Info Wisata di Hakata Fukuoka

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Hakata Fukuoka

Fukuoka adalah kota terbesar di Prefektur Fukuoka di Pulau Kyushu. Letaknya ada di sebelah barat Pulau Honshu. Fukuoka memiliki sejarah panjang, dimulai saat para pedagang dari Cina dan Korea datang dan secara tidak langsung membangun kota ini. Di masa perang dunia kedua, Fukuoka kemudian bertransformasi menjadi kota pangkalan militer karena letaknya yang strategis menghadap ke Semenanjung Korea dan wilayah dataran Cina. Sempat berubah nama menjadi Hakata, kini penggunaan nama Hakata dan Fukuoka disandingkan untuk menghormati nilai historis di dalamnya. Menghabiskan waktu hampir 2 bulan di Saga, saya beberapa kali berkunjung ke Prefektur Fukuoka, mari simak perjalanan saya ke Fukuoka.

Hakata sendiri mulai dikenal sejak akhir abad ke 11, namanya berasal dari sungai yang mengalir membelah kota ini, yakni Sungai Hakata. Namun, di pertengahan abad 17, sebuah kastil besar didirikan di sisi barat kota dan dinamai Kastil Fukuoka. Lama kelamaan, wilayah sisi barat kota mulai dikenal dengan Fukuoka. Dari pelabuhan Hakata Fukuoka, kita bisa naik kapal ke daratan Korea, Taiwan, dan Tiongkok. Makanya jangan heran, kalau di sini mayoritas turisnya berasal dari tiga tempat tersebut, dan ada banyak nuansa atau kebudayaan Korea atau China di bangunan atau ornamen di Fukuoka.

8 Kegiatan Seru di Fukuoka

1. Belanja oleh-oleh di Stasiun Hakata

Setelah tiba atau sebelum kembali ke Tokyo dengan menggunakan kereta shinkansen, tentulah kita ingin membawa oleh-oleh khas Fukuoka. Nah, tidak perlu repot-repot berkeliling kota buat berburu oleh-oleh. Di Stasiun Hakata ini, kita bisa menemukan lebih dari 200 toko pakaian dan makanan, dan tentunya oleh-oleh. Kamu bisa mampir di Hakata Hankyu Department Store dan Hakata Tokyu Hands, atau ke Miyagemon Ichiba di lantai satu yang punya oleh-oleh khas dengan harga yang cukup murah.

Info Wisata di Hakata Hakata Station

Info Wisata di Hakata: Hakata Station

2. Melihat pemandangan kota dari atap Stasiun Hakata

Stasiun Hakata adalah stasiun penghubung antara kereta jarak jauh dengan transportasi lokal (baik bus atau kereta lokal) di Kyushu. Desain bangunannya megah dengan taman terbuka di atapnya. Dengan beragam pepohonan dan bunga khas setiap musimnya, kita bisa melihat keindahan kota dan pelabuhan Hakata dari atas sini. Jangan lewatkan juga atraksi menarik yakni melihat kereta shinkansen yang bergerak cepat dari area “observasi kereta” di taman ini.

Info Wisata di Hakata Suasana di lantai atas Hakata Station

Info Wisata di Hakata: Suasana di lantai atas Hakata Station

3. Jalan-jalan ke Kuil Dazaifu Temmangu

Kuil Dazaifu Temmangu adalah kuil utama di Kota Dazaifu Prefektur Fukuoka. Kuil ini dibangun untuk menghormati Sugawara no Michizane, dewa pengetahuan dan pelajar. Di belakang bangunan aula utama, kita bisa melihat pohon suci tobi-ume, yang terkenal dengan pohon ume terbang. Dikatakan terbang karena pohon-pohon ume ini diterbangkan dari sekitaran Kuil Kitano Tenmangu di Kyoto. Kuil ini juga dikelilingi dengan taman cantik dengan ratusan pohon plum (ume) yang mekar sempurna di bulan Maret.

