Danau Ashinoko

Home / Nature / Danau Ashinoko
Item image

Danau Ashinoko atau sering disebut Danau Ashi terbentuk dari hasil letusan Gunung Hakone dibentuk di kaldera Gunung Hakone yang terjadi sekitar 3000 tahun yang lalu. Kini, Danau Ashinoko dengan latar belakang Gunung Fuji menjadi simbol kota Hakone yang terkenal sebagai objek wisata hingga ke mancanegara. Airnya yang bersih dan pemandangan alam pegunungan yang memukau, membuat jutaan wisatawan menyempatkan diri pergi ke danau terbesar di Prefektur Kanagawa ini. Kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di Danau Ashinoko? Tim Info Jepang sudah merangkumnya spesial untuk teman-teman semua!

Apa yang dapat dilakukan di Danau Ashinoko?

1. Berkeliling Danau Ashinoko dengan Kapal Wisata Hakone

Selain dapat melihat birunya danau dengan latar Gunung Fuji, teman-teman bisa juga berkeliling danau dengan menggunakan kapal. Hakone Sightseeing Boats dan Izuhakone Sightseeing Boats yang menyediakan perjalanan menikmati Danau Ashinoko dari Moto-Hakone dan Hakone-machi di sisi selatan danau menuju ke Togendai dan Kojiri di sisi utara. Biayanya pun amat terjangkau, hanya 1000 yen, teman-teman diajak mengelilingi danau selama 30-40 menit. Adapun rutenya adalah sebagai berikut Togendai Port > Hakone Port > Moto-Hakone Port > Togendai Port. Kapal wisata Hakone beroperasi dari jam 09.30 sampai jam 17.00.

Kalau teman-teman mengikuti Itinerary Perjalanan 1 Hari di Hakone, maka teman-teman akan tiba di pinggir Danau Ashinoko dari sebelah utara, tepatnya di stasiun Togendai (Hakone Ropeway). Nah, teman-teman bisa turun dari platform Ropeway di lantai 2 ke pelabuhan Kapal Wisata yang berada di lantai B2. Untuk naik Kapal wisata Hakone tinggal membeli tiket di kaunter tiket atau menunjukkan Hakone Free Pass bagi yang memiliki.

Gunung Fuji dari Danau Ashinoko Hakone

Gunung Fuji dari Danau Ashinoko Hakone

Pelabuhan Togendai berada di sebelah utara Danau Ashinoko, dan menjadi stasiun terakhir Hakone Ropeway dan juga titik transfer transportasi di Hakone, misalnya bus ke Hakone Yumoto dan Odawara, serta bus langsung ke Shinjuku dan Tokyo. Kojiri adalah pelabuhan di sebelah selatan Togendai, dan menjadi pelabuhan kapal wisata Danau Ashinoko juga. Kojiri menjadi pusat perayaan festival musim panas di Hakone pada akhir bulan Juli. Pelabuhan lainnya adalah pelabuhan Hakone-en, di bagian tengah-tengah Danau Ashinoko, yang menjadi akses utama ke Akuarium Hakone, Prince Hotel Hakone, dan Komagatake Ropeway. Prince Hotel Hakone yang berada dekat dengan Hakone-en menjadi hotel favorit wisatawan yang berkunjung ke Danau Ashinoko. Pelabuhan terakhir adalah Moto Hakone, yang berada di bagian selatan danau, yang merupakan akses utama ke Museum Seni Narukawa, Kuil Hakone, dan beberapa hotel serta restoran di pinggir Danau Ashinoko.

berlayar di ashinoko

2. Melihat keindahan pepohonan di musim gugur

Di musim gugur, pepohonan di pinggir Danau Ashinoko berubah warna menjadi merah, kuning, dan oranye dan terpantul ke danau. Melihat pemandangan ini dengan pantulan sinar matahari sore hari akan membuat pikiran melayang melupakan rutinitas hidup, hehe.

Pemandangan di tepi Danau Ashinoko

Pemandangan di tepi Danau Ashinoko

Teman-teman juga bisa melihat keindahan Danau Ashinoko juga seluruh daerah pegunungan Hakone dengan naik Komagatake Ropeway. Ropeway ini berada di Hakone En, yang berlokasi tepat di bagian tengah ke timur Danau Ashinoko.

Bagaimana cara ke Danau Ashinoko?

