta cepat JR pukul 23.09 dan 23.32. Sementara itu, kereta terakhir ke Kyoto dan Shin-Osaka berangkat pukul 23.00.

Teman-teman yang tiba di Kansai dengan penerbangan pagi hari (sebelum 08:00) atau penerbangan malam (setelah pukul 23:00) hanya bisa menggunakan bus malam atau bus pagi dari/ ke Stasiun Osaka yang berangkat setiap jam. Hanya bus ini satu-satunya transportasi murah ke Osaka. Bisa juga naik taksi, hanya harganya mahal sekali (20.000-25.000 yen), dan tidak kami sarankan.

Berikut ini jadwal bus malam yang beroperasi dari Kansai Airport

Berikut ini jadwal bus pagi yang beroperasi ke Kansai Airport

  • tiba dari Stasiun Osaka jam 4:30 and 5:30, berangkat dari Osaka Station 03.28.
  • tiba dari Stasiun Namba jam 6:03
  • tiba dari Stasiun Kyoto jam 5:55, berangkat dari Kyoto Station 04.30
  • tiba dari Stasiun Kobe jam 5:55, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 04.50
  • tiba dari Stasiun Kobe jam 6:50, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 05.45

4. Hotel di sekitar Kansai Airport

Bagi yang tidak sempat naik kereta atau bus ke kota Osaka atau Kyoto bisa menginap di Kansai Airport. Kansai Airport memang terkenal dengan keramahannya bagi para backpacker, di mana tersedia banyak tempat duduk yang bisa digunakan untuk rebahan tidur malam. Selain itu, banyak minimarket yang buka 24 jam menyediakan makanan ringan atau minuman. Tersedia juga banyak soket listrik untuk mengisi daya peralatan listrik, pula toilet yang bersih.

Informasi yang didapat oleh Tim Info Jepang, orang-orang diperbolehkan tidur di bangku-bangku tunggu Kansai Airport. Namun, petugas penjaga bandara akan selalu berpatroli dan memeriksa paspor Anda berulang-ulang semalaman. Jika membawa keluarga, supaya tidak terganggu Tim Info Jepang menyarankan supaya teman-teman bisa menginap di Hotel Nikko Kansai yang terhubung langsung dengan skyway ke Terminal 1. Alternatif lainnya bisa menginap di Hotel Kansai Washington, City Hotel Air Port in Prince, Kansai Airport First Hotel dan Hotel Star Gate yang letaknya diseberang Kansai Airport di sekitar Rinku Premium Outlet (dengan naik taksi 1.500-2.000 yen).

Sumber gambar: Flickr yasuo ogiuchi


Recommended for you


Last modified: November 7, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
bambang
2017-04-07 22:56:34
Sangat membantu

Close Comments

Comments (227)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, ada shuttle bus menuju ke Kansai Airport Washington Hotel di menit 05 dan 35. Salam

  1. halo Info jepang, berdasarkan jam arrived di penerbangan saya, saya tiba di kansai jam 21.30 malam, nah apakah masih bisa menggunakan kereta nankai, mengingat dibandara ada proses imigrasi dan bagasi.. trims

    • Nugroho Christian  |  

      Masih pak, keretanya tersedia sampai jam 11 malam, rasanya masih kekejar (asumsi imigrasi dan bagasi 1 jam). Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!