Hakone Open Air Museum

Home / Museum / Hakone Open Air Museum
Item image

Jika museum-museum di Jepang seperti Museum Sains dan Alam Tokyo dan Tokyo National Museum adalah ruangan tertutup, di Museum Terbuka Hakone kita bisa melihat lebih dari 700 benda-benda bersejarah dan karya seni dari seniman Jepang dan luar negeri yang dipresentasikan langsung di alam terbuka dengan rumput dan pepohonan hijau, kolam air, serta langit biru sebagai latar belakangnya. Hakone Open Air Museum atau Hakone Chōkoku No Mori Bijutsukan menyajikan perpaduan keindahan alam dan karya seni baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tenang saja bagi teman-teman yang datang membawa keluarga, ada juga tempat bermain terbuka untuk anak-anak di mana mereka bebas berlarian dan bermain.

Kegiatan seru di Museum Open Air Hakone

1. Berkeliling dan melihat beragam benda seni

Seperti namanya, kita bisa melihat beragam koleksi benda seni dari para seniman Jepang dan luar negeri, salah satunya di area Pameran Picasso. Ada beragam lukisa, ukiran, keramik atau guci, lengkap dengan penjelasan pembuat dan sedikit cerita mengenai karya seni tersebut.

Satu objek di Hakone Open Air Museum

Satu objek di Hakone Open Air Museum

Di area luar kita bisa melihat Symphonic Sculpture, sebuah karya seni yang raksasa yang unik. Ada tangga spiral di mana kita bisa melihat karya seni ini sekaligus pemandangan gunung dari kejauhan.

Objek di halaman luar Hakone Open Air Museum

Objek di halaman luar Hakone Open Air Museum

2. Menikmati makan siang sambil melihat pemandangan

Selain itu ada beberapa toko dan kafe dengan pemandangan langsung ke arah taman yang bisa jadi tempat kita rileks sejenak dan menikmati alam. Buat teman-teman yang membawa anak, bisa ajak bermain di arena Zig-Zag yang bakalan melatih anak untuk berpikir dan mencari jalan keluar dengan mengingat petunjuk.

Keindahan Taman Gora di Hakone

Keindahan Taman Gora di Hakone

Akses menuju Museum

Museum Terbuka Hakone bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari Chokoku no Mori Station di jalur Hakone Tozan Railway, berbeda satu stasiun dengan Gora Station. Lama perjalanan sekitar 20-30 menit dengan ongkos 400 yen dari Stasiun Hakone Yumoto. Kita gratis dan tidak perlu membayar tiket kereta jika telah membeli Hakone Free Pass. Agak mahal memang, namun kita akan mendapatkan potongan harga juga jika menunjukkan Hakone Free Pass kita. Menguntungkan bukan? Informasi lebih lanjut bisa dibaca di website berikut.

Informasi Tiket Masuk Museum

Untuk harga tiket masuk reguler adalah 1.600 yen, 700 yen untuk pelajar SMA dan kuliah, serta 500 yen untuk anak-anak. Jika teman-teman masuk antara pukul 16.45-17.30, maka tiket masuknya 1.000 yen untuk paket kunjungan museum malam hari. Jika teman-teman memiliki Hakone Free Pass, bisa mendapatkan potongan diskon tiket masuk 200 yen, sehingga tiket masuknya 1.400 yen.

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass

Informasi mengenai Hakone Free Pass

Kita bisa menghemat ongkos-ongkos ketika mengelilingi objek-objek wisata di daerah Hakone dengan membeli Free Pass saat di Shinjuku (harganya 5700 Yen) atau di Odawara Station dengan harga 4600 Yen. Dengan Free Pass kita bisa mengelilingi objek-objek wisata di Hakone sepuasnya termasuk kereta pulang pergi dari Shinjuku atau Odawara.

Kita bisa membeli Hakone Free Pass ini di kantor Odakyu Sightseeing Service Center atau kantor informasi turisme di Shinjuku Station atau lewat mesin tiket milik Odakyu. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi daerah ini saat hari kerja untuk menghindari harga tiket yang mahal saat hari libur dan kepadatan pengunjung.