1. Dari Odawara dan Hakone-Yumoto

Dari Odawara teman-teman bisa naik bus menuju Moto-Hakone dan Hakone-machi di sisi selatan  Danau Ashinoko. Waktu tempuhnya sekitar 50 menit dengan harga tiket 1.180 yen. Sedangkan dari Hakone-Yumoto, bisa naik bus selama 35 menit dengan harga tiket 960 yen. Atau, jika teman-teman memiliki Hakone Free Pass, teman-teman bisa naik bus gratis dari Odawara atau Hakone-Yumoto.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

2. Naik Kereta Gantung dari Gora

Jika ingin merasakan suasana lain melihat pemandangan Danau Ashinoko, teman-teman bisa mencoba menaiki kereta Gantung dari Gora ke Togendai yang berada di sisi utara Danau Ashinoko. Dilanjutkan dengan naik perahu ke Moto-Hakone atau Hakone-machi di sisi selatan. Untuk mencapai Gora, teman-teman bisa naik Hakone Tozan Railway dari Odawara atau Hakone Yumoto. Semua rute dari Gora gratis dengan Hakone Free Pass.

3. Naik Bus dari Gotemba

Dari Gotemba, tersedia dua buah bus setiap jamnya ke Togendai dengan durasi perjalanan 30-40 menit. Harga tiketnya 1020 yen atau gratis jika menggunakan Hakone Free Pass.

Ongkos Naik Ashinoko Cruise

  1. Rute Hakone Machi — Togendai 1.840 yen (PP)
  2. Rute Moto-Hakone — Togendai 1.840 yen (PP)
  3. Rute Hakone Machi — Togendai 1.000 yen (satu arah)
  4. Rute Moto-Hakone — Togendai 1.000 yen (satu arah)
  5. Rute Hakone Machi — Moto-Hakone 360 yen (satu arah)

Lihat Paket Tur di sini: hakone-kankosen

Tour PP ke Hakone dan Gunung Fuji

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Tour terbaik bagi yang menginap di daerah Shinjuku. Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway di Owakudani

Dengan Tour Gunung Fuji dan Hakone kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat pemandangan Hakone dari udara dengan kereta gantung Komagatake.


Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Menikmati pemandangan Gunung Fuji, kemudian naik kapal pesiar di Danau Ashinoko dan melihat kawah aktif Owakudani di Hakone. Lalu kembali ke Tokyo sambil menikmati sensasi naik kereta cepat paling terkenal di dunia, Shinkansen.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Palace Hotel Hakone
4 km away
from ¥14805/night
Umimoto
7 km away
from ¥16021/night
Hakone Hotel Kowakien
5 km away
from ¥11286/night
Hakone Prince Hotel Lakes
1 km away
from ¥10936/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Gora
6 km away
gora park
Museum Seni Hakone
6 km away
Momiji musim gugur di Museum Seni Hakone
Hakone Onsen
10 km away
Hakone Onsen Kappa Tengoku
Owakudani
5 km away
owakudani

Sumber gambar: Flickr elminium, David McKelveymsoe, ZEKKEI Japan


Recommended for you


Last modified: October 24, 2017 by

Close Comments

Comments (20)

  1. Selamat pagi Pak,mohon info kami turun di Narita sore hari,jika tempat nginap di daerah Arakawa dekat station Minowa kami hrs pakai transport apa?itin kami adalah:
    hari 1 tokyo sekitar
    hari 2 tokyo sekitar
    hari 3 mt takao
    hari 4 hakone
    hari 5 tokyo sekitar, pas apa yg cocok utk kami pakai?Terima kasih Pak

  2. Laura Sidhartawan  |  

    Selamat malam Pak Nugroho.
    Saya berencana berlibur ke Jepang bersama keluarga tapi jalan sendiri tanpa ikut tour.
    Jika ini pertama kali trip ke Jepang, apakah memungkinkan untuk saya lakukan karena buta sama sekali.?
    Saya ada beberapa pertanyaan & mohon dibantu ya Pak.Tetapi maaf email saya panjang dan pertanyaan saya agak banyak Pak.

    Jadwal saya seperti di bawah ini :
    29 Mei 2017 Jakarta – Tokyo
    6 Juni 2017 Osaka – Jakarta
    .
    Mungkin di Tokyo 5 malam dan Osaka 3 malam. Apakah cocok Pak?

    Di Tokyo saya berencana mau menginap di daerah Shinjuku (mau mencari hotel yang mempunyai limousine service dari Narita Terminal 1), apakah bisa dipandu bagaimana cara memesan limousine bus ini dari Narita menuju ke Shinjuku?

