Festival Kawazu Sakura

You are here Home  > Festival, Musim di Jepang >  Festival Kawazu Sakura

Setelah hampir 7 tahun berada di Jepang, akhirnya kesampaian juga saya mengunjungi Kawazu di Semenanjung Izu. Supaya lebih gampang, saya akan menyebutnya sebagai Kawazu Izu. Di saat daerah lainnya masih merasakan musim dingin bahkan masih seru bermain ski dan lempar salju, di Kawazu sudah dimulai Festival Kawazu Sakura. Di sini, kita bisa menikmati keindahan bunga sakura satu bulan lebih cepat daripada jadwal umum hanami sakura di akhir Maret. Ini karena lokasi Kawazu yang berada di semenanjung Izu di bagian selatan Jepang. Letak geografisnya menjadi alasan mengapa sakura mekar lebih cepat di daerah ini.

Perjalanan ke Kawazu Sakura

Pagi-pagi jam 09.00, saya naik kereta Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo sampai Ito di Semenanjung Izu. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam dengan ongkos sebesar 5.390 yen, yang tercover sepenuhnya dengan Tokyo Wide Pass. Catatan: Jadwal kereta Ekspress Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan Stasiun Kawazu adalah jam 09.00, 10.00,  12.00 untuk hari biasa. Untuk hari libur dan akhir pekan kereta ekspress Odoriko berangkat pukul 07.30, 08.00, 09.00, 10.00, 10.15, 10.30, 11.30, 12.00, 13.30. Kereta Super View Odoriko berangkat jam 11.00, 13.00, plus 14.30 di hari Sabtu dan libur. Keluar dari Stasiun Kawazu, kesan yang terasa adalah suasana asri alam Jepang.

Namun, suasana asri itu langsung hilang melihat ramainya pengunjung Kawazu. Maklum saja, Festival Kawazu Sakura sudah dimulai. Ada ratusan pohon bunga sakura yang mekar dengan bunga-bunganya yang berwarna merah jambu itu, terlihat bahkan dari seberang Stasiun Kawazu. Pohon-pohon sakura ini tumbuh di tepi sungai sepanjang 4 kilometer dari depan stasiun ke arah barat sampai ke Air Terjun Kawazu Nanadaru yang tidak kalah indah. Wah, kerennya!

Orang banyak mengunjungi Kawazu Sakura

Orang banyak mengunjungi Kawazu Sakura

Buat teman-teman yang berencana datang ke Jepang di bulan Februari sampai awal Maret, saya sarankan untuk mengunjungi Kawazu Izu. Bunga sakura di Kawazu ini bertahan cukup lama, sekitar antara 3-4 minggu dan memberikan kita kesempatan untuk menikmati keindahan bunga sakura selama hampir sebulan penuh. Di setiap akhir pekan, kita juga bisa melihat iluminasi sakura yang dimulai dari jam 18.00 sampai jam 21.00. Sungguh romantis!

indahnya bunga sakura di kawazu

Indahnya bunga sakura di Kawazu

Pohon-pohon sakura di Kawazu ini mulai ditanam oleh para penduduk lokal dari tahun 1950-an atau lebih dari 60 tahun yang lalu. Sambil berjalan menyusuri tepi sungai, ada banyak kios-kios yang menjual berbagai macam snack dan makanan ringan termasuk kue mochi sakura yang lezat. Selain itu, ada juga pohon mini kawazu sakura yang bisa dibawa pulang dan ditanam di Indonesia (walaupun agak repot sih, hehe)

Pohon berjejer di Kawazu Sakura

Pohon berjejer di Kawazu Sakura

Setelah berkeliling dan mengabadikan banyak sekali foto-foto di Kawazu, saya kemudian melanjutkan perjalanan ke restoran Shangri-la di  Izu Imaihama Tokyu Hotel. Bukan buat menginap kok, sekadar untuk makan siang saja. Makan siang di hotel ini sangat spesial loh, karena kita bisa menikmati pemandangan birunya Samudera Pasifik di hadapan mata.

Jam keberangkatan kereta ekspress dari Kawazu kembali ke Tokyo adalah sebagai berikut.

  1. Hari biasa: Pukul 12.24, 12.48, 13.17, 14.25 (super view Odoriko), 15.16, 16.16 (super view Odoriko), 16.41, 17.06 kereta ekspress Odoriko ke Stasiun Tokyo.
  2. Hari libur: tambahan kereta pukul 13.55, 15.30, dan 18.13.
  3. Selain jam itu hanya ada kereta lokal yang harus berganti-ganti kereta sampai Tokyo.