Recommended Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakone Sengokuhara Prince
5 km away
from ¥19735/night
Hakone Kintouen
5 km away
from ¥28012/night
Yumoto Fujiya Hotel
5 km away
from ¥18287/night
Hotel Marroad Hakone
1 km away
from ¥10850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Little Prince Hako
4 km away
Objek di taman Museum Little Prince Hakone
Kuil Hakone
5 km away
menuju kuil hakone
Hakone En
5 km away
Momiji musim gugur dari Hakone En
Museum Seni Narukawa
5 km away
Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Sumber gambar: Flickr Jean-Pierre Dalbéra,Kentaro Ohno


Last modified: April 29, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (12)

  1. Hi.. Mr Christian Nugroho.. Salam Kenal.. saya berencana akan pergi ke Jepang (Tokyo,Hakone,Kyoto,Nara,Kobe,Osaka.) selama 11 hari 10 malam.

    Berikut itinerary saya:
    – Hari 1 – 4 di Tokyo – dari Haneda Airport
    – Hari 5 – Hakone-Fuji
    – Hari 6 dan 7 – Kyoto
    – Hari 8 – Nara & Kobe dan ke Osaka
    – hari 9 dan 10 – Osaka
    – hari 11 – pulang ke Indonesia dari Kansai Airport

    Pertanyaan saya:
    1. mohon bantuan dan rekomendasinya untuk itinerary tsbi apa perlu beli JR Pass yang full atau tidak?kalau tidak harus yang full mohon bantuannya untuk rekomendasi yang digunakannya apa dan digunakan di kota apa saja.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Yoseph Haryadi  |  

      Kalau di tokyo nya pakai apa Mr Christian Nugroho?
      Dan dari osaka ke kansai menggunakan pass apa?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk pass nya sendiri bapak bisa memilih antara Tokunai Pass atau Subway pass sesuai dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi di Tokyo.
      Untuk informasi tempat wisata apa yang tercover oleh pass-pass itu bisa mengeceknya di link tersebut. Dari Osaka ke Kansai bisa membeli tiket kereta satuan pak, atau pakai SUICA yang dibeli dari Tokyo/ Haneda Airport. Salam

  2. Selamat siang pak, saya berencana ke tokyo, Hakone, Mt. Fuji / Lake Kawa…, Osaka & Kyoto selama 15 hari. Saya berencana membeli JR Pass 7 hari. Itinerary saya 7 hari JR Pass akan dihabiskan di Osaka & Kyoto. Di Hakone & Mt. Fuji / Lake Kawa… menginap 1 malam. Pertanyaannya : 1. Lebih baik sepulangnya dari Osaka, ke Tokyo dahulu (JR Pass hari terakhir) kemudian ke Hakone/Mt. Fuji dengan pembelian paket dari Tokyo atau berhenti di Odawara, kemudian kembali ke Tokyo (tanpa JR Pass)? 2. Apakah untuk keliling Hakone, Gotemba & Mt. Fuji / Lake Kawa.. cukup 2 hari 1 malam (hanya ke tempat 2x wisata yang umum)? tksh

    • Roedi Soekarno  |  

      Sore pa Nugroho, kalau sudah ada JR pass yg akan digunakan selama seminggu di kansai area, apakah lebih baik harus membeli juga Osaka amazing pass dan kyoto bus pass, apabila kita akan mengunjungi tempat2x wisata yg umum dan populer? Tksh.

    • Roedi Soekarno  |  

      Pagi pa Nugroho, ada yang ingin saya tanyakan kembali. Jika sebelum ke osaka, saya akan ke Fuji hakone dgn pass 3 hari dan kemudian akan mulai mengaktifkan JR Pass dari Odawara/Mishima menuju Osaka, setelah selesai dari fuji/hakone. Lebih baik dari Tokyo ke Fuji dari Shinjuku atau ke Odawara? Pass Pass Fuji Hakonenya lebih baik dari Tokyo atau Fuji/Odawara? Di daerah mana lebih baik saya menginap, Gora atau Gotenba atau daerah lain? Tksh

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau bapak memang mau lanjut ke Osaka setelah mengunjungi Fuji-Hakone, lebih baik bapak berangkatnya naik bus Chuo dahulu dari Shinjuku ke Kawaguchiko, baru keliling-keling berakhir di Odawawra/ Mishima, dengan Fuji Hakone Pass dari Tokyo saja supaya ongkos pertama dari Tokyo-Kawaguchiko tercover. Lalu untuk menginapnya, saran saya lebih baik di Gotemba untuk malam pertama, lalu malam kedua di Gora/ Hakone. Salam.

  3. halo pak nugroho, mau bertanya. saya ada rencana di tokyo 6 hari dibulan oktober nanti , rencana hanya eksplore sekitaran tokyo (kawaguchi, kanagawa, hakone, tokyo), sebaiknya menggunakan pass apa ?. dan rute maksimal dari satu titik ke titik lain bagaimana ?. terimakasih.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!