    Lalu tempat-tempat yang ingin saya kunjungi :
    1. Imperial Palace
    2. Shinjuku garden
    3. Ueno Park/zoo
    4. Disneyand/Disneysea
    5. Hakone – Lake Ashi – Gotemba
    6. Kawaguchi-ko
    7. Karuizawa
    8. Hiroshima & Nagasaki
    9. Osaka : Imperial Castle,
    10. Kyoto

    – Kalau misal jadwal seperti itu, apakah dimungkinkan bisa kami dapatkan semua?
    – Untuk Hirohima & Nagasaki apakah sekarang sudah aman Pak? Aman maksudnya sudah terbebas dari radiasi bekas bom atom?
    – Kalau untuk di Tokyo area, apakah kami cukup membeli pasmo untuk 5 atau 7 hari dan apakah ini bisa dipakai untuk menjangkau daerah-daerah diatas ?
    – Lalu apakah saya perlu membeli JR pass untuk 5 atau 7 hari?
    – Jika berangkat untuk periode itu, suhu di sekitar Tokyo & Osaka serta Mt Fuji sekiar berapa derajat ya Pak?
    – Apakah untuk periode tersebut tour Fuji Shibasakura sudah tidak ada lagi ya?

    Demikian Pak sementara pertanyaan-pertanyaan saya. Mohon berkenan dijawab ya Pak.
    Dan apabila Bapak ada saran sebaiknya jadwalnya bagaimana dan apa saja yang perlu saya siapkan, monggo ya Pak.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesediaan dan bantuan Bapak.

  3. Saya ber 5 rencana tgl 29 landing di kansai dan kembali dari haneda tgl 8 . rencana H 1 – H 3 di osaka , H 4 – 5 di Kyoto, H 6 – 7 di Hakone sisanya di Tokyo bisa minta saran apa itin uda benar dan tempat2 yg di rekomed utk dikunjungi … Terima kasih.

  4. Malam pak. Kalau jam 8 pagi dari narita mau ke hotel daerah ikebukuro. Saya punya jr pass. Mohon info sebaiknya saya naik apa? Dan kalau ingin ke taman di odaiba yg dekat rainbow bridge dan patung liberty, saya Harus turun di stasiun mana terdekat ? Thanks infonya pak nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bapak bisa naik Narita Express yang langsung menuju ke Ikebukuro Station.
      Keretanya berangkat pada jam 08.50, 10.15, 10.45, 11.14. Silakan naik yang jam itu Pak.
      Lalu untuk melihat Patung Liberty di Odaiba, silakan turun di Daiba Station (tidak tercover JR Pass) atau Tokyo Teleport di jalur kereta JR (tercover JR Pass)

    • Subhakti  |  

      Maaf mohon info lagi pak, Keisei Skyliner tdk discover jr pass ? Kalo naik Shinkansen sebaiknya reserve ya? Kami ber 8 dan bawa koper2. Tks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Keisei Skyliner bukan kereta JR pak, jadi tidak tercover oleh JR Pass. Silakan Bapak sekeluarga naik narita Express yang tercover JR Pass.
      Untuk tempat keberangkatan di Narita, bisa dicek di halaman Panduan Narita Airport.
      Kalau ber delapan, bisa reservasi hari sebelumnya atau saat pertama tiba di Narita Airport, saat menukarkan JR Pass. Salam

    • Subhakti  |  

      Malam pak, tolong info kalau dari apartemen st nakatsu/shin osaka mau ke bandara Kansai ber 4 dgn bawa koper apakah cocok dg taxi? Bgm cara mendptkan taxi? Thanks

    • Subhakti  |  

      Malam pak. Terima kasih buat semua petunjuk yg sangat bermanfaat. Saya mohon info sekali lagi. Dari Osaka kalo ingin lihat pemandangan selain ke Kyoto sebaiknya ke kota mana Yg agak dekat Yg bisa pake JR Pass? tks

  5. Mohon info pak, kami turun di naritA, Keliling tokyo 2hr, takayama/shirAkawago 2hr, jalan2 di osaka/kyoto/Kobe (nginap di osaka 3mlm) pulang dari airport Kansai. Sebaiknya kami beli Jr pass 7hr? Tiket pass apa yg sebaiknya kami beli juga? Atau suica. Thanks pak

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Rian
2016-04-09 02:23:51
Good place

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!