Hakone Onsen

Home / Attraction / Hakone Onsen
Item image

Hakone adalah kawasan wisata onsen dan alam pegunungan terdekat dengan Tokyo. Lokasi Hakone ada di Prefektur Kanagawa di sisi barat 90 kilometer Tokyo. Dengan menggunakan kereta, kita bisa sampai di Hakone dengan satu jam perjalanan saja. Hakone punya beragam objek wisata terkenal, mulai dari Danau Ashinoko dengan latar pemandangan Gunung Fuji, kawah aktif Owakudani, Kastil Odawara, hingga pusat perbelanjaan Gotenba. Baru-baru ini, Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Hakone kembali. Namun, saya tidak mengunjungi tempat-tempat wisata di atas, melainkan menikmati pemandian air panas (onsen) dan juga penginapan tradisional ryokan di Hakone Onsen. Simak kisahnya ya, semoga bisa jadi ide teman-teman mengunjungi Hakone.

Mayoritas pemandian air panas (onsen) yang ada di Hakone hanya dapat dinikmati saat kita menginap di ryokan. Bagi yang belum tahu, ryokan itu adalah penginapan tradisional Jepang. Kita bisa merasakan duduk di atas tatami, lalu tidurnya di atas futon, dan bentuk kamarnya seperti rumah orang Jepang. Kita bisa merasakan langsung kehangatan budaya Jepang karena ada acara minum teh di pagi dan sore hari, maupun melalui menu-menu makanan tradisional yang ditawarkan sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam. Nah, harga menginap di ryokan cukup mahal, hampir setara dengan menginap di hotel bintang 3 atau 4. Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu, kini sudah semakin banyak onsen-onsen yang dibuka untuk umum sepanjang hari, termasuk di Hakone. Total ada 17 onsen di Jepang, termasuk Hakone Yumoto, Tonosawa, Miyanoshita, Gora dan spa Kowakudani. Berikut ini adalah beberapa tempat pemandian air panas (Hakone Onsen) yang bisa teman-teman coba kunjungi dalam liburan ke Hakone.

Sebagai tambahan seluruh Hakone Onsen ini bisa dikunjungi dengan naik berbagai macam transportasi di Hakone, seperti kereta maupun bus. Buat teman-teman yang memiliki Hakone Free Pass atau Fuji Hakone Pass akan menghemat ongkos perjalanan di Hakone.

1. Tenzan Onsen

Saya pernah merasakan berendam di pemandian air panas di sini. Tenzan ini adalah onsen paling terkenal di Hakone. Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Hakone-Yumoto (hanya 2,1 kilometer atau 20 menit berjalan kaki, atau 10 menit dengan menggunakan bus) ditambah area pemandiannya yang luas membuat banyak para pengunjung menyukai tempat ini. Seluruh pemandian berada di luar ruangan sehingga kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan hijau pepohonan dan kebun bunga di area onsen ini.

Tenzan Onsen buka dari jam 09.00-23.00. Harganya 1.000 yen. Alamat: 208 Yumotochaya, Hakone, Ashigarashimo District, Kanagawa Prefecture 250-0312, Japan.

Suasana Hakone Tenzan Onsen

Suasana Hakone Tenzan Onsen

2. Hakone Yuryo

Bagi teman-teman yang ingin merasakan berendam dengan suasana yang lebih privat bersama dengan keluarga atau pasangan, bisa ke Hakone Yuryo. Di sini, selain pemandian umum, tersedia kolam yang lebih privat di dalam dan luar ruangan. Sambil berendam, kita juga bisa menikmati hembusan angin dan pemandangan hutan yang masih alami. Selesai berendam dan berelaksasi, ada restoran dengan menu-menu tradisional Jepang menggunakan bahan makanan asli daerah Hakone yang bisa kita coba sebelum melanjutkan perjalanan keliling Hakone.

Hakone Yuryo ini buka dari jam 10.00-21.00 (atau sampai jam 22.00 untuk akhir pekan dan hari libur). Harganya mulai dari 1.400 yen. Alamat: 4 Tonosawa, Hakone, Ashigarashimo District, Kanagawa Prefecture 250-0315, Japan. Hakone Yuryo bisa dicapai dengan naik bus dari Stasiun Hakone-Yumoto selama kurang lebih 15 menit atau dengan shuttle bus gratis dari Stasiun Hakone Yumoto selama kurang lebih 5 menit.