Info Wisata di Hakata Kuil Dazaifu Tenmangu

Info Wisata di Hakata: Kuil Dazaifu Tenmangu

4. Mengunjungi surga belanja di Hakata Fukuoka

Hakata sebagai pusat perdagangan internasional tentu punya surga belanja yang bisa kita kunjungi. Mayoritas toko-toko ini ada di area Tenjin dan area Canal City Hakata. Salah satu yang terkenal adalah pusat belanja di Iwataya, di mana teman-teman bisa menemukan berbagai pakaian, aksesoris, tas dari merek-merek lokal dan dunia.

5. Menonton pertunjukkan air mancur spektakuler setiap harinya

Wisata Hakata Fukuoka belum selesai di saat matahari terbenam. Di area Canal City Hakata (Hakata Ward), setiap harinya, kita bisa melihat iluminasi lampu gedung museum, mal, dan hotel yang keren. Tidak lupa, di panggung Sun Plaza, kita bisa menyaksikan pertunjukan air mancur berpadu dengan musik, lampu, dan efek tiga dimensi yang spektakuler.

6. Indahnya Taman Ohori dan Kastil Fukuoka

Taman Ohori (dalam bahasa Jepang berarti parit besar) adalah kompleks taman di sekitar Kastil Fukuoka. Berada persis di tepi Teluk Hakata, perpaduan kanal, taman, dan pemandangan tepi laut jadi salah satu alasan mengapa Kastil Fukuoka selalu dikunjungi para wisatawan. Kini, area taman ini jadi taman khusus bagi para burung untuk berkembangbiak sehingga kita bisa berkeliling dan mendengarkan kicauan burung yang merdu.

Info Wisata di Hakata Sakura di Fukuoka Castle

Info Wisata di Hakata: Sakura di Fukuoka Castle

7. Melihat pemandangan Fukuoka dari Fukuoka Tower

Fukuoka Tower setinggi 234 meter adalah bangunan tertinggi yang ada di Hakata Fukuoka. Menara ini unik karena dilapisi oleh 8.000 cermin yang membuatnya memantulkan cahaya. Dari lantai observasi di lantai 5 di ketinggian 123 meter, kita bisa melihat pemandangan kota yang menakjubkan siang dan malam hari. Setelah puas melihat-lihat pemandangan kota dari ketinggian, kita bisa lanjut mengunjungi Pantai Momochi di sisi utara Fukuoka Tower. Kita bisa bermain sepakbola atau bola voli atau sekadar menikmati pemandangan laut Teluk Fukuoka yang teduh.

Info Wisata di Hakata Fukuoka Tower

Info Wisata di Hakata: Fukuoka Tower

8. Menyantap masakan ramen spesial Hakata

Hakata Ramen adalah salah satu makanan favorit di Fukuoka sekaligus di Jepang. Kombinasi ramen yang lezat dengan seafood yang sedar membuat makanan ini tidak pernah terlewatkan saat mengunjungi Fukuoka. Selain itu, jangan lewatkan juga kue beras dengan selain kacang merah bernama umegae mochi di sekitar Kuil Dazaifu Tenmangu. Restoran dan kedai-kedai masakan tradisional (dikenal dengan Yatai) dapat ditemukan di area sekitar Tenjin, Nakasu, dan Nagahama.

Akses ke Fukuoka

1. Dari Tokyo

Setiap harinya, ada puluhan jadwal penerbangan yang melayani rute dari Bandara Haneda menuju Bandara Fukuoka. Teman-teman bisa naik maskapai ANA, JAL, Skymark, dan Starflyer. Sementara itu, ada 12 jadwal penerbangan dari Bandara Narita ke Fukuoka dengan maskapai ANA, JAL, Jetstar, dan Peach. Lama perjalanan sekitar 2 jam. Untuk harga tiketnya, ANA atau JAL biasanya mulai dari 40.000 yen, atau sekitar 20.000 yen untuk diskon penerbangan murah khusus wisatawan. Skymark, Starflyer tiketnya mulai dari 9.000 yen, sedangkan Peach dan Jetstar mulai dari 5.000-6.000 yen.

