Atami Plum Garden

Home / Attraction / Atami Plum Garden
Item image

Tempat-tempat wisata di Shizuoka seperti Gotemba, Snow Town Yeti, atau Danau Tanuki dan air terjun Shiraito relatif sudah dikenal oleh para wisatawan. Namun tahukah teman-teman bahwa di Shizuoka ada resort pantai yang sangat terkenal bernama Atami? Atami yang terletak di semenanjung Izu ini sudah sejak 70 tahun lalu dikenal sebagai tempat berlibur keluarga dan merupakan tujuan wisata bulan madu paling populer di Jepang. Widiiiih. Itu karena keindahan alam pantai, gunung, dan taman-tamannya yang tersohor di seluruh Jepang. Kali ini Tim Info Jepang akan membahas satu tempat yang sangat spesial di Atami yakni Atami Plum Garden atau taman plum Atami. Seperti apakah tempatnya dan kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di sini? Mari dibaca…

Informasi mengenai Atami Plum Garden

Atami Plum Garden adalah taman raksasa yang berada di daerah Atami, sangat dekat aksesnya dari stasiun Atami yang juga dilalui oleh Tokaido Shinkansen. Dalam bahasa Jepang, Atami Plum Garden ini disebut Atami Baien, dan terkenal dengan jutaan bunga plum atau ume di musim semi. Atami Plum Garden ini sebetulnya dibangun oleh pedagang kaya Mogi Sobeh yang mulai menanam pohon plum pada 1866. Kini ada lebih dari 450 batang pohon plum raksasa berusia lebih dari 100 tahun dari 60 varietas di taman seluas 14 ribu meter persegi ini. Pohon-pohon plum ini kebanyakan berada di sepanjang sungai Ui, sehingga menambah keindahan taman ini. Tidak hanya itu saja, pohon momiji dan bunga-bunga musim panas seperti azalea juga ditanam di seluruh area Atami Plum Garden.

1. Festival Bunga Plum di Februari-Maret

Jangan keliru. Ini adalah bunga ume atau bunga plum yang mekar saat festival bunga plum di bulan Februari-Maret. Memang warnanya yang merah jambu sangat mirip dengan bunga sakura di Jepang, namun sesungguhnya bunga plum berbeda dengan bunga sakura. Dibandingkan dengan bunga sakura yang mekar akhir Maret hingga awal April, bunga plum mekar lebih dahulu, dan menjadi bunga pertama yang mekar dalam setahun. Bunga plum juga relatif bertahan lama, sekitar satu bulan, dibanding dengan bunga sakura yang hanya seminggu atau dua minggu. Itulah sebabnya festival bunga plum di Atami Plum Garden diadakan dalam durasi yang lama.

Atami yang berada di semenanjung Izu juga menjadi daerah pertama tempat mekarnya bunga plum. Ini terkait dengan lokasinya yang berada di sebelah selatan, sehingga paling pertama merasakan udara hangat musim semi. Beberapa bunga plum memang sudah mekar sejak bulan Januari tergantung jenis varietasnya, namun menurut pengalaman waktu terbaik adalah bulan Februari dimana mayoritas bunga plum mekar pada saat ini.

Saran Tim Info Jepang
Mau melihat salju dan bunga plum musim semi bersamaan dalam satu trip liburan? Pertama, bisa pergi terlebih dahulu ke arena permainan ski di sekitar Tokyo seperti Gala Yuzawa, Resort Ski Fujiten, atau Snow Town Yeti, baru kemudian pergi ke Atami Plum Garden dan melihat bunga plum yang mekar.

2. Festival momiji di November

Kalau festival bunga plum di Atami Plum Garden adalah yang paling awal di Kanto, momiji di Atami Plum Garden adalah yang paling terakhir. Lebih dari ribuan pohon momiji dalam kompleks Atami Plum Garden serentak berubah warna menjadi kekuningan dan merah di akhir bulan November hingga awal Desember. Jika teman-teman memiliki waktu luang, silakan menunggu hingga pukul lima sore. Iluminasi malam di Atami Plum Garden akan diadakan setiap hari saat momiji musim gugur mulai pukul 17.00 sampai pukul 21.00.