Biaya penggunaan hotel Hakone Onsen di Hakone Yuryo adalah sekitar 3.900 hingga 5.900 per ruangan, dan pemesanan bisa dilakukan dengan mudah via email. Biaya onsen adalah 1.400 yen per orang dan 700 yen untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Untuk private onsen biayanya 3.900 yen per kamar per jam, jadi tentu sangat murah bila berlibur dengan keluarga.

Album foto hotel Hakone Yuryo

Album foto hotel Hakone Yuryo

3. Kappa Tengoku

Dalam bahasa Jepang, Kappa berarti “gelembung air”, sedangkan Tengoku berarti “surga”. Kappa Tengoku adalah salah satu ryokan dengan fasilitas onsen di wilayah Hakone. Tapi tenang, kita tetap bisa menikmati pengalaman berendam di pemandian air panas tanpa perlu menginap di ryokan kok. Lokasinya yang berada di atas bukit dekat dengan Stasiun Hakone-Yumoto mempermudah kita untuk menemukannya (hanya 3-5 menit jalan kaki dari Stasiun Hakone-Yumoto).

Kappa Tengoku bukan mulai dari jam 10.00-22.00. Alamat: Yumoto 777, Hakone Machi, Ashigarashimo Gun, Kanagawa Pref 250-0311

Pemandangan Hakone Onsen Kappa Tengoku

Pemandangan Hakone Onsen Kappa Tengoku

4. Yumoto Fujiya Hotel

Yumoto Fujiya Hotel onsen

Yumoto Fujiya Hotel onsen

Hotel Yumoto Fujiya ini adalah perpaduan antara hotel dan ryokan. Meskipun bangunan hotelnya megah berdiri di seberang Stasiun Hakone-Yumoto, namun suasana interior di dalamnya terasa seperti rumah orang Jepang. Hotel ini pas banget buat temen-teman yang ingin merasakan menginap di ryokan (penginapan tradisional Jepang) tapi takut kalau malah gak bisa tidur di atas futon karena gak terbiasa. Yumoto Fujiya Hotel adalah rekomendasi hotel terbaik dalam liburan di Hakone dari Tim Info Jepang.

Tidak lupa, hotel ini juga menyediakan pemandian air panas (onsen), baik kepada pengunjung hotel maupun kepada publik atau pengunjung umum. Harganya mulai dari 1.800 yen. Hotel Yumoto ini bisa dicapai dengan 2 menit berjalan kaki dari Stasiun Hakone-Yumoto (sekitar 300 meter). Alamat: Japan, 〒250-0392 Kanagawa Prefecture, Ashigarashimo District, 箱根町湯本256−1.

5. Hotel Kowakien Yunessun

Hakone Kowakien Yunessun onsen

Hakone Kowakien Yunessun onsen

Kowakien Yunessun ini pas banget buat teman-teman yang ingin mencoba berendam di pemandian dengan suasana yang berbeda. Seperti Hotel Yumoto Fujiya, kita tetap bisa merasakan onsen tanpa perlu menginap kok. Ada dua tipe onsen disini: Mori No Yu dan Yunessun. Mori No Yu ini adalah pemandian air panas biasa (tidak memerlukan pakaian berendam), sedangkan Yunessun ini adalah taman bermain air (water park) dengan kolam-kolam air panas yang cocok untuk anak-anak. Tempat ini Tim Info Jepang sarankan untuk dikunjungi jika teman-teman sedang berlibur di Hakone bersama dengan anak-anak. Setelah puas berendam, kita bisa mengunjungi restoran yang menjual menu tradisional Hakone dengan harga yang cukup terjangkau. Hakone Kowakien Yunessun onsen ini buka dari jam 09.00-19.00 dengan biaya 2.900 yen untuk dewasa dan 1.600 yen untuk anak-anak.

