Matsuda Sakura Festival

Home / Park / Matsuda Sakura Festival
Item image

Selain Kawazu Sakura, tempat terbaik untuk menikmati pemandangan hanami bunga sakura lebih awal adalah di Matsudayama Herb Garden. Lokasinya lebih dikenal sebagai Taman Herbal Matsuda dalam bahasa Indonesia. Festival Hanami berlangsung dari tanggal 9 Februari sampai tanggal 10 Maret 2019. Saat festival berlangsung, selain melihat kepingan kecil bunga sakura merah jambu yang menggemaskan, kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan Teluk Sagami, Gunung Fuji, dan juga area pegunungan Hakone yang indah. Bingung atau penasaran dengan pemandangan sakura di sini? Mari lihat Matsuda Sakura Festival lebih dekat.

Saat berkunjung ke sini, ada banyak pengunjung yang mayoritas adalah orang tua yang sedang duduk di tikar dan menikmati hanami sakura. Sepertinya mereka adalah penduduk lokal yang tinggal di sekitaran taman. Kondisi iklim yang lebih hangat membuat sakura di sini lebih cepat mekar, yakni di akhir bulan Februari, dan biasanya bertahan sampai 2 minggu. Oh ya, jika hari cerah, kita juga bisa menikmati keindahan iluminasi dan light up bunga sakura di malam hari. Acaranya dimulai dari pukul 17.00-21.00, kayaknya seru banget nih kalau bisa lihat suasana malam di Matsuda Sakura Festival.

sakura matsuda festival

Keindahan Sakura Matsuda Festival

Setelah puas berkeliling dan menikmati hanami sakura, kita bisa juga melihat keindahan beragam tanaman herbal yang ada di Taman Matsudayama. Total ada 181 jenis dan lebih dari 16 ribu tangkai tanaman herbal di taman ini, tentu dengan bau semerbak yang khas. Tiket masuknya pun GRATIS! Bingung mau bawa oleh-oleh apa? Bisa bawa sabun atau lilin yang dibuat dari bahan-bahan herbal di sini. Buat teman-teman, satu yang perlu diingat bahwa Taman Herbal Matsuda tutup setiap hari Selasa dan Rabu nya. Lalu saat liburan tahun baru, taman ini juga tutup dari tanggal 28 Desember hingga 3 Januari.

Gunung Fuji dari Matsuda

Gunung Fuji dari Matsuda

Keindahan Matsuda Sakura Festival

Keindahan Matsuda Sakura Festival

Akses ke Matsuda Sakura Festival

Dari Stasiun Shinjuku, bisa naik kereta Odakyu Odawara Line sampai Stasiun Shin-Matsuda. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan ongkos 780 yen. Dari Stasiun Shin-Matsuda, kita bisa keluar dari North Exit, kemudian berjalan kaki selama 25 menit ke arah utara sampai ke taman.

Dari Tokyo naik kereta JR Tokaido Line sampai Kozu Station, dilanjutkan naik kereta JR Gotenba Line dari Kozu menuju Matsuda. Durasi 2 jam, dengan ongkos 1.940 Yen. Seluruh ongkos keretanya tercover jika menggunakan JR Pass atau plus 230 yen ongkos dari Kozu menuju Matsuda bisa memiliki Tokyo Wide Pass.

Kalau dari Stasiun Gotemba, bisa naik kereta JR Gotemba Line sampai Stasiun Matsuda. Dari Stasiun Matsuda, keluar dari North Exit, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 20 menit sampai taman Matsuda.

Cheap Hotels in Gotenba [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Gotenba
20 km away
Hotel Route-Inn Gotenba
from ¥7803/night
Kuretake Inn Gotemba Inte
18 km away
Kuretake Inn Gotemba Inter
from ¥8111/night
Select Inn Fujisan Gotemb
19 km away
Select Inn Fujisan Gotemba
from ¥6057/night
The Gotembakan
19 km away
The Gotembakan
from ¥6571/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Snow Town Yeti
29 km away
Bermain ski di Snow Town Yeti
Kawazu Izu
68 km away
indahnya bunga sakura di kawazu
Gotenba
19 km away
Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba
Atami Plum Garden
29 km away
Bunga plum mekar di Atami Plum Garden

Sumber gambar : Flickr shuzo serikawa,  TANAKA Juuyoh (田中十洋), TANAKA Juuyoh (田中十洋)


Recommended for you


Last modified: January 22, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (21)

  1. Selamat siang mas.
    Rencananya saya ke tokyo tgl 9-14 maret 2019. Di itinery kami memasukkan kawazu ke tempat wisata . Apakah di tgl 10-13 msh ada sakuranya di kawazu? Atau mending ke matsuda? Mohon infonya ya. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya kalau sudah pertengahan Maret, sakura di Kawazu sudah rontok dan tidak ada lagi. Ibu bisa ke Matsuda. Salam

  2. Tintin Afrilianny  |  

    Mas.. tgl 02 maret 2019 matsuda udh blooming belum?
    Saya mau kesana tanggal itu
    Jam berapa ya baiknya kalau berangkat dari tokyo

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya 2 Maret sudah mekar sempurna kok bu. Perjalanan dari Tokyo ke Matsuda memakan waktu kurang lebih 2 jaman bu, jadi kalau bisa berangkat jam 9 an dari Tokyo. Salam

  3. Mas lebih dekat ke kawazu apa ke Matsuda ini? Kami rencana maw liat sakura kawazu tpi klo emg Matsuda lebih dkt dari Tokyo ya cancel kawazu.. tpi lebih bagusan kawazu apa matsuda ya tuk sakuranya??