Iluminasi malam di Atami Plum Garden

Iluminasi malam di Atami Plum Garden

3. Berkeliling kompleks Atami Plum Garden

Selain melihat bunga plum di musim semi dan momiji di musim gugur, kita juga bisa menikmati keindahan taman seperti air terjun dan juga jembatan kayu seperti foto di bawah ini. Bersama dengan pohon ume dan pohon momiji, jembatan ini menjadi salah satu ikon wisata di Atami Plum Garden. Selain itu ada juga Museum Sawada Seiko, Taman khas Korea yakni Korean Garden, dan Nakayama Shinpei Memorial Hall yang juga berada dalam kompleks taman.

Kisah Pembaca Info Jepang ke Atami

Saya sempat mengunjungi kota Atami pertengahan Januari 2017 kemarin, dan kagum dengan keindahan kota ini. Selain pemandangan pesisir lautnya yang indah, juga taman bunga plum yang mempesona. Dan yang membuat saya sangat senang adalah, saat saya di Atami, bunga sakura (plum) sudah mekar dengan sempurna. Wah, saya senang sekali karena tidak disangka juga bisa menikmati pemandangan bunga mekar saat musim dingin di Jepang.

Akses menuju ke Atami Plum Garden

Dari Tokyo bisa naik shinkansen sampai ke Atami Station. Lama perjalanannya 45 menit dengan ongkos 3.670 yen (tercover oleh Tokyo Wide Pass). Kemudian pindah ke jalur kereta lokal JR Ito Line, sampai ke Kinomiya Station yang hanya berjarak satu stasiun (2 menit perjalanan kereta). Dari Kinomiya Station, bisa jalan kaki sekitar 10 menit ke arah barat sampai ke taman.

Bisa juga naik bus Izu Hakone dari Atami Station ke arah Ainohara Danchi. Turun di halte bus Plum-Ainohara, sekitar 15 menit perjalanan dari halte keberangkatan di Atami Station.

Informasi Penting Lainnya

Taman ini buka setiap hari mulai dari jam 08.30 hingga 16.00. Biaya masuknya 300 yen untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak sampai pelajar SMP saat festival bunga ume berlangsung (14 Januari- 4 Maret).Di luar tanggal itu dan di luar jam itu biaya masuknya gratis.

Recommended Hotels in Atami [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Maruya
1 km away
Guest House Maruya
from ¥3888/night
Fancy Business Hotel
2 km away
Fancy Business Hotel
from ¥5600/night
Khaosan Atami Onsen Ryoka
3 km away
Khaosan Atami Onsen Ryokan
from ¥3500/night
Grandview Atami Private H
1 km away
Grandview Atami Private Hot Spring
from ¥7500/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Bunga Grinpa
33 km away
Hamparan bunga tulip di Taman Bunga Grinpa
Kereta Batubara Oikawa
89 km away
Bunga sakura dan Kereta Batubara Oikawa
Kastil Atami
2 km away
Bunga sakura di Kastil Atami
Fuji Safari Park
16 km away
Bus keliling Fuji Safari Park

Sumber gambar: Flickr Jeffrey Hsu, Yasunobu Ikeda


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Close Comments

Comments (27)

  1. Pak kalau saya berencana ke Kazwazu Izu untuk melihat cherry blossom.
    Apakah memungkinkan untuk mengunjungi Atami Plum Garden di 1 hari yang sama bersamaan dengan Kamazu Izu? Saya berencaya day trip dan kembali lagi ke Tokyo malam harinya menggunakan Tokyo Wide Pass. Terima kasih

  2. Pak kalau saya berencana mengunjungi Kawazu Izu dan mengunjungi Atami Pulm Garden dalam 1 hari bisa ga ya? Apakah rutenya searah ? Thanks

  3. Sore pak..
    saya akan ke Jepang tgl 30 nov – 7 desember,
    dan berencana akan main ke atami plum garden pada tgl 1 nya,

    – apakah pada tgl 1 Desember masih dapat merasakan musim gugur di atami melihat daun2 berwarna kuning berguguran?
    – dan apakah tiketnya tercover oleh JR Pass dari Tokyo Station?

    Terimakasih banyak sebelumnya,,

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!