Danau Ashinoko

Home / Nature / Danau Ashinoko
Item image

Danau Ashinoko atau sering disebut Danau Ashi terbentuk dari hasil letusan Gunung Hakone dibentuk di kaldera Gunung Hakone yang terjadi sekitar 3000 tahun yang lalu. Kini, Danau Ashinoko dengan latar belakang Gunung Fuji menjadi simbol kota Hakone yang terkenal sebagai objek wisata hingga ke mancanegara. Airnya yang bersih dan pemandangan alam pegunungan yang memukau, membuat jutaan wisatawan menyempatkan diri pergi ke danau terbesar di Prefektur Kanagawa ini. Kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di Danau Ashinoko? Tim Info Jepang sudah merangkumnya spesial untuk teman-teman semua!

Apa yang dapat dilakukan di Danau Ashinoko?

1. Berkeliling Danau Ashinoko dengan Kapal Wisata Hakone

Selain dapat melihat birunya danau dengan latar Gunung Fuji, teman-teman bisa juga berkeliling danau dengan menggunakan kapal. Hakone Sightseeing Boats dan Izuhakone Sightseeing Boats yang menyediakan perjalanan menikmati Danau Ashinoko dari Moto-Hakone dan Hakone-machi di sisi selatan danau menuju ke Togendai dan Kojiri di sisi utara. Biayanya pun amat terjangkau, hanya 1000 yen, teman-teman diajak mengelilingi danau selama 30-40 menit. Adapun rutenya adalah sebagai berikut Togendai Port > Hakone Port > Moto-Hakone Port > Togendai Port. Kapal wisata Hakone beroperasi dari jam 09.30 sampai jam 17.00.

Kalau teman-teman mengikuti Itinerary Perjalanan 1 Hari di Hakone, maka teman-teman akan tiba di pinggir Danau Ashinoko dari sebelah utara, tepatnya di stasiun Togendai (Hakone Ropeway). Nah, teman-teman bisa turun dari platform Ropeway di lantai 2 ke pelabuhan Kapal Wisata yang berada di lantai B2. Untuk naik Kapal wisata Hakone tinggal membeli tiket di kaunter tiket atau menunjukkan Hakone Free Pass bagi yang memiliki.

Kapal wisata bajak laut di Danau Ashinoko

Kapal wisata bajak laut di Danau Ashinoko

Suasana pelabuhan di Danau Ashinoko

Suasana pelabuhan di Danau Ashinoko

Pelabuhan Togendai berada di sebelah utara Danau Ashinoko, dan menjadi stasiun terakhir Hakone Ropeway dan juga titik transfer transportasi di Hakone, misalnya bus ke Hakone Yumoto dan Odawara, serta bus langsung ke Shinjuku dan Tokyo. Kojiri adalah pelabuhan di sebelah selatan Togendai, dan menjadi pelabuhan kapal wisata Danau Ashinoko juga. Kojiri menjadi pusat perayaan festival musim panas di Hakone pada akhir bulan Juli. Pelabuhan lainnya adalah pelabuhan Hakone-en, di bagian tengah-tengah Danau Ashinoko, yang menjadi akses utama ke Akuarium Hakone, Prince Hotel Hakone, dan Komagatake Ropeway. Prince Hotel Hakone yang berada dekat dengan Hakone-en menjadi hotel favorit wisatawan yang berkunjung ke Danau Ashinoko. Pelabuhan terakhir adalah Moto Hakone, yang berada di bagian selatan danau, yang merupakan akses utama ke Museum Seni Narukawa, Kuil Hakone, dan beberapa hotel serta restoran di pinggir Danau Ashinoko.

2. Melihat keindahan pepohonan di musim gugur

Di musim gugur, pepohonan di pinggir Danau Ashinoko berubah warna menjadi merah, kuning, dan oranye dan terpantul ke danau. Melihat pemandangan ini dengan pantulan sinar matahari sore hari akan membuat pikiran melayang melupakan rutinitas hidup, hehe.

Teman-teman juga bisa melihat keindahan Danau Ashinoko juga seluruh daerah pegunungan Hakone dengan naik Komagatake Ropeway. Ropeway ini berada di Hakone En, yang berlokasi tepat di bagian tengah ke timur Danau Ashinoko.

Bagaimana cara ke Danau Ashinoko?

1. Dari Odawara dan Hakone-Yumoto

Dari Odawara teman-teman bisa naik bus menuju Moto-Hakone dan Hakone-machi di sisi selatan  Danau Ashinoko. Waktu tempuhnya sekitar 50 menit dengan harga tiket 1.180 yen. Sedangkan dari Hakone-Yumoto, bisa naik bus selama 35 menit dengan harga tiket 960 yen. Atau, jika teman-teman memiliki Hakone Free Pass, teman-teman bisa naik bus gratis dari Odawara atau Hakone-Yumoto.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

2. Naik Kereta Gantung dari Gora

Jika ingin merasakan suasana lain melihat pemandangan Danau Ashinoko, teman-teman bisa mencoba menaiki kereta Gantung dari Gora ke Togendai yang berada di sisi utara Danau Ashinoko. Dilanjutkan dengan naik perahu ke Moto-Hakone atau Hakone-machi di sisi selatan. Untuk mencapai Gora, teman-teman bisa naik Hakone Tozan Railway dari Odawara atau Hakone Yumoto. Semua rute dari Gora gratis dengan Hakone Free Pass.

3. Naik Bus dari Gotemba

Dari Gotemba, tersedia dua buah bus setiap jamnya ke Togendai dengan durasi perjalanan 30-40 menit. Harga tiketnya 1020 yen atau gratis jika menggunakan Hakone Free Pass.