Kalau tidak mau naik pesawat, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen. Kereta Shinkansen Nozomi menghubungkan langsung Stasiun Tokyo dan Stasiun Hakata selama kurang lebih 5 jam. Ongkosnya 21.810 yen. Namun, kereta Nozomi ini tidak tercover oleh JR Pass. Teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hikari sampai Shin-Osaka kemudian berpindah ke kereta Shinkansen Sakura sampai ke Stasiun Fukuoka.

2. Dari Kyoto/Osaka

Setiap harinya ada 6 penerbangan dari Bandara Kansai ke Bandara Fukuoka, yang dilayani oleh maskapai ANA, JAL, Jetstar and Peach. Lama perjalanannya sekitar 1 jam. Sementara itu, untuk harga tiketnya, ANA atau JAL biasanya mulai dari 24.000 yen, atau sekitar 13.000 yen untuk diskon penerbangan murah khusus wisatawan. Tiket Peach dan Jetstar mulai dari 4.000-6.000 yen.

Selain itu, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Sakura dari Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Hakata. Harga tiketnya 14.480 yen dengan lama perjalanan 2,5 jam. Kalau dari Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Special Rapid selama 25 menit dahulu ke Stasiun Shin-Osaka, baru naik kereta yang sama.

Dari Hakata, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke kota resort onsen paling terkenal di Jepang yakni Beppu, atau berjalan-jalan ke kota yang pernah dijatuhi bom atom saat Perang Dunia II yakni Nagasaki dan kota cantik asal mula samurai yakni Kagoshima.

Berkeliling di Fukuoka

Setibanya di Bandara Fukuoka, kita bisa naik subway ke Stasiun Hakata selama 5 menit. Ongkosnya 260 yen. Lokasi bandara dan pusat kota Fukuoka cukup dekat.

Kota Fukuoka sendiri dilayani oleh kereta lokal JR dan shinkansen menuju ke Nagasaki, Saga, dan Kagoshima. Selain itu, ada juga jalur kereta menuju Kokura dan Beppu Oita yang terkenal dengan resort onsennya. Untuk dalam kota, ada rute kereta Hakozaki dan Nanakuma. Teman-teman bisa membeli pass kereta seharga 620 yen di seluruh stasiun di Kota Fukuoka yang mengcover seluruh ongkos kereta selama satu hari.

Selain itu, teman-teman bisa menyewa sepeda atau naik bus berkeliling kota. Ada bus pass seharga 920 yen yang mencover seluruh ongkos bus rute dalam kota Fukuoka sampai ke daerah sekitar.

Contoh Itinerary di Hakata Fukuoka

  1. Stasiun HakataCanal City Hakata – Kushida-jinja Shrine – Hakata-machiya Furusatokan – Kuil Dazaifu Tenmangu (itinerary untuk yang mau melihat kebudayaan dan bangunan bersejarah)
  2. Stasiun Hakata – Tenjin – Taman Ohori dan Kastil Fukuoka – Fukuoka TowerCanal City Hakata (itinerary untuk yang mau melihat atraksi dan landmark utama kota Hakata Fukuoka)
  3. Stasiun Hakata – Tenjin – Marine World Umi-no-nakamichi  – Canal City Hakata (itinerary untuk yang mau belanja dan liburan bersama dengan anak-anak)
  4. Stasiun Hakata – Tenjin – Taman Ohori dan Kastil Fukuoka – Stasiun Hakata (itinerary bagi yang hanya punya waktu sebentar <3 jam di Hakata Fukuoka)

