Yamagata Castle

Home / Castle / Yamagata Castle
Item image

Yamagata Castle (Yamagata-jo) adalah kastil bergaya Jepang yang terletak di pusat kota Yamagata. Kastil ini dibangun pada tahun 1592 dan digunakan sampai dengan tahun 1872. Meskipun bangunan kastil sempat mengalami beberapa kali kerusakan, namun area taman dan parit atau kanal di sekitarnya masih asli dari sejak dibangun. Sepanjang periode Edo, Kastil Yamagata adalah markas dan juga rumah bagi penguasa Yamagata. Kastil ini juga dikenal sebagai “Ka-jō” (Kashiro) merujuk pada nama taman yang mengelilingi kastil. Simak kunjungan Tim Info Jepang mengunjungi salah satu Situs Bersejarah Nasional Jepang, sekaligus tempat favorit hanami bagi penduduk kota Yamagata berikut ini.

Bangunan kastil yang luas beserta taman yang berada di sekitarnya membuat Yamagata Castle berada di posisi kelima kastil terbesar di Jepang. Di musim semi (sekitaran pertengahan bulan April) pepohonan sakura di Kastil Yamagata akan mekar sempurna. Pemandangan bunga sakura yang berwarna pink seperti “menyelimuti” bangunan kastil. Tidak heran, tempat ini adalah spot hanami paling populer di Yamagata.

Keindahan bunga sakura di Yamagata Castle

Keindahan bunga sakura di Yamagata Castle

Total ada lebih dari 1500 pohon bunga sakura tumbuh di sekeliling parit atau kanal kastil, dan sisanya ada di Taman Kajo yang terletak di sisi utara kastil. Mayoritas berasal dari jenis somei-yoshino yang memang banyak tumbuh di wilayah Tohoku. Pada musim semi, kelopak yang jatuh dari ribuan pohon mekar mengubah warna parit menjadi merah muda. Pada malam hari, kita juga bisa melihat iluminasi sakura yang spektakuler.

Di area kastil, teman-teman bisa mengunjungi dan berfoto dengan beberapa bangunan seperti Higashi Ote Gate, Ichimonji Gate, lalu struktur kayu dari Gerbang Utama Timur dan juga Gerbang Honmaru Masugata dengan struktur batu dan tembok putih yang sangat indah. Ada banyak bagian dari kastil yang sudah di restorasi karena ada banyak bagian yang sudah rusak karena umur, maupun hancur saat perpindahan kekuasaan pada jaman dahulu.

Suasana Yamagata Castle

Suasana Yamagata Castle

Puas berkeliling kompleks kastil, teman-teman bisa juga mengunjungi Museum Saiseikan yang juga berada di kompleks Taman Kajo. Museum ini awalnya merupakan rumah sakit yang beralih fungsi. Di dalam bangunan bergaya Eropa ini, kita bisa melihat berbagai presentasi dan barang-barang terkait dunia medis dan juga sejarah kota Yamagata.

Saat ingin kembali ke Stasiun Yamagata, saya sarankan teman-teman bisa mencoba berjalan kaki. Di sepanjang jalan antara Taman Kajo dan stasiun di sisi selatan, kita bisa mengunjungi restoran-restoran dengan menu masakan lokal yang lezat. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah daging sapi Yonezawa yang terkenal.

Buat teman-teman yang belum tahu, Yonezawa ini adalah salah satu dari tiga varian beef wagyu yang paling enak bersama dengan Matsusaka dan Kobe Beef. Wilayah Yamagata dengan perbedaan suhu antara siang dan malam yang ekstrem membuat daging-daging sapi di sini memiliki lemak halus yang begitu lezat saat dibuat steak, sukiyaki, ataupun shabu-shabu.

Akses menuju Yamagata Castle

Yamagata Castle terletak di Taman Kajo, dapat dicapai dengan 10-15 menit berjalan kaki dari Stasiun Yamagata. Selain itu teman-teman bisa naik bus Sekizawa dari Stasiun Yamagata, dan turun di halte Bijutsukan-Mae (halte ketiga). Lama perjalanan sekitar 5 menit, dan dilanjutkan dengan 10 menit berjalan kaki menuju ke taman.

1. DARI TOKYO MELALUI YAMAGATA

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen Yamagata sampai Stasiun Yamagata selama 2 jam 45 menit. Total ongkosnya 10.640 yen. Ongkosnya tercover bila dengan menggunakan JR Pass, JR East Tohoku Pass atau JR East South Hokkaido Pass

2. DARI TOKYO VIA SENDAI

Selain dengan Yamagata Shinkansen, kita bisa juga naik kereta Tohoku Shinkansen yang menuju Aomori atau Sendai, lalu berpindah ke kereta lokal. Namun, waktu tempuhnya jadi lebih lama.

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Tohoku Shinkansen sampai Stasiun Sendai selama 1,5-2 jam. Selanjutnya, kita bisa naik kereta JR Senzan Line dari Stasiun Sendai sampai Stasiun Yamagata. Total lama perjalanannya sekitar 3-3,5 jam dengan total ongkos 12.490 yen. Semua ongkos kereta sampai Yamagata tercover dengan JR Pass, JR East Tohoku Pass, atau JR East South Hokkaido Pass.

Recommended Hotels in Yamagata [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Yamagata
1 km away
Hotel Route-Inn Yamagata Ekimae
from ‎¥6514/night
Richmond Hotel Yamagata E
1 km away
Richmond Hotel Yamagata Ekimae
from ‎¥6292/night
Hotel Crown Hills Yamagat
1 km away
Hotel Crown Hills Yamagata
from ‎¥4380/night
Yamagata Kokusai Hotel
1 km away
Yamagata Kokusai Hotel
from ‎¥6100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yamagata Castle
0 km away
Keindahan bunga sakura di Yamagata Castle
Mamigasaki Sakura
3 km away
Berkeliling Mamigasaki Sakura di Yamagata
Ginzan Onsen
1 km away
Pemandangan Ginzan Onsen di sore hari
Kaminoyama Castle
12 km away
Pemandangan Kaminoyama Castle

Sumber gambar: Yamagata Tourist Information, Yamagata Tourist Information


Recommended for you


Last modified: May 9, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!