Owakudani

Home / Nature / Owakudani
Item image

Owakudani adalah salah satu area dengan panorama paling indah di daerah wisata Hakone selain Danau Ashinoko. Owakudani adalah daerah kawah hasil letusan Gunung Hakone sekitar 3000 tahun yang lalu. Letaknya kawah Owakudani ini tidak jauh dari Togendai (sisi utara Danau Ashinoko). Kini, Owakudani terkenal dengan pemandian air panasnya. Selain itu, teman-teman juga dapat melihat asap belerang yang keluar dari retakan tanah, sungai air panas, dan tentunya pemandangan Gunung Fuji dari kejauhan.

Apa yang bisa dilakukan di sini?

1. Melihat kolam air panas

Dari stasiun akhir kereta gantung, teman-teman bisa berjalan kaki menuju pusat kawah untuk melihat kolam-kolam air panas yang masih aktif (ada gelembung-gelembung gas yang keluar dari air, layaknya air mendidih). Beberapa penduduk lokal juga menjual telur rebus yang dimasak di kolam air panas secara langsung, atau kerang hitam yang dipercaya dapat memperpanjang umur tujuh tahun.

2. Hiking ke puncak Kamiyama

Teman-teman juga bisa menyusuri jalur mendaki dari stasiun akhir kereta gantung ke puncak Gunung Kamiyama, lalu ke Gunung Komagatake. Dari kaki Gunung Komagatake, kemudian kita bisa melanjutkan ke tepi Danau Ashinoko. Dari puncak Gunung Kamiyama, teman-teman bisa melihat Gunung Fuji dari kejauhan.

fuji dari owakudani

Pemandangan Gunung Fuji dari Owakudani

3. Pergi ke Museum Sains Owakudani

Puas berkeliling dan melihat pemandangan gunung dan laut di Owakudani? Kita bisa beristirahat sejenak sambil belajar di Museum Sains Owakudani. Di sini kita bisa belajar tentang sejarah daerah Hakone dan juga belajar pepohonan di daerah sekitar dan ikan-ikan yang hidup di Danau Ashinoko. Kita juga bisa melihat simulasi letusan gunung Kamiyama lengkap dengan miniatur gunung yang bergetar dan bermagma! Museum Sains ini buka dari jam 09.00 pagi hingga 16.30 dengan biaya masuk 400 Yen untuk orang dewasa dan 250 Yen untuk anak-anak.

Akses ke Owakudani di Hakone

Owakudani terletak di jalur kereta gantung jalur Sounzan-Togendai. Teman-teman bisa turun di Stasiun Kereta Gantung Owakudani. Untuk mencapai Sounzan, bisa naik kereta api jalur Hakone Tozan dari Hakone-Yumoto atau dengan cable car jalur Gora-Togendai. Dengan menggunakan Hakone Free Pass, teman-teman bisa naik cable-car gratis.

Tour PP ke Hakone dan Gunung Fuji

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Tour terbaik bagi yang menginap di daerah Shinjuku. Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway di Owakudani

Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat kawah aktif Owakudani di Hakone. Lalu kembali ke Tokyo sambil menikmati sensasi naik kereta cepat paling terkenal di dunia, Shinkansen.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

B&B Pension Hakone
2 km away
from ¥7400/night
Merveille Hakone Gora
2 km away
from ¥14000/night
Palace Hotel Hakone
2 km away
from ¥14805/night
Onsen Guesthouse Hakone T
2 km away
from ¥3077/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Iwaya Caves
41 km away
gua iwaya
Enoshima Sea Candle
42 km away
Iluminasi Enoshima Sea Candle
Yokahama Hakeijima
57 km away
Keindahan koleksi laut Yokahama Hakeijima Sea Paradise
Hakone Glass no Mori
2 km away
hakone glass no mori

Sumber gambar: Flickr federica intorcia, Er Guiri


Recommended for you


Last modified: May 17, 2017 by

Close Comments

Comments (7)

