Pantai Kamakura

Home / Beach / Pantai Kamakura
Item image

Kamakura dan Enoshima adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan teman-teman yang sudah bosan dengan tempat-tempat wisata Tokyo. Letaknya yang berada di selatan tidak jauh dari Tokyo, membuat Kamakura menjadi objek wisata musim panas yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal. Di Kamakura kita bisa mendapatkan angin sejuk sepoi-sepoi khas musim panas, suatu hal yang sulit didapatkan di kota Tokyo yang sudah terlalu padat. Satu objek wisata yang populer adalah Pantai Kamakura di mana kita bebas bermain dan berenang di pantai. Pantai-pantai di daerah Kamakura paling pas dikunjungi saat musim panas (sekitar bulan Juli-Agustus). Seperti di Enoshima, ombak di pantai Kamakura amat cocok untuk berselancar. Di Kamakura, teman-teman bisa mengunjungi tiga pantai berpasir yang menawarkan pesona keindahan Teluk Sagami.

Pantai Kamakura terdiri dari tiga buah pantai yaitu pantai Zaimokuza, Yuigahama, dan Koshigoe. Pantai yang paling ramai adalah Yuigahama karena lokasinya yang dekat pusat Kota Kamakura dan juga paling lengkap fasilitasnya, seperti toko-toko penjual makanan dan minuman dan juga toilet atau kamar ganti. Tim Info Jepang sudah merangkum kegiatan-kegiatan seru serta informasi penting mengenai Pantai Kamakura. Silakan membaca.

Kegiatan Seru di Pantai Kamakura

1. Bermain Air dan berenang sepuasnya

Di Pantai Kamakura kita bisa menikmati suasana pantai sepoi-sepoi, tidak terlalu panas, juga tidak terlalu sejuk, sangat cocok bagi keluarga dengan anak-anak, atau para pemuda-pemudi yang ingin belajar berselancar. Makanya ayuk, mari kita berjalan di pantai dan merasakan debur ombak.

Bermain air dan berenang sepuasnya di Pantai Kamakura

Bermain air dan berenang sepuasnya di Pantai Kamakura

2. Melihat panorama matahari terbenam

Letak Pantai Kamakura yang menghadap ke selatan yakni Samudera Pasifik membuat panorama matahari terbenam terasa sangat berbeda. Laut yang luas, langit yang mulai gelap, serta kemilau matahari senja, adalah suatu pengalaman tak terlupakan yang hanya bisa kita nikmati di Pantai Kamakura.

Matahari senja di Pantai Kamakura

Matahari senja di Pantai Kamakura

3. Melihat Festival Kembang Api Kamakura

Festival kembang api atau Hanabi di Kamakura adalah puncaknya musim panas. Dengan panjang garis pantai lebih dari 2 kilometer, pantai Kamakura adalah spot festival kembang api terbaik, tanpa ada halangan gedung-gedung bertingkat seperti di kota-kota besar. Kita bisa melihat bulatan kembang api di tengah langit malam musim panas sambil merasakan angin laut yang sejuk. Jangan lewatkan festival kembang api atau hanabi ini jika pergi ke Jepang saat musim panas. Informasi lebih lanjut mengenai Festival Kembang Api Kamakura bisa dilihat di website berikut.

Hanabi Festival di Kamakura

Hanabi Festival di Kamakura

4. Berfoto di salah satu spot paling terkeren di Jepang

Di Kamakura, lebih tepatnya di dekat Stasiun Kamakurakoko-Mae, kita bisa berfoto dengan latar belakang lautan Teluk Sagami yang indah. Para turis biasanya menyempatkan diri untuk turun di Stasiun Kamakurakoko-Mae, sebelum melanjutkan perjalanan ke Enoshima atau keliling Kamakura.

