Jadwal Hanami Sakura 2018

You are here Home  > Musim di Jepang >  Jadwal Hanami Sakura 2018

Sudah siap untuk melihat bunga pink kecil yang begitu ditunggu masyarakat seantero Jepang? Berikut ini adalah prakiraan jadwal Hanami sakura 2018. Di artikel ini, Tim Info Jepang juga sudah menuliskan beberapa tempat terbaik sekaligus waktu terbaik untuk melihat bunga sakura. Jadi jangan sampai kelewatan ya melihat bunga sakuranya. Jangan kecepatan juga. Kalau ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke bagian komentar dan pertanyaan. Tim Info Jepang segera akan menjawabnya.

Artikel Prediksi Hanami Sakura 2018 ini 99% akurat, diperoleh dari pengalaman, database sekaligus informasi cuaca dan iklim Jepang.

Mengenai Hanami Sakura

Bunga sakura termasuk dalam spesies bunga mawar, dan banyak tumbuh di iklim subtropis terutama di negara-negara Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara. Namun, budaya hanami atau melihat sakura mekar populer dan identik dengan negara Jepang. Mengapa? Karena sejak periode Heian (sekitar 1.000 tahun lalu), orang Jepang sudah merayakan hanami. Mereka duduk berkumpul dengan keluarga, sambil minum atau makan bersama. Para turis akhirnya juga mengincar suasana “hanami” di mana kita bisa melihat keindahan bunga sakura, sekaligus merasakan pengalaman berinteraksi dengan penduduk Jepang.

Kalau melihat prediksi jadwal hanami sakura 2018, secara garis besar bisa dibilang jadwalnya akan lebih cepat 2-3 hari dibandingkan dengan jadwal 2017. Jadi buat teman-teman yang sedang menyusun perjalanan ke Jepang, jangan lupa memperhatikan jadwall hanami sakura 2018 ya!

Prakiraan Jadwal Hanami Sakura 2018

Daerah Tanggal mulai mekar Mekar sempurna
Sapporo 28 April 3 Mei
Aomori 17 April 21 April
Sendai 7 April 13 April
Tokyo 21 Maret 2 April
Niigata 8 April 13 April
Kanazawa 5 April 9 April
Nagoya 28 Maret 6 April
Shizuoka 2 April 12 April
Osaka 30 Maret 6 April
Kyoto 31 Maret 7 April
Nara 3 April 8 April
Hiroshima 27 Maret 7 April
Fukuoka 25 Maret 5 April
Nagasaki 30 Maret 7 April
Kagoshima 5 April 15 April
Okinawa 14 Januari 2 Februari

Berikut di bawah adalah tempat-tempat hanami sakura yang paling terkenal dengan jumlah pengunjung tahun 2017 lalu. Total pengunjung menunjukkan jumlah pengunjung yang datang saat musim hanami sakura selama empat hari sampai seminggu di masing-masing tempat. Total pengunjung ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran keramaian tempat-tempat wisata tersebut kepada teman-teman, supaya lebih bisa mempersiapkan diri dan mengatur jadwal liburan di Jepang lebih mudah.

1. Kawazu Izu Sakura di Prefektur Shizuoka (awal Februari hingga awal Maret)
2 juta pengunjung

Ada 8.000 pohon bunga sakura tumbuh berjajar di tepi sungai sepanjang empat kilometer ke arah perbukitan sampai ke Tujuh Air Terjun Kawazu. Bersamaan dengan Festival Bunga Sakura Kawazu, kita bisa menikmati iluminasi bunga sakura dari jam 6 sore sampai jam 9 malam sambil menikmati jajanan makanan lokal Kawazu. Lokasinya berada di semenanjung Izu, di selatan Hakone dan Odawara. Ongkos keretanya tercover jika memiliki JR Tokyo Wide Pass dan tambahan ongkos bila menggunakan JR Pass.

