Danau Tanuki

Home / Nature / Danau Tanuki
Item image

Danau Tanuki melengkapi daftar tujuh danau yang memiliki pemandangan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya. Selain Danau Tanuki, ada Fuji Five Lakes (Kawaguchi, Saiko, Yamanaka, Shojiko, Motosuko) dan Danau Ashinoko di mana kita bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji yang terpantul indah di atas permukaan air danau. Lokasi danau ini ada di sisi barat Gunung Fuji dan masuk ke dalam wilayah Prefektur Shizuoka. Berbeda dengan enam danau lainnya yang begitu “ramai” dengan pengunjung atau wisatawan, Danau Tanuki cukup sepi dan bisa dijadikan destinasi buat kamu yang ingin rehat dan beristirahat dari hingar-bingar kota.

Kegiatan Wisata Seru di Danau Tanuki Shizuoka

Danau Tanuki ini bukanlah danau alami yang terbentuk dari gejala alam, seperti Fuji Five Lakes yang terbentuk saat letusan dashyat Gunung Fuji pada masa lalu. Pemerintah Fujinomiya membendung daerah rawa di sekitar Sungai Shiba menjadi sarana irigasi pertanian.

1. Bangun pagi-pagi dan lihat Diamond Head Gunung Fuji

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah menyaksikan fenomena alam “Diamond Head”. Diamond Head terjadi saat matahari terbit di atas puncak Gunung Fuji yang terpantul di permukaan danau, dan membentuk berlian yang bersinar dari. Pemandangan ini hanya terjadi dua kali setahun, yakni saat garis balik matahari pada tanggal 20 April dan 20 Agustus. Area di sekitar danau biasanya ramai dengan para pengunjung maupun fotografer alam yang ingin mengabadikan momen Diamond Head ini. Di luar tanggal itu, Danau Tanuki tetap menyajikan beragam kegiatan menarik yang bisa teman-teman lakukan.

Fenomena Diamond Head Gunung Fuji dari Danau Tanuki

Fenomena Diamond Head Gunung Fuji dari Danau Tanuki

2. Berkemah dan Rekreasi di Asagiri Kogen

Di sekitar danau, ada area camping (berkemah) bernama Asagiri Kogen di mana kita bisa merasakan tidur dekat dengan alam. Asagiri Kogen (berarti dataran tinggi dengan kabut pagi tebal dalam bahasa Jepang) terletak di ketinggian 700-1000 meter dari permukaan laut dan berada di sebelah barat daya Gunung Fuji. Selain menghemat biaya, suasana berkemah di Tanuki juga memberikan kita kesempatan untuk berkenalan dengan para backpacker lainnya. Selain itu, ada juga sarana rekreasi lainnya di mana kita bisa memancing, naik kapal berkeliling danau, atau bersepeda menyusuri jalan berkeliling danau. Ada beragam kebun bunga dan pohon sakura yang tumbuh di sekeliling danau yang juga bisa mengembalikan semangat kita.

Asagiri Kogen Camping Ground di dekat Danau Tanuki

Asagiri Kogen Camping Ground di dekat Danau Tanuki

3. Berkeliling peternakan sapi Makaino Farm

Desa kecil yang berada di sisi timur danau dijadikan sebagai area peternakan sapi. Berada di dataran tinggi Asagiri (sekitar 800 meter permukaan laut), area ini punya udara sejuk sepanjang tahun, membuatnya jadi tempat yang cocok untuk usaha peternakan sapi. Suasana desa yang masih asri membuat kita juga bisa belajar dan menyelami kehidupan sederhana masyarakat Jepang. Ada toko yang menjual es krim lezat dari susu segar yang harus teman-teman coba.

Akses ke Danau Tanuki di Prefektur Shizuoka

Setibanya di Stasiun JR Fujinomiya, kita bisa naik bis Shizuoka (bus wisata keliling) yang melalui air terjun Shiraito, Danau Tanuki, dan Fuji Milk Land. Lama perjalanannya sekitar 45 menit. Stasiun JR Fujinomiya bisa dicapai dengan kereta JR Minobu Line selama 18 menit dari Stasiun Fuji dengan ongkos 240 yen. Hotel-hotel dibawah ini semuanya terletak di sekitar Stasiun JR Fujinomiya. Tim Info Jepang memilihkannya karena aksesnya yang mudah dengan bus wisata Gunung Fuji.

Buat teman-teman yang mau berangkat langsung dari Tokyo, bisa naik bus ekspress Yakisoba yang ada di depan Stasiun Tokyo. Lama perjalanannya sekitar 3 jam.

Akses ke Fujinomiya

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen Hikari dan Kodama sampai Stasiun Shizuoka. Lama perjalanannya sekitar 60 menit dengan kereta Hikari dan 90 menit dengan kereta Kodama, dengan ongkos 5.830 yen. Dari Stasiun Shizuoka kita berpindah ke kereta JR Tokaido Line ke arah barat sampai Stasiun Fuji selama 34 menit dengan ongkos 580 yen.

Kalau tidak naik kereta Shinkansen, tersedia kereta JR Tokaido Line dari Tokyo sampai Shizuoka melalui Stasiun Atami atau Stasiun Mishima. Lama perjalanannya sekitar 3-3,5 jam dengan ongkos tiket 3.350 yen.

Dari kawasan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi, Gotemba, atau Hakone, teman-teman bisa naik bus menuju Stasiun Mishima terlebih dahulu. Dari Stasiun Mishima, bisa naik kereta JR Tokaido Line sampai Stasiun Fujinomiya lewat Stasiun Fuji selama 60 menit dengan ongkos 670 yen.

Cheap Hotels in Fujinomiya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sun & Moon Club
1 km away
Sun & Moon Club
from ¥10157/night
Fujinomiya City Hotel
14 km away
Fujinomiya City Hotel
from ¥6703/night
Fujinomiya Fujikyu Hotel
14 km away
Fujinomiya Fujikyu Hotel
from ¥6196/night
Fujinomiya Green Hotel
14 km away
Fujinomiya Green Hotel
from ¥4774/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Snow Town Yeti
28 km away
Bermain ski di Snow Town Yeti
Gunung Fuji
15 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Pantai Miho
39 km away
Gunung Fuji dari Pantai Miho no Matsubara
Atami Ropeway
55 km away
Melihat pemandangan kota dari Atami Ropeway

Sumber gambar: Flickr tata_aka_T, Kenichi Hirota, Shizuoka Prefectural Tourist Association


Last modified: February 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!