Untuk mencapai hotel Kowakien Yanessun bisa naik bus Hakone Tozan atau Izuhakone Bus yang menuju Hakone-Machi dan turun di  halte Kowakien. Untuk lama perjalanannya, kalau dari Stasiun Hakone Yumoto sekitar 20 menit, dan sekitar 40 menit kalau naik dari Stasiun Odawara. Selain itu, bisa dicapai dengan naik bus Hakone Tozan rute S, M, atau G, dari Stasiun Gora seharga 190 yen. Dari halte Kowakien, hotel bisa dicapai dengan 5 menit berjalan kaki. Alamat hotel Yumoto: 1297 Ninotaira, Hakone-machi, Ashigarashimo-gun, Kanagawa 250-0407, Japan.

Daftar Hotel/ Ryokan lain dengan private onsen di Hakone

  1. Gora Hotel Paipu No Kemuri
  2. Tokinoyu Setsugetsuka
  3. Ryokan SARA Hakone
  4. Hakone Yoshino Ryokan
  5. Hakone Suimesou

Akses menuju Hakone

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Ada dua akses menuju ke Hakone-Yumoto Station, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1190 yen. Hakone Onsen dapat diakses dengan mudah dengan jalan kaki dari stasiun Hakone Yumoto.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1850 Yen per orang. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, naik bus bisa jadi pilihan yang tepat jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar (lebih dari 4 orang). Bus berangkat setiap jam dari Stasiun Shinjuku setiap hari sampai ke Hakone-machi.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yoshimatsu
8 km away
click for detail
Onsen Guesthouse Hakone T
6 km away
from ¥3077/night
Hakone Onsen Sanso Nakamu
9 km away
from ¥11247/night
Suirinso
6 km away
from ¥7639/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Little Prince Hako
9 km away
Objek di taman Museum Little Prince Hakone
Taman Horaien
5 km away
Keindahan Taman Horaien di musim panas
Hakone Glass no Mori
9 km away
hakone glass no mori
Hakone En
9 km away
Momiji musim gugur dari Hakone En

Sumber gambar: Flickr seitai_tomutomu, きみさらっつ, Alpha, iiotokoninaruzo


Recommended for you


Last modified: February 4, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (44)

  1. halo mas,, maaf mau tanya akses ke Tenzan onsen dari Hakone Yumoto Station naik apa ya? atau harus turun di halte apa. saya coba cari di Hakone Tozan Bus belum ketemu. terima kasih atas bantunnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Hakone Yumoto bisa naik bus lokal bu seharga 100 yen sampai ke halte Tenzan Onsen. Ongkosnya 100 yen.
      Berangkatnya dari Hakone Yumoto Station. Salam

  2. Hi Mas Nugroho,
    Mau tanya jika dari St Odawara ke St Takayama, rute dr hyperdia naik shinkansen berhenti ke St Nagoya dan lanjut kereta LTD EXP HIDA menuju Takayama. Jika saya mau pesan tiket shinkansen nya apakah sudah termasuk kereta LTD EXP HIDA tersebut ? atau saya mendapat tiket terpisah ? atau LTD EXP ini hanya menunjukan JR Pass Saja ?

    Serta jika rute saya
    30 Nov 17 — sampai Narita dan siang dari shinjuku menuju Hakone menggunakan Fuji Hakone Pass
    1 Des 17 — Hakone
    2 Des 17 — Hakone menuju Takayama (JR Pass Baru aktif) melalui odawara
    3 Des 17 — Takayama menuju Kyoto (sore jam 18.46) melalui Nagoya
    4 Des 17 — Malam nenuju Osaka,
    6, 7 Des 17 — Osaka, kobe dan 7 des Malam menuju tokyo
    8 Des 17 — Kamakura
    9 Des 17 — Tokyo
    10 Des 17 — Menuju Jkt

    dengan itenary di atas apakah lebih baik JR Pass atau beli satuan yah mas ? atau itenary nya kira2 ada yang perlu di rubah mas

    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau pesan tiket shinkansen, berarti hanya sampai ke Nagoya Station saja. Bapak harus memesan tiket kereta ekspress Hida menuju ke Takayama.
      Hanya kereta lokal/ rapid yang tidak perlu memesan tiket, cukup menunjukkan JR PASS.
      Dengan itinerary perjalanan di atas, bisa membeli JR PASS Pak, sudah balik modal. Salam

    • Pagi Mas,

      Terimakasih atas jawabannya ada pertanyaan lagi mas, untuk mesan tiket kereta express itu di mana yah mas ? apakah bisa di tempat kita pesan tiket shinkansen atau di stasiun nya yah mas ?

