Liburan Golden Week Jepang

You are here Home  > Persiapan >  Liburan Golden Week Jepang

Liburan Golden Week Jepang adalah gabungan dari empat hari libur yang berdekatan dalam satu waktu. Golden Week menjadi salah satu dari tiga musim liburan tersibuk di Jepang, di samping Tahun Baru (tanggal 30 Desember-2 Januari) dan Minggu Obon (berlangsung dari 13-15 atau 16 Agustus). Para pekerja di wilayah Tokyo, Kyoto, Osaka biasanya akan mengambil liburan bersama keluarga menuju ke tempat-tempat wisata. Liburan Golden Week menjadi waktu paling sibuk transportasi di Jepang, tidak hanya sewaktu di imigrasi di bandara saja, namun juga saat pergi dan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jepang. Supaya kamu tidak kaget, cek dulu tanggal-tanggal Golden Week berikut.

Liburan Golden Week Jepang

Liburan Golden Week Jepang terdiri dari beberapa hari libur, antara lain:

  1. 29 April, Showa Day (Showa no hi)
    Tanggal 29 April dirayakan sebagai hari kelahiran mantan kaisar Showa, yang meninggal pada tahun 1989.
  2. 3 Mei, Hari Konstitusi (Kenpo kinenbi)
    Pada tanggal 3 Mei diperingati sebagai pemberlakukan konstitusi baru pasca Perang Dunia II di tahun 1947.
  3. 4 Mei, Greenery Day (Midori no hi)
    Sampai tahun 2006, Greenery Day dulu dirayakan pada tanggal 29 April, ulang tahun mantan Kaisar Showa. Hari ini didedikasikan untuk lingkungan dan alam, karena kaisar menyukai tanaman dan alam.
  4. 5 Mei, Hari Anak (Kodomo no hi)
    Festival Anak Laki-Laki (Tango no Sekku) dirayakan pada hari ini. Keluarga akan berdoa untuk kesehatan dan kesuksesan masa depan anak laki-laki mereka dengan menggantung pita masker dan menampilkan boneka samurai. Simbol kekuatan, kekuatan dan kesuksesan dalam hidup dalam masyarakat Jepang. Untuk anak perempuan, juga diadakan Festival Anak Perempuan pada tanggal 3 Maret.

Tips Liburan Golden Week

Selama liburan Golden Week, teman-teman harus mengantisipasi kepadatan di tempat wisata, transportasi kereta, bus, termasuk juga hotel dan apartemen yang semuanya full-booked. Mengapa? Ya karena penduduk Jepang sendiri akan liburan. Kota wisata dan tempat wisata favorit dijamin dipenuhi oleh gabungan antara penduduk lokal dan wisatawan asing.

Jika memang berencana liburan ke Jepang di masa Golden Week, silahkan pesan hotel jauh-jauh hari (idealnya 3-6 bulan sebelum masa Golden Week). Namun, saran dari saya, sebaiknya pilih waktu kunjungan di luar masa Golden Week (idealnya 1 minggu sebelum atau sesudah Golden Week) sehingga bisa lebih puas menikmati tempat wisata (berfoto, duduk santai) dan juga lebih nyaman saat naik kereta lokal maupun jarak jauh.

Untuk tahun depan 2019, karena ada perubahan kaisar menjadi yang baru (disahkan pada tahun 2019), ada wacana penambahan hari libur tanggal 1 Mei. Itu berarti akan muncul 2 hari kejepit, yakni tanggal 30 April dan 2 Mei 2019. Nah, kalau ada 2 hari kejepit seperti ini, Pemerintah Jepang cenderung membuat hari libur bersama (mirip-mirip pemerintah Indonesia juga ya). Akibatnya, ada kemungkinan terjadi 10 hari libur berturut-turut, dan efeknya tentu lebih dahsyat lagi dibandingkan dengan liburan golden week biasanya. Jadi persiapkan matang-matang liburan teman-teman di tahun 2019 ya.

Baca juga:

  1. Tips Liburan Murah di Tokyo
  2. Liburan Murah dengan Naik Bus Malam

Hanami Sakura saat Liburan Golden Week

Buat teman-teman yang melewatkan hanami sakura (yang biasanya berlangsung pada akhir Maret-awal April setiap tahunnya), bisa datang berkunjung ke Kakunodate dan Kastil Hirosaki di wilayah utara Honshu. Para penduduk Honshu yang tidak sempat melihat hanami biasanya mengincar hanami sakura di sini. Sungguh sebuah paket liburan yang sempurna kan? Liburan Golden Week sekaligus hanami sakura.

