Hakone En

Home / Aquarium / Hakone En
Item image

Hakone En adalah tempat wisata seluas 660 ribu meter persegi yang membentang di timur danau Ashinoko, menghubungkan pelabuhan Togendai di utara dan pelabuhan Moto Hakone atau Kuil Hakone di sebelah selatan danau Ashinoko. Di sini ada Hakone Prince Hotel, hotel terkemuka dengan view Danau Ashinoko dan Gunung Fuji, lalu ada juga lapangan golf, akuarium Hakone, tempat bermain ski Hakone, dan juga tempat-tempat wisata lain untuk menikmati keindahan alam Hakone dan Gunung Fuji. Seluruh tempat-tempat wisata ini jaraknya berdekatan dan sering disebut dalam kompleks Hakone En atau Taman Hakone dalam bahasa Indonesia. Seperti apa Hakone En ini dan kegiatan-kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan di sini? Simak liputan Tim Info Jepang di Hakone En berikut.

Kegiatan Wisata Seru di Hakone En

1. Melihat keindahan dari Fuji Ashinoko Panorama Park

Fuji Ashinoko Panorama Park adalah salah satu taman terluas dan terindah di Hakone. Dengan luas lebih dari 80 ribu meter persegi, taman ini adalah pilihan rekreasi paling ramai dan terkenal di Hakone. Teman-teman bisa bersantai bersama dengan keluarga menikmati pemandangan Danau Ashinoko dan Gunung Fuji, atau berjalan santai menyusuri pinggir Danau Ashinoko, atau juga beristirahat sambil makan siang di sini.

Buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 pagi sampai 17.00. Biaya masuknya 500 yen untuk orang dewasa dan 300 yen untuk anak-anak.

2. Melihat Hakone dan Gunung Fuji dari Komagatake Ropeway

Komagatake Ropeway menghubungkan Hakone En dengan puncak gunung Komagatake selama 7 menit. Di puncak gunung ada dek observasi, sehingga kita bisa melihat pemandangan Hakone dan Gunung Fuji dari ketinggian. Di musim gugur, teman-teman juga bisa menikmati pemandangan warna-warni momiji di Hakone dari atas puncak gunung. Kita bisa menyaksikan Gunung Fuji di sebelah utara, Teluk Suruga dan semenanjung Izu di sebelah selatan, pantai Kamakura dan Enoshima, bahkan sampai ke Tokyo dan semenanjung Boso di Prefektur Chiba. Perlu diperhatikan puncak gunung Komagatake setinggi 1.783 meter, sehingga teman-teman perlu mengenakan pakaian ekstra (pakaian/jaket lengan panjang) supaya tidak kedinginan begitu sampai di puncak gunung.

Momiji musim gugur dari Hakone En

Momiji musim gugur dari Hakone En

Komagateke Ropeway di kompleks Hakone En sangat terkenal, bahkan setengah dari pengunjungnya adalah wisatawan internasional. Jadi sayang sekali kalau teman-teman pergi berkunjung ke Hakone tapi melewatkan Hakone En dan tidak menyaksikan pemandangan dari puncak gunung Komagatake ini.

Stasiun keberangkatan Komagatake bisa diakses mudah dengan bus wisata Hakone. Biaya Komagatake Ropeway adalah 640 yen untuk dewasa dan 330 yen untuk anak-anak. Jika membeli tiket pulang-pergi ada potongan harga khusus. Tiket PP untuk dewasa adalah 1.080 yen dan 540 yen untuk anak-anak. Komagatake Ropeway ini mulai beroperasi dari jam 09.10 sampai 16.30, dengan keberangkatan setiap 20 menit sekali (di puncak musim liburan berangkat tiap 10 menit sekali).

Pemandangan dari Komagatake Ropeway di Hakone En

Pemandangan dari Komagatake Ropeway di Hakone En

3. Bermain salju dan sled di Hakone En

Bermain salju di Hakone En

Bermain salju di Hakone En

Mau bermain salju dan seluncuran sambil menyaksikan panorama Gunung Fuji? Hakone En adalah tempatnya! Di musim dingin, Hakone En dan Hakone Prince Hotel selalu mengadakan event festival musim dingin, dan kita bisa bermain salju dan seluncur es di “Yuki/ Sori Asobi Ba”, tempat bermain khusus musim dingin di Hakone En. Saat hari Sabtu/Minggu/ Hari libur, kita juga bisa melihat parade burung penguin yang berjalan di atas salju. Burung-burung penguin ini dari Hakone Akuarium di kompleks Hakone En, akuarium yang terletak tidak jauh dari tempat bermain salju. Tersedia juga rental sepatu salju anti air, pakaian anti air dan dingin, atau juga peralatan bermain lainnya sehingga sangat mudah bagi teman-teman yang ingin bermain salju di sini.

Dibandingkan dengan Resort Ski Fujiten atau Snow Town Yeti yang letaknya agak jauh, taman bermain salju di Hakone aksesnya sangat mudah. Namun, perlu diperhatikan tempat bermain salju di Hakone ini hanya buka di musim dingin dan durasinya relatif singkat.

Informasi Penting Terkait Tempat Main Salju di Hakone En

Untuk tahun 2018-2019, tempat ini buka dari tanggal 20 Desember 2018 sampai 28 Februari 2019. Jam beroperasi dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00. Bisa diakses dengan naik Izu Hakone Bus dari Stasiun Odawara atau bus langsung Odakyu dari Shinjuku. Biaya bermain salju adalah 800 yen untuk 2 jam dan sudah termasuk sewa sled.

