Odawara

Home / Attraction / Odawara
Item image

Odawara menjadi pintu masuk yang menghubungkan kota Tokyo dan Hakone di bagian pegunungan. Kalau ingin mengunjungi objek-objek wisata di Hakone, kita bisa naik kereta dan bus wisata dari Tokyo, lalu mampir di Odawara, berpindah ke transportasi khusus pegunungan Hakone, dan setelah itu kembali lagi ke Odawara sebelum pulang ke Tokyo. Tim Info Jepang telah merangkum 4 kegiatan menarik dan juga beberapa festival seru yang diadakan di Odawara sebagai bekal merencanakan itinerary perjalanan kamu!

4 Kegiatan Menarik yang bisa dilakukan di Odawara

1. Berkeliling Melihat Taman Bunga Terkenal

Selain sebagai objek wisata, kota ini juga dikenal sebagai kota taman bunga. Kita bisa mengunjungi Odawara Ikoi-no-mori Forest Park, tempat kegiatan outdoor, camping, penjelajahan hutan, kerajinan tangan dari kayu, dan barbeque di pinggir sungai.

Ikoi-no-mori Forest Park
Tel/Fax: 0465-24-3785
Buka Tiap hari kecuali hari Senin pukul 09.00 – 17.00
Website: http://odawara-ikoi.com/

Ada juga Wanpaku Land Park atau hutan taman bermain anak-anak yang letaknya berdekatan dengan Ikoi-no-mori forest park. Kita bisa menaiki miniatur kereta mengelilingi taman atau juga naik kuda poni. Semuanya bisa dicoba dengan harga murah sekitar 200-300 Yen. Wanpaku Land Park buka jam 9 pagi hingga jam 16.30 dan tutup tiap hari Senin atau saat tanggal merah.

Wanpaku Land Park (Odawara Kodomo—no-mori Park)
Tel: 0465-24-3189
Buka Tiap hari kecuali hari Senin pukul 09.00 – 16.30
Website: http://www.city.odawara.kanagawa.jp/public-i/park/wanpaku/

2. Pergi ke Kompleks Kastil Odawara

Kastil Odawara pernah menjadi kastil terbesar di Jepang. Kita bisa melihat kemegahan Kastil juga halaman luar kastil yang dipenuhi dengan pohon-pohon rindang, atau juga belajar sejarah dan peradaban kota Odawara di kompleks kastil ini. Letaknya di tengah kota, bisa diakses dengan berjalan kaki 10 menit dari Stasiun Odawara.

Kastil Odawara di sore hari

Kastil Odawara di sore hari

3. Membeli oleh-oleh di pusat perbelanjaan Odawara

Kita tentu tidak mau melewatkan oleh-oleh khas Hakone dan Odawara. Di sini kita bisa berjalan di shotengai atau kios-kios yang khusus menjual suvenir dan oleh-oleh khas dan unik, tentu dengan harga terjangkau, sebelum kembali ke Tokyo.

4. Ikut Serta dalam Festival di Odawara

Ada banyak festival yang diadakan reguler tiap tahun di tengah kota. Sejarah panjang kota membuat banyak lapisan masyarakat yang turut serta melestarikan budaya kota dengan mengadakan festival. Berikut adalah beberapa festival seru di yang sayang jika dilewatkan.

Ikut parade festival di Odawara

Ikut parade festival di Odawara

Festival Seru di Kota Odawara

1. Festival Odawara Sakura Matsuri

Festival ini memperingati mekarnya bunga sakura yang diadakan di kompleks taman Kastil Odawara. Ada lebih dari 350 pohon shidare-sakura berusia ratusan tahun yang berbunga serentak, menciptakan panorama yang sangat asri. Kita dapat masuk ke dalam kompleks taman gratis dan melihat bunga sakura yang mekar mulai dari pertengahan Maret sampai pertengahan April. Waktu malam hari, diadakan juga Yazakura atau saat pohon bunga sakura diberikan pencahayaan khusus dari jam 6 malam sampai 10 malam.

Hanami sakura di Taman Nishi-Hirahatake Odawara

Hanami sakura di Taman Nishi-Hirahatake

2. Odawara Hojo Godai Matsuri pada 3 Mei

Festival ini merayakan kejayaan Tuan Hojo yang sempat berkuasa di Odawara. Kita bisa melihat 2000 tentara infantri, kavalri (pasukan berkuda), dan pasukan senjata berat melakukan parade di jalan utama diikuti oleh paduan suara dan musik dari siswa SMA sekitar. Penduduk lokal juga sering ikut serta dengan menari tarian lentera atau chochin odori dan mengarak mikoshi berkeliling kota. Festival dimulai dari depan Kastil.