  1. Selamat siang Pak Nugroho. Mohon maaf apabila pertanyaan saya sudah pernah dijawab atau dibahas sebelumnya. Saya membeli JR Pass untuk keperluan transportasi di Jepang nanti. Pada tanggal 3 January 2017 nanti saya berencana berangkat dari Tokyo pagi2 ke daerah Mt. Fuji, Lake Kawaguchi, Gotemba, Hakone (Owakudani, Lake Ashi, etc) dalam satu hari dan kembali ke Tokyo malamnya. Pertanyaan saya adalah, dengan adanya JR Pass, apakah saya perlu membeli Fuji Hakone Pass yang relatif mahal dan berlaku 3 hari, padahal saya hanya berencana menyelesaikan wisata daerah tersebut dalam satu hari. Apakah tetap lebih murah saya beli Fuji Hakone Pass ketimbang bayar untuk setiap bus dan kereta yang saya naiki di daerah sana? Apakah saran Pak Nugroho? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Fuji Hakone Pass cocok bagi yang ingin PP dari Tokyo dan menginap 2 malam di Fuji-Hakone.
      Nah JR Pass sendiri hanya mencover ongkos dari Tokyo-Otsuki Station (3/4 perjalanan ke Kawaguchiko) dan dari Odawara di Hakone.
      Sementara Gunung Fuji, Kawaguchiko, Gotemba dan Hakone tidak ada jalur kereta, hanya ada bus.
      Boleh tahu jadwal bapak di Jepang? Supaya kami bisa memberikan rekomendasi yang lebih detail.

    • Terima kasih Pak Nugroho atas jawabannya. Saya akan berada di Tokyo dari 31 Dec 2016 – 4 Jan 2017. Rencana saya akan bersama dengan teman2 seharian penuh di daerah Mt. Fuji dan Hakone pada tanggal 3 Jan 2017. Tempat-tempat yang saya ingin kunjungi di Mt. Fuji dan Hakone kurang lebih seperti panduan di atas, kecuali Fujikyu Highland, Kuil2, dan Museum. Apabila saya mengikuti rute sesuai panduan di atas (Shinjuku – Kawaguchi – Hakone – Odawara), apakah ada rekomendasi Pass yang lebih murah, atau tetap perlu Fuji Hakone Pass yang akan dipakai hanya sehari. JR Pass saya beli karena ada rencana menginap di Osaka, Kyoto, dan mampir ke Himeji dan Kobe.

      Terima kasih sekali lagi atas reply2nya.

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Pak. Tolong berikan jadwal lengkapnya: liburan dari tanggal berapa sampai kapan, lalu tanggal sekian ke Osaka, tanggal sekian ke Kyoto.
      Jadwal ini yang kami perlukan. Tapi kalau memang belum ada Bapak bisa pakai JR Pass sampai Odawara, lalu beli Hakone Free Pass versi Odawara, jalan-jalan di Hakone dan ke Gotemba (semua tercover Hakone Free Pass). Dari Gotemba bayar bus sampai Kawaguchiko, jalan-jalan di Kawaguchiko. Dari Kawaguchiko bayar kereta Fuji Kyuko sampai Otsuki (tidak tercover JR Pass). Kemudian dari Otsuki kembali ke Tokyo (tercover JR Pass). Salam

    • Terima kasih Pak Nugroho. Liburan kami dari tanggal 30 Dec – 7 Jan 2017 dengan itinerary seperti di bawah ini.
      30 Dec: Tiba di Osaka
      31 Dec: Osaka – Tokyo (JR Pass aktif per hari ini)
      1 Jan – 4 Jan: Tokyo dan sekitarnya (Mt. Fuji di tanggal 3 Jan)
      5 Jan: Tokyo – Himeji Castle – Osaka
      6 Jan: Osaka – Kyoto – Osaka (JR Pass selesai per hari ini)
      7 Jan: Osaka – Jakarta

      Apakah jadwalnya cukup jelas dan lengkap?
      Mohon infonya, terima kasih.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!