Keindahan Kawazu Sakura

Keindahan Kawazu Sakura

2. Kastil Hirosaki Aomori (akhir April hingga awal Mei)
2 juta pengunjung

Kastil Hirosaki ini adalah simbol dan atraksi utama kota Hirosaki di Aomori, di utara Jepang. Dengan total 2.600 pohon bunga sakura yang tersebar di seluruh area taman kastil, area hanami sakura di sini adalah yang terbesar di seluruh Tohoku Jepang. Tidak heran, meskipun lokasi Kastil Hirosaki ini cukup jauh dari Tokyo (sekitar 4 jam perjalanan dengan kereta Shinkansen), namun lebih dari 2 juta pengunjung datang ke Kastil Hirosaki dan merasakan hanami yang begitu indah di sini. Wilayah Aomori yang ada di sisi utara Jepang juga membuat jadwal hanaminya bersamaan dengan liburan Golden Week di Jepang yakni pada akhir April-awal Mei. Pas banget buat kamu yang pengen melihat indahnya bunga sakura di bulan Mei.

Hanami Sakura 2018: Kastil Hirosaki

Pemandangan Kastil Hirosaki di musim sakura

3. Taman Ueno Tokyo (akhir Maret hingga awal April)
2 juta pengunjung

Taman Ueno memiliki lebih dari seribu batang pohon bunga sakura dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan hanami sakura. Pohon Sakura tersebar di berbagai tempat, termasuk di sekitar Danau Shinobazu. Aksesnya yang mudah dijangkau dari Tokyo dan kota-kota sekitarnya membuat Taman Ueno selalu disesaki pengunjung saat musim semi. Selain itu, teman-teman juga bisa melihat yozakura atau hanami sakura di malam hari, yang dimulai sejak pukul 5 sore hingga malam hari.

Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo

Suasana hanami sakura di Taman Ueno Tokyo

4. Shinjuku Gyoen (pertengahan Maret hingga akhir April)
1,6 juta pengunjung

Taman Shinjuku Gyoen punya segudang pemandangan indah: 1500 batang pohon bunga sakura yang mekar serentak pada musim semi. Itulah sebabnya ada banyak pengunjung yang datang ke Shinjuku Gyoen untuk hanami sakura. Bunga-bunga sakura yang terdapat di sini banyak jenisnya, sehingga kita bisa mendapatkan bunga sakura yang bewarna merah muda, putih, dan kuning.

Hanami Sakura 2018: Taman Shinjuku Gyoen Tokyo

Hanami sakura di Taman Shinjuku Gyoen Tokyo

5. Kastil dan Taman Takada  (awal hingga pertengahan April)
1,3 juta pengunjung

Taman Takada di area sekitar Kastil Takada masuk ke dalam jajaran 100 spot terbaik hanami sakura di Jepang. Di kompleks taman Kastil Takada ada sekitar 4.000 pohon bunga sakura yang akan mulai bermekaran. Jenis bunga sakuranya juga adalah shidare-zakura, yang berukuran besar dengan banyak kelopak bunga dari satu pohon. Karena pohonnya yang berbeda inilah, tampilan bunga sakura lebih berbobot dan terasa warna pinknya. Bunga sakura di kompleks taman Kastil Takada bisa menarik lebih dari 1,3 juta pengunjung.

Di malam harinya, jangan lewatkan juga iluminasi sakura yang dimulai selepas matahari terbenam (sekitar pukul 18.00) sampai jam 22.00. Sambil menikmati iluminasi sakura yang berpadu cantik dengan lebih dari 3.000 lentera di seantero taman, kita bisa melihat penampilan tarian dan parade penduduk lokal atau panganan lokal khas Niigata. Iluminasi sakura malam hari dilangsungkan setiap malam dari tanggal 1 April sampai tanggal 17 April. Jika teman-teman “terlambat” datang ke Jepang namun tetap ingin melihat bunga sakura, bisa datang ke area kastil.