3. Akari no Saiten atau Festival Api (akhir Juli)

Mirip seperti Odawara Hojo Godai Matsuri, orang-orang akan menari tarian lentera dan membuat parade di sekeliling kota. Ada juga siswa SMA yang menabuh gendang besar dan mengadakan pertunjukan musik sepanjang hari. Kita juga bisa melihat tempat festival yakni kompleks Kastil yang dihiasi lebih dari 2000 lentera kecil buatan anak-anak sekolah dasar. Kalau teman-teman datang saat musim panas, silakan menonton festival Api yang terkenal ini. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di website berikut.

Odawara Akari no Saiten

Odawara Akari no Saiten

4. Odawara Minato Matsuri atau Festival Pesta Ikan (Awal Agustus)

Odawara yang mengarah langsung ke Selat Sagami dan Suruga (laut terdalam di Jepang) memiliki hasil laut yang berlimpah ruah sepanjang tahun. Di festival yang diadakan pada awal Agustus ini, kita bisa melihat pertunjukan membelah ikan tuna raksasa, makan ikan sepuasnya, atau juga ikut serta dalam upaya pelestarian laut dengan melepaskan ikan-ikan kecil kembali ke laut. Tempat festival di Pelabuhan Odawara, 5 menit jalan kaki dari Hayakawa Station.

City Fishery and Seashore Division
Tel: 0465-22-9227

5. Odawarajo Kikkaten atau Festival Bunga Kastil Odawara

Saat musim gugur, yakni awal hingga pertengahan bulan November, halaman dan kompleks taman Kastil Odawara dipenuhi oleh bunga-bunga yang bermekaran. Ada bunga chrysanthemum, kengai, bonsai yang ditata rapi dan diberi hiasan kecil oleh anak-anak sekolah dasar. Informasi lebih lanjut mengenai Festival Bunga Kikkaten bisa dilihat di website berikut.

6. Perlombaan Lari Maraton Ekiden

Ekiden menjadi perlombaan lari tahunan yang digelar setiap awal bulan Januari mengisi liburan tahun baru. Perlombaan ini diikuti oleh puluhan universitas yang mengirimkan 10 wakil terbaiknya untuk berlari maraton secara estafet menempuh perjalanan dari Otemachi di Tokyo sampai ke puncak gunung Hakone, dan kembali lagi ke Tokyo. Jika teman-teman sedang berlibur di Hakone pada tahun baru, silakan menyempatkan diri untuk pergi ke jalanan utama kota dan jalur pendakian Hakone. Kita bisa melihat semarak perlombaan lari maraton Ekiden ini sekaligus mendukung putra-putra terbaik untuk memenangkan perlombaan lari ini. Informasi lebih lengkap mengenai Ekiden bisa dilihat di website berikut.

Informasi Lebih Lanjut dan Akses ke Odawara

Stasiun terdekat dari kastil adalah Stasiun Odawara yang mudah ditempuh dengan kereta dari pusat kota Tokyo. Odawara sendiri adalah pintu masuk utama dari wilayah wisata pegunungan Hakone. Dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta super ekspress Romance Car seharga 1.700 Yen, atau kereta ekspress Odakyu Line 850 Yen (tercover dengan Hakone Free Pass), atau JR Shonan Shinjuku Line seharga 1.490 Yen. Dari Stasiun Tokyo dengan kereta rapid JR Tokaido Main Line seharga 1.490 Yen (tercover dengan JR Pass atau Tokyo Wide Pass).

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ryokan Masuya
13 km away
from ¥11990/night
Hakone Kowakien Miyamafur
10 km away
from ¥26526/night
Hotel Hakone Powell
14 km away
from ¥14005/night
Onsen Hostel K’s Ho
6 km away
from ¥3819/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Gora
10 km away
Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone
Museum Seni Narukawa
13 km away
Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone
Owakudani
12 km away
owakudani
Odawara
0 km away
Kastil Odawara di sore hari

Sumber gambar: Flickr Jeremy Eades,Youkai Cameraman, Tagosaku, Torne
Sumber video:Youtube


Recommended for you


Last modified: April 27, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (81)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Romance Car tidak tercover oleh JR PASS. Kalau mau tercover ibu bisa naik kereta Shonan Shinjuku Line sampai ke Odawara. Salam

  1. Hai mas Nug.
    Saya sdh bikin itin full 1 day trip ke gotemba dsn hakone utk hari terakhir saya di fuji.
    Dari motel kami deket fujisan st. akan langsung ke Gotemba tiba jam 10 pagi mengingat diinfokan baru buka jam segitu. 2 jam disana langsung ke hakone dengsn rute counterclpckwise.
    Ke Sengokuhara, lalu ke Gora st.naik cable car.
    Turun ke Owakudani via ropeway lalu turun ke togendai utk naik sightseeing cruise ke moto hakone.
    Lalu ke hakone shrine. Pulang via odawara ke shinjuku.
    Sayangnya diitung2 mau mampir ke taman bunga odawara sudah malam.
    Kalau misalnya dari gotemba ingin keliling Hakone nya secara clockwise bisa gak ya pak? Takut gak kekejar jadwal kereta & bis2 nya. Thx a lot