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa memesan tiket kereta shinkansen atau limited ekspress di semua stasiun kereta JR pak. Salam.

  3. Kami sekeluarga berencana ke mt fuji dan sekitarnya pulang hari. Tapi kami masih bingung antara beli hakone free pass atau naik bus/train ke kawaguchi? Bolehkah bagi info apa bedanya jalur hakone free pass dengan kalau kami ambil jalur kawaguchi? Pengennya sih semua tempat bisa dikunjungi. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Hakone Free Pass tidak mengcover ongkos transportasi ke Kawaguchiko. Hakone Free Pass hanya mengcover ongkos PP Tokyo (Shinjuku-Hakone) saja. Kalau ibu Dewi mau ke Kawaguchiko sehari lebih baik membeli tiket ketengan atau bisa mempertimbangkan Tokyo Wide Pass yang bisa dipakai keliling Tokyo untuk 3 hari.

  4. selamat siang , saya agak bingung juga dgn tiket pass di jepang karena banyak macamnya , bole saya minta info utk liburan saya ke jp dan yeti sy sbb;tgl 30-3 di osaka ,(2 mlm di new otani hotel) dan 1 mlm nya pindah ke apartemen yg dekat dotonbori, yg mau sy tanya tempat2 mana yg bisa saya kunjungi di osaka? selama 3 malam ini ? di hari ke 2 ,
    rencana ke kyoto pulang hari (hanya main di arashiyama dan pusat kota kyota
    tiket apa yg hrs sy bei utk selama 3 hari di osaka ?
    tgl 3-5 dari osaka ke ueno ,rencana mau onsen di hakone , dan apakah ada saran dari ueno kemana lagi ya ?
    apakah cukup 2 malam sy stay di ueno ?atau perlu 3 malam? karena mau main juga sekitar tokyo
    tgl 6-8 di nagoya , dan balik ke tanah air ,
    yg mau saya tanya juga dengan perjalanan ini apa perlu saya beli JR pass dari indonesia utk 7 hari ? terima kasi mas nugroho

  5. selamat malam<setelah saya baca eti di hakone yg byk ryokan dan onsen jadi tertarik juga kesana ,yg mau saya tanyakan apakah dari osaka saya bisa ke hokone pulang hari hanya ingin menitmati onsen di tenzan onsen atau mungkin di kappa tengoku? kedua onsen ini mana yg lbh bagus ya,kl bisa yg hanya bisa terjankau dengan jalan kaki dari stsiun dimana saya stop supaya saya tidak perlu lagi beli hokone pass, atau misal nya kalau mau keliling hakone sekalian onsen ini perlu nginap atu tidak ya <kalau nginap enak nya di hakone atau di godemba ,oh ya saya juga mau mencoba kuliner disana ,terima kasi

  6. Malam, saya rencana dari tokyo ke hakone/kawaguchiko/gotemba dan lanjut ke kyoto dalam waktu 2 hari 1 malam. Pertanyaan :
    1. Apa sebaiknya saya beli Hakone Free Pass?
    2. Urutan yang baik bgmn supaya searah? Dan sebaiknya saya bermalam dimana? Hakone atau kawaguchiko?
    3. Gotemba saya rencana hari kedua saja setelah check out dari hotel, setelah itu lanjut kyoto, gmn?!
    Mohon sarannya, tq

    • ya.. saya beli JR Pass. Di hakone saya cuma mau naik cable car aja.
      berarti sebaiknya saya bermalam di hakone ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan ibu membaca dulu itinerary perjalanan Hakone (cek link yang diatas).
      Dan bisa dibandingkan mana yang lebih murah, membeli Hakone Pass atau beli tiket satuan, sebab Tim Info Jepang tidak tahu Ibu mau kemana saja selama di Hakone.
      Kalau hanya naik cable car saja, sepertinya tidak perlu membeli pass. Salam

