Liburan Golden Week Jepang

You are here Home  > Persiapan >  Liburan Golden Week Jepang

Liburan Golden Week Jepang adalah gabungan dari empat hari libur yang berdekatan dalam satu waktu. Golden Week menjadi salah satu dari tiga musim liburan tersibuk di Jepang, di samping Tahun Baru (tanggal 30 Desember-2 Januari) dan Minggu Obon (berlangsung dari 13-15 atau 16 Agustus). Para pekerja di wilayah Tokyo, Kyoto, Osaka biasanya akan mengambil liburan bersama keluarga menuju ke tempat-tempat wisata.

Liburan Golden Week Jepang

Liburan Golden Week Jepang terdiri dari beberapa hari libur, antara lain:

  1. 29 April, Showa Day (Showa no hi)
    Tanggal 29 April dirayakan sebagai hari kelahiran mantan kaisar Showa, yang meninggal pada tahun 1989.
  2. 3 Mei, Hari Konstitusi (Kenpo kinenbi)
    Pada tanggal 3 Mei diperingati sebagai pemberlakukan konstitusi baru pasca Perang Dunia II di tahun 1947.
  3. 4 Mei, Greenery Day (Midori no hi)
    Sampai tahun 2006, Greenery Day dulu dirayakan pada tanggal 29 April, ulang tahun mantan Kaisar Showa. Hari ini didedikasikan untuk lingkungan dan alam, karena kaisar menyukai tanaman dan alam.
  4. 5 Mei, Hari Anak (Kodomo no hi)
    Festival Anak Laki-Laki (Tango no Sekku) dirayakan pada hari ini. Keluarga akan berdoa untuk kesehatan dan kesuksesan masa depan anak laki-laki mereka dengan menggantung pita masker dan menampilkan boneka samurai. Simbol kekuatan, kekuatan dan kesuksesan dalam hidup dalam masyarakat Jepang. Untuk anak perempuan, juga diadakan Festival Anak Perempuan pada tanggal 3 Maret.

Tips Liburan Golden Week

Selama liburan Golden Week, teman-teman harus mengantisipasi kepadatan di tempat wisata, transportasi kereta, bus, termasuk juga hotel dan apartemen yang semuanya full-booked. Mengapa? Ya karena penduduk Jepang sendiri akan liburan. Kota wisata dan tempat wisata favorit dijamin dipenuhi oleh gabungan antara penduduk lokal dan wisatawan asing.

Jika memang berencana liburan ke Jepang di masa Golden Week, silahkan pesan hotel jauh-jauh hari (idealnya 3-6 bulan sebelum masa Golden Week). Namun, saran dari saya, sebaiknya pilih waktu kunjungan di luar masa Golden Week (idealnya 1 minggu sebelum atau sesudah Golden Week) sehingga bisa lebih puas menikmati tempat wisata (berfoto, duduk santai) dan juga lebih nyaman saat naik kereta lokal maupun jarak jauh.

Baca juga:

  1. Tips Liburan Murah di Tokyo
  2. Liburan Murah dengan Naik Bus Malam

Hanami Sakura saat Liburan Golden Week

Buat teman-teman yang melewatkan hanami sakura (yang biasanya berlangsung pada akhir Maret-awal April setiap tahunnya), bisa datang berkunjung ke Kakunodate dan Kastil Hirosaki di wilayah utara Honshu. Para penduduk Honshu yang tidak sempat melihat hanami biasanya mengincar hanami sakura di sini. Sungguh sebuah paket liburan yang sempurna kan? Liburan Golden Week sekaligus hanami sakura.

Sumber gambar: Flickr


Recommended for you

Last modified: October 25, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!