Cheap Hotels in Izu Kawazu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Gallery Court Ofa Atu
Gallery Court Ofa Atu
from ¥4894/night
Izu Imaihama Tokyu Hotel
Izu Imaihama Tokyu Hotel
from ¥7081/night
Kokoronodoka
Kokoronodoka
from ¥9684/night
Kawazu Kaien
Kawazu Kaien
from ¥13537/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gunung Fuji
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Fuji Flower Village Grinp
Fuji Flower Village Grinpa
Atami Ropeway
Melihat pemandangan kota dari Atami Ropeway
Air Terjun Shiraito
Pemandangan musim gugur di Air Terjun Shiraito

Sumber gambar: Flickr Naoki Natsume/IshiiIzu navi, Izu navi, Ryoko


Recommended for you

Last modified: February 18, 2018

Comments (52)

  1. Siang pak nugroho,
    Saya smpai di jepang tgl 18 april pagi sekitar jam 8an dan apartement check in jam 12 siang saya menginap di oimachi shinagawa saya hendak membeli tokyo wide pass
    Apakah hari pertama sampai saya lebih baik langsung ke gunung fuji krna hari ke 2 saya akan ke gala yuzawa.. mohon petunjuknya bapak atau apakah lebih baik hari pertama saya habiskan di daerah shibuya & shinjuku ? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Lebih baik hari pertama ke Gala Yuzawa saja bu, sebab kalau hanya setengah hari ke Gunung Fuji nya tidak banyak tempat wisata yang bisa dilihat. Sementara kalau ke Gala Yuzawa, bisa hanya setengah hari. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Akhir maret ya paling hanya ada taman dan pepohohnan warna hijau saja bu Nana, sakuranya sudah berguguran. Akhir bulan maret, hanami Sakura sudah berlangsung di kota-kota utama Jepang seperti Tokyo, Osaka, atau Kyoto. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat jadwalnya, festival sakura di Kawazu itu dari 10 Februari sampai 10 Maret bu. Salam

  2. selamat malam pak, rencana mau ke jepang datang dari tokyo pulangnya dari kansai osaka, di jepang sekitar 7hari. mau ke kawazu dan gunung fuji, sebaiknya beli JR pass apa ya? atau punya alternatif lain, terima kasih atas infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Pak Eno bisa membeli Tokyo Wide Pass dipadukan dengan tiket kereta shinkansen 1 arah dari Tokyo ke Osaka/ Kyoto, dan dengan penggunaan kartu SUICA/ Pasmo. Bapak bisa memberikan detailnya lebih lagi? Supaya kami bisa lebih akurat untuk sarannya. Salam.

    • Terima kasih atas responnya pak, jd rencana itu saya sampai tokyo senin bandara haneda, dan pulang melalui bandara kansai senin depan jam 11. Saya masih bingung utk rencana perjalanannya krn bnyk bgt tmp2 menarik dan waktu saya cuma 7hari. Jd mgkn pembagiannya di tokyo 4hari di osaka 3hari atau sebaliknya, yg jelas sih yg mau saya kunjungi gunung fuji dan melihat sakura di kawazu. Mgkn bapak bs bantu utk itinerary yg biasa org kunjungi di daerah tokyo dan osaka.
      Oh ya pak rencana kl ke osaka saya mau ke kobe jg apa itu memungkinkan?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau bapak ingin mengunjungi Fuji Kawaguchiko dan Kawazu dalam 2 hari yang berbeda, silahkan membeli Tokyo Wide Pass. Kalau dalam 1 hari, tidak perlu beli apapun pak. Cukup beli tiket kereta shinkansen ke Osaka, serta mengunakan kartu SUICA/ Pasmo. Mohon maaf pak, kami tidak melayani pembuatan itinerary melalui kmentar, mungkin bapak bisa menggunakan layanan Tour Guide Online.

  3. Selamat Sore Pak Nugroho saya mau bertanya apakah kereta express odoriko langsung berhenti ke Stasiun ITO apa ke Stasiun Atami?
    dan apakah tiket kereta dari stasiun ito ke stasiun kawazu itu tercover oleh Tokyo wide pass

    • jadi kereta express odoriko itu langsung berhenti di stasiun kawazu?
      Soalnya saya baca di atas berhenti di stasiun ito, jadi saya berpikir berhenti distasiun ito lanjut/ganti kereta ke stasiun kawazu
      karna jika berhenti dahulu di stasiun ITO saya berniat mencari penginapan di sekitar stasiun ito, karna jika menginap di kawazu harga penginapan lumayan mahal untuk budget backpacker hehe