6. Kakunodate  (akhir April hingga awal Mei)
1,3 juta pengunjung

Bersamaan dengan liburan Golden Week di Jepang, Kakunodate adalah tempat hanami terbaik buat teman-teman yang ingin menikmati hanami di saat liburan Golden Week di awal Mei. Suasana kota “Little Kyoto di Tohoku” dengan bangunan-bangunan tradisional Jepang menjadi daya tarik tambahan bagi kita saat berkunjung ke Kakunodate. Ada juga event Yozakura, dengan light up bunga sakura di malam hari, yang berlangsung dari pukul 17.00-22.00 di Taman Kakunodate Prefektur Akita.

7. Taman Chidorigafuchi (akhir Maret hingga awal April)
1 juta pengunjung

Selain letaknya yang dekat dengan Stasiun Tokyo dan pusat kota, Taman Chidorigafuchi ini juga menawarkan pemandangan terowongan bunga sakura satu-satunya di Tokyo. Pedestrian sepanjang 700 meter ini menghubungkan Hanzomon dan Taman Kitanomaru, di dekat Istana Kekaisaran Jepang. Di Taman Chidorigafuchi, teman-teman bisa menikmati keindahan bunga sakura dari atas perahu. Romantis ya!!

Hanami Sakura 2018: Taman Chidorigafuchi

Menikmati hanami sakura dari atas perahu di taman Chidorigafuchi

8. Taman Okazaki di Nagoya Aichi (akhir Maret hingga awal April)
600 ribu pengunjung

Taman Okazaki adalah salah satu taman yang terkenal dengan pemandangan hanami sakuranya dan juga termasuk ke dalam daftar 100 tempat hanami sakura terbaik di Jepang. Event yang paling terkenal khususnya yozakura, yakni melihat bunga sakura di malam hari, yang sangat terkenal dengan keindahannya. Kalau teman-teman dalam perjalanan dari Tokyo menuju ke Nagoya atau Kyoto/ Osaka di musim semi, bisa mampir dan melihat keindahan hanami sakura di Taman Okazaki ini.

Hanami Sakura 2018: Taman Okazaki Nagoya

Keindahan Hanami Sakura di Taman Okazaki Nagoya

9. Kastil Ueda Nagano (awal hingga akhir April)
480 ribu pengunjung

Kastil Ueda yang terletak di tengah-tengah Prefektur Nagano tempat favorit menyaksikan hanami sakura para penduduk maupun wisatawan. Kalau sedang jalan-jalan di Nagano, teman-teman bisa datang ke sini sekitar awal April hingga akhir April untuk menyaksikan keindahan hanami.

Hanami Sakura 2018: Kastil Ueda Nagano

Keindahan hanami sakura di kompleks Kastil Ueda Nagano

10. Taman Kenrokuen Kanazawa (awal hingga akhir April)
390 ribu pengunjung

Dengan area lebih dari 11 hektar, teman-teman bisa menikmati keindahan kebun bunga dan pepohonan di Taman Kenrokuen yang juga adalah ikon wisata Kanazawa. Di musim semi, kita bisa menikmati keindahan bunga plum dan sakura yang bermekaran. Kita juga bisa menikmati yozakura, hanami sakura di malam hari. Perjalanan ke Kanazawa bisa diselipkan sewaktu liburan ke Shirakawago atau Tateyama Kurobe Alpine Route, semua ongkos kereta dan shinkansen sampai ke Kanazawa tercover oleh JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.

11. Kastil Odawara Sakura (akhir Maret hingga awal April)
328 ribu pengunjung

Kota Odawara khususnya di halaman luar kastil terkenal sebagai spot hanami atau melihat bunga sakura yang terkenal. Jadi kalau teman-teman berkunjung pada pertengahan Maret hingga pertengahan April, silakan mengunjungi kota Odawara dan melihat keindahan bunga sakura dengan latar belakang kastil Odawara yang megah. Odawara juga jadi pintu masuk utama wilayah pegunungan indah Hakone yang terkenal dengan Danau Ashinoko, Kawah Aktif Owakudani, dan Hakone Onsen dengan pemandangan yang indah.