Sumber gambar: Flickr shuzo serikawa


Recommended for you

Last modified: May 1, 2018

Comments (12)

  1. Halo pak Nugroho, saya akan ke Tokyo melalui Narita, dan tempat menginap saya di Asakusa. Mohon petunjuk transportasi apa yg terbaik dan termurah dr Narita ke Asakusabashi Station, saya berencana membeli kartu Suica. Sya jg akan ke danau kawaguchi. Transportasi apa sebaiknya pak? Terima kasih. Sebagai informasi, saya sekel ber4, apa sebaiknya masing2 membawa kopor kecil, atau 2 buah kopor besar mengingat info yg saya baca agak sulit utk turun dr kereta.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Narita Airport bisa naik kereta Keisei Line sampai ke Keisei Takasago, kemudian naik kereta Keisei Line yang ke arah Shinagawa, dan turun di Asakusabashi. Untuk perjalanan ke Danau Kawaguchiko bisa menggunakan bus PP dari Shinjuku. Kalau memang bisa, lebih baik membawa koper kecil bu. Salam

  2. Selamat siang Pak, mau tanya. Sy bulan juni mau ke Fukuoka selama 9 hari. Bisa minta obyek wisata apa saja yg ada di sana dan sekitar sana. Sy cuma di daerah selatan tdk ke tokyo. Thanks infonya.

  3. Selamat siang Mas Nugroho,

    Berikut itin saya saat golden week 2018 :

    29 Apr jkt – narita – nippori
    30 Apr Sightseeing Tokyo (Harajuku – Omotesando – Shinjuku – Shibuya)
    1 Mei Roundtrip Tokyo – Hirosaki
    2 Mei Roundtrip Tokyo – Shibazakura Festival
    3 Mei Roundtrip Tokyo – Hitachi Seaside Park
    4 Mei Roundtrip Tokyo – Kinugawa onsen
    5 Mei Odaiba – Narita – Jakarta

    Kira2 PASS apa yg sesuai untuk itin seperti di atas mas? Terima kasih.

  4. Hi Pak Nugroho, saya akan tiba di Tokyo tanggal 1 Mei 2018, lalu akan ke Kyoto tanggal 6 Mei 2018 (hari minggu dan hari terakhir Golden Week), apakah hari terakhir Golden Week masih sangat ramai di Kyoto? (terutama daerah Kiyomizu)

    Selain itu, bagaimana cara untuk meng-aktifkan JR Pass dari Jakarta? Terutama untuk ke daerah Shibazakura Festival & Hitachi Seaside Park.

    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, saat Golden Week pastinya lebih ramai dibandingkan hari biasa, karena semua pekerja dan anak-anak sekolah juga ikutan libur.
      Untuk aktivasi JR PASS tidak bisa dilakukan di Indonesia Pak, hanya bisa dilakukan di beberapa Travel Service Counter di stasiun-stasiun besar di Jepang. Salam

  5. Selamat malam, Pak
    Pak,sy akan tiba di Tokyo pada tgl 28 april pagi, dan langsung akan k osaka menggunakan shinkhansen.
    Sy baca2 d artikel bapak, kan d sarankan untuk reservasi tmpt duduk 1 – 2hr sebelom hari H, dan tgl sy dtg sudah termasuk tgl golden week.
    Pertanyaan sy, apa sy bisa aktivasi jr pass sy, dr jakarta? Shingga sy bisa reservasi tempat duduk d shinkhansen? Trimakasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ibu bisa reservasi setibanya di Haneda atau Narita, kalaupun penuh, ibu bisa coba kereta keberangkatan berikutnya atau kursi non-reserved. Salam.

  6. Selamat siang Pak Nugroho, kami akan ke Jepang akhir April 2018 (bersamaan dgn Golden Week ) mnrt Bpk apakah kami tetap dapat menikmati liburan kami dgn kondisi yg sangat ramai ? ( walaupun saya sendiri blm tau akan seberapa ramai GW di sana ).

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Yang jelas, shinkansen dan bus serta kereta-kereta jarak jauh akan ramai bu. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!