    • kalau dari hakone atau kawaguchiko atau gotemba, mau ke kyoto, itu harus balik lagi ke tokyo ya? saya pake JR pass.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa langsung ke Mishima Station atau Odawara Station dengan naik bus, untuk kemudian naik shinkansen ke Kyoto (baca: info bus ke Mishima/ Odawara).
      Jauh lebih praktis dan efektif daripada kembali ke Tokyo Station. Salam

    • kalau saya ke tokyo-kawaguchiko-gotemba-hakone, lanjut ke kyoto, sebaiknya saya beli Fuji Hakone Pass atau Hakone Free Pass?

    • Maaf, maksudnya saya mau keliling hakone juga, ke gotemba, dan kawaguchiko. Nginap semalam, keesokannya ke kyoto dari odawara. Jd sebaiknya saya menginap di daerah Hakone atau Gotemba ya? Supaya besoknya lbh dekat ke odawara? Dan baiknya pke Fuji Hakone atau Hakone free pass saja? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Mungkin bisa menginap di Gotemba, sebab hotel-hotelnya harganya lebih murah dibanding dengan hotel di Hakone.
      Hotel di Hakone kebanyakan punya standar ke atas, lebih cocok buat yang ingin mencoba pelayanan dan servis di Jepang.
      Karena ibu sepertinya ingin keliling-keliling di tempat wisata di Fuji/ Kawaguchiko, maka lebih hemat membeli Fuji Hakone Pass.
      Salam

  7. Min saya mau bertanya. Saya akan berlibur di jepang setelah acara di tokyo. Berikut itinerarynya :
    D1: Tokyo skytree (naik ke atas), akihabara, asakusa, nakamise street
    D2: gunung fuji, onsen hakone (by cable car)
    D3: disneyland
    D4: disneysea
    D5: osaka aquarium kaiyukan, umeda sky building, grand front osaka, shinsaibashi shopping street, dotombori
    D6: USJ
    D7: kiyomizudera, arashiyama, nishiki ichiba market.
    D8: airport

    Apakah ada yg perlu diubah atau ditambah?
    Saya berlibur ber2 tapi membutuhkan 2 kamar terpisah untuk menginap. Apakah ada rekomendasi hotel? Barang saya byk jd tdk bs menggunakan kapsul hotel.
    Transportasi apa saja yg saya butuhkan?
    Thx u

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Fransisca,
      Sepertinya sudah cukup padat untuk jadwalnya dan rutenya juga sudah pas.
      Kamu bisa mencari hotel atau hostel yang ada di website Infojepang, kami punya database hotel/ penginapan yang dekat dan murah. Cukup klik ke tempat-tempat wisatanya, dan lihat rekomendasi hotel yang ada di sekitarnya. Semisal Tokyo Skytree, atau Namba atau Shinsaibashi
      Untuk transportasinya, paling gampang shinkansen. Oh, 1 lagi, kamu tiba dan kembali ke Indonesia dari bandara mana ya? Salam.

    • Fransisca  |  

      Saya tiba dan kembali dari bandara haneda tokyo. Apakah ada tempat penitipan barang ya? Jadi saya tinggal membawa sewaktu plg, dan tidak kerepotan selama berpergian. Soalnya brgnya cukup banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Apakah barang-barangnya ingin dititip di satu tempat? Atau pindah-pindah ke Osaka dan Kyoto?
      Kalau memang ingin dititip, bisa diloker stasiun-stasiun besar. Salam

    • Fransisca  |  

      Slmt pagi pak, iya dalam 1 kota saja. Di tokyo jadi, plgnya tgl ambil karena plgnya dari tokyo jg. Apa susunan iti sy untk hari terakhir dari kyoto perlu diubah?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kenapa hari terakhir diubah?
      Sebenarnya hari terakhir (hari ke-8), jam keberangkatan pesawat dari Haneda Airport jam berapa?
      Lalu apakah berencana menginap satu malam di Tokyo untuk esok hari pulang dari Haneda atau tetap menginap di Kyoto?
      Salam