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon maaf Tim Info Jepang tidak mengerti maksudnya clockwise seperti apa ya. Yang jelas perlu hitung betul-betul karena bus di Hakone tidak terlalu sering dan banyak yang sudah habis sore menjelang malam. Salam

    • Daisy Luciana  |  

      Siang pak Nugroho,
      Saya pd tgl 8 Okt ada di Hakone bermalam di dekat KOWAKIEN YUNESSUN, rencananya setelah beredam disana kami mau ke Shirakawa go…km masih punya Hakone Pass n JR Pass Shinkanzen bagaimana caranya ke Shiragawa go…?
      Thx before

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa kembali lagi ke arah Shinjuku, lalu ke Tokyo, kemudian naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Toyama.
      Kemudian naik Nohi Bus sampai ke Shirakawago. Salam

    • Maaf mas Nug,
      Maksud saya rute di Hakonenya dibalik.
      Kalau dari shinjuku pagi2 ke odawara utk ke Hakone shrine, lalu naik sightseeing cruise, naik Ropeway dan turun dengan cable car, baru mampir ke sengokuhara pampas dan terakhir ke Gotemba lalu ke arah Fuji station, kira2 bisa gak ya soalnya saya ingin menghindari antrian2 panjang klo dgn rute
      favorit: cablecar-ropeway-cruise spt yg banyak saya baca. Atau jangan2 antriannya sama saja padatnya? Thx

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, tulisan di atas hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi. Nanti kalau ibu coba, boleh di share ya bu, apa perbedaannya, apa lebih sedikit antriannya atau tidak. Salam.

  2. Selamat pagi pak,
    perkenalkan saya Steven.

    Pak saya ingin bertanya beberapa hal, mungkin bapak bis membantu :)

    saya akan ke Jepang dengan rute Tokyo – Odawara – Kyoto – Osaka – Nara – Tokyo.

    saya menggunakan JR Pass agar bisa lebih berhemat, apakah saya perlu membeli tokyo day pass dan osaka day pass atau menggunakan Pasmo card (info yang saya dapat pasmo lebih menguntungkan jika sudah mempunyai JR Pass) ?

    • Oh ya pak, ini itinenary perjalanan saya di Januari 2019, biar lebih jelas pak

      tgl 19: Tokyo (Shinjuku,shibuya, harajuku)
      tgl 20: Tokyo – Odawara (hakone pass) – Kyoto
      tgl 21: Kyoto (fushimi inari, bamboo forest, gion)
      tgl 22: kyoto – osaka (berkeliling osaka)
      tgl 23: universal studio osaka
      tgl 24: Osaka – nara – osaka / Osaka – Tokyo(shibuya-tokyo tower)
      tgl 25: osaka – Tokyo (shibuya-tokyo tower) / Shinjuku – Gala Yuzawa – Shinjuku
      tgl 26: tokyo (asakusa – imperial palace – tokyo skytree)
      tgl 27: Tokyo HND – CGK

      Pertanyaan:

      1. saya menggunakan JR pass yang ordinary, apakah saya perlu tokyo pass dan osaka pass? atau Pasmo card saja?
      2. Apakah itinenary saya kurang tepat atau belum lengkap?

      terima kasih banyak pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Itinerarynya sudah tepat. Bapak keliling Osaka kemana saja ya Pak?
      Kalau lihat rute perjalanan di Tokyo, untuk sekarang tidak perlu pass kereta, tapi bisa jadi berubah, mungkin perlu dihitung lagi kalau hotelnya sudah fixed.

    • Selamat Pagi pak,
      Di Osaka saya berencana mengunjungi : Dotonburi, universal studio, shinsekai, tenma (mungkin bisa diberikan info tempat wisata tambahan)

      untuk penginapan di tokyo, saya berencana menginap di daerah shinjuku / shibuya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tempat wisata di Osaka bisa dicek di list tempat wisata di Osaka. Nah, di Osaka kalau rutenya seperti itu tidak ada pass kereta yang perlu dibeli pak, karena mayoritas ikut tercover oleh JR PASS. Kalau rencana menginap di Shinjuku atau Shibuya yang juga tercover oleh JR PASS, berarti tidak perlu juga membeli pass kereta untuk di Tokyo. Salam

    • Wah terima kasih banyak pak, saya sangat terbantu, hal terakhir pak yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara saya tau apakah kereta yang saya gunakan tercover oleh JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Yang tercover adalah semua kereta lokal, ekpress, dan limited ekspress yang dituliskan “JR”. Untuk kereta shinkansen juga tercover dengan JR Pass kecuali jenis kereta Nozomi dan Mizuho. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!