Hanami Sakura di Kastil Odawara

Keindahan Hanami Sakura di Kastil Odawara

12. Kastil Himeji Sakura (pertengahan April)
300 ribu pengunjung

Lebih dari 1000 batang pohon sakura di kompleks Kastil Bangau Putih Kastil Himeji ini siap menyambut orang-orang yang datang ke kota di sebelah barat Kobe ini. Jenis sakura di Kastil Himeji juga tergolong langka, yakni someiyoshino dan shidare zakura yang ukuran pohonnya raksasa dan berusia tua. Keindahan hanami sakura di Kastil Himeji juga masuk ke dalam daftar 100 tempat hanami sakura terbaik di Jepang.

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

Bunga sakura di kompleks taman Kastil Himeji

13. Taman Sewaritei Kyoto (awal April)
270 ribu pengunjung

Taman Sewaritei berlokasi di kota Yawata, tepat di antara kota Kyoto dan Osaka. Taman ini menunjuk pada area terbuka yang menjadi pertemuan sungai utama Kyoto dan Osaka, yakni sungai Yodo dan sungai Kizu. Di area terbuka di pinggir sungai ini, kita bisa menjumpai deretan pohon bunga sakura mirip-mirip seperti Kawazu Sakura di Semenanjung Izu yang terkenal. Ada 250 pohon bunga sakura di jalan sepanjang 1,4 kilometer. Kalau teman-teman memiliki Keihan Kyoto Osaka Sightseeing Pass maka ongkos kereta menuju ke Taman Sewaritei semuanya gratis.

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

Bunga sakura di Taman Sewaritei Kyoto

14. Taman Rikugien (pertengahan Maret hingga pertengahan April)
200 ribu pengunjung

Taman Rikugien mungkin bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin lebih santai menikmati hanami sakura di Tokyo. Di taman ini, kita bisa melihat pemandangan yang berbeda-beda setiap musimnya. Di musim semi, bunga-bunga sakura dan magnolia bermekaran. Kemudian di musim panas bunga azalea. Lalu di musim gugur kita bisa melihat daun-daun pohon maple atau momiji.

Yozakura di Taman Rikugien Tokyo

Yozakura di Taman Rikugien Tokyo

15. Taman Maruyama dan Taman Odori Sapporo (Akhir April hingga awal Mei)
150 ribu pengunjung

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Sapporo, Taman Maruyama adalah surga hanami terbaik di Sapporo Hokkaido. Di area seluas lebih dari 6 hektar, teman-teman dijamin akan dibuat terkesima dengan indahnya bunga dari sekitar 1700 pohon bunga sakura. Masih di Sapporo, kita juga bisa mampir di Taman Odori yang ada di pusat kota. Meskipun jumlah pohonnya tidak sebanyak di Taman Maruyama, namun sambil hanami, kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus yang ada di sekitaran Taman Odori. Desain taman dengan kebun bunga yang berwarna warni dan jalur pedestrian yang cantik juga dijamin membuat kita tak ingin pulang dari tempat ini.

Sumber gambar: Flickr Chris Chan, Chung-Chou Lee, h.asada, somali04 @Tokyo, h.asada, derek7464, h.asada, * Yumi *, meguringo, Chipmunk Wallpaper


Recommended for you

Last modified: April 3, 2018

Comments (63)

  1. Halo Pak Nugroho,

    Salam kenal Pak saya Yama mau ke Jepang dan tinggal di Keio Plaza Hotel, saya mau ke daerah ramai di area shinjuku, apakah saya harus naik train ke shinjuku station dulu atau bisa di tempuh dengan jalan kaki saja ? Makasih banyak sebelumnya atas infonya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Keio Plaza Shinjuku itu sudah di tengah-tengah distrik perkantoran Shinjuku dan bisa jalan kaki menuju ke Shinjuku Station dari West Gate. Salam