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau naik kereta ekspress Odoriko keretanya memang berhenti di beberapa stasiun, namun ibu gak perlu turun, terus saja sampai ke Kawazu Station.
      Kalau memang ingin berhenti di Ito Station ya bisa saja. Itu rutenya kami tulis bagi yang ingin PP dari Tokyo. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, jalur JR Ito Line tercover JR Tokyo Wide Pass (sama-sama JR). Salam

  4. Hilda Situmorang  |  

    mohon bantuannya mas
    1. apakah kereta ekspress dan super view odoriko keduanya di cover tokyo wide pass?
    2. apakah pertengahan feb sakuranya sudah mekar?
    3. saya rencana memanfaatkan tokyo wide pass, hari pertama kawaguchiko hari kedua gala yuzawa dan ketiga kawazu sakura. kira2 apakah itinnya udah ok dengan asumsi saya inap semalam dinkawaguchiko dan besok paginya baru ke gala yuzawa langsung balik inap di tokyo. kemudian dari tokyo baru besoknya ke kawazu?

  5. Halo, bisa nd dalam sehari mengunjungi snow yeti dan kawazu sakura?

    Sebenarnya kami punya 3 tujuan, gunung fuji dan sekitarnya (danau kawaguchi, dll)
    Kedua mau main salju di snow yeti,
    Ketiga lihat sakura di kawasu

    Kira2 bisa dalam waktu 2 hari?

    • Nugroho Christian  |  

      Ria bisa langsung naik bus dari Kawaguchiko ke Stasiun Mishima, lalu naik kereta dari Stasiun Mishima ke Ito, dilanjutkan dengan kereta private Izu sampai Stasiun Kawazu Izu. Yang tercover hanya ongkos dari Stasiun Mishima ke Ito saja dengan JR Pass. Salam.

  6. maaf saya mau bertanya, jika saya dari osaka dan ingin ke kawazu mengunakan tokaido shinkansen dan berhenti di stasiun atami, nah dari stasiun atami menuju stasiun kawazu itu apa semua tercover JR Pass??

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Atami naik kereta JR Ito Line sampai Stasiun Ito (tercover dengan JR Pass), lalu naik kereta Izu Kyuko Line sampai Stasiun Kawazu.

  7. Chris san, mohon petunjuknya, saya dan teman teman ingin bermain salju dan melihat sakura di Kawazu di tgl 8 Maret.
    Kami tidak punya JR Pass. Kami akan pakai Bis dari Shinjuku
    Sebaiknya Rute mana yang bisa dilakukan dalam 1 hari Snow Yeti ke Kawazu atau Fujiten ke Kawazu ? Terimakasih untuk bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak naik bus dari Shinjuku ke mana ya? Kalau ingin ke Snow Town Yeti atau ke Fujiten plus ke Kawazu, sepertinya harus naik taksi. Mengingat jam keberangkatan bus yang sangat terbatas hanya satu kali PP dalam sehari, dan tidak mungkin kalau ingin mengejar sakura di Kawazu Izu.

  8. kita pengen bgt liat cherry blossom, cm syg tiketnya terlalu awal, berharap di kawazu dapet, ternyata gak. kl tgl 18 maret sdh gada festival ya, kl ttp mo kesini, bunganya sdh mulai gugur ato gmn ya pak biasanya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Festival bunga sakura di Kawazu berlangsung dari 10 Februari sampai 10 Maret 2017.
      Kalau diatas tanggal itu, mungkin sudah banyak bunga sakura yang gugur dan tidak bisa menikmati bunga sakura seperti yang dibayangkan. Salam

  9. kalau tidak salah, kereta ekspress & super view odoriko bisa reserve seat ya? apakah bisa via web atau harus ke kantor JR di Tokyo Station? terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, reservasi untuk tiket kereta ekspress Odoriko atau Super View Odoriko bisa dilakukan via internet atau di stasiun-stasiun JR di Tokyo.
      Salam

  10. Saya 11 maret siang atau sore hari naik shinkansen dari nagano ke tokyo, rencana 12 pagi nya ke kawazu ini.
    Kira2 masih ada ngga yah mas bunga sakura nya tgl 12 maret?
    apakah lebih baik dari nagano langsung saja ke kawazu atau sudah benar ke tokyo dulu?
    Btw saya punya JR pass. Terimakasih mas

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Menurut jadwal, festival sakura di Kawazu Izu berlangsung dari 10 Februari sampai 10 Maret.
      Sepertinya sudah tidak ada lagi bunga sakura di sini.
      Lalu untuk ke Kawazu Izu, memang harus transfer kereta Odoriko di Stasiun Tokyo.
      Salam

