Ginzan Onsen

Home / Attraction / Ginzan Onsen

Berada di perbatasan Prefektur Yamagata dan Sendai, Ginzan Onsen adalah salah satu kota resort onsen terindah yang ada di Jepang. Fasilitas yang lengkap ditambah dengan pemandangan alam yang indah dengan barisan Pegunungan Yamagata dan tepi sungai, adalah daya tarik utama Ginzan Onsen. Bersama dengan Kusatsu Onsen, Kinosaki Onsen, Ginzan Onsen masuk di tiga top resort onsen di Jepang, apalagi sejak masuk ke dalam latar cerita drama Oshin yang terkenal. Dalam bahasa Jepang, Ginzan berarti perak karena di wilayah ini ditemukan perak, dan mulai menjadi wilayah pertambangan perak mulai 500 tahun yang lalu. Di sepanjang sungai Ginzan, ada deretan penginapan ryokan dengan dinding kayunya yang eksotis. Simak cerita salah satu kontributor Tim Info Jepang yang liburan ke Ginzan Onsen.

Kegiatan seru di Ginzan Onsen

1. Menikmati pengalaman berendam onsen alami

Ginzan dianugerahi sumber mata air panas alami dengan warna putih susu. Airnya dipercaya membawa kesembuhan bagi siapapun yang berendam di dalamnya. Ada dua onsen umum yang bisa kita kunjungi, yakni Shiroganeyu (500 yen) dan Oo-yu (100 yen) yang buka dari jam 08.00-20.00. Selain itu, ada juga private Onsen Omokageyu yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Shiroganeyu dengan tarif mulai dari 2.000 yen untuk 50 menit.

2. Menginap di ryokan-ryokan eksotis

Penginapan tradisional yang ada di Ginzan dibangun sejak jaman Showa. Ryokan ini dibangun di sepanjang jalan di tepi sungai. Saat malam hari, ada salah satu kegiatan favorit para wisatawan di Ginzan, yakni jalan-jalan berkeliling kota dengan memakai yukata. Suasana malam hari begitu romantis dengan lampu-lampu jalan dan lampu depan bangunan.

Mengunjungi Ginzan sebaiknya tidak dilakukan sebagai day-trip atau perjalanan pulang pergi dari Tokyo atau Sendai. Pengalaman dan suasana kotanya akan jauh lebih terasa jika teman-teman menginap di ryokan atau hotel yang ada di sini. Berikut ini beberapa ryokan yang kami sarankan antara lain:

Kosekiya BekkanKosekiya Bekkan 999-4333, Ginzan onsen, Ginzanshinhata 417, Japan
GinzansoGinzanso 999-4333, Obanazawa, Ginzanshinhata 85, Japan
Pemandangan Ginzan Onsen di sore hari

Pemandangan Ginzan Onsen di sore hari

3. Berkeliling tempat-tempat wisata di sekeliling kota Ginzan

Kalau berendam paling enak dilakukan di malam hari, maka siang hari adalah waktu terbaik untuk berkeliling kota. Teman-teman juga bisa mencoba pemandian air panas untuk kaki, yang namanya Ashiyu, yang ada tersebar di seluruh daerah Ginzan Onsen. Bisa juga berkeliling tempat wisata di sekitaran Ginzan, antara lain:

  • Taman Shirogane, taman kota yang terletak di ujung jalan utama Ginzan.
  • Air terjun Shirogane-no-taki dan Raion no taki, air terjun setinggi 22 meter yang terletak tidak jauh dari Taman Shirogane.
  • Lembah sungai Senshin dengan batuan monolitik dengan air yang begitu jernih.
  • Tur menyusuri gua bekas pertambangan perak yang kini telah disulap menjadi gua dengan iluminasi lampu yang keren. Gua bekas tambang ini bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari air terjun.

4. Membeli oleh-oleh boneka kokeshi Oshin

Selain merasakan pengalaman berendam di onsen, salah satu yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Ginzan adalah boneka kokeshi Oshin. Dalam Drama Oshin, boneka kokeshi ini dipercaya sebagai boneka pembawa keberuntungan.

Selain itu, kita juga bisa melihat koleksi keramik bersejarah Kaminohata-yaki yang dibuat hanya dalam jangka 1831-1841. Keramik berwarna biru gelap ini hanya bisa kita temukan di Ginzan.

Akses menuju Ginzan Onsen

1. DARI TOKYO melalui YAMAGATA

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen Yamagata sampai Stasiun Oishida selama 3,5 jam. Total ongkosnya 11.440 yen, atau gratis dengan menggunakan JR Pass, JR East Tohoku Pass, atau JR East South Hokkaido Pass. Kereta Yamagata Shinkansen Tsubasa tersedia 7 keberangkatan setiap harinya, yakni jam 07.12, 09.24, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00, dan 19.16.