  2. Saya rencana mau ke tokyo, osaka dan kyoto mulai 28 Mei sd 1juni 2018, ada moment apa ya yg bisa dilihat dan dinikmati. Terimavkasih

  3. Selaamat siang tim,
    Tahun depan dr tgl 11-18 Maret saya dijepang. Untuk bunga sakura didaerah mana yg sudah mekar ya? Trimakasih

    • Yasmin  |  

      Terimakasih mas. Tahun 2017 saya tidak bertemu geisha di district gion. Clue nya gimana ya supaya bisa bertemu di tgl 11-18 Maret?, bolehkan saya berfoto dgnnya? Mas apa saya boleh minta kontaknya utk tanya2? Atau bisa join pas tgl segitu di jepang? 🙏🏻

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau mau pasti bisa ke restoran-restoran di Gion, dan minta layanan dengan Maiko. Salam

  4. Halo Pak Nugroho

    Mohon infonya, saya akan ke Jepang tgl 14-22 April.Tiba di Haneda tgl 14 Pagi. Itinerary saya sbb :
    Day 1 : Hotel di area Gotanda (Shinagawa)
    Tempat yang akan dikunjungi : Asakusa Temple, Ueono Park, Tokyo Sky tower.

    Day 2 : Shibuya, shinjuku, Ginza

    Day 3 : Hakone – Gotemba

    Day 4 : Kyoto

    Day 5 : Kyoto

    Day 6 : Osaka

    Day 7 : Osaka – Universal studio

    Day 8 : Tokyo karena tiket saya PP dr Haneda

    Mohon info dan rekomendasi Bapak :
    1. Untuk JR Pass sebaiknya di pakai mulai dr Day 3 atau Day 1?
    2. Di hakone rencana akan menginap di Gotemba area. Karena waktunya terbatas tempat wisata? apa yang sebaiknya kami kunjungi dan perlu kah membeli hakone pass kalau sudah ada JR pass untuk di Hakone ini.
    3. Untuk periode tersebut, tempat yang masih bisa kami kunjungi untuk melihat sakura / ilumination?
    4. apakah setiap station ada locker untuk penyimpanan koper ? max ukuran koper yang dapat disimpan di locker ?

    Terima kasih

    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk JR Pass nya bisa diaktifkan untuk penggunaan hari kedua hingga hari kedelapan. Lalu ke Hakone rencananya kemana saja? Sebab untuk Hakone Free Pass harus dihitung dulu perlu tidaknya. Untuk sakura, bisa ke Osaka Castle atau Kema Sakuranomiya di Osaka. Tidak semua stasiun memiliki loker ukuran besar, dan kalaupun ada kemungkinan sudah penuh. Jadi lebih baik titip di stasiun besar yang jumlah kopernya banyak. Salam

  5. Dear admin info jepang.
    Untuk pulau shikoku, tempat yang bagus dan banyak bunga sakura di mana ya?
    Kira – kira tanggal berapa mekar sempurna?
    Saya tanggal 15 april sudah harus pulang ke Indonesia. Jadi sebelum tanggal itu ada atau tidak ya?
    Terimakasih.
    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau di Shikoku bisa ke Matsuyama Castle atau ke Kochi Garden. Untuk tempat-tempat di list atas sakuranya mekar pada permulaan April kok bu. Salam

  6. saya rencana akan liburan ke Japang end Maret 2018 ini.
    mohon dapat diinformasikan, transportasi termudah & cepat dari Narita Airport ke Hotel Il Fiore Kasai. saya akan membawa koper besar, jadi jika memungkinkan transport yang tidak terlalu banyak transit/ganti kereta
    terima kasih

  7. Halo, rencana aku mau ke Jepang tahun ini dr tgl 14-21 April, di Tokyo supaya masih bisa lihat Sakura, kira2 di mana aja tempatnya? Terimakasih.