    • Fransisca  |  

      Pulang dari haneda jam 9 pagi. Kalo begitu hari ke 7 saya dari kyoto lgsg ke tokyo (menginap di tokyo) atau lgsg menunggu di airport? Ato menginap d kyoto?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau terbangnya jam 9 pagi, berarti paling telat harus check in sekitar jam 8 di Haneda Airport.
      Padahal kereta shinkansen pertama dari Kyoto baru berangkat pukul 06.00 dan tiba di Shinagawa Station Tokyo sekitar pukul 08.30, ditambah 20 menit perjalanan lagi ke Haneda Airport sepertinya tidak mungkin berangkat pagi-pagi dari Kyoto. Ibu bisa memilih naik bus malam dari Kyoto dan tiba pagi hari di Tokyo atau menginap di hotel di Tokyo. Salam

  8. hi info jepang,
    saya berencana hanya 1 hari explore hakone dan ingin mencoba onsen disana.
    ada rekomedasi itinerary yg must visit di hakone tp waktunya ttp cukup utuk mencoba onsen?
    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Perjalanan satu arah dari Shinjuku sampai Odawara, kemudian naik Hakone Tozan Train dan Hakone Ropeway sampai ke Togendai (salah satu pelabuhan Hakone Cruise) saja ongkosnya sudah 3.340 yen Ibu. Belum ditambah ongkos kapal wisata Hakone Cruise dan ongkos ke arah Hotel Kowakien Yunessun. Jauh lebih hemat jika membeli Hakone Free Pass. Salam

  9. Halo.. Beli tiket Yunessun dimana ya?
    Lalu sy mau ke Hakone pp dari Tokyo. Hanya ingin naik pirate cruise dan ropeway lalu terakhir yunessun sblm kembali ke Tokyo. Rutenya seperti apa ya? Rencana naik Romance car dari Shinjuku.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tiketnya ibu bisa beli secara langsung di tempat atau online, bisa melalui Govoyagin. Sedangkan untuk rutenya, ibu bisa naik kerta Odakyu dari Shinjuku sampai Stasiun Hakone Yumoto (pintu masuk Hakone) lalu naik bus selama 35 menit dengan harga tiket 960 yen sampai ke Hakone Machi di pinggir Danau Ashinoko. Ibu juga sebaiknya membeli Hakone Free Pass yang bisa mengcover rute Tokyo-Hakone-Tokyo dengan lebih murah.

  10. Halo… Again, nice article.. Kebetulan ingin mencoba onsen, dan rencananya nanti menginap di Tokyo.
    1. Apakah Hakone ini pilihan onsen terbaik dari segi jarak dan harga jika stay di Tokyo? Atau ada rekomen lain lagi?
    2. Apakah Romance Car tercover Tokyo Wide Area Pass?
    3. Untuk onsen nya sendiri, apakah rata2 untuk pria wanita nya jadi satu atau tempatnya dipisahkan?
    Terima Kasih ^^

    • Nugroho Christian  |  

      Tim Info Jepang sudah merangkum juga beberapa rekomendasi onsen di Tokyo: Sento dan Onsen di Tokyo. Onsen rata-rata dipisah antara pria dan wanita. Kalau ingin private onsen untuk keluarga bisa dibaca di artikel: private onsen di sekitar Danau Kawaguchiko atau di daerah Kyoto. Untuk romance car dilayani oleh kereta swasta bukan JR, sehingga tidak tercover oleh Tokyo Wide Area Pass. Namun, Bapak Ryan bisa menggunakan Tokyo Wide Pass sampai ke pintu masuk Hakone yakni stasiun Odawara. Salam.

  11. Pak, untuk wisata Tokyo – Fuji – Hakone – Tokyo, bisa 1 hari PP ya?
    Soalnya saya lihat lama perjalanan dari tiap2 lokasi sekitar 1 jam.

    Kalau saya 3 hari Tokyo, dimana 1 hari ini dipakai ke Fuji-Hakone, 1 hari untuk ke Disneyland, 1 hari ke Gala Yusawa, kira2 perlu beli tiket JR pass dari Jakarta gak ya?

    Thanks

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!