Recommended Hotel in Hakata [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Century Art
from ‎¥7611/night
Dukes Hotel Hakata
from ‎¥9111/night
Hotel Centraza Hakata
from ‎¥7496/night
Hotel La Foresta By Rigna
from ‎¥7035/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr MASA YANA, Chun-Chih FAN, SEKI TATSUYA, Mike, chenyts, findup


Recommended for you

Last modified: July 11, 2017

TAGS  :

Comments (13)

  1. Riana Santoso  |  

    Malam Pak Nugroho. Saya rencana ke Fukuoka tgl 17-20 Juni yad, tgl 18 nya mau ke Huis Ten Bosh, apakah lebih menguntungkan beli JR pass Northern Kyushu atau beli transport pp dr Tenjin ke Huis Ten Bosch?

    Tq, Riana

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau naik kereta limited ekspress dari Hakata sampai Stasiun Huis Ten Bosch harganya 3.360 yen/ satu arah. Jadi kalau hanya ke Huis Ten Bosch rasanya lebih baik membeli tiket ketengan saja. Namun, kalau Riana memang mau keliling wilayah Kyushu yang lain, seperti Nagasaki, Sasebo, atau Beppu Oita (kota resort onsen terkenal di Jepang), akan lebih menguntungkan dengan JR Pass Nothern Kyushu. Salam.

    • Riana Santoso  |  

      Ok, tq Pak.
      Dimana saya bisa lihat timetable kereta limited express & apakah bisa booking dulu 1 hari sblmnya?
      Di Fukuoka nya beli pass yang Fukuoka city tourist pass ¥ 820/ hari ya?
      Tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk timetable Hakata Station bisa dicek di website JR Kyushu.
      Kemudian untuk wisata di Fukuoka bisa membeli Fukuoka Tourist City Pass. Salam

  2. Yuliana Tanudjaja  |  

    Sore Pak Nugroho,
    saya mau nanyakan kalau rencana dr tokyo-kyoto-osaka-fukuoka itu lebih baik membeli JR pass atau tidak ya?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sudah pasti balik modal bu Yuliana, silahkan membeli JR Pass. Salam.

  3. Selamat Siang Pak, Saya dan keluarga ber4 berencana akan mengunjungi Japan bulan Juni mendatang selama 9 hari, kami akan menunjungi:
    1. Fukouka(nginap 1 malam) (Dari Tokyo pagi hari)
    2. Osaka(nginap 3 malam) dan Kyoto(nginap 1 malam)
    4, Tokyo dan Fujiyama(Nginap 3 malam )Dari Tokyo pulang ke Indonesia
    Mohon rekomendasi dan advicenya untuk transportasi apa yang paling cocok dan lokasi wisatanya, untuk masa menginapnya masih open jika ada rekomendasi masih bisa dirubah)

    Terima kasih

    Mulyadi

  4. Malam pak .. rute saya dari fukuoka – kyushu rencananya ingin ke tateyama dan kembali ke fukuoka. Rute mana yg paling pas & pastinya bisa menghemat budget ?
    Saya sudah cek ada willer express utk paket 3 hari seharga 10rb. Atau lebih baik saya pilih JR pass ? Misalkan JR pass, paket mana yg sebaiknya sy ambil ?
    Mohon pencerahannya

  5. Hi Info jepang, mohon info klu naik JR dari Fukuoka tgl. 4 Des malam dan sampai tokyo tgl. 5 des pagi, langsung ke Haneda untuk flight jam 10 pagi ke Indonesia, apakah keburu ya? dan dari stasiun JR ke Haneda apakah susah harus pindah2 kereta/bus ? JR pass dari Fukuoka ke tokyo jadwal terakhir jam berapa ? Mohon infonya. terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya tidak mungkin kalau semalaman naik kereta Shinkansen. Sebab kereta shinkansen dari Fukuoka menuju ke Tokyo, berangkat 16.38.
      Ibu harus menginap semalam di Tokyo.
      Untuk akses Haneda Airport dari Tokyo Station bisa dibaca di Panduan Lengkap Haneda Airport. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!