    • Margaretha  |  

      apakah kereta odoriko ini tercover JR pass pak?
      kalau tidak, bagaimana cara menuju ke kawazu yang bisa tercover oleh JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan JR PASS ibu harus menambah ongkos 1.370 yen untuk perjalanan kereta Izu Kyuko Line.
      Tidak ada cara lain, selain membayar ongkos.
      Untuk informasi, jika punya Tokyo Wide Pass, maka seluruh ongkosnya tercover. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, cukup membayar biaya yang kurang. Tidak ada pinalti di kereta di Jepang, seperti negara lain.
      Salam

  11. Apakah itu artinya yg tercover JR Pass hanya amp St. Ito, lalu lanjut dgn Izu Kyuko Line smp St. Kawazu itu tdk bs pakain JR Pass?
    Lalu apakah bs pakai suica atau hrs beli ticket ap?
    Terima kasih
    Maaf banyak tanya :D

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau pakai kereta lokal seperti yang Ibu bilang. Ongkos kereta Izu Kyuko beli pakai suica/pasmo, baru ganti kereta JR dari Ito sampai ke Tokyo, dan ongkosnya tercover oleh JR PASS. Tapi kalau bisa naik kereta ekspress Odoriko atau Super view Odoriko, biasanya akan ditagih oleh petugas kereta yang memeriksa tiket berkeliling gerbong. Nah, sewaktu ditagih Ibu bisa menunjukkan JR PASS dan membayar dengan uang tunai ongkos keretanya yang kurang.
      Salam

  12. Siang admin, mw tanya apakah Kereta express Odoriko sudah tercover dgn JR pass?
    Bisa bantu share jadwal Kereta Odoriko untuk kembali ke Tokyo nya?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Jam keberangkatan kereta ekspress dari Kawazu kembali ke Tokyo adalah sebagai berikut.
      Hari biasa: Pukul 12.24, 12.48, 13.17, 14.25 (super view Odoriko), 15.16, 16.16 (super view Odoriko), 16.41, 17.06 kereta ekspress Odoriko ke Tokyo
      hari libur: tambahan kereta pukul 13.55, 15.30, dan 18.13.
      Selain jam itu hanya ada kereta lokal yang harus berganti-ganti kereta sampai Tokyo.
      Salam

  13. Siang Pak, mau tanya kl dari stasiun Shibuya dan saya mempunyai Tokyo Wide pass. Jika saya ingin ke Izu kawazu (H1), gala yuzawa (H2) dan Disneyland (H3) apa bisa langsung? jika tidak, harus ke stasiun mana dulu? please advise. Thans

    • Nugroho Christian  |  

      Rizal bisa ke Stasiun Tokyo dengan JR Yamanote Line dahulu, lalu naik kereta Odoriko sampai Stasiun Kawazu Izu. Semua ongkosnya tercover dengan Tokyo Wide Pass. Jadwal kereta Ekspress Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan Stasiun Kawazu adalah jam 09.00, 10.00, 10.30, 11.00, 12.00, 13.00, 13.30.
      Lalu, kalau mau ke Gala Yuzawa, bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Tokyo, baru naik kereta Shinkansen sampai Gala Yuzawa. Semua ongkosnya juga tercover.
      Untuk ke Tokyo Disneyland , kamu bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Osaki, lalu berpindah ke kereta Rinkai Line sampai Stasiun Shin-Kiba, lalu naik kereta JR Musashino Line sampai Stasiun Maihama di pintu masuk Tokyo Disneyland.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, perjalanan dari Shibuya-Osaki-Shin Kiba sampai Maihama (Tokyo Disneyland/ Tokyo Disneysea) tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  14. Halo Mas Nugroho
    Mau tanya donk, terkait tokyo wide pass ini,
    Rencana saya mau ke kawazu untuk Pulang Pergi menggunakan tokyo wide pass, jika dari tokyo stations naik super limited odoriko dengan waktu 2,5 jam udah sampe di kawazu, nah jika kita pulang dari kawazu, (Hasil pengecekan di hyperpedia) tidak ada lagi, odoriko ekspress ini, jadi kalau mau ambil jadwal malam pulang dari kawazu, harus menggunakan shinkansen HIKARI atau KODAMA,
    Nah itu shinkansen tersebut tercover oleh tokyo wide pass ga ya??

    terima kasih mas.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tokaido Shinkansen Hikari dan Kodama tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!