Biaya rental adalah sebagai berikut.

  1. Sepatu anti air 500 yen
  2. Jaket anti air 500 yen
  3. Celana panjang anti air 500 yen
  4. Jaket+celana panjang anti air 800 yen
  5. Jaket+celana untuk anak-anak 800 yen

Saran dari Tim Info Jepang: karena tidak ada penyewaan sarung tangan anti air, teman-teman yang ingin ke sini bersama dengan keluarga dan anak-anak sebaiknya mempersiapkan sarung tangan. Ini supaya tangan tidak kedinginan saat menyentuh atau bermain salju.

4. Pergi ke Akuarium Hakone En

Akuarium Hakone terletak di kompleks Hakone En dan memiliki 3 akuarium besar: akuarium untuk azarashi, hewan kutub lucu (atau segel dalam bahasa Indonesia), akuarium habitat air laut, dan akuarium habitat air payau. Kita bisa melihat pertunjukan show azarashi lucu atau juga atraksi pemberian makan ikan-ikan di akuarium.

Informasi Penting mengenai Akuarium Hakone En

Akuarium buka setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 17.00. Biaya masuknya 1.500 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk anak-anak berumur 4-12 tahun. Pertunjukan show berlangsung pada pukul 11.00 dan 13.00, plus pukul 15.30 pada hari Sabtu/ Minggu/ hari libur di Jepang.

5. Melihat festival musim panas di Hakone dan Danau Ashi

Festival musim panas Hakone berlangsung pada akhir bulan Juli sampai pada awal Agustus selama kurang lebih seminggu. Selama festival, kita bisa melihat parade di Kuil-kuil sekitar Hakone dan Danau Ashi, dan juga festival kembang api yang berlangsung di beberapa tempat di pelabuhan Danau Ashi. Nah, kita bisa melihat festival kembang api dari Hakone En. Inilah yang membuat Hakone En sangat terkenal di musim panas, selain pemandangan momiji di musim gugur.

Akses menuju Hakone

Ada 2 akses menuju ke Hakone En: dengan bus langsung Odakyu Hakone Highway Bus dari Shinjuku Station via Gotemba Station dan Izu Hakone dari Odawara.

Pertama dengan naik bus langsung Odakyu Hakone Highway Bus. Bus akan melewati Gotemba Station (transit kalau mau ke Danau Kawaguchi atau Snow Town Yeti), halte bus Sengoku (transit jika ingin menuju ke Odawara, Taman Gora, Hotel Hakone Yunessun), pelabuhan Togendai (jika ingin naik Hakone Cable Car), halte bus Fuji Ashinoko Panorama Park, Golf Hakone En, dan halte bus Hakone En.

Kedua, bisa naik Izu Hakone Bus dari Odawara Station dan turun di Halte bus Hakone En. Bus ini juga melewati halte Hakone Machi dan Moto Hakone (jika datang setelah naik kapal wisata Hakone), Kowakien atau Hakone Yumoto Station. Ongkos bus dari Odawara adalah 1270 yen untuk dewasa dan 640 yen untuk anak-anak, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 10 menit.

Sebagai tambahan, jika teman-teman berminat untuk berkeliling tempat-tempat wisata di Hakone, kami sarankan untuk membeli Hakone Free Pass atau Fuji Hakone Pass akan menghemat ongkos perjalanan macam transportasi di Hakone.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Rekomendasi Hotel di sekitar Hakone En

  1. Prince Hakone Lake Ashinoko
  2. Hakone Yunohana Prince Hotel
  3. Ryokan Ryuguden

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakone Lake Hotel
3 km away
from ¥27800/night
Mount View Hakone
6 km away
from ¥14005/night
Yoshimatsu
3 km away
click for detail
Ryokan Masuya
6 km away
from ¥11990/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Hakone En
0 km away
Momiji musim gugur dari Hakone En
Hakone Open Air Museum
5 km away
Satu objek di Hakone Open Air Museum
Kuil Hakone
2 km away
menuju kuil hakone
Hakone Glass no Mori
6 km away
hakone glass no mori

Sumber gambar: Flickr Toshihide Sato, Adithya AnandTohru Watanabe, IQRemix, townnews


Recommended for you


Last modified: December 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (64)

  1. slamat siang pak Nugroho .. trima kasih artikelnya sangat membantu bagi kami yang berencana ke jepang.
    sy berencana wisata di seputar Tokyo, Kawaguchi, fuji dan Hakone,
    jika sy membeli JR Wide Pass apakah sy perlu membeli Fuji Hakone pass?

    • Terima kasih untuk Info nya Pak , namun utk trip saya di Tokyo seperti mengunjungi TYO tower, Museum Fujiko, shinjuku, Shibuya, Tsukiji Fish Market, Ginza, Asakusa, Akihabara, TYO skytree,Korekuen Garden, Ometasando, Odaiba.. saya harus tambah dengan pass apa yang bisa lebih hemat? .. terima kasih .. Salam

    • Terima kasih banyak Pak Nugroho. saya pun akhirnya berpikir demikian jd lebih PeDe jika sependapat dgn bp. .. terima kasih skali lagi

    • Nugroho Christian  |  

      Hakone En sudah dibuka mulai 20 Desember-28 Februari. Melihat jadwalnya, ibu sudah bisa berkunjung untuk berman ski di Hakone En. Salam

  2. salam pak Nugroho. Pak 27 des 2018 saya akan ke tokyo. dan ingin main salju bersama anak2 di hakone en ,apakah sudah buka ? lalu sepertinya di tokyo tdk slalu tyrun salju ya pak? tks

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!