Ongkos Naik Ashinoko Cruise

  1. Rute Hakone Machi — Togendai 1.840 yen (PP)
  2. Rute Moto-Hakone — Togendai 1.840 yen (PP)
  3. Rute Hakone Machi — Togendai 1.000 yen (satu arah)
  4. Rute Moto-Hakone — Togendai 1.000 yen (satu arah)
  5. Rute Hakone Machi — Moto-Hakone 360 yen (satu arah)

Lihat Paket Tur di sini: hakone-kankosen

Tour PP ke Hakone dan Gunung Fuji

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Tour terbaik bagi yang menginap di daerah Shinjuku. Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat kawah aktif Owakudani di Hakone. Lalu kembali ke Tokyo sambil menikmati sensasi naik kereta cepat paling terkenal di dunia, Shinkansen.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakone Kintouen
9 km away
from ¥28012/night
Merveille Hakone Gora
6 km away
from ¥14000/night
Yoshimatsu
3 km away
click for detail
Yumoto Fujiya Hotel
10 km away
from ¥18287/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Odawara
14 km away
Kastil Odawara di sore hari
Odawara
15 km away
Kastil Odawara di sore hari
Museum Seni Narukawa
3 km away
Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone
Taman Gora
6 km away
Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone

Sumber gambar: Flickr elminium, er Guiri, Rog01, hoge asdf


Recommended for you


Last modified: September 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Rian
2016-04-09 02:23:51
Good place

Close Comments

Comments (59)

  1. Siang Pak.. Maaf mau bertanya, Jika dalam rencana trip sy “1 day Hakone + Gotemba” pp dari Stasiun Tokyo apa ada saran rute yg lbh efektif namun tetap bisa untuk mencoba ropeway Sounzan – Togendai dan Cruise Togendai – Moto Hakone (tanpa membuang sala satunya).

    Plan detail kami sbb:
    * Kereta Pagi Tokyo – Odawara (covered by HFP)
    * Odawara – Gora by train (covered by HFP)
    * Gora – Sounzan by Cable car (covered by HFP)
    * Sounzan – Togendai by Ropeway (covered by HFP)
    * Togendai – Moto Hakone by Ship (covered by HFP)

    * Moto Hakone – Gotemba Premium ?
    apakah lebih baik dari Moto Hakone balik ke Hakone Yumoto dan lanjut ke Gotemba dgn Bus
    Hakone Tozan atau dari Moto Hakone kembali ke Togendai naik cruise (pp) dan dilanjutkan
    Togendai – Gotemba dengan Bus Odakyo + shuttle bus ke Gotemba Premium outlet?

    Untuk rute kembali ke Tokyo kami rencananya by train dr Gotemba – Tokyo dan tidak melewati Hakone lagi.

    apakah menurut Pak Nugroho rute ini bisa dala sehari trip pp dari Tokyo ?

    Salam dan Terima kasih sebelumnya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Moto Hakoneko bapak bisa naik bus ke Gora Station, dari Gora Station ada bus langsung ke Gotemba Premium Outlets.
      Itu masih lebih cepat daripada kembali naik kapal wisata sampai ke Togendai, dan balik lagi dengan Ropeway+Cable Car ke Gora.
      Kalau pergi pagi-pagi keburu kok pak. Tim Info Jepang sudah pernah mengatur jadwal untuk salah satu pengguna Tour Guide Online. Salam

    • Hoo alhamdulillah kl bisa seperti itu, sy pikir mesti balik muter dulu.
      Oya Pak, untuk HFPnya jika sy pesan online ketika pas mau dipakai dihari H gimana prosedurnya? apa mesti diprint/dituker di Shinjuku atau bisa di Tokyo Stasiun? atau cukup perlihatkan konfirmasi pembeliannya sj ke petugas dan langsung bs dipakai?

      Kemudian jika mau beli HFP on the spot apa bs di Tokyo Stasiun sj (gk perlu ke Shinjuku) dan belinya bisa H-1 ?

      Terima kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau beli online tetap harus ditukar di Odakyu Sightseeing Service Center di Shinjuku Station.
      Kalau mau beli langsung juga hanya bisa ke Odakyu Sightseeing Service Center di Shinjuku, H-1 atau saat hari H juga bisa. Salam

    • Pak mau tanya, kalau itenerary nya seperti ini, nanti pulang dari Gotemba ke Tokyo sebaiknya pakai apa ya? baiknya kereta atau bus? lalu harganya berapa dan estimasi selesai sampai ke gotemba apabila menggunakan itenerary ini sampai jam berapa? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin naik kereta, ibu harus naik shuttle bus menuju ke Gotemba Station, kemudian ibu harus menambah ongkos 500 yen untuk perjalanan dari Gotemba Station sampai ke Shin Matsuda. Dari Shin Matsuda bisa naik kereta Odakyu Line sampai Shinjuku yang tercover dengan Hakone Free Pass. Waktu perjalanan sekitar 2,5 jam.
      Kalau mau praktis bisa naik bus ekspress langsung dari Gotemba Premium Outlets menuju ke Shinjuku, ongkosnya 1650 yen, dan waktu perjalanan 1 jam 45 menit. Salam

  2. pak untuk naik sightseeing cruise pp dari togendai – moto hakone – togendai. apakah tiket pp tersebut sudah tercover oleh hakone free pass?? Mohn bantuan penjelasannya.
    karena saya berenjena naik sightseeing cruise ally balk ke togendai untuk ke gotemba premium outlet.

    yang kedua, apakah bus dari togendai – gotemba premium outlet pp di cover oleh hakon free pass juga?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya perjalanan Kapal Wisata nya semua tercover dengan Hakone Free Pass.
      Bus dari Togendai menuju ke Gotemba Premium Outlets juga tercover dengan Hakone Free Pass.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!