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau dari Tokyo, lebih dekat Matsuda, namun karena ada kereta ekspress Odoriko membuat durasi ke Kawazu jauh lebih cepat. Melihat pemandangan, sama saja sih sepertinya. Kawazu punya pemandangan alam sungai, sementara Matsuda pegunungan. Kalau punya Tokyo Wide Pass, ongkosnya tercover full ke Kawazu Izu, sementara Matsuda hanya sebagian. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau soal jarak, jauh lebih dekat ke Matsuda. Dari Matsuda juga kelihatan gunung Fuji.
      Ibu rencananya ke Jepang tanggal berapa ya? Salam

  4. Lebih dekat kawazu apa Matsuda ya mas dari tokyo? Kami rencana February mas ke kawazu tapi kalo lebih dkt Matsuda ya kawazu cancel.. tapi klo dari segi pemandangan bagusan mana ya mas..

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau dari Tokyo, lebih dekat Matsuda, namun karena ada kereta ekspress Odoriko membuat durasi ke Kawazu jauh lebih cepat. Melihat pemandangan, sama saja sih sepertinya. Kawazu punya pemandangan alam sungai, sementara Matsuda pegunungan. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak pak, karena rutenya di tengah-tengah rute Shinjuku-Odawara. Nah, kita gak bisa turun di tengah-tengah. Saran saya, bapak bisa pakai Fuji Hakone Pass, namun bayar lagi untuk kereta dari Gotemba-Matsudanya. Salam.

  5. Selamat pagi Pak Nugroho,mau tanya, apakah early sakura di Taman Matsuda tahun 2019 ini juga dimulai tanggal 11 Februari? karena tanggal itu saya kebetulan di Jepang.terimakasih atas jawabannya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Kemungkinan besar sudah bu, tahun lalu festival sudah dimulai tanggal 10 Februari. Untuk tahun ini, kita akan update informasinya, namun pengalaman kami, festival-festival di Jepang biasanya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Salam.

  6. Selamat malam pak, saya akan ke tokyo 5 maret dan langsung menginap ke hakone. Sebaiknya membeli romance car secara online?
    Mohon advis saya ingin ke kawaguchiko dan matsudayama herb festival untuk melihat sakura, kyoto, wakayama dan terakhir ke osaka. Saya balik ke jakarta 11 maret. Bagaimana sebaiknya itinerarynya? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau melihat rutenya, ibu bisa membeli JR Pass. Rutenya bisa Tokyo-Hakone dahulu, tidak perlu reserve Romance Car, karena ada kereta kereta Shinkansen Kodama sampai Stasiun Odawara (jika ibu jadi beli JR Pass). Besoknya bisa ke Kawaguchiko dan Matsudayama Sakura. Ibu bisa keliling Tokyo dahulu, ke Kyoto dengan kereta shinkansen. Dari Kyoto bisa ke Wakayama, kemudian ke Osaka. Salam.

    • Terima kasih atas sarannya pak. Kami juga ingin ke Shirakawago. Bagaimana sebaiknya rute dan tiket kereta yang harus dibeli.. Setiba di Haneda tgl 6 Maret pagi, kami langsung ke Hakone menginap disana 1 hari. Dan kembali ke Jakarta 11 Maret dari Kansai. Adapun lokasi yang ingin kami datangi : Hakone, Shirakawago, Matsudayama, osaka, kyoto dan wakayama (kalau memungkinkan). Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan mencari informasinya lewat kotak search bewarna biru. Seluruh informasinya sudah ada di website Info Jepang. Ibu juga bisa membaca komentar-komentar dari pembaca yang lainnya. Mohon maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary dari komentar, karena akan panjang dan membingungkan. Ibu bisa mencoba Tour Guide Online, yang bakalan memandu Ibu selama persiapan dan selama liburan di Jepang. Salam.

  7. Siang mas,
    Jika pergi ke taman matsuda apakah langsung keliatan gunung fuji juga dari sana?
    Perkiraan pergi tgl 21 atau 22 feb, masih bagus kah sakuranya?
    Mending ke kawazu sakura atau taman matsuda ya? Rute yang mudah dijangkau dan waktu yang tidak terlalu lama.
    Perjalanan saya mepet dan tidak bisa ke kawaguchiko, apakah ke taman ini bisa sekalian liat gunung fuji?
    Mohon pencerahannya
    Terima kasih

  8. Pagi pak.. jika awal maret ingin lihat sakura di matsuda festival.apakah bisa??

    Bagaimana rute dan transportnya dari tokyo.

    Berapa lama perjalanan dan biayanya?

    Kemudian rute kembalinya juga bagaimana?

    Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Tokyo, bapak bisa naik kereta JR Tokaido Line sampai Stasiun Kozu, lalu pindah ke kereta JR Gotemba Line sampai Stasiun Matsuda. Dari situ, bisa naik shuttle bus gratis sampai ke Taman Matsuda, keberangkatannya ada setiap 30 menit sekali. Lama perjalanannya sekitar 1,5 jam dengan ongkos 1.490 yen. Rute kembalinya nanti akan sama pak. salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!