  8. Dear team info jepang,

    Salam kenal

    Saya vivi, saya sudah booking tiket jkt-haneda pp untuk 1-13 mei, dimana pas saya datang bertepatan dengan golden week holiday… Saya suka sekali dengan taman dan keindahan bunga2(dibaca :narsis) 😂😂

    Jadi selama masa 13hari itu, saya ingin hunting taman2 dengan bunga2 yg indah… Saya tiba di hnd by Ana kira2 pukul 16:45 waktu tokyo…saya rencana menginap di sekitaran euno station (tertarik dg centurion women ) dan rencana pagi2 naik shinkansen langsung menuju hakodatte dan rencana nginep 1 malem, esok siang nya lanjut ke sapporo, apakah sesuai kah ?? Saya ingin hunting sakura…karna klo baca forecast yg masih ada sakura di awal mei hanya di hokkaido…dan di sapporo nginep 2 malam…apakah cukup ? Saya ga muluk2 cukup nyari taman dengan bunga sakura yang banyak…😂

    Mohon bisa di berikan masukan nya

    Terima kasih….salam kenal

    Note : saya sudah lumayan biasa dengan perjalanan panjang😂 dan marathon, tetapi baru kali ini saya solo travelling dan first timer ke jepun…

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal segitu, betul hanya di bagian utara Jepang yang masih ada sakuranya. Selain Hakodate dan Sapporo, ibu bisa juga ke Hirosaki atau Kakunodate, namun memang tempat wisata atau atraksi wisata yang bisa dikunjungi di Hirosaki dan Kakunodate tidak sebanyak yang ada di Sapporo atau Hakodate.

  9. Halo..
    Saya mau tanya utk ke Jepang lihat sakura paling bagus dimana ya ?
    Karena rencana pergi bawa org tua, jd butuh akses kursi roda yg gampang..

    dan bisa minta price list untuk atur private tur di jepang kah ?
    Kalau bisa di email ke saya..

    Terima Kasih banyak ya…

    • Saya rencana mau 2 hari private tur ke tmpt2 ini jika memungkinkan bagi org tua yg memakai kursi roda..

      – hitachi seaside park
      – shibazakura
      – ueno park / shinjuku national garden

      Rencana Saya akan tinggal di Tokyo..
      Apakah kalau ke tujuan di atas saya harus nginap di kota lain ?

      3 org dewasa dan 1 org tua (87 thn) apakah bisa ad paket tur untuk 2 hari ?
      Kalau bisa yg ad mobil..
      Kalau boleh saya mau minta pricelist nya

  10. salam kenal pak nugroho,
    rencana mau ke jpg bulan mei, tanggal 4-13.. flight jakarta-narita-jakarta, tengah malam… maunya bisa langsung ke takayama, kyoto,osaka,tokyo,.. transportasinya bisa pakai apa ya yg terjangkau… apakah ada willer bus narita-takayama? atau kita harus ke shinjuku dulu, trims banyak..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, sepertinya harus ke Shinjuku terlebih dahulu sebab bus keberangkatan ke Takayama hanya dari Shinjuku saja. Salam

  11. Dear Team INFOJEPANG,

    Saya sekeluarga (group of 4 adults; backpakers with minimal luggage) akan ke Jepang tanggal 11 – 17 Mei 2018.
    Rencananya adalah sbb:

    1. Landing Narita 12 Mei 10:00 a.m.
    2. 13 – 15 bermalam di Kyoto, rencana keliling Kyoto – Osaka – Nara
    3. 15 – 17 bermalam kembali di Tokyo, rencana keliling Tokyo dan ke Mt. Fuji.
    4. Pulang dari Narita departure 11:00 tgl 17 Mei.