Pemandangan Teluk Sagami di Kamakura

Pemandangan Teluk Sagami di Kamakura

Informasi Penting mengenai Pantai Kamakura

Pantai Kamakura dibuka untuk umum saat musim panas, biasanya dari 1 Juli sampai 31 Agustus setiap tahunnya. Ombak di Pantai Kamakura tidak bisa diprediksi. Posisi yang menghadap langsung ke lautan luas Teluk Sagami membuat perubahan cuaca di permukaan laut cepat berubah. Sebelum berenang atau berselancar di Pantai Kamakura, teman-teman diharapkan membaca beberapa informasi penting berikut.

  1. Warna bendera (untuk berenang/ berselancar)
    • Biru = dipersilahkan untuk berenang atau berselancar
    • Kuning = berhati-hati dan selalu mendengar instruksi penjaga pantai
    • Merah = pengunjung dilarang masuk ke dalam air
  2. Waktu operasional pantai adalah jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Di luar jam tersebut teman-teman tidak boleh berenang atau bermain di area pantai, untuk menjaga keamanan diri.
  3. Anak-anak harus selalu menggunakan pelampung dan di bawah pengawasan orangtua.
  4. Selalu perhatikan perubahan arah arus maupun ketinggian gelombang saat berada di dalam air.

Akses Pantai Kamakura

jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

Jalur kereta Enoden Jepang dan objek wisata Kamakura-Enoshima

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

Kemudian dari Stasiun Kamakura, teman-teman bisa mengambil kereta Enoden dan turun di Stasiun Yuigahama (5 menit berjalan kaki ke pantai). Atau bisa juga berjalan kaki sekitar 20 menit dari Stasiun Kamakura menuju pantai Yuigahama. Jika ingin ke pantai Zaimokuza teman-teman harus naik mobil ke sisi Timur, sedangkan jika ingin ke pantai Koshigoe ke arah barat (menuju Enoshima).

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Wataya Inn
6 km away
from ¥8382/night
Taikaiso
7 km away
from ¥5941/night
IZA Kamakura Guest House
1 km away
from ¥3501/night
Villa Sacra
1 km away
from ¥9231/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yokohama Hakeijima Sea Pa
10 km away
Akuarium raksasa di Yokohama Sea Paradise
Yokohama – Minatomi
18 km away
Landmark Tower Yokohama di waktu malam
Yokohama Marine Tower
18 km away
Yokohama Marine Tower
Gunung Oyama
32 km away
Kuil Oyama Afuri di puncak Gunung Oyama

Sumber gambar : Flickr  H.MASA, Yoshikazu TAKADAGuilhem Vellut, Tak H., hans-johnson


Recommended for you


Last modified: August 3, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Deden
2016-05-28 04:28:42
Bermain sebentar dipantai setelah berkeliling kuil di kamakura. Pantai yang bagus, hanya saat musim panas, penuh sekali (kurang nyaman bagi yang suka pantai sepi, seperti saya)
Adrian Reza
2016-05-15 23:47:28
Pantai Kamakura bagus, tempat baru buat yang ingin suasana baru tapi tidak jauh dari Tokyo

Close Comments

Comments (4)

  1. Halo Pak Nugroho, kalo itin saya ke Narita – Kamakura – Tokyo – Hakone/Kawaguchiko dan menggunakan TWP menguntungkan ga ya? atau lebih baik beli tiket N’Ex return (katanya harganya kalo return 4.000 yen kah?) dan ditambah hakone pass atau fuji pass? Untuk keindahan destinasi dan budgetnya lebih baik ke Hakone atau Kawaguchiko ya?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Rina berapa hari ya ingin itinerary tersebut? Soalnya Tokyo Wide Pass masa berlakunya hanya 3 hari saja. Kalau lebih dari 3 hari, bisa mempertimbangkan membeli Hakone Free Pass saja, ditambah tiket kereta Narita Line (lebih murah daripada Narita Ekspress). Salam.

    • hari-1:sampai narita langsung ke kamakura lalu bermalam di yokohama
      hari-2:yokohama ke tokyo
      hari-3: tokyo ke hakone/kawaguchiko
      kalau beli hakone pass bukannya utk 2 hari ya pak? kira-kira dengan itinerary seperti itu lebih menguntungkan pake hakone pass atau TWP ya? lebih bagus hakone atau kawaguchiko ya pak?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!