Untuk kepulangannya, tersedia 8 jadwal keberangkatan, yakni pada jam 06:03, 07.40, 09:40, 11:40, 13:42, 15:42,17:37, dan 18:57. 

Selain dengan Yamagata Shinkansen, kita bisa juga naik kereta Tohoku Shinkansen yang menuju Aomori atau Sendai, lalu berpindah ke kereta lokal. Namun, waktu tempuhnya jadi lebih lama.

Setibanya di Stasiun Oishida, kita lanjut naik bus menuju Ginzan Onsen. Lama perjalanannya sekitar 35 menit dengan ongkos 710 yen.

2. DARI TOKYO VIA SENDAI (KHUSUS MUSIM DINGIN)

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Tohoku Shinkansen sampai Stasiun Sendai selama 2 jam. Total ongkosnya 10.000 yen. Selanjutnya, kita bisa naik kereta JR Senzan Line dari Stasiun Sendai sampai Stasiun Uzenchitose, lalu naik kereta JR Ou Line sampai Stasiun Oshida. Total lama perjalanannya sekitar 4 jam dengan total ongkos 12.400 yen, dan akan tercover sepenuhnya dengan JR Pass, JR East Tohoku Pass, atau JR East South Hokkaido Pass.

3. Dari Yamagata

Dari Stasiun Yamagata, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Tsubasa atau kereta lokal JR Ou Line dan turun di Stasiun Oshida. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 1.420 yen dengan shinkansen atau 1 jam dengan ongkos 670 yen jika menggunakan kereta lokal.

Sumber gambar: Flickr Tomoaki INABA


Last modified: December 11, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (10)

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau lihat-lihat dan incer pemandangan, lebih enak ke Ginzan Onsen bu, dan lebih mudah juga. Salam.

  1. Dear Pak Nugroho, menuju ginzan adakah transportasi lain selain JR? karena JR saya habis di hari ke 7 (setelah dari sapporo), sedangkan rencana mau ke ginzan hari ke 8. Apakah harus kombinasi / beli juga jr east tohuku? Mohon infonya. Terima kasih

  2. Dear
    pak bisakah ke ginzan onsen tanpa inap (one day trip), kalau bisa onne day trip harua menginap di area mana yg terdekat dengan ginzan onsen? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa ulung, kami biasanya menyarankan untuk ambil kereta paling pagi yakni jam 07.12 dan tiba di Stasiun Oishida jam 10:39, lalu bisa kembali ke Tokyo jam 18:57. Salam.

    • Dear Pak Nugroho, rencana saya ke gonzan onsen dan ke snow moster zao, pertanyaannya:
      1. Karena keduanya letaknya di Yamagata apakah sebaiknya inap di Yamagata atau saya dari Tokyo?
      2. Lebih baik ke ginzan onsen dahulu atau ke Zao?
      3. Semua ongkos tercover oleh JR Pass?
      Terima kasih.

  3. Dear Pak Nugroho, rencana saya ke Jp di musim dingin (tgl 1 feb), kalau baca ulasan ginzan onsen dari tokyo via sendai utk musim dingin, bedanya apa yang denganvia yamagata (apakah di musin dingin via yamagata tidak beroperasi?). Lebih enak mana jalurnya via yamagata atau snedai?
    Untuk hotel yang murah apakah banyak di ginzan mengingat kalau inap di ryokan lumayan mahal.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk perjalanannya ke Ginzan Onsen kenapa dibuat 2 karena saat musim dingin kereta Yamagata Shinkansen sering berhenti akibat salju pak. Yang jalan paling kereta lokal yang malah buat waktu lebih lama lagi.
      Jadi bisa naik jalur shinkansen yang lebih ramai/ lebih tahan salju yakni Tohoku Shinkansen dan lanjut naik kereta lokal. Kereta lokal ini biasanya tetap berjalan, karena transportasi terakhir. Di Ginzan Onsen tidak ada hotel pak, semuanya rata-rata Ryokan. Salam

  4. Ke Ginzan Onsen ini apa bisa dari Kanazawa? Kalau bisa kira2 perjalanan berapa lama? Dan turunnya di stasiun mana dan lanjut naik bisnya darimana? Apa bisnya harus reservasi dulu?

    • Nugroho Christian  |  

      Fitri bisa ke Tokyo dahulu dengan kereta Hokuriku Shinkansen. Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Tohoku Shinkansen sampai Stasiun Sendai selama 2 jam. Total ongkosnya 10.000 yen. Selanjutnya, kita bisa naik kereta JR Senzan Line dari Stasiun Sendai sampai Stasiun Uzenchitose, lalu naik kereta JR Ou Line sampai Stasiun Oshida.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!