    Mohon info dan saran:
    – Transportasi yang ekonomis untuk meng cover perjalanan selama di Jepang pada 6 hari tersebut. Apakah JR Pass atau paket transport local di masing-masing kota/ area?
    – Points of interest di masing-masing wilayah (2 atau 3 cukup) yaitu di Kyoto, Osaka, Nara, Tokyo dan Mt. Fuji area.

    Terima kasih dan salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Karena ada rute Narita-Kyoto-Tokyo kembali, bisa menggunakan JR PASS seharga 29.110 yen. Salam

  12. saya tiba di Tokyo tanggal 11-24 april. dimanakah saya masih bisa hanami dan melihat sakura? Apakah di nagano dan toyama ada?
    terima kasih

  13. Saya ke jepang tgl 18-28 april 2018, di kawasan kawaguchiko,kanazawa,shirakawago tgl segitu masih ada sakura atau tidak pak? Terimakasih

  14. Tahun lalu saya sukses ke Izu Kawazu dan beneran dapet sakura di bulan februari, thx to infojepang ^^. Ikuti saja petunjuk di blog ini sudah jelas, pake Tokyo Wide Pass. Note: siap2 bawa payung karna curah hujan di Izu Kawazu bulan Februari sepertinya memang lagi tinggi, saya sempet kena hujan deras, untungnya cuma pas mau pulang sore hari.

    • Nugroho Christian  |  

      Hehe, terima kasih pak untuk komentarnya. Ditunggu loh kedatangannya di Jepang lagi, mungkin di musim panas atau musim gugur? Salam.

  15. Saya akan ke jepang tgl 5 -11 maret 2018. Tiba di tokyo dan balik.lewat osaka.
    Apakah bisa menikmati hanami ? Di daerah mana pak. Terima kasih

    Salam. Wati

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sepertinya kalau sudah akhir Mei dan awal Juni, bunga sakura sudah tidak ada lagi Ibu. Silakan mengecek jadwal hanami bunga sakura di artikel di atas. Salam

  16. Sore Pak Nugroho,

    rencana saya ke sapporo akhir April s/d Awal Mei, apakah masih bisa main ski juga selain menikmati Sakura?

    mohon info, thanks

  17. Selamat sore mas. Sy berencana akan ke Tokyo tgl 22-28feb, dgn suami Dan 1 org anak berusia 2,5thn. Tiba di haneda, kembali jg dr haneda. Menginap di Ikebukuro. Itinerary kurleb spti INI mas:

    D1 (22feb 2018) 10.30 PM: tiba di HANEDA INTERNATIONAL AIRPORT
    11.25 PM: dgn Limousine bus menuju hotel di Ikebukuro

    DAY 2 (23 feb) : shirakawago

    DAY 3: Gala Yuzawa (full day)

    Day 4: Mt. Fuji-kawaguchiko

    DAY 5: Kawazu izu sakura

    Day 6 (FEB 27th, 2018): shibuya, shinjuku, asakusa, disneyland (cuman foto2)
    11.45 pm: berangkat dr Haneda Airport

    *day 3,4,5 dgn Tokyo Wide pass
    *day 6 dgn tokunai pass

    Mohon masukannya mas, kira2 itinerary sy sudah efektif kah begitu? Pass yg sy pilih jg APAkah sudah tepat?
    Klo untuk DAY 2, shirakawago baikny pke pas APA ya mas? Atau pke suica/pasmo aja?

    Ohya satu lg ptnyaan mas, di bbrp hotel/apartemen di Tokyo sekitarny Ada kebijakan yg TDK memperbolehkan anak2 menginap. Kategori anak2 d jepang umur brp ya? APA kah anak sy 2,5 thn termasuk?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena ada rute perjalanan ke Shirakawago, Gala Yuzawa, Fuji, dan Kawazu Izu, JR PASS Ordinary (29.110 yen) sudah sangat menguntungkan.
      Shirakawago soalnya tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass. Beberapa hotel dan penginapan mulai menghitung anak diatas 2 tahun seperti dewasa, bukan artinya tidak boleh menginap. Salam

    • Mas, tanya lagi nih yaa.. klo misalnya ke shirakawago-nya dicancel.. Jd hari ke-2 ITU cuma eksplore Asakusa sekitarnya aja.. Baikny pakai pass APA ya mas? Atau cukup suica/pasmo aja?

  18. Salam pak Nugroho, saya akan mengunjungi Jepang 13-21april2018. Planning saya seperti ini :
    14 : tiba di tokyo jalan2 tokyo
    15 : gala yuzawa
    16 : pindah osaka
    17 : jalan2 kyoto
    18 : pindah ke nagoya menuju shirakawago
    19 : kembali ke tokyo menuju gunung fuji, kawaguci
    20 : tokyo
    21 : kembali

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah 14april2018 diprediksikan masih terdapat sakura di tokyo (ueno park,yoyogi park)
    2. Apakah gala yuzawa masih buka untuk tgl 16april?
    3. Apakah memungkinkan saya mengunjungi semua wisata dgn jadwal saya tersebut?
    4. Apakah perlu membeli JR pass?

    Terimakasih banyak pak atas bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tanggal 14 april sudah lewat masa puncak masa hanami
      2. Gala Yuzawa buka sampai tanggal 6 mei tahun depan.
      3. Bisa saja, untuk tanggal 18, saran saya rutenya Kyoto-Kanazawa-Shirakawago-Kanazawa-Tokyo.
      4. Ya, karena ada rute PP Tokyo-Kyoto, akan sangat menguntungkan dengan JR Pass.

  19. Hai pak Nugroho ..
    saya mau tanya , kalau di tanggal 24 April – 4 Mei 2018 apakah masih ada bunga sakura ? kalau masih ada didaerah mana pak …
    Saya rencana ke Jepang tanggal 24 April 2018

  20. Selamat Siang Pak Nugroho, saya mau tanya rute ke tateyama kurobe alpine route dari kawazu itu bagaimana?
    dan jika saya mengunakan Tokyo wide pass, apa semua transportasinya tercover?

  21. Selamat malam Pak, saya berencana mengunjungi Jepang pada 11-18 Maret 2018, kira-kira di wilayah mana yang sudah mulai mekar sakuranya ya? Kalau belum ada yang mekar, apakah ada rekomendasi wisata lain? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Wah sepertinya tanggal segitu belum ada sakura yang mekar Langit di kota Tokyo, Osaka, atau Kyoto. Mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk ke Kawazu Izu. Salam

  22. Halo Pak Nugroho, mohon infonya, sy rencana akan berlibur ke Jepang Maret tahun depan saat Hanami. Utk airport, yg lbh dekat dr Tokyo itu Haneda atau Narita ya?sy brgkt dr Sby. kalo mau liat Sakura itu sekitar tgl brp yg pas?kmudian utk musim semi, apkh suhunya msh dngin? lalu, utk 5hr di Jepang, apkh ckup membawa uang 10jt? sy rncananya backpacker-an saja Pak spy lbh hemat. Rncananya akan lbh sering berada di skitar Tokyo krn ada teman di Minato, berencana jg ke Gunma dan mgkn hr ke 3 akan ke Osaka yg agak jauh, baiknya beli JRpass/tdk yaa?utk tiket Subway jg apa perlu beli? mksh byk sblmnya,, maaf nanya nya agak banyak Pak. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih dekat Haneda bu, hanya 20 menit ke pusat kota Tokyo. Ibu kan mendaratnya di Tokyo, nah pulangnya dari mana ya? Supaya saya bisa rekomendasikan yang lebih tepat. Untuk uang, sepertinya cukup 10 juta untuk 5 hari per orang di Jepang. Suhu udara awal musim semi masih cukup dingin, ibu bisa membawa jaket dan sarung tangan. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!